Dari Boneka Horta, Ciomas Rahayu Menuju Desa Wisata Pemberdaya di Jawa Barat

Selasa 14 Maret 2023, 19:05 WIB
Boneka Horta membawa Ciomas Rahayu di Kabupaten Bogor Jawa Barat jadi desa wisata (Sumber: istimewa)

Boneka Horta membawa Ciomas Rahayu di Kabupaten Bogor Jawa Barat jadi desa wisata (Sumber: istimewa)

KATA WARGANET - Kolaborasi antar masyarakat sejak 2010 lalu menjadi suksesnya pendirian Kampung Horta, sebuah desa yang letaknya tak jauh dari pusat kota. Tepatnya di jalan Selahuni Nomor 3, Desa Ciomas Rahayu, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Alhamdulillah warga disini sangat terbantu. Ibu-ibunya bikin boneka horta. Remajanya bantu pelatihan,” ujar Linawati (35) salah satu pengelola Kampung Horta sekaligus warga desa pada Senin, 06 Maret 2023.

Kampung Horta digagas oleh mahasiswa IPB yang sedang melakukan penelitian pada 2004 lalu. Awalnya kampung ini hanyalah kampung biasa yang umumnya dijadikan tempat untuk KKN. Akan tetapi setelah penelitian dilakukan, kampung ini menjadi kampung wisata.

Baca Juga: Desa Wisata Batu Karut, Aspirasi Warga Selaawi dalam Reses Hendar Darsono

Berawal dari boneka horta, sebuah media tanam tanpa tanah yang berbentuk boneka dan dapat ditumbuhi rumput jarum membuat banyak orang tertarik. Hal tersebut disampaikan oleh Lina selaku pengelola Kampung Horta.

“Saat itu, banyak orang yang penasaran dengan cara pembuatannya. Akhirnya tercetus ide untuk sosialisasi pembuatan boneka horta ini ke sekolah-sekolah. Nah tambah banyak orang yang penasaran. Masyarakat mengusulkan untuk membuka eduwisata di kampung ditambah dengan pelatihan-pelatihan lain,” ucap Lina salah satu pengelola Kampung Horta sekaligus warga desa saat menceritakan kilas balik Kampung Horta.

Kampung ini diresmikan beberapa tahun lalu kepala desa setempat serta bupati Bogor Rahmat Yasin.Menurut Lina, kampung ini adalah sebuah wadah bagi masyarakat sekitar untuk menyalurkan pikiran dan tenaga. Tempat ini adalah sebuah lapangan pekerjaan baru yang dapat dimanfaatkan masyarakat. Ditambah dengan antusias dan kerjasama antar masyarakat membuat kampung ini lebih maju.

Baca Juga: Bangga! Sukabumi Punya 13 Desa Wisata, Salah Satunya Hanjeli Pemenang ADWI 2022

“Pemerintah setempat juga sangat menyambut baik karena ada lapangan kerja untuk masyarakat,” ungkap Lina.

Tiap masyarakat kampung sangat terbuka dan ramah saat pengunjung menyambangi tempat ini. Mereka sangat terbuka dan tak segan membantu. Hal ini dilontarkan oleh Hanivah selaku pengunjung.

“Warganya pada baik, ramah lagi,” sebut Hanivah (20 tahun) saat diwawancara pada Senin, (06/03/2023).

Baca Juga: Ajak Kades Jadi Agen, Strategi Dispar Cetak Desa Wisata Baru di Kabupaten Sukabumi

Kampung Horta sebagai eduwisata Berkonsep eduwisata, kampung ini memiliki tujuan untuk memperkenalkan kekayaan alam ke banyak orang, terutama anak kecil hingga remaja. Hal ini sesuai dengan kegiatan-kegiatan yang ada, seperti menanam padi, menangkap ikan, hingga menangkap bebek.

“Seneng banget bisa main sama bebek, terus bisa nanem padi juga soalnya ga pernah nyoba,” tutur Lala salah satu pengunjung yang diwawancara.

Kampung Horta di Ciomas Rahayu jadi desa wisata pemberdaya di Jawa BaratKampung Horta di Ciomas Rahayu jadi desa wisata pemberdaya di Jawa Barat

Selain itu, kampung ini juga menyediakan pelatihan-pelatihan yang berbasis tradisional seperti teknik dasar membatik, membuat telur asin, dan membuat layang-layang. Pengunjung kampung ini beragam yang dimayoritasi oleh anak-anak TK dan SD. Akan tetapi, tak sedikit pula remaja yang berkunjung.

Baca Juga: Cisande Sukabumi Masuk 50 Terbaik ADWI 2021, Menteri Sandiaga Soal Desa Wisata

“TK, SD, mahasiswa juga ada. Bahkan dari Korea dan luar negeri lain sebelum pandemi itu pada kesini. Rata-rata emang yang jauh pada kesini. Mungkin kalau orang yang deket pengennya ke yang jauh yah. Kalau yang jauh pada penasaran main di sawah soalnya jarang. Disini aja cuma ada di kampung ini sisanya perumahan,” ungkap Lina menyampaikan pendapatnya.

Menurut Lina, Kampung Horta tidak bisa dijadikan seperti wisata lain. Alasannya adalah lahan yang digunakan wisata ini milik masyarakat sekitar.

Selain itu, ingin lebih memperkenalkan ke banyak orang mengenai perkampungan.

