Fenomena Migrasi Bank di Indonesia Masuk Metaverse

Jumat 25 Maret 2022, 09:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tren metaverse pada akhirnya menarik sejumlah perusahaan bank yang ada di Indonesia untuk memasukinya. 

Melansir dari blockchainmedia.id (jaringan suara.com), melirik perbankan plat merah, saat ini bank Mandiri, BNI dan BRI telah mengumumkan kesiapan mereka untuk memasuki sektor dunia virtual tersebut. 

Baca Juga :

Ramadan 2022 Ada Konter Zakat Metaverse, Cek Apa Saja Fasilitasnya!

Bank di Indonesia akan Memasuki Metaverse 

photo(Ilustrasi) Metaverse. - (shutterstock.com)</span

Berdasarkan laporan dari Kontan, ketiga bank tersebut akan masuk ke metaverse Indonesia yang akan dikembangkan oleh WIR Group.

"Kami tertarik masuk ke metaverse setelah melihat rencana pengembangan metaverse Indonesia yang akan dibangun oleh WIR Group," ujar Direktur IT dan Operasi BNI, YB Hariantono.

Menurut Hariantono, kesuksesan metaverse bergantung pada ekosistemnya dan untuk membangun itu, tidaklah mudah.

Setelah pihak BNI mendengar bahwa WIR Group diendorse oleh pemerintah untuk mengembangkan metaverse Indonesia, dimana itu akan dibangun Jakarta, Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Bali.

Rencana tersebut nampak akan menjadi sebuah ekosistem dan penggunaan yang besar, sehingga sudah terlihat peluang dan nilai tambah di sana.

Hariantono menilai, metaverse dari WIR Group akan berjalan sukses sehingga BNI siap terlibat di dalamnya. Menurutnya, metaverse ini akan jadi digital channel BNI di masa mendatang, bersama dengan mobile banking dan internet banking.

Ia menilai, metaverse akan menjadi sebuah tren konsumen dalam hal teknologi, khususnya di dunia virtual, sehingga langkah ini dinilai sudah tepat.

Tentu saja, WIR Group masih di tahap awal pengembangan, dimana rencana peluncurannya sudah jelas.

Diketahui, pemerintah Jokowi sudah menargetkan bahwa metaverse ini akan ditampilkan pada event G20 yang akan diselenggarakan pada akhir tahun mendatang.

"Pada saat diperkenalkan nanti, sudah ada gedung BNI di dalamnya, akan join juga BRI dan Mandiri, serta beberapa perusahaan lainnya seperti Astra," ujar Hariantono.

Sementara itu, menurut Direktur Utama di bank Mandiri, Darmawan Junaidi, metaverse dinilai akan menjadi tempat yang ideal untuk melakukan ekspansi bisnis digital secara menyeluruh tanpa dibatasi oleh ruang fisik.

"Kami akan menggali potensi layanan perbankan di metaverse, mulai dari basic banking seperti virtual branch hingga layanan yang bersifat beyond banking. Dengan adanya metaverse ini, bank Mandiri juga turut akan ikut mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang sejalan dengan visi pemerintah Indonesia," ujarnya.

Jika menilai penjabarannya, bank Mandiri tampaknya akan cukup all-in dalam menyediakan layanan, sehingga kemungkinan besar 'urusan nasabah' bisa dilakukan secara virtual.

Darmawan menilai, metaverse akan bisa menjadi penopang hadirnya future banking yang mengadopsi teknologi baru yang akan benar-benar mengubah wajah dari perbankan digital.

Tentu saja, bank-bank lain di tanah air kemungkinan besar akan menyusul jejak dari bank Mandiri, BNI dan BRI di metaverse.

Di sisi lain, bank internasional yang juga ada di Indonesia, HSBC, telah mengambil langkah serupa dengan menggandeng platform metaverse SandBox.

Kemitraan yang diresmikan pada 16 Maret 2022 kemarin ini digadang akan membuka sejumlah peluang bagi komunitas virtual di seluruh dunia untuk terlibat dengan HSBC di metaverse SandBox.

SandBox adalah salah satu platform metaverse yang sudah berkembang pesat dan meraih banyak pendanaan karena prospek masa depannya yang menarik dan cerah di mata investor.

Dari kerjasama tersebut, HSBC mendapatkan sebidang tanah virtual untuk dibangun propertinya sendiri. Kemungkinan, ini akan menjadi pusat digital dari HSBC di dunia virtual itu.

Baca Juga :

5 Metaverse Paling Digemari Banyak Orang Tahun 2022

OJK akan Siapkan Aturan Pengawasan

Digitalisasi perbankan perlu diiringi dengan pengawasan dari yang berwenang, yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berdasarkan laporan Bisnis, Deputi Komisioner Pengawas Perbankan OJK, Teguh Supangkat mengatakan, metaverse banking kini menjadi tren baru di industri perbankan. Terkait hal itu, ia menyatakan bahwa OJK sejauh ini masih mempelajari perkembangan dari metaverse banking.

Dari sini kita bisa menilai, meski saat ini belum ada, tetapi kelak aturan pengawasan dari OJK akan ada demi menyesuaikan digitalisasi perbankan ini.

