30 atau 60 Detik, Berapa Lama Waktu Cuci Muka yang Benar?

Selasa 04 Juli 2023, 18:30 WIB
Ilustrasi - 30 atau 60 Detik, Berapa Lama Waktu Cuci Muka yang Benar? | (Sumber : Freepik.com/jcomp)

Ilustrasi - 30 atau 60 Detik, Berapa Lama Waktu Cuci Muka yang Benar? | (Sumber : Freepik.com/jcomp)

SUKABUMIUPDATE.com - Mencuci muka adalah rutinitas yang wajib dilakukan setiap malam. Mencuci muka merupakan langkah penting guna mendapatkan kulit bersih dan terawat.

Rutinitas mencuci muka bisa dilakukan bersamaan dengan menyikat gigi sebelum tidur. Hal ini bertujuan agar sebelum tidur kulit bersih sempurna.

Belakangan, pengguna TikTok mengatakan bahwa seseorang harus memijat pembersih wajah ke kulit setidaknya selama 60 detik untuk mendapatkan pembersihan yang benar. Berkaitan dengan hal itu, lantas berapa lama mencuci muka yang benar? Simak informasi berikut, dikutip via Tempo.co!

Waktu Cuci Muka

Menurut dokter kulit Marisa Garchik, memang benar bahwa agar pembersih menjadi efektif, harus berada di kulit dalam jangka waktu yang cukup lama.

“Konon, umumnya rata-rata 30 hingga 60 detik sudah cukup bagi kebanyakan orang," ujarnya, dikutip Selasa (4/7/2023).

Dokter kulit Laura Penzi juga berpendapat demikian, yakni "Kebanyakan pembersih wajah memiliki semacam surfaktan [pada dasarnya, definisi cepat surfaktan TK] atau sabun di dalamnya yang membutuhkan waktu untuk berbusa dan menghilangkan residu dari kulit Anda dengan benar," jelasnya.

Baca Juga: Apakah "Tong Diuk Na Lawang Panto Bisi Nongtot Jodo" Benar?

Pertanyaan kembali muncul, kapan harus cuci muka 30 detik atau 60 detik?

Menurut Dr. Garshick, ada beberapa faktor utama yang perlu dipertimbangkan, seperti jenis pembersih yang digunakan dan seberapa banyak riasan serta penumpukan pada kulit.

“Untuk seseorang yang memakai banyak makeup, mereka mungkin memerlukan waktu 60 detik penuh untuk menghapusnya secara menyeluruh. Selain itu, jika Anda menggunakan pembersih obat seperti yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat untuk mengobati jerawat, Anda pasti ingin memastikan pembersih tersebut berada di kulit Anda cukup lama agar bahan aktif memiliki efek." katanya.

Jika tidak ada kegiatan yang melibatkan makeup atau sejenisnya, maka Updaters dapat mencuci wajah selama 30 detik.

Meskipun demikian, Dr. Camp memperingatkan agar tidak membersihkan lebih dari 60 detik, karena dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi. Berikut beberapa tips mencuci muka yang dapat dicoba dirumah:

Tips Mencuci Muka

1. Gunakan air hangat

Hindari air panas, karena dapat melebarkan pembuluh darah secara kronis dari waktu ke waktu, menyebabkan kemerahan pada wajah dan memperburuk kondisi seperti rosacea. Air panas juga menghilangkan minyak alami kulit serta membuat kulit kering dan lebih rentan terhadap iritasi.

2. Pembersih wajah sesuai dengan jenis kulit

Tips berikutnya yakni pilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Artinya, gunakan pembersih yang menghidrasi untuk kulit kering, pembersih berbusa untuk kulit berminyak atau pembersih dengan bahan aktif seperti asam salisilat untuk penyumbatan pori dan kulit berjerawat.

3. Hindari menggosok atau scrubbing kulit terlalu kuat

Scrubbing dapat menyebabkan gangguan atau cedera pada penghalang kulit, yang dapat membuat kulit rentan terhadap kekeringan dan iritasi.

Baca Juga: 120 Ribu/Kg, Ikan Dewa Langka dan Mahal Ada di Sungai Cibuni Sukabumi

Dr. Penzi merekomendasikan penggunaan ujung jari yang bersih. Pasalnya, waslap spons, atau sikat seringkali "terlalu abrasif" dan dapat merusak penghalang kulit seiring waktu. Selain itu, benda-benda ini rentan terhadap penumpukan bakteri dari waktu ke waktu, jika tidak dicuci dan dikeringkan dengan benar.

4. Gunakan handuk untuk kulit menggunakan handuk yang bersih dan lembut

Pastikan menggunakan handuk bersih untuk mengeringkan kulit setelah mencuci muka. Handuk bisa menjadi jalur masuk bakteri atau kotoran ke wajah setelah dibersihkan.

