Profil Abu Ubaidah, Jubir Hamas yang Viral di Media Sosial

Selasa 21 November 2023, 12:30 WIB
Profil Abu Ubaidah Juru Bicara Militer Brigade Al-Qassam Hamas yang Viral di Media Sosial | Foto : X (Twitter)/@numanmazlan

Profil Abu Ubaidah Juru Bicara Militer Brigade Al-Qassam Hamas yang Viral di Media Sosial | Foto : X (Twitter)/@numanmazlan

SUKABUMIUPDATE.com - Abu Ubaidah mendadak trending di X (Twitter) pada Selasa (21/11/2023), terkait bagaimana vokalnya ia bersuara di tengah konflik Palestina dan Israel yang merenggut banyak nyawa tak bersalah. Abu Ubaidah adalah seorang tokoh militer dari Brigade Al-Qassam, sayap militer dari organisasi Hamas.

Abu Ubaidah sebagai juru bicara atau jubir berperan untuk menyampaikan informasi dan pernyataan terkait operasi militer dan aktivitas Brigade Al-Qassam. Hamas sering dianggap sebagai organisasi teroris oleh beberapa negara dan lembaga internasional.

Lantas, siapa Abu Ubaidah yang viral di media sosial? Simak profilnya berikut ini sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber!

Profil Abu Ubaidah, Juru Bicara Brigade Al-Qassam Hamas

Viral Sosok Abu Ubaidah Juru Bicara Militer Brigade Al-Qassam Hamas | Foto : X (Twitter)/@OMJ_JeNggotViral Sosok Abu Ubaidah Juru Bicara Militer Brigade Al-Qassam Hamas | Foto : X (Twitter)/@OMJ_JeNggot

Abu Ubaidah atau yang juga dikenal dengan nama Abu Obaida, Abu Obayda, Abu Ubaydah dan Abu Ubayda ini merupakan nama samaran juru bicara Brigade Izz ad-Din al-Qassam, yakni sayap militer Hamas.

Baca Juga: 12 Ciri Anak Stres Akibat Psikologis Bermasalah, Bunda Perhatikan Sikapnya!

Mengutip Suara.com, belum ada yang tahu siapa nama asli Abu Ubaidah, begitu juga dengan detail informasi pribadinya. Bahkan, wajah Abu Ubaidah pun tak pernah diketahui karena ia selalu mengenakan kaffiyeh setiap kali muncul ke hadapan publik.

Pada 2014, media Israel pernah merilis foto yang diduga Abu Ubaidah dan nama aslinya yaitu Huzaifa Samir Abdullah al-Kahloot. Akan tetapi, keabsahan foto serta nama tersebut langsung dibantah Brigade al-Qassam.

Sejak kembali meletusnya perang antara Israel dan Gaza pada 7 Oktober lalu, Abu Ubaidah kembali muncul ke layar kaca, usai Mohammad Al-Deif selaku komandan Al-Qassam, memproklamirkan operasi Banjir Al-Aqsa dimulai.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Suka dengan Kita, Perhatikan Tatapan Matanya

Abu Ubaidah pertama kali dikenal tahun 2002 sebagai bagian dari pejabat lapangan Al Qassam. Ia berbicara pada banyak media melalui konferensi pers, namun tidak pernah menampakkan wajahnya.

Menurut laporan media Israel, Abu Ubaidah berasal dari kota Naalia, Gaza, yakni kota yang diduduki Israel pada 1948. Dan saat ini, Ia dikabarkan tinggal di Jabalia, sisi timur laut Gaza.

Rumahnya beberapa kali dibom pada 2008, 2012, 2014, dan saat ini. Dalam perang tahun 2014, Abu Ubaidah mengumumkan penculikan tentara Israel yang bernama Shaul Aron saat konfrontasi darat.

Sebelum perang tumpah pada tahun 2014, Abu Ubaidah pernah mempresentasikan tesis master berjudul, "Tanah Suci antara Yudaisme, Kristen, dan Islam" di Universitas Islam dari Fakultas Dasar-dasar Agama.

Baca Juga: 10 Ciri Anak Depresi Berat Akibat Psikologis Bermasalah, Bunda Perhatikan Sikapnya!

Sebelumnya diketahui, nama Abu Ubaidah Hamas viral usai dirinya membagikan pesan audio pada Sabtu, 4 November 2023. Di pesan audio tersebut, Abu Ubaidah menyampaikan bahwa pasukan Al-Qassam aktif menyerang musuh serta menetralisir kendaraan mereka. Setidaknya, ada 24 kendaraan musuh yang hancur.

Abu Ubaidah yang kini viral di media sosial ternyata muncul pertama kali pada tahun 2006. Merujuk jurnalfaktual.id, kala itu Abu Ubaidah mengumumkan penangkapan tentara Israel Gilad Shalit oleh Al-Qassam Brigades.

Bukan di tahun 2023, justru sejak tahun 2006 itulah, nama Abu Ubaidah dikenal sebagai sosok ikonik bagi rakyat Palestina, hingga seluruh Timur Tengah dan dunia Muslim. Meski dikenal se antero dunia muslim, Abu Ubaidah sebagai juru bicara hanya muncul dengan tampilan menutupi wajahnya dengan kain khas Palestina, keffiyeh.

Baca Juga: 8 Ciri Anak yang Memiliki Masalah Psikologis, Perhatikan Sikapnya!

Suara Abu Ubaidah begitu fasih, tegas, dan emosional sering menyampaikan pesan-pesan perlawanan, solidaritas, dan optimisme kepada “rakyat Palestina yang teguh”, “bangsa Arab dan Muslim”, dan “orang-orang bebas di dunia”.

Tak hanya berkat lantangnya menyuarakan muslim, Abu Ubaidah juga dikenal sebagai juru bicara yang jarang berbohong atau menyesatkan. Juru bicara militer itu selalu mengikuti perkembangan situasi di lapangan dan memberikan informasi yang akurat dan relevan.

Abu Ubaidah bahkan tidak segan mengkritik atau menantang musuh-musuh Palestina, terutama Israel, Amerika Serikat, dan negara-negara Arab yang bersekutu dengan mereka.

Baca Juga: 14 Perilaku Anak yang Memiliki Masalah Psikologis, Bunda Yuk Kenali!

Dikutip terpisah dari laman genmuslim.id, Abu Ubaidah identik dengan sorban merah yang digunakan sebagai topeng menutupi wajahnya.

Abu Ubaidah versi 5.0, bukan nama asli dari sosok juru bicara Brigade Al Qassam, melainkan nama samaran yang diambil dari salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW, Abu Ubaidah bin Jarrah. Di masa Nabi Muhammad SAW, Abu Ubaidah bin Jarrah terkenal sebagai panglima perang Yarmuk sekitar tahun 634 M.

Menariknya, nama asli sosok Abu Ubaidah yang sering terdengar di Palestina dan dunia tidak diketahui oleh publik hingga kini. Bahkan Israel yang berusaha mencarinya pun tak kunjung menemukan nama asli Abu Ubaidah.

Usaha Israel mengungkap nama asli Abu Ubaidah pernah dibantah oleh Hamas, dan disebut sebagai berita bohong. Israel pernah mengklaim bahwa nama asli Abu Ubaidah adalah Huzaifah Samir Abdullah al-Kahloot dan merilis gambar wajahnya, padahal hal itu tidaklah benar.

Sebagai informasi, hingga artikel ini ditayangkan, nama asli Abu Ubaidah belum juga diketahui. Hanya saja, gambar Abu Ubaidah memakai sorban merah yang menutupi wajahnya viral di berbagai platform media sosial.