Semua tetap harus memiliki pakem dan standar sendiri dalam menjalankan operasionalnya agar tidak merugikan nasabah maupun perbankan itu sendiri.

Selain itu, OJK menilai ini akan menjadi sebuah sektor yang akan terus berkembang dari sisi ekosistem dan juga nilai perputaran ekonomi.

"Diperkirakan pangsa pasar metaverse ini akan mencapai Rp 21.500 triliun pada 2030, oleh karena itu kami tentu akan adaptif terhadap teknologi dan ini sudah kami lakukan sejak 2016," kata Direktur Pengaturan Perizinan dan Pengawasan Fintech OJK, Tris Yulianta, dilansir dari CNBC Indonesia, Rabu 16 Maret 2022 lalu. 

Tris menilai, apa yang akan menjadi tantangan dari digitalisasi perbankan ini adalah literasi.

Menurutnya, literasi soal digital safety masyarakat Indonesia baru tercapai sekitar 3,1 persen dan ini harus terus ditingkatkan. 

Semua perlu dimulai sejak awal dan diyakini, sehingga akan berjalan dengan baik dengan literasi yang digalangkan secara konsisten dan berkelanjutan. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life19 April 2024, 20:29 WIB

5 Penjelasan Kenapa Seseorang Mudah Menangis Tanpa Sebab

Ketika seseorang menangis tanpa alasan yang jelas, hal itu seringkali dapat menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuat frustrasi.
Kenapa seseorang mudah menangis tanpa sebab | Foto : pixabay/jouycristoo
Sukabumi19 April 2024, 20:11 WIB

Ratusan Buruh Garmen di Cicurug Sukabumi Demo Tuntut Perusahan Bayar Gaji

Ratusan buruh pabrik garmen berdemonstrasi di depan halaman PT Indo Garment Lestari (IGL) tepatnya di Kampung Bojong Pereng, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024).
Sejumlah buruh pabrik garmen melakukan aksi demo di depan halaman PT IGL | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi19 April 2024, 20:05 WIB

Cita-citanya Polwan, Orang Tua Terpukul Kehilangan Kayla Siswi Peserta Paskibraka Sukabumi

Orang tua Kayla Nur Syifa peserta seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal punya cita-cita jadi Polwan.
Orang tua Kayla Nur Syifa peserta Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal saat diwawancarai sukabumiupdate.com di rumah duka (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat19 April 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Updaters Wajib Mengetahui Apa Saja Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat.
Ilustrasi - Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat (Sumber : pexels.com/@Sebastian Coman Photography)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 19:25 WIB

Gelar Perundingan Kebonpedes, Kader PDIP Minta Yudi Suryadikrama Maju Pilkada Sukabumi

Sejumlah kader PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi menggelar pertemuan dalam rangka menyikapi pemilihan bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan dihelat pada 27 November 2024 mendatang.
Kader PDI Perjuangan menggelar Perundingan Kebonpedes, Jumat (19/4/2024) | Foto : Syams
Sukabumi19 April 2024, 19:15 WIB

SDN Sundawenang Sukabumi Dibobol Maling, Pelaku Gondol Proyektor dan Gitar

Berikut kronologi kejadian SDN Sundawenang Parungkuda Sukabumi dibobol maling. Pelaku sempat kepergok dan dikejar penjaga sekolah.
SDN Sundawenang Parungkuda dibobol maling, Jumat (19/4/2024). (Sumber : Istimewa)
Life19 April 2024, 19:00 WIB

Ajak Bicara dengan Perasaan, 9 Cara Mengatasi Anak Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua

Mengatasi stres yang disebabkan oleh seringnya anak dimarahi oleh orang tua memerlukan pendekatan yang sensitif dan mendukung.
Ilustrasi. Mengatasi stres yang disebabkan oleh seringnya anak dimarahi oleh orang tua memerlukan pendekatan yang sensitif dan mendukung. (Sumber : pixabay.com/@AnnieSpratt)
Sukabumi19 April 2024, 18:20 WIB

Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi, Sosok Kayla di Mata Keluarga

Kayla Nur Syifa siswi SMAN 1 Cisaat yang meninggal dunia saat seleksi Paskibraka dimakamkan di TPU Cimuhara Gunungguruh Sukabumi.
Jenazah Kayla Nur Syifa Siswi SMAN 1 Cisaat yang meninggal dunia saat seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi dimakamkan. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life19 April 2024, 18:00 WIB

Sedang Alami Luka Batin? Amalkan Doa Kesehatan Mental ini Dari Rasulullah SAW

Doa kesehatan mental ini untuk memohon rahmat dan pertolongan Allah SWT dalam setiap masalah hidup.
Doa kesehatan mental ini untuk memohon rahmat dan pertolongan Allah SWT dalam setiap masalah hidup. | Foto : Pixabay
Jawa Barat19 April 2024, 17:34 WIB

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

PLN berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bogor mengoperasikan SPKLU khusus ALIBO.
Tampilan Angkot Listrik Bogor (ALIBO) dan SPKLU PLN yang terletak di Kantor PLN UP3 Bogor. (Sumber : Istimewa)