5 Kriteria Penting Sebelum Membeli Laptop Untuk Work From Home

Senin 25 Januari 2021, 11:17 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Membeli laptop jadi sebuah kebutuhan primer di masa pandemi COVID-19 sebagai penunjang melakukan pekerjaan di rumah atau Work From Home. Beberapa pekerjaan yang biasanya dikerjakan di kantor atau di tempat kerja, kini dapat dikerjakan secara jarak jauh atau istilahnya remote working.

Mau tidak mau, para pekerja yang selama ini bekerja menggunakan komputer di kantor dituntut harus mempunyai laptop agar setiap pekerjaan kantor dapat selesai dikerjakan dari rumah atau dimanapun dan kapanpun.

Tentunya sebelum kamu berencana membeli sebuah laptop, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa aja sih kriteria yang harus kamu perhatikan sebelum membeli laptop tersebut. Pastinya kamu tidak ingin menyesal karena membeli laptop yang salah atau baru beli beberapa bulan ternyata sudah rusak lagi.

Silahkan disimak ulasan 5 kriteria penting sebelum membeli laptop untuk work from home.

1. Harus Memiliki Kapasitas Baterai Yang Besar 

Baterai menjadi komponen hardware terpenting dalam sebuah laptop. Saat ini banyak sekali ragam jenis baterai pada laptop, ada yang bisa dicopot dan ada yang tertanam langsung di dalam nya. Kedua jenis baterai itu pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing,

Tapi fokus kita kali ini adalah, kamu harus jeli melihat dan mempertimbangkan kapasitas baterai pada laptop yang akan dibeli nanti. Kapasitas baterai tentunya akan mempengaruhi durasi atau lama waktu penggunaan laptop dalam mode baterai. Idealnya, laptop dapat digunakan minimal tiga jam pemakaian untuk segala jenis pekerjaan baik itu menulis, editing gambar dan video atau untuk searching internet.

Selain kapasitas baterai, perhatikan juga durasi atau lama waktu baterai tersebut saat mengisi ulang. Pastinya kamu tidak ingin bolak-balik ke tempat colokan listrik untuk mengisi ulang baterai laptop kamu saat bekerja kan? Pasti akan sangat merepotkan dan mengganggu pekerjaan kamu.

Sekali lagi, yang pertama perhatikan kapasitas baterainya dan yang kedua durasi atau lama waktu baterai tersebut saat melakukan pengisian ulang daya.

2. Harus Memiliki Dukungan Port Yang Beragam 

Ini menjadi hal yang sangat penting terutama untuk urusan transfer data atau hal lainnya seperti kebutuhan presentasi menggunakan proyektor dan lainnya.

Minimal, sebuah laptop itu harus bisa menunjang pekerjaan dong, seperti port USB tentunya untuk transfer data, port HDMI untuk menghubungkan laptop kamu ke sebuah proyektor atau perangkat keras lainnya yang menggunakan port HDMI, port VGA sama seperti HDMI yakni untuk menghubungkan laptop kamu ke proyektor, port LAN untuk menghubungkan laptop kamu dengan sebuah jaringan intranet atau internet dan port audio jack untuk bisa mendengarkan suara melalui headphone atau bahkan speaker. 

Selain itu, perhatikan jumlah portnya, khusus untuk USB kalau bisa jumlahnya minimal ada 2 port. Lalu ini yang paling harus kamu perhatikan secara detail. Posisi antar port kerap kali menjadi kendala para pengguna laptop ketika secara bersamaan menggunakan port-port tersebut. Jangan sampai seperti kasus ketika kamu ingin memasukan flashdisk ke laptop kamu, ternyata gak muat dan terhalang oleh kabel VGA atau HDMI yang sudah mencolok di laptop kamu.

3. Layar Monitor Laptop Harus Memiliki tingkat kecerahan Yang Tinggi 

Jika kamu bekerja di rumah sih sebetulnya tidak akan terlalu mempermasalahkan tingkat kecerahan sebuah layar monitor laptop, namun ketika kamu harus membawanya ke luar rumah atau outdoor, biasanya mulai terasa tuh keluhan kok tampilannya jadi gelap dan tak terlihat. Nah hal tersebut dikarenakan tingkat kecerahan layar monitor laptop yang kamu miliki kurang memadai untuk dibawa bekerja di outdoor.

Setidaknya layar monitor laptop anda mempunyai 500 nits ke atas agar saat digunakan di outdoor tidak gelap atau kurang terang.

4. Processor Harus Standar Intel EVO Certified

Sebetulnya ini khusus laptop yang menggunakan jenis processor Intel. Intel EVO Certified adalah sebuah standar yang dibuat oleh Intel sendiri, laptop yang sudah mempunyai label Intel Evo Certified memiliki tingkat mobilitas yang sangat tinggi, contohnya laptop dapat melakukan perpindahan mode sleep ke mode awake dalam waktu 1 detik saja, selain itu daya tahan baterai laptop biasanya dapat bertahan minimal sembilan jam pemakaian untuk pekerjaan yang ringan seperti mengetik dan browsing internet. 

