TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Cisande Sukabumi Masuk 50 Terbaik ADWI 2021, Menteri Sandiaga Soal Desa Wisata

Penulis
Sabtu 4 Sep 2021, 02:00 WIB

River tubbing. Potensi wisata yang ada di Desa Cisande Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi Jawa Barat berhasil merebut hati para kurator atau tim penilai ADWI 2021.

SUKABUMIUPDATE.com - Potensi wisata yang ada di Desa Cisande Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi Jawa Barat berhasil merebut hati para kurator atau tim penilai ADWI 2021. Tahun ini, bersama tiga desa lainnya di Jawa Barat, Cisande masuk daftar 50 terbaik Ajang Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Suatu kebanggaan untuk masyarakat Sukabumi dan Jawa Barat karena dalam ajang tahunan ini saingannya mencapai 1.831 peserta desa wisata dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Dipilah mencari 500, kemudian berkurang jadi 300 hingga akhirnya para kurator memilih 50 desa terbaik ADWI 2021, yang rencananya akan dikunjungi untuk dinilai lebih lanjut, langsung oleh Dewan Juri dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pada hari Minggu 5 September 2021.

Baca Juga :

sukabumiupdate.com/posts/87009/cicantayan-sukabumi-dari-manggis-dan-bata-merah-menuju-wisata-berbasis-desa"> Cicantayan Sukabumi, dari Manggis dan Bata Merah Menuju Wisata Berbasis Desa

Pengumuman 50 terbaik ADWI 2021 ini diumumkan langsung oleh Sandiaga Uni lewat channel youtube Kemenpar Ekraf pada 23  Agustus 2021 silam. Dalam video rekaman tersebut, Sandi menyebut, ADWI adalah salah satu upaya mewujudkan desa wisata di Indonesia yang berkelas dunia, berdaya saing, dan berkelanjutan. 

"Desa wisata menjadi Simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional demi kesejahteraan rakyat untuk Indonesia Bangkit!," tegas Sandiaga dalam video tersebut.

photoCamp sawah, salah satu pilihan di desa wisata Cisande Sukabumi - (dok. Jadesta.com)</span

"Bagi yang belum lolos terpilih menjadi 50 Desa Wisata Terbaik, Desa Wisata Indonesia Bangkit, ADWI 2021 jangan patah semangat. Terus tingkatkan inovasinya, jangan lelah beradaptasi, dan perbanyak kolaborasi untuk mengembangkan desa wisata," sambungnya.

Kemenparekraf akan menjadikan data desa wisata melalui jadesta atau Jaringan Desa Wisata sebagai wadah sekaligus arah dalam penyusunan rencana pengembangan semua desa wisata di Indonesia. Kemenparekraf melalui Jadesta sudah membuat profil masing-masing desa yang ikut dalam ajang ini, termasuk Cisande dalam daftar 50 terbaik ADWI 2021.

Baca Juga :

sukabumiupdate.com/posts/vakansi/wisata/60553-Agrowisata-Cisande-Sukabumi-Bisa-Panen-Sayuran-Tanpa-Punya-Kebun"> Agrowisata Cisande Sukabumi, Bisa Panen Sayuran Tanpa Punya Kebun

Dalam laman resminya  Desa Wisata Cisande Kampung Raden, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat merupakan kegiatan pemanfaatan alam dan pengembangan sumber Daya Manusia. Disini ada wisata edukasi, Budaya dan Bercocok Tanam, Adventure River Tubing, Tracking Bukit Cemara, Kuliner Sunda dan masih banyak atraksi dan potensi lainnya.


Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini