Persiapkan Masa Depan yang Cerah, Simak 7 Cara Hidup Hemat Ini!

Jumat 12 Januari 2024, 11:28 WIB
Ilustrasi keadaan finansial yang seimbang. | Foto: Pixabay.com/@stevepb

Ilustrasi keadaan finansial yang seimbang. | Foto: Pixabay.com/@stevepb

SUKABUMIUPDATE.com - Mempunyai masa depan yang cerah tentu menjadi cita-cita hampir seluruh orang di muka bumi ini. Dengan memiliki rumah sendiri, pekerjaan yang mapan, hingga kekuatan finansial yang memadai.

Dalam hal ini, salah satu cara yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kekuatan finansial ialah dengan berhemat. Mengatur pengeluaran keuangan dengan tidak secara berlebihan menjadi salah satu kunci dasar terbentuknya kesuksesan di masa mendatang.

Tidak dapat dipungkiri, di era perkembangan zaman yang serba digital ini, dorongan untuk menjalankan cara hidup hemat terbilang cukup sulit, apalagi yang tinggal di daerah perkotaan.

Pasalnya, kamu akan sangat mudah mengakses informasi mengenai hal-hal yang dapat menarik perhatian, seperti halnya gadget terbaru, barang atau fashion yang branded, hingga tempat makan yang unik dan instagramable.

Baca Juga: 12 Cara Menghemat Pengeluaran E-Wallet, Tim Cashless Pecinta Promo dan Diskon!

Seperti yang kita ketahui, bahwa apabila menjalankan hidup dengan terus-menerus memenuhi keinginan daripada kebutuhan akan membawa dampak yang kurang baik, khususnya untuk kondisi finansial. Apalagi jika kamu mempersiapkan keuangan tersebut untuk kebutuhan di masa depan. Oleh sebab itu, pengendalian diri jadi kunci utama untuk menjalankan cara hidup hemat demi masa depan yang lebih baik untuk tetap dapat hidup secara aman dan nyaman di kawasan perkotaan.

Dikutip dari cimbniaga.co.id, ada 7 cara yang dapat kamu lakukan untuk menjalankan hidup hemat. Simak penjelasannya berikut!

1. Buatlah skala prioritas

Cara yang pertama yang dapat kamu lakukan ialah dengan membuat skala prioritas. Skala prioritas ini dibuat untuk memperjelas daftar kebutuhan dan keinginan setiap bulannya yang perlu kamu penuhi.

Dalam hal ini, pastikan untuk menaruh daftar-daftar kebutuhan di tingkatan yang paling atas, seperti belanja bahan makanan, biaya transportasi, atau pembayaran kebutuhan yang lainnya. Nah, sekiranya kebutuhan-kebutuhan kamu sudah terpenuhi, barulah buat daftar keinginan yang ingin kamu penuhi, seperti membeli koleksi barang-barang favorit atau berlibur.

Agar tujuan utama dalam membuat skala prioritas ini tercapai, pastikan kamu membuat daftar antara kebutuhan dan keinginan dengan bijak. Jangan sampai daftar keinginan kamu malah lebih unggul dibandingkan dengan kebutuhan. Jika seperti itu, bukannya dikatakan hemat hal itu justru dapat menguras kantong karena tidak seimbangnya pola manajerial dalam mengatur keuangan.

2. Pastikan pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan

Selanjutnya, selain membuat daftar skala prioritas, kamu juga perlu membuat neraca keuangan. Neraca keuangan ini bisa dibuat seperti tabel yang menjelaskan pendapatan dan pengeluaran kamu di setiap bulannya.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu perlu mengalokasikan terlebih dahulu pendapatan yang kamu punya untuk kebutuhan penting di dalam hidup kamu. Apabila kamu menemukan dari daftar kebutuhan saja pengeluaran kamu sudah lebih besar daripada pendapatan, segera temukan alternatif dengan nilai yang lebih rendah agar nantinya kebutuhan kamu dapat terpenuhi semuanya.

3. Bijak dalam berbelanja

Upaya dalam menerapkan cara hidup hemat, bijak dalam melakukan pembelanjaan mempunyai peran yang sangat penting dalam menjaga kondisi finansial kamu agar tetap baik dan seimbang.

