251.374 KPM di Sukabumi Terima BLT BBM Rp 600 Ribu

Senin 12 September 2022, 14:34 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM sebesar Rp 600 ribu mulai disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Sukabumi. Sebagai penyalur, Kantor Pos Sukabumi mencatat ada 251.374 KPM di Kota dan Kabupaten Sukabumi yang menerima bantuan ini.

Ketua Satgas Bantuan Sosial Kantor Pos Sukabumi Fajar Maulana mengatakan dalam penyaluran BLT BBM tahap pertama yakni September-Oktober, setiap KPM menerima Rp 300 ribu. Sedangkan tahap kedua pada November-Desember, masing-masing akan menerima BLT BBM Rp 300 ribu.

Pada penyaluran tahap pertama, KPM juga menerima bantuan sembako senilai Rp 200 ribu. Sehingga, pada pendistribusian tahap pertama di Sukabumi yang telah dimulai sejak 6 September 2022 tersebut, setiap KPM menerima uang total Rp 500 ribu (BLT BBM dan bantuan sembako).

"Bantuan sembako satu bulan yang bulan September sebesar Rp 200 ribu. Jadi jumlah total yang diterima KPM Rp 500 ribu," kata Fajar kepada awak media pada Senin (12/9/2022).

Baca Juga :

Fajar mengtakan data 251.374 KPM tersebut diperoleh dari Kementerian Sosial RI. Rinciannya, Kota Sukabumi 21.909 KPM dan Kabupaten Sukabumi 229.465 KPM. Ada sejumlah skema yang dilakukan Kantor Pos Sukabumi dalam penyaluran ini, seperti pemusatan di kantor pos dan kelurahan.

Namun bagi KPM yang sakit atau tidak bisa datang ke kantor pos maupun kelurahan, Fajar menyebut petugas Kantor Pos Sukabumi akan melakukan home visit atau door to door. Teknisnya, petugas Kantor Pos Sukabumi akan mengantarkan bantuan itu langsung ke rumah penerima atau KPM.

"Bagi yang sakit, disabilitas, kita ada petugasnya untuk mengantarkan ke rumah," kata dia.

Menurut Fajar, Senin ini adalah hari terakhir penyaluran BLT BBM dan bantuan sembako di Kota Sukabumi. "Ini hari terakhir, mudah-mudahan kita finish. Tinggal untuk disabilitas yang tidak bisa hadir akan kita kunjungi ke masing-masing rumahnya sesuai daftar yang belum mengambil," ujar Fajar.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan sejauh ini penyaluran BLT BBM berjalan lancar. Semua dilakukan sesuai target dan jadwal yang sudah ditetapkan. "Apa pun kebijakan pemerintah pusat, terjadi perubahan, penambahan, atau seperti apa, kita akan laksanakan," kata Fahmi.

Diketahui, pemerintah mulai mencarikan BLT BBM Rp 600 ribu kepada 20,65 Juta KPM sejak Kamis, 1 September 2022. Bantuan ini disiapkan untuk menjaga daya beli masyarakat sebagai antisipasi dampak penurunan ekonomi global, termasuk di Indonesia ada kenaikan harga BBM bersubsidi.

Anggaran yang disiapkan pemerintah untuk bantuan sosial sebesar Rp 24,17 triliun. Sebanyak Rp 12,4 triliun di antaranya akan dialokasikan untuk bansos dalam bentuk BLT BBM.

BLT BBM akan diberikan kepada sebanyak 20,65 juta KPM atau masyarakat miskin senilai Rp 600 ribu. Bantuan tersebut akan dibayarkan dua kali atau masing-masing Rp 300 ribu per term.

Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal R Djoemadi menyatakan pihaknya telah menerima 1,5 juta data penerima manfaat dari total 20,6 juta KPM. BLT BBM disalurkan melalui kantor pos di seluruh Indonesia.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Kecantikan29 Maret 2024, 12:30 WIB

Inilah 4 Fungsi Make Up Glitter, Bisa Bikin Hidung Tampak Mancung!

Glitter pada make-up memiliki fungsi yang beragam dan bisa memberikan tampilan yang spektakuler.
Ilustrasi. Manfaat Glitter dalam Make Up. Sumber: pixabay.com/stux
Kecantikan29 Maret 2024, 12:00 WIB

5 Warna Lipstik yang Cocok untuk Bibir Gelap Agar Tampil Lebih PD

Artikel akan membahas berbagai pilihan warna lipstik yang cocok untuk bibir gelap. Lebih lengkap dengan memberikan tips dan saran tentang warna-warna yang akan menonjolkan keindahan bibir Anda.
Ilustrasi. Rekomendasi Warna Lipstik yang Cocok untuk Bibir Gelap. Sumber: pixabay.com/AestheticJourney
Sukabumi29 Maret 2024, 11:22 WIB

RLPPD Tahun 2023: Kabupaten Sukabumi Raih 93 Penghargaan

Penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Sukabumi pada tahun 2023 telah menorehkan prestasi yang membanggakan.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri. | Foto: Istimewa
Life29 Maret 2024, 11:11 WIB

6 Etika Ngobrol yang Membuat Anda Disenangi Banyak Orang, Ini Caranya

Terdapat beberapa sikap yang membuat seseorang disenangi banyak orang. Karena itu penting diketahui agar menjadi solusi kehidupan yang bermakna
Ilustrasi - Ada beberapa etika yang perlu diperhatikan saat ngobrol dengan orang lain terutama yang baru dikenal (Sumber : Pexels/Thirdman)
Food & Travel29 Maret 2024, 11:07 WIB

Cocok Jadi Sajian Lebaran, Intip Resep Bakso Sapi Ala Devina Hermawan! Kuahnya Super Gurih

Bakso Sapi dengan kuah super gurih ala Devina Hermawan ini tentu juga bisa jadi suguhan untuk tamu-tamu yang bersilaturahmi ke rumah Anda pada saat lebaran nanti.
Sajian lebaran untuk keluarga, resep Bakso Sapi kuah super gurih ala Devina Hermawan. | Foto: YouTube/Devina Hermawan
Life29 Maret 2024, 11:00 WIB

5 Seni Berbicara yang Membuat Anda Berwibawa di Mata Orang, Yuk Buktikan!

Seni berbicara di hadapan orang lain rupanya ada tekniknya agar dipandang berwibawa. Jadi solusi bagi orang yang ingin dihormati dan disegani.
Ilustrasi. Seni berbicara agar berwibawa. Sumber foto : Pexels/Henri Mathieu-Saint-Laurent
Sehat29 Maret 2024, 10:59 WIB

5 Jenis Makanan yang Bisa Memperpendek Umur, Hindari Mulai Sekarang!

Terdapat jenis makanan yang rupanya bisa memperpendek umur. Karena itu penting menghindarinya agar bisa berumur panjang di masa depan
Ilustrasi - Makanan yang bisa memperpendek umur (Sumber : Pexels/Alexy Almond)
Food & Travel29 Maret 2024, 10:52 WIB

Segar Banget! Resep Es Kopyor Tanpa Kelapa, Nikmat Jadi Takjil Puasa

Minuman segar dan manis ini cara membuatnya juga mudah karena menggunakan bahan-bahan mudah dijangkau.
Minuman yang segar dan manis, resep Es Kopyor Tanpa Kelapa ala Devina Hermawan. | Foto: YouTube/Devina Hermawan
Life29 Maret 2024, 10:46 WIB

5 Rahasia Cepat Kaya Orang China yang Bisa Ditiru dalam Kehidupan Sehari-hari

Orang China identik dengan pribadi yang kaya dan pebisnis. Tentunya, di balik itu semua ad acara berpikir yang membuatnya sukses sampai tujuh turunan
Ilustrasi - Cara kaya ala orang China (Sumber : Pexels/RDNE Stock project)
Kecantikan29 Maret 2024, 10:45 WIB

5 Cara Memilih Foundation yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

Artikel ini akan mengulas beberapa tips dan trik untuk mengidentifikasi foundation yang tepat untuk kulit Anda, termasuk cara memilih warna yang sesuai, mengetahui tekstur foundation yang sesuai, dan memilih coverage atau tutupan yang sesuai dengan kulit.
Ilustrasi. Make Up. Cara Memilih Foundation yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang. Sumber: pixabay.com