Wanita Harus Tahu, Inilah Dampak Buruk Jika Lupa Hapus Makeup Sebelum Tidur

Selasa 19 Juli 2022, 15:30 WIB

SUKABUMIUPDTE.com - Sebagian dari kaum hawa ada saja yang lupa menghapus makeup sebelum tidur karena kelelahan setelah melakukan aktivitas seharian. Hingga akhirnya tidur dengan kondisi riasan masih menempel pada wajah.

Hal tersebut tentu saja tidak baik, karena akan memperburuk kondisi kulit seperti jerawat atau eksim. Riasan juga menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit berjerawat. 

Melansir dari tempo.co, menghapus riasan sebelum tidur sangat penting untuk menciptakan lapisan yang bersih sebelum menerapkan produk perawatan kulit lainnya seperti serum dan krim malam. 

Selain itu, penting untuk menghapus riasan sebelum tidur di malam hari untuk mencegah pori-pori tersumbat dan iritasi.

Jika riasan berpindah ke sarung bantal, residu ini dapat menyebabkan jerawat jika sarung bantal tidak dicuci secara teratur.

Meskipun akan selalu ada malam-malam di mana tubuh terlalu lelah untuk menghapus riasan, jika itu menjadi kebiasaan dan rutinitas seperti menyikat gigi, maka akan cenderung lupa.

Pastikan untuk berkomitmen pada rutinitas perawatan kulit malam hari yang menghilangkan penumpukan, minyak, kotoran, bakteri, dan riasan sejak hari itu.

Saat membangun rutinitas perawatan kulit, ada beberapa langkah penting yang perlu dipertimbangkan.

Baca Juga :

1. Pembersih

Membersihkan wajah adalah langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit karena membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan kotoran lain yang tidak diinginkan.

Sepanjang hari, kulit wajah terus-menerus tertutup oleh bakteri, polutan, kotoran, dan sel-sel kulit tua (mati).

Formula yang tepat membersihkan kulit tanpa menghilangkan minyak esensial yang sehat dan bervariasi berdasarkan jenis kulit.

Bagi mereka yang memakai banyak riasan, mungkin yang terbaik adalah mempertimbangkan pembersihan ganda, menggunakan pembersih berbasis minyak diikuti dengan pembersih berbasis air tradisional. 

Untuk kulit berminyak, pilih pembersih gel atau busa membantu memecah kotoran dan sebum berlebih dari pori-pori. 

Untuk kulit kering, pembersih krim atau lotion yang diformulasikan dengan emolien seperti gliserin atau shea butter akan membantu menghidrasi kulit sambil membersihkan kotoran. Sementara, untuk kulit sensitif, cukup cuci muka sekali sehari pada malam hari untuk membersihkan kulit dari penumpukan harian.

Mungkin juga baik untuk menghindari wewangian yang berat. 

Semua jenis kulit akan bagus menggunakan micellar water karena melakukan pembersihan yang lembut dan efektif, dapat digunakan sendiri atau bagian dari rutinitas pembersihan ganda dua langkah.

2. Toner

photoIlustrasi Toner - (Freepik)</span

Toner harus dilakukan setelah pembersihan dan sebelum memakai apa pun. Toner memberikan suntikan nutrisi ekstra, membantu produk lain dalam rejimen menyerap lebih baik, sambil tetap menyeimbangkan pH kulit. 

3. Pelembab

photoIlustrasi Memnggunakan Pelembab - (Freepik)</span

Pelembab melembapkan dan melembutkan kulit. Menggunakannya secara teratur sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit dapat mencegah kulit menjadi kering.

Ini sangat penting setelah pembersihan untuk membantu mempertahankan kelembapan dan mencegah hilangnya kelembapan lebih lanjut.

4. Eksfoliasi

photoIlustrasi Eksfoliasi - (Freepik)</span

Pengelupasan membantu menjaga kulit tetap lembut dan halus dengan menggosok dan mengangkat sel-sel kulit mati. 

Tidak perlu melakukan eksfoliasi kulit lebih dari dua kali seminggu. 

5. Masker

photoIlustrasi Masker  - (Freepik)</span

Masker wajah akan jadi tambahan yang bagus dalam setiap rutinitas perawatan kulit untuk menargetkan masalah perawatan kulit tertentu. 

Masker dapat membantu menghidrasi kulit, menghilangkan minyak berlebih, dan membantu memperbaiki tampilan pori-pori, sambil relaksasi seperti spa di rumah. 

Jenis masker yang tepat tergantung pada kondisi kulit. 