Bijak dalam berbelanja bisa kamu lakukan dengan cara memilih barang-barang pemenuhan kebutuhan yang sedang diskon saja apabila kamu berbelanja di supermarket. Bahkan kamu bisa mengubah pola berbelanja dari supermarket ke pasar. Karena dalam hal ini, barang-barang yang dijual di pasaran tentu memiliki harga jual yang lebih rendah dibanding di supermarket.

Selain itu, keuntungan berbelanja di pasar untuk kebutuhan esensial seperti makanan ini salah satunya ialah kamu bisa menawar harga. Untuk itu, kemungkinan kamu memiliki uang sisa dari biaya belanja yang sudah disiapkan bisa kamu alokasikan ke keperluan lainnya, seperti tabungan untuk masa depan.

Baca Juga: 4 September Hari Pelanggan Nasional, Coba 11 Tips Belanja Hemat Ini!

4. Maksimalkan promo

Zaman yang semakin canggih ini membuat digitalisasi terus berkembang, yang tentunya kemudahan dalam menjalani hidup seakan terus menghampiri. Seperti halnya dalam berbelanja, yang kini sudah sangat mudah dilakukan karena bisa dilakukannya di mana saja melalui gadget dan internet yang memfasilitasi.

Jika kamu gemar belanja online namun ingin tetap menjalankan cara hidup hemat, sebaiknya kamu perlu teliti dengan promo-promo yang ada, terutama dalam pemenuhan keinginan kamu. Maksimalkan fitur promo saat melakukan belanja online agar kamu tetap mendapatkan hal yang sesuai dengan apa yang diinginkan namun dengan harga yang relatif lebih terjangkau.

5. Terapkan gaya hidup minimalis

Tahap yang lebih serius selanjutnya ialah dengan menerapkan gaya hidup minimalis. Jika kamu sudah berhasil membuat skala prioritas tentang kebutuhan dan keinginan, lalu sudah cermat dalam memantau pengeluaran, maka gaya hidup yang sederhana perlu diterapkan agar kamu tetap konsisten dalam menjalankan gaya hidup hemat.

Dengan menerapkan gaya hidup minimalis yang mementingkan pemenuhan kebutuhan, hal ini dapat mengubah pola pikir kamu menjadi lebih cermat dan teliti dalam pembelanjaan. Dan tentunya gaya hidup minimalis ini dapat memanajerial finansial kamu lebih baik dan teratur.

6. Jaga kesehatan

Jangan salah, kesehatan juga tentu memiliki peran penting dalam menjalankan cara hidup hemat. Seperti yang kita ketahui, sehat itu mahal. Jika kamu tidak menjaga kesehatan kamu dengan baik, bisa-bisa setiap bulan kamu harus mengeluarkan uang dengan jumlah banyak hanya untuk biaya pengobatan. Tentu saja hal tersebut bertolak belakang dengan penerapan pola hidup hemat.

Mulailah dengan menjalankan pola hidup sehat, seperti rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Hal tersebut merupakan salah satu cara yang mudah untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan kondisi keuangan tetap dalam keadaan yang sehat juga.

7. Menabung secara disiplin

Apabila kamu sudah menerapkan beberapa cara pola hemat yang sudah disebutkan di atas, akan tetapi kamu masih belum merasa kondisi finansial aman, maka cobalah untuk menabung secara disiplin.

Menabung dilakukan tidak harus 30 atau sampai 50 persen dari pendapatan, akan tetapi kamu bisa mencobanya dengan jumlah yang cukup terukur namun konsisten menjalaninya. Dengan konsistensi ini nantinya kamu pun akan tertarik untuk melakukan peningkatan, agar target finansial di masa depan cepat tercapai.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan dalam menjalankan pola hidup hemat untuk mencapai target finansial di masa depan. Selamat mencoba!