5. Oleskan pelembab pada kulit

Tindakan pembersihan saja, bahkan dengan pembersih yang lembut, bisa membuat kulit kering. Maka penting untuk melengkapi rangkaian skincare dengan pelembab guna mengunci kelembaban dan mencegah kulit kering.

Namun jika saat ini sedang menggunakan retinoid resep atau produk retinol yang dijual bebas, tunggu hingga kulit benar-benar kering sebelum mengaplikasikannya. Dr. Camp merekomendasikan waktu tunggu selama sepuluh menit sebelum pakai pelembab.

“Ini dapat membantu mengurangi efek samping yang berpotensi mengiritasi karena produk mungkin tidak menembus kulit sedalam jika masih lembab,” jelasnya.

SUMBER: TEMPO.CO | PUREWOW

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life18 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Anak Sudah Dewasa Sebelum Waktunya, Bersikap Bijaksana

Meskipun anak yang memiliki sifat-sifat dewasa bisa menjadi keuntungan, penting bagi mereka untuk tetap mendapatkan dukungan yang tepat agar tidak merasa terbebani oleh tanggung jawab yang berlebihan terlalu cepat.
Ilustrasi. Kenali Ciri Anak Sudah Dewasa Sebelum Waktunya. (Sumber : Pixabay/GerdAltmann)
Sehat18 Mei 2024, 06:00 WIB

Simpel, Cara Membuat Infused Water Kayu Manis untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kayu manis dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol "jahat") dan trigliserida dalam darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.
Ilustrasi. Cara Membuat Infused Water Kayu Manis (Sumber : Freepik/@azerbaijan_stock)
Science18 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 Mei 2024, Sukabumi Potensi Hujan Ringan di Siang Hari

Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions)
Sukabumi17 Mei 2024, 23:06 WIB

Minim Lulusan SMA, Disdik Ungkap Kondisi Pendidikan di Tempat Tinggal Anak Bunuh Ibu di Sukabumi

Perwakilan Disdik Kabupaten Sukabumi ungkap kondisi pendidikan di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung.
Rumah Inas (43 tahun) dan Rahmat alias Herang (25 tahun) atau lokasi pembunuhan di Kampung Cilandak RT 15/04, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi17 Mei 2024, 22:12 WIB

Studium Generale UMMI Sukabumi Bahas Implementasi Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

Gelar Studium Generale, UMMI Sukabumi bahas implementasi transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bersama Kemendikbudristek RI.
Studium Generale UMMI Sukabumi bersama Kemendikbudristek dihadiri para guru hingga unsur dinas pendidikan setempat. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel17 Mei 2024, 21:00 WIB

Bantu Anak Tumbuh Tinggi, 6 Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari

Dengan mengintegrasikan kebiasaan minum susu di malam hari, anak dapat memperoleh manfaat gizi dan kesehatan yang signifikan. Kebiasaan minum susu ini akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.
Ilustrasi. Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi17 Mei 2024, 20:36 WIB

Kecelakaan di Jalur Lingsel Sukabumi, Dua Pemotor Remaja Terpental usai Tabrak Mobil

Berikut kronologi kecelakaan dua pemotor remaja yang terpental usai tabrak mobil yang sedang menyeberang di Jalur Lingsel Sukabumi.
TKP dua pemotor remaja terpental usai tabrak mobil yang sedang menyebrang di Jalur Lingkar Selatan (Lingsel) Cisaat Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Mengendalikan Kadar Asam Urat dalam Tubuh Sangat Penting

Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat.
Ilustrasi - Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sehat17 Mei 2024, 20:00 WIB

Sufor Pengganti ASI, Ini 10 Jenis Susu yang Bisa Dikonsumsi Anak

Alternatif lain, namun perlu diperhatikan bahwa susu almond biasanya lebih rendah protein dibandingkan ASI atau susu sapi. Maka dari itu, pilih jenis susu yang difortifikasi sebagai pengganti ASI.
Ilustrasi. Susu Formula Berbasis Susu Sapi adalah jenis susu formula yang paling umum dan mirip dengan komposisi ASI dalam hal protein, lemak, dan karbohidrat. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi17 Mei 2024, 19:34 WIB

Habiskan Rp10 Juta, Ini Alasan Warga Swadaya Cor Jalan Rusak di Cidahu Sukabumi

Perbaikan jalan rusak secara swadaya di Cidahu Sukabumi saat ini tengah dihentikan sementara.
Warga dan komunitas di Cidahu Sukabumi swadaya cor jalan rusak. (Sumber : Istimewa)