Faktor Penyebab Kulit Wajah Berjerawat Setelah Olahraga, Cuci Muka Terlalu Sering

Senin 06 Februari 2023, 05:17 WIB
Ilustrasi. Faktor Penyebab Kulit Wajah Berjerawat Setelah Olahraga, Cuci Muka Terlalu Sering (Sumber : pixabay.com)

Ilustrasi. Faktor Penyebab Kulit Wajah Berjerawat Setelah Olahraga, Cuci Muka Terlalu Sering (Sumber : pixabay.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Kulit wajah berjerawat adalah masalah umum yang kerap dikeluhkan. Jerawat di kulit wajah tak hanya mengganggu bagi perempuan, tetapi juga laki-laki.  

Penyebab kulit wajah mudah berjerawat bisa bermacam-macam mulai dari make up hingga olahraga

Baca Juga: 9 Ide Panggilan Sayang Unik dan Lucu dari Berbagai Bahasa, Suka yang Mana?

Kulit wajah berjerawat karena olahraga termasuk salah satu contoh kebingungan masyarakat. Bagaimana tidak, kegiatan olahraga ini tak jarang menimbulkan jerawat di kulit wajah akibat produksi keringat yang tidak terkontrol.

Berikut Faktor-faktor penyebab jerawat karena olahraga, seperti dikutip via Tempo.co.

1. Berolahraga dengan riasan atau pelembab berat

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah: Berolahraga dengan makeup Anda harus dihindari jika memungkinkan. "Saya merekomendasikan untuk menghindari pelembab oklusif, tebal dan alas bedak dengan cakupan penuh atau riasan tebal lainnya," kata dokter kulit bersertifikat Kim Nichols. Saat Anda menyabuni riasan atau pelembap berat (termasuk minyak wajah), keringat dan bakteri dapat terperangkap di bawah kulit Anda yang menyebabkan iritasi dan peningkatan risiko berjerawat, pori-pori tersumbat, dan sejenisnya.

Baca Juga: Respons Ridwan Kamil Soal Wacana Penghapusan Jabatan Gubernur: Tanya Pada Rakyat

2. Menunggu terlalu lama untuk membersihkan kulit

Meskipun pembersihan langsung sangat ideal, mungkin ada masa tenggang. "Menurut pendapat saya, mencuci kulit setelah berolahraga dalam waktu 30 menit seharusnya baik-baik saja sebelum pori-pori secara teoritis menutup kembali dan menjebak semua keringat dan kotoran, dan kemungkinan pertumbuhan berlebih dari bakteri dan ragi mulai terbentuk," kata dokter kulit bersertifikat Kseniya Kobets,

Mencuci kulit setelah berolahraga tidak selalu mudah, terutama jika Anda tinggal jauh dari tempat berolahraga pilihan Anda. Namun, ada alat ramah perjalanan yang tersedia. "Jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan pembersihan penuh dan rutin, saya sarankan setidaknya membilas wajah dengan cepat dengan air hangat dan membawa pad asam salisilat atau glikolat," kata Nichols.

Tetapi jika keringat pada dasarnya tidak buruk untuk kulit Anda, mengapa begitu penting untuk membersihkannya setelahnya? "Keringat membuka pori-pori, membersihkan kotoran dan sebum berlebih dalam prosesnya," kata Nichols. "Intinya, ini membuat kulit lebih sehat — tetapi ketika kulit dibiarkan tidak bersih setelah berkeringat, ini memungkinkan semua kotoran dan minyak diserap kembali, semakin menyumbat pori-pori dan menyebabkan berjerawat.

3. Mencuci muka terlalu sering

Mencuci muka adalah suatu keharusan yang jelas, tetapi Anda pasti bisa melakukannya secara berlebihan. Jika Anda mencuci muka lebih dari dua kali sehari, Anda berisiko membuat kulit Anda kelaparan akan kelembapan dan minyak alami, dua hal yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Ketika kulit Anda terlalu kering, secara alami akan menghasilkan lebih banyak sebum (bahan lengket yang menyumbat pori-pori Anda). Saat ini terjadi, peluang Anda untuk berjerawat semakin tinggi—itulah sebabnya pelembab selalu menjadi bagian penting dari rutinitas pembersihan Anda.