Sumber: Cimbniaga.co.id

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life17 Mei 2024, 13:30 WIB

7 Gaya Hidup Sehat untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi, Lengkap Menu Makan Sehari!

Dengan mengikuti langkah-langkah gaya hidup sehat, Anda dapat mengurangi kadar kolesterol tinggi secara signifikan dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.
Ilustrasi. Menu Makan Sehat. Gaya Hidup yang Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi. (Sumber : Pexels/FoodieFactor)
Sehat17 Mei 2024, 13:15 WIB

7 Gejala Asam Urat Pada Pria, Terasa di Kaki dan Jari Tangan Saat Malam Hari

Gejala asam urat pada pria ternyata bisa dirasakan pada kaki dan jari, terutama di malam hari. Waspadai gejala yang muncul ketika asam urat kambuh. Bila semakin parah sebaiknya segera periksa ke dokter atau layanan kesehatan lain
Begini 7 gejala asam urat yang terjadi pada pria, terasa setiap malam hari. (Sumber : freepik.com/@javi_indy)
Sehat17 Mei 2024, 13:00 WIB

Solusi Taklukan Serangan Asam Urat: 8 Cara Mengobatinya di Rumah dengan Bahan Alami

Asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang menyebabkan nyeri dan bengkak pada persendian.
Ilustrasi - Asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang menyebabkan nyeri dan bengkak pada persendian. (Sumber : Freepik.com).
Sehat17 Mei 2024, 12:45 WIB

7 Minuman Herbal Ini Mampu Obati Asam Urat, Minum Tiap Pagi Hari!

Asam urat adalah penyakit yang menyerang bagian sendi dan sering menimbulkan rasa nyeri yang begitu menyakitkan, sampai tidak beraktivitas. Terntaya ada beberapa minuman herbal yang bisa mengobati asam urat
Ilustrasi teh jah yang merupakan salah satu dari tujuh minuman herbal yang dapat mengobati asam urat (Sumber : Freepik.com)
Life17 Mei 2024, 12:30 WIB

10 Cara Meredakan Nyeri Asam Urat dengan Pengobatan Alami dan Perubahan Gaya Hidup

Meredakan Nyeri Asam Urat. Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu menjaga kesehatan sendi dan mengurangi risiko serangan gout.
Ilustrasi. Cara Meredakan Nyeri Asam Urat dengan Pengobatan Alami dan Perubahan Gaya Hidup (Sumber : Pexels/EllaColsson)
Life17 Mei 2024, 12:15 WIB

6 Dampak Buruk Sering Menuruti Kemauan Anak, Orang Tua Jangan Menyesal!

Selalu menuruti kemauan anak rupanya memiliki dampak buruk yang mesti diperhatikan oleh orang tua ketika mendidiknya. Semua ini perlu diperhatikan demi kebaikan anak ketika dewasa
Ilustrasi dampak buruk selalu menuruti kemauan anak (Sumber : Pexels.com/@RDNEStockproject)
Bola17 Mei 2024, 12:00 WIB

Bojan Sebut Motivasi Pemain Persib Berlipat Jelang Leg 2 Semifinal Championship Series

Pemain Persib motivasinya kian berlipat jelan menghadapi Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series.
Pemain Persib motivasinya kian berlipat jelan menghadapi Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series. (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi17 Mei 2024, 11:58 WIB

Merinding! Ulat Bulu Warna-warni Serbu di Alun-alun Masjid Agung Kota Sukabumi

Binatang yang bisa bikin gatal ini turun dari sejumlah pohon ketapang kencana dan tanaman pelindung di kawasan tersebut.
Pohon pelindung ketapang kencang di alun-alun masjid agung Kota Sukabumi dipenuhi ulat bulu (Sumber: warganet/akun medsos @abcdadan)
Life17 Mei 2024, 11:45 WIB

Patut Ditiru! 6 Ajaran Hidup Para Perantau Agar Bisa Sukses di Tanah Orang

Kaum perantau tentu bukan tanpa prinsip dan ajaran hidup di tanah rantauan. Mereka tentu membawa modal ajaran hidup yang dipegangnya erat demi bisa meraih sukses di sana
Ilustrasi Ajaran hidup perantau agar cepat sukses di tanah rantau (Sumber : Pexels.com/@cottonbrostudio)
Sehat17 Mei 2024, 11:30 WIB

6 Golongan Obat-obatan untuk Meredakan Nyeri Asam Urat dan Efek Sampingnya

Meredakan nyeri akibat asam urat (gout) sering memerlukan kombinasi obat-obatan untuk mengurangi peradangan, nyeri, dan kadar asam urat dalam tubuh.
Ilustrasi. Meredakan nyeri akibat asam urat (gout) sering memerlukan kombinasi obat-obatan untuk mengurangi peradangan, nyeri, dan kadar asam urat dalam tubuh. (Sumber : Freepik/fabrikasimf)