Baca Juga :

SOURCE: TEMPO.CO | SHE FINDS

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Science22 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 22 Juli 2024, Cek Dulu Langit di Awal pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Senin 22 Juli 2024.
Ilustrasi. Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Senin 22 Juli 2024. (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi21 Juli 2024, 23:20 WIB

Aksi Maling Nekat Terekam CCTV di Sukabumi, Bawa Kabur Motor di Depan Korban

Terekam CCTV aksi nekat maling motor yang bawa kabur barang curiannya di depan korban di Cicurug Sukabumi.
Sosok pelaku pencurian motor di depan Toko Kosmetik di Jalan Cimelati, Cicurug Sukabumi. (Sumber : Tangkapan Layar CCTV/Istimewa)
Sukabumi21 Juli 2024, 22:34 WIB

RW 05 Kebon Manggu Kota Sukabumi Peringati 10 Muharram Dengan Santuni Anak Yatim dan Jompo

Pengurus RW 05 Kampung Kebon Manggu Kota Sukabumi peringati 10 muharram 1446 H dengan memberikan santunan kepada anak yatim piatu dan jompo.
RW 05 Kampung Kebon Manggu, Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi menggelar kegiatan pemberian santunan kepada anak yatim dan jompo dalam rangka memperingati 10 Muharram 1446 H. (Sumber : Istimewa)
Life21 Juli 2024, 22:00 WIB

9 Tips Hidup Bahagia di Usia Tua, Yuk Rencanakan Masa Depan dengan Bijak!

Pastikan Anda merencanakan keuangan dengan baik untuk keamanan finansial di masa tua. Konsultasikan dengan penasihat keuangan jika diperlukan agar hidup bahagia di usia tua nanti.
Ilustrasi. Lansia. Jangan lupa untuk sering tertawa dan menikmati momen-momen ringan. Humor dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Game21 Juli 2024, 21:00 WIB

9 Cara Mencegah Anak Kecanduan Game Online, Manfaatkan Fitur Parental Controls

Jika kecanduan game sudah mengkhawatirkan, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan psikolog anak atau terapis.
Ilustrasi. Anak bermain gadget. |  Cara Mencegah Anak Kecanduan Game Online Foto: Pixabay
Sukabumi Memilih21 Juli 2024, 20:11 WIB

PKS Resmi Usung Iyos di Pilkada 2024, Ini Kata Mantan Bupati Sukabumi Sukmawijaya

Sukmawijaya blak-blakan soal alasan PKS akhirnya menyatakan dukungan kepada Iyos Somantri untuk maju sebagai Bakal Calon Bupati Sukabumi di Pilkada 2024.
Mantan Bupati Sukabumi yang juga Dewan Pakar DPD PKS Kabupaten Sukabumi, Sukmawijaya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Juli 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari Ini Tak Boleh Dicontoh, Begini Solusinya!

Orang malas biasanya tidak membersihkan diri atau tempat tidur dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan kesehatan.
Ilustrasi. Menonton Film Hingga Larut Malam. Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari yang Tidak Boleh Dicontoh (Sumber : Freepik)
Kecantikan21 Juli 2024, 19:00 WIB

11 Rutinitas Skincare di Malam Hari, Gak Cuma Cuci Muka Ya!

Rutinitas Skincare di Malam Hari Gak Cuma Cuci Muka.Pilih serum berdasarkan kebutuhan kulit, seperti serum anti-aging, serum pencerah, atau serum yang mengandung hyaluronic acid untuk hidrasi.
Ilustrasi. Memakai Skincare Malam. Perhatikan reaksi kulit terhadap produk baru dan hindari produk yang menyebabkan iritasi. | Sumber: Freepik.com (artursafronovvvv)
Life21 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW. Dikisahkan, Zaid bin Tsabit suatu malam mengadu kepada Rasulullah SAW saat semalaman tidak bisa tidur.
Ilustrasi. Membaca Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW (Sumber : Freepik/@freepik)
Internasional21 Juli 2024, 17:46 WIB

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI Korban Serangan Israel ke Pelabuhan Yaman

Kemlu RI memastikan tidak ada WNI yang menjadi korban dalam keganasan serangan Israel ke Pelabuhan Hudaidah, Yaman.
Asap dan api mengepul dari Pelabuhan Hodeidah usai serangan udara Israel di Yaman, 20 Juli 2024. Ledakan terjadi setelah pesawat tempur Israel menyerang pelabuhan tersebut. (Sumber Foto: Houthi Media Centre/Handout via REUTERS)