5. Punya Standar MIL-STD-810G

Jika laptop yang kamu beli terdapat label Standar MIL-STD-810G, dapat dipastikan laptop tersebut mampu bekerja optimal meskipun dalam kondisi lingkungan yang ekstrim seperti faktor cuaca atau adanya goncangan dan benturan pada laptop.

Istilahnya laptop yang punya standar ini sudah teruji tahan banting, meskipun tidak mungkin juga kalau kamu sengaja membenturkan palu besi ke bodi laptop ya itu sudah pasti laptopnya bakal hancur atau kamu menjatuhkannya dari atas gedung sudah pasti bakal hancur berkeping-keping.

Setidaknya laptop yang sudah memiliki label ini tahan guncangan kecil dan mampu berjalan dalam kondisi yang tetap optimal saat kondisi cuaca sangat dingin atau sangat panas, juga laptop ini mampu menahan tumpahan air. Tapi jangan dengan sengaja memasukan laptop kamu di dalam air ya, tentu saja itu sangat tidak memungkinkan sama sekali dan malah membuat laptop kamu rusak.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat29 April 2024, 16:00 WIB

Bantu Kontrol Darah, 9 Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan

Serat yang tinggi dalam beras merah membantu mengatur penyerapan glukosa dalam darah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini bermanfaat bagi penderita diabetes atau individu yang ingin mencegah diabetes tipe 2.
Ilustrasi - Nasi merah. Bantu Kontrol Darah, Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan. (Sumber : Freepik.com/@topntp26)
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 15:35 WIB

Komisi II DPRD Sukabumi Susun Raperda Penyelenggaran Perhubungan

Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi kini tengah fokus menyusun Rapncangan Peraturan Daerah Tentang Penyelenggaraan Perhubungan (Raperda RPP).
Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar FGD dengan Organda dan Komunitas Angkot untuk bahan penyusunan Raperda Penyelenggaran Perhubungan | Foto : Ist
Life29 April 2024, 15:30 WIB

6 Tips Mengobati Rasa Sakit Hati Akibat Dikecewakan Pasangan, Yuk Dicoba!

Guna menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan, maka penting kiranya agar setiap diri memiliki keinginan untuk move on yang tinggi.
Ilustrasi. Cara menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan. Sumber foto : Pexels/ SHVETS production
Inspirasi29 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Freepik/pressfoto)
Sukabumi29 April 2024, 14:43 WIB

Dinas PU Perbaiki Kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan di Parungkuda Sukabumi

Perbaikan jalan sepanjang 200 meter ini untuk meningkatkan kualitas dan keamanan.
Proses perbaikan kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan, tepatnya di Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 28 April 2024. | Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 14:26 WIB

Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan, Budi Azhar Prediksi Timnas Menang 2-1

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali optimis Timnas Indonesia U-23 bisa menang atas Uzbekistan.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali. (Sumber : Dok.SU)
Sukabumi29 April 2024, 14:14 WIB

Dua Remaja Citamiang Sukabumi Ditangkap, Bergilir Cabuli Anak di Bawah Umur

Kedua pelaku ditangkap setelah polisi menerima laporan soal dugaan pencabulan ini.
Lokasi dugaan pencabulan yang dilakukan RJ dan RE di rumah RE di Jalan Pemuda Kampung Baru, Kelurahan/Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: Polres Sukabumi Kota
Bola29 April 2024, 14:00 WIB

Optimis! Shin Tae-yong Ingin Bawa Timnas Indonesia ke Olimpiade Paris 2024

Shin Tae-yong berambisi bawa Timnas Indonesia terbang ke Olimpiade Paris 2024.
Shin Tae-yong berambisi bawa Timnas Indonesia terbang ke Olimpiade Paris 2024. (Sumber : pssi.org).
Life29 April 2024, 13:41 WIB

Jangan Diabaikan! Ketahui 7 Penyebab Balita Sering Memukul

Apakah balita Anda memukul anak lain saat pertama kali merasa frustasi? Jika ya, berikut cara menangani perilaku ini.
Ilustrasi balita memukul. | Foto: Freepik/@freepik
Life29 April 2024, 13:30 WIB

Jangan Dibentak! Ini 5 Cara Agar Anak Selalu Mau Dinasihati Orang Tua

Orang tua harus memiliki pendekatan yang bagus dan baik selama mengasuh anak agar mereka mau dinasihati dan tidak memberontak.
Ilustrasi. Cara agar anak mau dinasihati orang tua. Sumber foto : Pexels/Elina Fairytale