Kulit setiap orang berbeda, jadi mereka yang sudah memiliki kulit kering mungkin hanya ingin membersihkan kulit sekali sehari dan cukup membilasnya dengan air di pagi hari, sedangkan orang dengan kulit berminyak atau berjerawat mungkin lebih memilih pembersihan dua kali sehari.

Untuk menghindari mencuci kulit secara berlebihan, cobalah untuk menjadwalkan latihan Anda sebelum pembersihan pagi atau sore hari. Ini tidak selalu memungkinkan, tetapi patut dicoba jika Anda melihat kulit Anda mulai mengering karena bilasan ekstra.

Baca Juga: Doa Hari Senin, Amalkan Agar Aktivitas Keseharian Diberi Keberkahan oleh Allah SWT

4. Menggunakan handuk atau peralatan yang kotor

Jika Anda menggunakan handuk selama latihan untuk menyeka keringat, pastikan Anda mencucinya setelah setiap latihan. Jika tidak, Anda hanya akan menyebarkan bakteri di kulit Anda lagi dan lagi.

Hal yang sama berlaku untuk pakaian yang Anda kenakan (terutama jika Anda cenderung berjerawat di dada atau punggung) dan peralatan yang Anda gunakan. Jika gym Anda tidak memiliki semprotan sanitasi di sana, bawalah satu di tas Anda untuk membersihkan peralatan apa pun yang akan menyentuh kulit Anda.

SUMBER: TEMPO.CO | MIND BODY GREEN

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life26 April 2024, 00:02 WIB

5 Manfaat Penerapan Pola Asuh Paralel Pada Anak, Salah Satunya Kurangi Masalah Emosional

Keberhasilan mengasuh anak secara paralel tergantung pada menjaga interaksi dengan mantan Anda seminimal mungkin. Karena pola asuh ini memiliki manfaat baik untuk anak.
Ilustrasi manfaat penerapan pola asuh paralel / Sumber Foto: Freepik/@tirachardz
Sukabumi25 April 2024, 23:51 WIB

Tersambar Petir, Rumah di Nagrak Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Nagrak Sukabumi. Peristiwa terjadi setelah petir menyambar rumah tersebut.
Kondisi kebakaran rumah di Nagrak Sukabumi akibat tersambar petir. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi25 April 2024, 23:23 WIB

Hujan Deras, Banjir Rendam Jalan Raya dan Belasan Rumah di Cidahu Sukabumi

Dipicu hujan deras, jalan raya dan belasan rumah terendam banjir di Pasirdoton Cidahu Sukabumi.
Kondisi jalan raya Cidahu Sukabumi dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 22:18 WIB

PKB Gagas Poros Ketiga, Siapkan Figur untuk Lawan Asjap dan Iyos di Pilkada Sukabumi

ewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Sukabumi saat ini tengah membuka penjaringan bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan diusung dalam Pilkada 2024.
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 21:54 WIB

Kalahkan Borneo FC 2-1, Persib Segel Runner-up Regular Series Liga 1 2023/2024

Dua gol Persib Bandung atas Borneo FC disumbangkan David da Silva menit 20 dan Ciro Alves (70).
Para pemain Persib merayakan gol ke gawang Borneo FC pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 21:39 WIB

Tiga Partai Bahas Draft Koalisi, Sepakat Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Sukabumi 2024, sejumlah elit partai tengah sibuk melakukan komunikasi dengan sesama partai untuk membangun koalisi.
Pertemuan Golkar PPP dan Gerindra membahas draf koalisi | Foto : Ist
Sukabumi25 April 2024, 21:19 WIB

Pemkot Sukabumi Beri Hadiah Untuk SKPD dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak

SKPD yang menerima hadiah dianggap telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendorong pendaftaran pekerja rentan ke dalam program jaminan sosial.
Pemberian hadiah bagi SKPD Pemkot Sukabumi dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak. (Sumber : Istimewa)
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Life25 April 2024, 20:59 WIB

Dapat Tekanan dari Orang Tua Lain, Berikut 4 Penyebab Penerapan Pola Asuh Helikopter

Pola asuh helikopter berarti orang tua sepenuhnya menyetir anak mereka agar menjadi orang yang mereka inginkan karena beberapa penyebab.
Ilustrasi penyebab penerapan pola asuh helikopter. | Sumber Foto: Freepik/@freepik
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi