Orang Tua Protes Iuran Siswa di Sukabumi, Ini 10 Ciri Pungli di Sekolah

Rabu 22 November 2023, 17:45 WIB
Ilustrasi uang | Ciri-Ciri Pungutan Liar di Sekolah. | Foto: Pixabay/Iqbalnuril.

Ilustrasi uang | Ciri-Ciri Pungutan Liar di Sekolah. | Foto: Pixabay/Iqbalnuril.

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat Sukabumi saat ini tengah dihebohkan oleh protes yang dilakukan orang tua di salah satu sekolah Negeri atau tepatnya Madrasah Aliyah Negeri (MAN). Salah satu orang tua murid berinisial B (40 tahun) menyebut Iuran Sekolah tersebut diduga sering dijadikan alasan untuk menahan kartu ulangan jika belum dilunasi.

B mengatakan Iuran Siswa di Sukabumi itu disepakati dalam musyawarah komite sekolah dengan orang tua murid ketika ajaran baru, yang mana sang anak sudah beberapa tahun mengikuti kebijakan sekolah. Namun menurut B, sejumlah orang tua hanya ikut-ikutan menyepakati Pungutan Sekolah karena mayoritas telah setuju.

Berangkat dari hal itu, banyak yang mengaitkan dengan istilah pungli atau pungutan liar. Diketahui, iuran pungutan liar (pungli) di sekolah adalah praktik yang tidak etis dan melanggar hukum.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Suka dengan Kita, Perhatikan Tatapan Matanya

Akan tetapi tidak berkaitan dengan kasus Iuran Siswa di Sukabumi, menjadi catatan bahwa artikel ini berisi tentang ciri iuran pungutan liar di sekolah agar siapapun bisa waspada. Sebab, pungli merujuk pada pemungutan uang secara ilegal atau tidak sah dalam berbagai bentuk di berbagai institusi, termasuk sekolah.

Ciri-Ciri Pungutan Liar di Sekolah

1. Pemaksaan atau Tekanan

Ciri pungli di sekolah yang pertama adalah adanya pemaksaan atau tekanan terhadap siswa atau orang tua siswa untuk membayar iuran tertentu. Seringkali dengan ancaman konsekuensi negatif jika tidak mematuhi permintaan iuran pungli tersebut.

Baca Juga: 8 Ciri Anak yang Memiliki Masalah Psikologis, Perhatikan Sikapnya!

2. Tidak Ada Bukti Resmi atau Transparansi

Ciri pungli di sekolah berikutnya tidak disediakan bukti resmi atau transparansi terkait dengan penggunaan dana yang dikumpulkan. Orang tua dan siswa tidak diberikan informasi jelas tentang tujuan atau pengelolaan dana tersebut.

3. Pengumpulan Uang di Luar Ketentuan Resmi

Pengumpulan uang dilakukan di luar ketentuan resmi atau prosedur administratif yang ditetapkan oleh sekolah atau pemerintah termasuk salah satu Ciri pungli di sekolah.

4. Tidak Ada Kwitansi atau Bukti Pembayaran Resmi

Ciri pungli di sekolah berikutnya tidak diberikan kwitansi atau bukti pembayaran resmi atas iuran yang telah dibayarkan, sehingga sulit untuk melacak dan memverifikasi pembayaran.

5. Iuran Tidak Sesuai dengan Ketentuan

Besaran iuran yang diminta tidak sesuai dengan ketentuan resmi. Ciri pungli di sekolah ini terlihat dari tidak ada dasar yang jelas untuk meminta iuran tersebut.

Baca Juga: Lirik dan Terjemahan Lagu Shot Glass of Tears Jungkook BTS

6. Tidak Ada Pemberitahuan atau Justifikasi

Ciri pungli di sekolah berikutnya tidak ada pemberitahuan atau justifikasi resmi kepada orang tua atau siswa mengenai jumlah dan tujuan iuran yang diminta.

7. Ada Pihak Ketiga yang Tidak Sah

Terlibatnya pihak ketiga yang tidak sah atau bukan bagian dari lembaga pendidikan untuk mengumpulkan iuran, tanpa adanya izin atau keterlibatan pihak sekolah.

8. Penggunaan Dana Tidak Jelas atau Tidak Sesuai

Tidak ada pertanggungjawaban yang jelas atau dokumentasi penggunaan dana yang dikumpulkan. Ciri pungli di sekolah ini terlihat dari penggunaan dana tidak sesuai dengan tujuan yang diumumkan.

9. Pembayaran Wajib untuk Kegiatan Tertentu

Ciri pungli di sekolah yang paling mudah dikenali adalah memaksa siswa atau orang tua siswa untuk membayar iuran tertentu sebagai syarat mengikuti kegiatan. Orang tua dan siswa juga wajib membayar guna mendapatkan hak atau fasilitas tertentu di sekolah.

Baca Juga: Profil Abu Ubaidah, Jubir Hamas yang Viral di Media Sosial

10. Reaksi Negatif Terhadap Pertanyaan atau Kritik

Reaksi negatif atau ancaman terhadap siapa pun yang mengajukan pertanyaan atau kritik terkait dengan iuran pungli di Sekolah.

Penting untuk diingat bahwa iuran pungli adalah tindakan yang melanggar hukum dan etika. Jika Updaters mengalami atau menyaksikan praktik pungli di sekolah, sebaiknya laporkan ke pihak berwenang atau instansi terkait untuk tindakan lebih lanjut.

Sebelumnya diberitakan, B mengatakan Iuran Siswa di Sukabumi ini sebesar Rp 100 ribu per bulan. Berdasarkan rapat komite sekolah dengan orang tua murid, Iuran Sekolah akan digunakan untuk keperluan sebagai Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP). Tetapi masalah terjadi, kata B, saat ada siswa yang belum melunasi iuran, kartu ulangannya diduga ditahan.

Hingga artikel ini ditayangkan, pihak Madrasah Aliyah belum memberikan penjelasan lebih lanjut terkait rincian jumlah siswa dan kegunaan uang Iuran Sekolah tersebut.

Sumber: Berbagai Sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional27 April 2024, 15:08 WIB

Posisi Terakhir Masih di Sukabumi, Mensos Kejar Emak-emak Suka Ngamuk Minta Sedekah

Sempat dibawa pihak kepolisian untuk dititipkan ke angkutan umum arah Bandung Barat lalu ke Bogor, perempuan tersebut dilaporkan warga, pada Sabtu (27/4/2024) masih berada di Kota Sukabumi.
Menteri Sosial, Tri Rismaharini (Sumber: akun kemensos RI)
Inspirasi27 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Logistic Staff Minimal SMK/SMA Semua Jurusan, Penempatan Kota Sukabumi

Apabila kamu tertaik dengan pekerjaan ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Logistic Staff Minimal SMK/SMA Semua Jurusan, Penempatan Kota Sukabumi | Foto: Istimewa
Fashion27 April 2024, 14:30 WIB

Cara Memilih Warna Hijab yang Sesuai dengan Kulit Sawo Matang, Makin Pede!

Memilih warna hijab yang tepat bisa membuat penampilan Anda lebih bersinar dan menonjol.
Ilustrasi -Memilih warna hijab yang tepat bisa membuat penampilan Anda lebih bersinar dan menonjol. (Sumber : pixabay/moeslim2).
Life27 April 2024, 14:00 WIB

Suka Buat Tipu-Muslihat, Ini 6 Karakter Orang Licik yang Harus Diwaspadai di Sekitar Kita

Orang licik biasanya memiliki karakter yang kurang baik dalam lingkungan sosial, sehingga gampang ditebak ciri dari mereka yang melekat.
Ilustrasi - Orang licik biasanya memiliki karakter yang kurang baik dalam lingkungan sosial, sehingga gampang ditebak ciri dari mereka yang melekat. (Sumber : Pixabay/Cristian Benavides).
Life27 April 2024, 13:45 WIB

Takut Mengambil Resiko! 5 Kebiasaan Ini yang Selalu Dihindari Orang Kaya

Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya.
Ilustrasi - Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya. (Sumber : pexels.com/@Andrea Piacquadio)
Life27 April 2024, 13:30 WIB

9 Cara Menghadapi Orang Jutek, Harus Tenang dan Jangan Terbawa Emosi!

Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang.
Ilustrasi - Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang. (Sumber : unsplash.com/@Obie Fernandez)
Food & Travel27 April 2024, 13:26 WIB

Bukit Pasir Randu, Tempat Menarik Nikmati Pesona Sunrise di Cisolok Sukabumi

Bukit Pasir Randu menyajikan pemandangan yang memikat hati.
Pemandangan matahari terbit atau sunrise di Bukit Pasir Randu, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 13:00 WIB

10 Cara Mudah Menghadapi Anak yang Tantrum, Bunda Wajib Tahu!

Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens.
Ilustrasi - Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens. (Sumber : Pixabay.com/@parent90).
Life27 April 2024, 12:30 WIB

Kehadirannya Sering Mengganggu! 6 Cara Ampuh Menghilangkan Semut di Rumah

Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu.
Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu. (Sumber : Pixabay.com/@actee3).
Life27 April 2024, 12:15 WIB

Rasa Iri atau Dendam, 7 Alasan Seseorang Membenci Kita yang Perlu Diwaspadai

Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik.
Ilustrasi - Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik. (Sumber : Pixabay.com/nooneknow22).