Hasil Konferta: Iqbal Lazuardi-Ery Chandra Ketua dan Sekretaris AJI Bandung 2024-2027

Minggu 09 Juni 2024, 17:33 WIB
Foto bersama pengurus dan anggota AJI Kota Bandung setelah kegiatan Konferta pada Sabtu, 8 Juni 2024. | Foto: AJI Kota Bandung

Foto bersama pengurus dan anggota AJI Kota Bandung setelah kegiatan Konferta pada Sabtu, 8 Juni 2024. | Foto: AJI Kota Bandung

SUKABUMIUPDATE.com - Pasangan Iqbal T Lazuardi dan Ery Chandra terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Bandung periode 2024-2027.

Mengutip keterangan dari siaran pers, pengurus baru AJI Kota Bandung itu terpilih berdasarkan hasil pemungutan suara anggota yang digelar dalam Konferensi Kota (Konferta) pada Sabtu, 8 Juni 2024, secara daring dan luring.

Iqbal-Ery berhasil meraih suara terbanyak, mengungguli dua pasangan lainnya yang juga maju dalam pemilihan ketua dan sekretaris serikat jurnalis yang kini berusia 22 tahun tersebut.

Pasangan ini akan menakhodai organisasi ini selama tiga tahun ke depan, menggantikan kepengurusan sebelumnya yang diketuai Tri Joko Her Riadi.

Iqbal yang di periode kepengurusan AJI Bandung 2021-2024 menjabat sebagai sekretaris merupakan jurnalis lepas dan koresponden Tempo di Jawa Barat. Sementara Ery adalah jurnalis di Tribun Jabar.

Baca Juga: RUU Penyiaran Larang Konten Eksklusif Jurnalisme Investigasi, AJI: Membungkam Pers

Dalam keterangannya, Ketua AJI Kota Bandung terpilih, Iqbal, mengatakan bahwa kepengurusan AJI Bandung saat ini akan berupaya pada penguatan organisasi dan kapasitas anggota.

“Tantangan ke depan nampaknya akan makin berat. Maka kami berupaya agar anggota AJI Bandung tetap terlindungi namun tetap relevan dengan segala disrupsi yang sedang kita hadapi di dunia jurnalisme maupun industri media tanpa melepaskan semangat ke-AJI-an,” ujar Iqbal.

Di samping itu, Iqbal mengatakan, AJI Bandung akan tetap menjalankan garis perjuangan AJI yang selama ini menjadi garda terdepan dalam menjaga kebebasan pers, profesionalisme jurnalis, dan kebebsan berekspresi.

Hadir sebagai peninjau, Sekretaris Jenderal AJI Nasional Bayu Wardhana, menyampaikan pesan kepada pengurus AJI Kota Bandung yang baru. Ia menyebutkan bahwa kesolidan antaranggota dan kuatnya jaringan antarlembaga masyarakat sipil adalah kunci untuk menghadapi tantangan di depan.

“Tantangan yang akan kita hadapi ke depan cukup berat. Tak hanya harus kuat di internal, hubungan jaringan di luar pun perlu dikuatkan,” ujar Bayu.

Sementara itu, Ketua AJI Kota Bandung periode 2021-2024 Tri Joko Her Riadi mengungkapkan tantangan organisasi saat ini yang perlu dihadapi adalah perihal memperkuat jaringan advokasi bagi jurnalis di Bandung dan Jawa Barat.

Mengingat, saat ini di wilayah Jawa Barat baru terdapat satu AJI kota yakni AJI Bandung. Maka dari itu, pengembangan AJI Biro dan AJI Kota di wilayah Jawa Barat perlu diperhatikan oleh pengurus periode ini.

“Jawa Barat sampai hari ini masih hanya punya satu AJI Kota. Untuk provinsi seluas ini dan dengan penduduk sebesar ini, pendirian AJI seperti di Sukabumi dan di utara seperti Cirebon itu menjadi penting dan krusial,” ujar Joko.

Saat ini, AJI Kota Bandung mempunyai 59 anggota yang tersebar di wilayah Bandung, Sukabumi, Pangandaran, Cirebon, dan sekitarnya. AJI Kota Bandung merupakan bagian dari 40 AJI kota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sumber: Siaran Pers

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 Juni 2024, 19:52 WIB

100 Meter Ke Pemukiman, Lokasi Penemuan Tengkorak di Cioray Sukabumi Jarang Dilalui Warga

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, menjelaskan bahwa lokasi penemuan tersebut jarang dilalui warga karena kondisi yang rimbun dan tidak terurus. Padahal cuma sekitar 100 meter dari pemukiman warga
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 19:20 WIB

Polisi Telusuri Identitas Tengkorak Celana Merah di Cioray Sukabumi

Pihak kepolisian tengah lakukan penyelidikan kasus penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Keuangan24 Juni 2024, 19:09 WIB

BPJS dan UU Desa Baru: Kades, Perangkat dan BPD Dilindungi Jamsostek

Melalui perannya dalam UU Desa, BPJS Ketenagakerjaan berperan aktif dalam mendukung pembangunan dan perlindungan sosial di tingkat desa, sehingga masyarakat desa dapat merasakan manfaat nyata.
Peran BPJS Ketenagakerjaan dan UU Desa 2024 | Foto : Ist
Sehat24 Juni 2024, 19:00 WIB

Asam Lambung & GERD! Awas 7 Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung, yang bisa memperparah kondisi seperti refluks asam (GERD) atau penyakit tukak lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada dan tenggorokan.
Ilustrasi. Asam Lambung Naik! Awas Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sehat24 Juni 2024, 18:30 WIB

Begini 7 Cara Menghindari Lonjakan Gula Darah yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 Juni 2024, 18:17 WIB

Ada Training Pink dan Bra, Mayat Tinggal Tengkorak Di Cioray Sukabumi Diduga Perempuan

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, mengatakan bahwa saat ia bersama sejumlah anggota Kepolisian tiba di lokasi, diduga tengkorak tersebut berjenis kelamin perempuan
Tengkorak manusia dan celana panjang warna merah di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life24 Juni 2024, 18:00 WIB

Doa yang Dibaca Saat Menyambut Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air

Doa untuk jemaah haji yang pulang ke tanah air ini dianjurkan dibacakan saat menyambutnya.
Ilustrasi - Jemaah haji yang pulan ke tanah air. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sukabumi24 Juni 2024, 17:48 WIB

Sidak Ke PT BBM: BPJS dan Disnakertrans Sukabumi Pastikan Ahli Waris Pekerja Tewas Dapat Hak

Inspeksi ini dilakukan sebagai respons terhadap laporan kecelakaan kerja yang mengakibatkan kematian salah seorang buruh.
BPJS dan Disnakertrans Sukabumi Sidak ke PT BBM Padabeunghar menyusul adanya pekerja tewas tergiling mesin pengolah batu kapur | Foto : Ist
Life24 Juni 2024, 17:45 WIB

Mengenal Gangguan Keterikatan Reaktif Pada Anak Serta Gejala Hingga Penyebabnya

Gangguan Keterikatan Reaktif atau RAD merupakan suatu kondisi kesehatan mental yang terbentuk akibat kekerasan emosional hingga fisik dari orang tua dan pengasuhnya.
Ilustrasi mengenal gangguan keterikatan reaktif (RAD) pada anak (Sumber : Pexels.com)
Sehat24 Juni 2024, 17:30 WIB

4 Makanan dan Minuman yang Bermanfaat untuk Penderita Asam Urat

mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengatasi gejala asam urat.
Ilustrasi - mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengatasi gejala asam urat. (Sumber : pexels.com/Matt Hardy)