Baca Juga: 5 Desa Wisata di Jabar Masuk 50 Terbaik ADWI 2021, Wagub: Dorong Pemerataan Ekonomi

Dengan lahan yang dimiliki masyarakat desa, kampung ini dapat tumbuh dan berkembang dengan berbagai fasilitas. Salah satunya adalah outbound dan flying fox.

“Ini semua lahannya punya masyarakat disini, nanti bagi hasil. Ga ada pemilik dari kampung wisata ini,” kata Lina memperjelas.

Jam buka dan harga Kampung Horta Kampung Horta buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB. Akan tetapi, jika ingin berkunjung ke Kampung ini harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Tidak bisa langsung datang dan merasakan asrinya kampung ini.

Baca Juga: Cisande Menuju 10 Terbaik ADWI 2021? Ini Kata Bupati Sukabumi Soal Desa Wisata

Biaya tiket masuk kampung ini dihitung dari kegiatan yang diikuti. Adapun biaya satu kegiatan nya ialah Rp20.000/orang. Dilansir dari laman kampunghorta.com, dalam satu hari pelatihan peserta minimal 20 orang dan maksimal 200 orang.

Penulis: Sharuna Sekar R (Mahasiswi IPB)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik01 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Rumah - Salma Salsabil, “Tempat yang Kurindu Sejak Lama”

Lirik lagu "Rumah" menceritakan tentang kerinduan seorang anak terhadap kampung halamannya.
Lirik lagu "Rumah" menceritakan tentang kerinduan seorang anak terhadap kampung halamannya. (Sumber : YouTube/@Salma Salsabil).
Life01 Maret 2024, 16:30 WIB

Kapan Puasa Ramadan 2024 Dilaksanakan? Ini Perkiraan Waktunya

Berikut ini informasi kapan puasa 2024 dimulai berdasarkan kalender dari Kemenag RI dan Kalender dari Muhammadiyah
Ilustrasi - Berikut ini informasi kapan puasa 2024 dimulai berdasarkan kalender dari Kemenag RI dan Kalender dari Muhammadiyah | (Sumber : Freepik.com/@ Sketchepedia)
Film01 Maret 2024, 16:00 WIB

Kabar Gembira! Film Live Action Naruto Segera Digarap Oleh Lionsgate

Diharapkan Live Action Naruto dapat memenuhi ekspektasi para penggemar dan menjadi film yang menghibur dan berkualitas.
Diharapkan Live Action Naruto dapat memenuhi ekspektasi para penggemar dan menjadi film yang menghibur dan berkualitas. (Sumber : X/@Naruto_Anime_EN).
Food & Travel01 Maret 2024, 15:30 WIB

6 Tempat Wisata Kids Friendly di Sukabumi, Anak Langsung Gembira

Berikut ini tempat wisata kids friendly di Sukabumi yang bisa dijadikan pilihan ketika menghabiskan momen liburan di Sukabumi
Berikut ini tempat wisata kids friendly di Sukabumi yang bisa dijadikan pilihan ketika menghabiskan momen liburan di Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Sukabumi01 Maret 2024, 15:28 WIB

Tekan Inflasi Jelang Ramadhan, Pemkab Sukabumi Akan Gencarkan Operasi Pasar Murah

Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman mengikuti Rapat Koordinasi Dwimingguan Ke-24 Pengendalian Inflasi di Daerah Provinsi dan Kabupaten dan Kota Se-Jawa Barat Secara Virtual di Sukabumi Command Center, Setda-Palabuhanratu.
Sekda Ade Suryaman saat mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi di Daerah Provinsi dan Kabupaten dan Kota Se-Jawa Barat Secara Virtual di Sukabumi Command Center, Setda-Palabuhanratu. Kamis (29/2/2024) | Foto : Dokpim
Keuangan01 Maret 2024, 15:06 WIB

BPS: Beras Sumbang Inflasi Terbesar Februari, Hanya 1 Provinsi yang Harganya Turun

Beras mengalami inflasi 5,32 persen dengan andil terhadap IHK 0,21 persen.
(Foto Ilustrasi) BPS menyebut beras menyumbang inflasi terbesar pada Februari 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi01 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sukabumi Sebagai Admin Lapangan di Minimarket

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sukabumi Sebagai Admin Lapangan di Minimarket (Sumber : Istimewa)
Sukabumi01 Maret 2024, 14:51 WIB

Catat! Ini 4 Program Prioritas Dinsos Kota Sukabumi hingga 2025

Program pertama adalah peningkatan mutu penanganan rehabilitasi dan perlindungan sosial.
Kadinsos Kota Sukabumi Fajar Rajasa saat menghadiri forum perangkat daerah untuk rencana kerja tahun 2025 pada Jumat (1/3/2024). | Foto: SU
KATA WARGANET01 Maret 2024, 14:45 WIB

KPID Berbondong-bondong Desak MK Perpanjang Masa Jabatan KPI Jadi 5 Tahun

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) di berbagai daerah mendesak kepada Mahkamah Konstitusi (MK) agar mengabulkan permohonan uji materiil Pasal 9 ayat (3) UU 32/2002 tentang Penyiaran terkait perpanjangan masa jabatan KPI
Irwansyah, Ketua KPID Kalimantan Timur | Foto : Ist/Sukabumi Update
Cek Fakta01 Maret 2024, 14:43 WIB

Beredar Video Hoaks Kantor KPU dan Kementerian Dibakar

Video ini merupakan peristiwa kericuhan demonstrasi pada 22 Mei 2019.
(Foto Ilustrasi) Beredar video dan unggahan hoaks soal pembakaran kantor KPU. | Foto: Istimewa