Cisande Sukabumi Masuk 50 Terbaik ADWI 2021, Menteri Sandiaga Soal Desa Wisata

Sabtu 04 September 2021, 02:00 WIB
River tubbing. Potensi wisata yang ada di Desa Cisande Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi Jawa Barat berhasil merebut hati para kurator atau tim penilai ADWI 2021.

River tubbing. Potensi wisata yang ada di Desa Cisande Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi Jawa Barat berhasil merebut hati para kurator atau tim penilai ADWI 2021.

SUKABUMIUPDATE.com - Potensi wisata yang ada di Desa Cisande Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi Jawa Barat berhasil merebut hati para kurator atau tim penilai ADWI 2021. Tahun ini, bersama tiga desa lainnya di Jawa Barat, Cisande masuk daftar 50 terbaik Ajang Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Suatu kebanggaan untuk masyarakat Sukabumi dan Jawa Barat karena dalam ajang tahunan ini saingannya mencapai 1.831 peserta desa wisata dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Dipilah mencari 500, kemudian berkurang jadi 300 hingga akhirnya para kurator memilih 50 desa terbaik ADWI 2021, yang rencananya akan dikunjungi untuk dinilai lebih lanjut, langsung oleh Dewan Juri dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pada hari Minggu 5 September 2021.

Baca Juga :

Pengumuman 50 terbaik ADWI 2021 ini diumumkan langsung oleh Sandiaga Uni lewat channel youtube Kemenpar Ekraf pada 23  Agustus 2021 silam. Dalam video rekaman tersebut, Sandi menyebut, ADWI adalah salah satu upaya mewujudkan desa wisata di Indonesia yang berkelas dunia, berdaya saing, dan berkelanjutan. 

"Desa wisata menjadi Simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional demi kesejahteraan rakyat untuk Indonesia Bangkit!," tegas Sandiaga dalam video tersebut.

photoCamp sawah, salah satu pilihan di desa wisata Cisande Sukabumi - (dok. Jadesta.com)</span

"Bagi yang belum lolos terpilih menjadi 50 Desa Wisata Terbaik, Desa Wisata Indonesia Bangkit, ADWI 2021 jangan patah semangat. Terus tingkatkan inovasinya, jangan lelah beradaptasi, dan perbanyak kolaborasi untuk mengembangkan desa wisata," sambungnya.

Kemenparekraf akan menjadikan data desa wisata melalui jadesta atau Jaringan Desa Wisata sebagai wadah sekaligus arah dalam penyusunan rencana pengembangan semua desa wisata di Indonesia. Kemenparekraf melalui Jadesta sudah membuat profil masing-masing desa yang ikut dalam ajang ini, termasuk Cisande dalam daftar 50 terbaik ADWI 2021.

Baca Juga :

Dalam laman resminya  Desa Wisata Cisande Kampung Raden, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat merupakan kegiatan pemanfaatan alam dan pengembangan sumber Daya Manusia. Disini ada wisata edukasi, Budaya dan Bercocok Tanam, Adventure River Tubing, Tracking Bukit Cemara, Kuliner Sunda dan masih banyak atraksi dan potensi lainnya.

Disini juga dituliskan sudah dilengkapi dengan fasilitas wisata pendukung seperti: Jungle Tracking, Kamar Mandi Umum, Kuliner, Musholla, Outbound dan selfie area. Untuk lebih detil bisa cek langsung di www.jadesta.com.

photoPanorama Bukit Cemara. Spot wisata alam Desa Cisande Sukabumi - (dok. Jadesta.com)</span

Sukabumiupdate.com, pernah menulis tentang potensi wisata di desa Cisande. Dalam tulisan yang di publish 3 November 2019, mengupas tentang Agrowisata Desa Cisande di Kampung Pondokleungsir. Kegiatan yang paling seru di objek wisata ini yaitu pengunjung bisa Panen sayuran serasa punya kebun sendiri.

Selain Panen sayuran, ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan di Agrowisata Cisande seperti outbound, flying Fox, treking, panahan, dan laboratorium alam.  "Agrowisata adalah perpaduan antara pariwisata dan pertanian atau perkebunan yang dikombinasikan menjadi destinasi wisata yang menarik bagi masyarakat. Orang-orang dapat belajar tentang perkebunan, menikmati buah segar hasil petikan langsung dari pohonnya, atau sekedar jalan-jalan menghirup aroma segar yang jarang mereka jumpai di perkotaan," tutur Ketua BUMMAS (Badan Usaha Milik Masyarakat) Anugerah Tani, Maman Mulyana, kepada sukabumiupdate.com saat itu. 

"Selain kegiatan wisata, juga tersedia untuk belajar wirausaha bagi pelajar, seperti budidaya cacing, budidaya Lele, pengolahan abon lele, workshop pembuatan busur dan panah. Jadi, bisa disebut juga sebagai ekonomi kreatif masyarakat," pungkas Maman.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer
Keuangan26 April 2024, 20:00 WIB

Sumber Pendapatan Pasif, 6 Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan

Beberapa jenis investasi, seperti saham dividen, obligasi, atau properti sewa, dapat menghasilkan pendapatan pasif secara teratur. Pendapatan dari investasi ini dapat membantu meningkatkan arus kas dan memberikan stabilitas finansial tambahan.
Ilustrasi. Perhitungan Ekonomi. Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Life26 April 2024, 19:53 WIB

Terapkan Konsekuensi, Ini 7 Cara Memperbaiki Perilaku Tidak Baik Pada Anak

Ekspektasi orang tua terhadap anaknya kadang membuat mereka tertekan. Maka dari itu, lakukan tips berikut untuk membuat anak memperbaiki perilakunya.
Ilustrasi cara memperbaiki perilaku tidak baik anak / Sumber Foto : Freepik/jcomp
Gadget26 April 2024, 19:30 WIB

3 Cara Mengetahui Password Wifi yang Lupa Melalui HP, Mudah dan Cepat!

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa.
Ilustrasi. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa. (Sumber foto : Pexels/PhotoMIX Company)