Sumber: Berbagai Sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 23:13 WIB

Mau Diperbaiki? Jembatan Reyot Penghubung Waluran-Surade Sukabumi Ditinjau Staf Kemenlu

Jembatan gantung yang berada di aliran Sungai Cikarang, Kampung Cukangbayur, Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, kondisinya sudah lapuk.
Pemdes Caringinnunggal Kecamatan Waluran. Staf Kemenlu, Relawan dan Pemdes saat meninjau Jembatan Gantung Sungai Cikarang | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi04 Mei 2024, 22:54 WIB

58 Persen Masyarakat Kabupaten Sukabumi Kurang Puas Atas Kinerja Marwan-Iyos

Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute, merilis hasil survei terkait tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Sukabumi dibawah kepemimpinan Bupati Marwan Hamami dan Wakil Bupati Iyos Somantri.
Gedung Pendopo Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi04 Mei 2024, 21:49 WIB

Niat Cari Kerja: Pelaku Tolak Sodomi hingga Duel Sebelum Bunuh Pria di Citepus Sukabumi

Kasat Reskrim Polres Sukabumi, AKP Ali Jupri, mengatakan bahwa pelaku berinisial A (20 tahun) awalnya mendatangi Ceceu ini dengan niat mencari kerja, sebelum akhirnya membunuh korban
Pelaku pembunuhan setelah ditangkap di Mapolsek Parungkuda Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi04 Mei 2024, 21:09 WIB

Pemkab Sukabumi Akan Relokasi Rumah yang Terdampak Longsor di Cibadak

Pemerintah Kabupaten Sukabumi berencana merelokasi warga terdampak longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/RW 11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, yang berdampak pada belasan rumah.
Foto udara lokasi longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Instagram/@kiekiesukabumi
Sehat04 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari

Berikut Sederet Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari yang Bisa Dilakukan.
Ilustrasi - Pijat Ringan untuk Meringankan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih04 Mei 2024, 20:46 WIB

Survei Terbaru Elektabilitas 17 Calon Bupati Sukabumi: Tidak Ada Sosok yang Kuat

asil survei dirilis oleh Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute bekerjasama dengan Litbang Sukabumiupdate.com.
Ilustrasi pasangan calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari jalur perseorangan atau independen | Foto : Sukabumi Update
Life04 Mei 2024, 20:00 WIB

6 Dampak Buruk Terlalu Memanjakan Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Terlalu memanjakan anak rupanya memiliki dampak buruk bagi perkembangan anak jika sudah tumbuh dewasa. Ini yang perlu diperhatikan para orang tua.
Ilustrasi. Dampak buruk terlalu memanjakan anak. Sumber foto : Pexels/ Pavel Danilyuk
Sukabumi04 Mei 2024, 19:40 WIB

Sukabumi Dinilai Stagnan, Koalisi 5 Partai Cenderung Usung Figur Alternatif di Pilkada

ima partai politik yaitu, PKB, PKS, Demokrat, PAN dan PDIP secara resmi berkoalisi di Pikada Kabupaten Sukabumi 2024. Deklarasi koalisi digelar di salah satu kafe di Jalan Cemerlang, Kota Sukabumi, Sabtu, (4/5/2024).
Deklarasi koalisi 5 partai, PKB, Demokrat, PKS, PAN, PDIP | Foto : Asep Awaludin
Sehat04 Mei 2024, 19:00 WIB

5 Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Penderita Asam Urat Sebaiknya Mengetahui Apa Saja Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Guna Mencegah Serangannya Kambuh.
Ilustrasi. Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/OzielGomez)
Sukabumi04 Mei 2024, 18:57 WIB

Di Kubur Berdampingan, Pasutri Tewas Tertabrak Kereta di Kebonpedes Sukabumi Dikenal Ramah

Dalam prosesi pemakaman, berlangsung haru serta diiringi isak tangis keluarga. Mengingat semasa hidup korban yang baik dan suka bersosialisasi dengan tetangga.
Suasana saat pemakaman jenazah suami istri korban tertabrak kereta di Kampung Gunung Kebonpedes Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin