Ingin Mudah Mencapai Target Keuangan? Berikut 14 Cara Menabung dengan Cepat!

Jumat 12 Januari 2024, 11:42 WIB
Ilustrasi menabung | Foto : Pixabay.com

Ilustrasi menabung | Foto : Pixabay.com

SUKABUMIUPDATE.com – Menabung merupakan alternatif cara yang dilakukan untuk mencapai target yang diinginkan. Kegiatan menabung ini biasanya dilakukan dengan mengumpulkan sisa-sisa dari pendapatan yang sudah digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan.

Acap kali kegiatan menabung ini banyak dilakukan oleh orang tapi tidak secara konsisten, bahkan sampai berhenti di tengah jalan. Alhasil, tujuan keuangan pun tidak tercapai.

Dalam hal ini, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar kamu dapat menabung dengan cepat dan konsisten. Dilansir dari Depositobpr.id, berikut 14 cara menabung dengan cepat:

1. Tetapkan tujuan yang jelas dalam menabung

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menetapkan tujuan yang jelas. Kamu harus tahu apa saja yang ingin dicapai dari hasil tabungan nanti.

Dan pastikan tujuan tersebut ditentukan berdasarkan kebutuhan terlebih dahulu, selanjutnya baru keinginan, hal ini dilakukan untuk menghindari perilaku konsumtif.

Agar tujuan lebih jelas, kamu bisa membuat daftar dengan tujuan jangka pendek terlebih dahulu, kemudian barulah buat tujuan jangka panjang. Dengan begitu, kamu akan lebih fokus dan giat untuk menabung karena memiliki tujuan yang harus dicapai.

Baca Juga: Persiapkan Masa Depan yang Cerah, Simak 7 Cara Hidup Hemat Ini!

2. Tentukan batasan waktu untuk menabung

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan membuat batasan waktu untuk menabung. Karena dengan adanya target waktu yang ditetapkan, maka kamu akan lebih sigap untuk mengumpulkan uang sehingga tidak ada waktu untuk bermalas-malasan.

Cara ini juga dapat membuat kamu konsisten dalam menabung. Untuk itu, tentukanlah batasan waktu yang masuk akal dan juga tidak menyulitkan diri sendiri.

3. Tentukan jumlah dana yang ingin dikumpulkan

Tips lainnya yaitu dengan menentukan jumlah dana yang diinginkan. Cara ini bisa kamu lakukan dengan terlebih dahulu mencatat harga atau biaya yang akan kamu keluarkan dengan dana tabungan nanti.

Dengan begitu, kamu akan dapat mengumpulkan uang dengan jumlah yang tepat. Akan tetapi, alangkah lebih baik kamu juga harus melebihkan jumlah uang untuk berjaga-jaga apabila ada kenaikan harga dari target yang ingin kamu capai.

Baca Juga: Verifikasi Dukungan Calon Independen di Pilkada Serentak Dimulai 5 Mei 2024

4. Buatlah rencana anggaran

Rencana anggaran ialah data perencanaan biaya yang dibuat untuk mencegah pengeluaran yang tak terkendali. Oleh sebab itu, rencana anggaran ini perlu dibuat setiap bulan untuk meminimalisir risiko keuangan.

Cara membuat rencana anggaran ini adalah dengan membuat daftar biaya sesuai skala prioritas antara kebutuhan dan keinginan.

5. Buatlah rekening khusus

Membuat rekening khusus yang digunakan untuk menabung merupakan hal yang penting agar tujuan keuangan dapat cepat tercapai. Hal ini tentunya dilakukan untuk menghindari pengeluaran-pengeluaran yang tidak seharusnya.

Apalagi jika kamu ingin mencapai tujuan bisnis, sebaiknya gunakan rekening khusus, jangan gabungkan dengan rekening pribadi.

6. Tentukan alokasi pendapatan

Alokasi pendapatan merupakan kunci utama agar berhasil menabung. Dalam hal ini ada beberapa cara alokasi pendapatan yang bisa kamu lakukan, salah satunya ialah dengan menggunakan metode 50-30-20.

Metode tersebut terdiri dari 50% kebutuhan, 30% keinginan, dan 20% untuk tabungan.

Baca Juga: Temukan Pelanggaran Pemilu? Begini Syarat dan Ketentuan Melapor ke Bawaslu

7. Hindari gaya hidup konsumtif

Gaya hidup yang konsumtif menjadi salah satu penyebab susahnya menabung dan mencapai tujuan keuangan. Melakukan pengeluaran secara impulsif hanya akan memberikan kesenangan sesaat, namun dampaknya cukup besar untuk kondisi keuangan yang sehat. Untuk itu berusahalah hindari gaya hidup konsumtif.

Supaya kamu tidak terlalu menghamburkan uang, cobalah untuk window shopping sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu. Kemudian, beri waktu 1-2 hari untuk memastikan apakah kamu masih perlu barang tersebut atau tidak.

8. Manfaatkan promo saat ingin belanja

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan promo atau diskon belanja. Cara ini dapat membantu kamu dalam menghemat pengeluaran.

Biasanya, beberapa marketplace akan mengadakan promo khusus di tanggal tertentu. Selain itu, kamu juga bisa mengoleksi berbagai macam voucher belanja.

Namun perlu diingat, kamu harus tetap bijak dalam menggunakan promo tersebut. Meskipun kegiatan ini menyenangkan, tapi jangan sampai kamu kebablasan dengan membeli barang yang sebenarnya tidak kamu perlukan.

Baca Juga: Serasa Berenang di Atas Awan, Wisata Sumedang Ini Viewnya Bikin Betah

9. Simpan uang recehan

Jangan salah, uang recehan juga dapat dengan cepat membantu kamu dalam menabung.
Supaya kamu tidak pusing mengatur uang recehan tersebut, cobalah untuk membuat celengan atau tempat khusus untuk menyimpannya.

Setelah uang recehan mencapai target yang harus dikumpulkan, maka kamu bisa menukarnya ke bank. Ini merupakan salah satu cara bisa menabung dengan cepat.

10. Bawa uang sesuai kebutuhan

Apabila kamu hendak bepergian, maka bawalah uang secukupnya sesuai dengan kebutuhan kamu di hari itu. Hal ini dilakukan agar menghindari pengeluaran secara berlebihan.

11. Cari penghasilan tambahan

Mencari penghasilan tambahan di sela-sela rutinitas dapat membantu kamu dalam menabung dengan cepat. Selain mempercepat pencapaian target, hal ini juga bisa dilakukan apabila pendapatan utama belum bisa memenuhi pengeluaran sehari-hari.

Seperti yang kita ketahui, saat ini cukup banyak pekerjaan sambilan yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis, seperti freelancer atau bisnis online.

Baca Juga: Kenalan dengan Pria di FB, Siswi SMP Asal Sukabumi Jadi Korban Asusila

12. Gunakan aplikasi pengatur keuangan

Dalam mengatur keuangan tentunya bukanlah hal yang mudah. Zaman yang serba digital ini dapat membantu kamu melakukannya dengan mudah, contohnya ialah gunakan aplikasi pengatur keuangan.

Dengan menggunakan aplikasi ini tentu kamu dapat melakukan aktivitas keuangan dengan mudah, seperti membuat anggaran, memantau pengeluaran, dan melakukan transaksi secara online.

13. Lakukan investasi

Investasi merupakan kegiatan menanamkan sejumlah modal untuk mendapatkan keuntungan di jangka waktu tertentu. Investasi ada banyak jenisnya, seperti saham, obligasi, dan deposito.

Saat ini banyak orang yang melakukan investasi untuk membantu dalam menabung agar cepat mencapai target keuangan.

Untuk mengikuti tips ini, kamu bisa memilih aplikasi investasi terpercaya agar keuangan tetap aman dan mendapatkan keuntungan yang jelas.

14. Jadikan menabung sebagai tantangan

Cara yang terakhir adalah dengan menjadikan kegiatan menabung ini sebagai sebuah tantangan.

Pada dasarnya menabung memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Oleh sebab itu, tanamkanlah prinsip dan pengendalian diri yang kuat agar kamu bisa lebih giat lagi dalam menabung. Dengan rutin menabung, pastinya kamu dapat mencapai kesuksesan finansial dengan cepat.

Baca Juga: UPTD PPA Tangani 90 Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan di Kota Sukabumi

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar cepat menabung dan mencapai tujuan keuangan yang diinginkan. Berusahalah semaksimal mungkin untuk mencobanya, konsistensi perlu ditingkatkan agar kamu dapat mudah mencapainya. Yuk, semangat menabung!

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich
Life02 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Yuk Lakukan Sederet Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah Berikut Agar Bisa Nyenyak di Malam Hari.
Ilustrasi. Tidak Nyenyak. Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/IvanOboleninov)
Sukabumi02 Mei 2024, 19:59 WIB

Polisi Ungkap Alasan Tak Autopsi Mayat Wanita yang Ditemukan di Sungai Cicatih Sukabumi

Mayat wanita setengah telanjang, berinisal EKS (25 tahun), warga Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, yang ditemukan meninggal dunia di Sungai Cicatih tidak dilakukan autopsi
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi02 Mei 2024, 19:44 WIB

Mimpi Ketua DPRD, Kabupaten Sukabumi Jadi Pertahanan Pangan hingga Tujuan Wisata

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara mengatakan dirinya punya mimpi bahwa Kabupaten Sukabumi kedepan harus menjadi (lokasi) pertahanan pangan nasional.
Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara | Foto: Dok. SU
Sehat02 Mei 2024, 19:30 WIB

3 Penyebab Utama Asam Urat yang Sering Dianggap Sepele, Tiba-tiba Sakit!

Asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah.
Ilustrasi - Asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi02 Mei 2024, 19:18 WIB

Hardiknas 2024, Bupati Bicara Pendidikan Karakter dan Kewajiban Ikuti Pramuka di Sukabumi

Pembina upacara Hardiknas 2024, Bupati Sukabumi Marwan Hamami soroti soal pentingnya pendidikan karakter dan kewajiban mengikuti gerakan pramuka.
Bupati Sukabumi saat menjadi pembina upacara dalam peringatan Hardiknas tahun 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)