Audiensi LW Doa Bangsa-BJB Syariah, Kolaborasi Majukan Perwakafan di Daerah

Jumat 17 Mei 2024, 11:21 WIB
Audiensi Lembaga Wakaf Doa Bangsa dan BJB Syariah di Bandung | Foto : Dok. LW Doa Bangsa

Audiensi Lembaga Wakaf Doa Bangsa dan BJB Syariah di Bandung | Foto : Dok. LW Doa Bangsa

SUKABUMIUPDATE.com - Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa melakukan audiensi di kantor BJB Syariah Pusat, di Bandung, Kamis, (16/5/2024). Pihak BJB Syariah diwakili oleh Asep Saripudin, Sugeng Ribowo, Muhammad Farhan Alghifari, dan Donny Aditiasaputra. Sedangkan dari LW Doa Bangsa diwakili oleh Entus Wahidin, Rizqi Zulkarnain Hamid, Zianfani Ardiansyah, dan Agus Kamil.

Diketahui, sebagai Nazhir yang sudah berlisensi Badan Wakaf Indonesia (BWI), LW Doa Bangsa memiliki program-program yang bisa dikerjasamakan dengan pihak BJB Syariah, diantaranya program Dana Abadi berbasis wakaf bagi para pelaku usaha mikro dan kecil (PUMK) serta beberapa program lainnya.

Direktur LW Doa Bangsa, Entus Wahidin menyampaikan rencana pembangunan dana abadi PUMK yang berbasis wakaf, seiring dengan program Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) yang mencanangkan Hulu-Hilir-Halal sehingga para P3H yang memiliki kemampuan bisa ditingkatkan menjadi Pendamping Modal Kerja yang berbasis wakaf.

"Karenanya, kolaborasi dengan LKS PWU yaitu BJB Syariah dirasakan penting dalam pembentukan dana abadi bagi para PUMK," ujar Entus dalam keterangan tertulisnya kepada sukabumiupdate.com, Jumat (17/5/2024).

Pemimpin Divisi Dana Jasa Ritel BJB Syariah, Asep Saripudin mengapresiasi LW Doa Bangsa dengan program yang diajukan.

BJB Syariah memiliki komitmen yang kuat dalam memajukan dan menguatkan industri keuangan Syariah dan Wakaf adalah salah satunya," ujar Asep.

Baca Juga: DPRD Sukabumi Soroti Perawatan Tugu Jangilus Ikon Palabuhanratu, Jangan Saling Mengandalkan

Baca Juga: Sudah Dihapus, Ini Postingan Soal Studi Tour yang Bikin PGRI Sukabumi Lapor polisi

Menurut Asep, kolaborasi itu penting dan semua program harus terukur dan bisa dilaksanakan sehingga hasilnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, apalagi Wakaf sebagai salah satu instrumen kemaslahatan umat.

"Ini benar-benar harus dapat diwujudkan, jangan sekedar wacana. BJB Syariah sangat siap berkolaborasi dengan para Nazhir berlisensi BWI seperti LW Doa Bangsa. Yang terpenting adalah program itu dilaksanakan dan dapat di evaluasi untuk terus ditingkatkan kebermanfaatannya. Untuk mencapai skala yang besar perlu adanya tahapan ploting program” tegas Asep.

Sementara itu, Dewan Pengarah LW Doa Bangsa dan juga anggota Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (KPEU) Majelis Ulama Indonesia (MUI), H. Ayep Zaki mengapresiasi sambutan pihak BJB Syariah terhadap LW Doa Bangsa.

Menurut Ayep Zaki, keberadaan LW Doa Bangsa dan LKS PWU (seperti BJB Syariah), sama-sama terlahir dari Undang-Undang dan Undang-Undang, itu tercipta dari konsensus kebangsaan yang menampilkan cita untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia, yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

"Jadi Kolaborasi LW Doa Bangsa dengan BJB Syariah merupakan kolaborasi untuk mewujudkan cita mulia kemaslahatan umat yang perlu terus dijaga dan dirawat. Wakaf diyakini mampu mengentaskan kemiskinan dan kebodohan. Dan ini sejatinya terlihat dan dapat dirasakan," tutur Ayep Zaki.(Adv)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Science23 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 Juli 2024, Termasuk Wilayah Bogor, Cianjur dan Sukabumi

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Selasa 23 Juli 2024.
Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Selasa 23 Juli 2024. (Sumber : Freepik/timolina)
DPRD Kab. Sukabumi22 Juli 2024, 23:24 WIB

Dewan Andri Dorong Percepatan Pelepasan Lahan Curug Puncak Manik Sukabumi

Andri Hidayana dorong percepatan pelepasan lahan Curug Puncak Manik di Ciemas Sukabumi. Ini alasannya
Curug Puncak Manik Ciemas Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi22 Juli 2024, 23:19 WIB

Dedi Mulyadi dan Deden Deni Silaturahmi dengan Para Istri Kades Se Sukabumi

Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi, Deden Deni Wahyudin mengkonfirmasi kehadiran Kang Dedi Mulyadi dalam acara tersebut merupakan bagian rangkaian dari kegiatan Saba Desa yang dilaksanakan ke kabupat
Dedi Mulyadi dan Deden Deni Wahyudin bersilaturahmi dengan para istri kepala desa se Sukabumi | Foto : Ist
Bola22 Juli 2024, 21:54 WIB

Persib Bandung Kalah Tipis 0-1 dari Borneo FC di Piala Presiden 2024

Persib Bandung harus mengakui keunggulan Borneo FC 0-1 pada laga kedua Grup A Piala Presiden 2024.
Gelandang Persib Bandung, Mateo Kocijan dikepung pemain Borneo FC pada pertandingan Grup A Piala Presiden 2024, Senin, 22 Juli 2024. (Sumber Foto: PERSIB.co.id)
Sukabumi22 Juli 2024, 21:38 WIB

Bertemu Wabup, Pengurus HIPMI Jabar Jimmy Hendrix Bahas Investasi di Sukabumi

Wakil Bupati Sukabumi sekaligus Bakal Calon Bupati Sukabumi, Iyos Somantri bertemu fungsionaris pengurus pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Jimmy Hendrix
Wabup Sukabumi Iyos Somantri bertemu pengurus HIPMI Jabar Jimmy Hendrix, Minggu (21/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi Memilih22 Juli 2024, 21:10 WIB

Relawan Dapil I Sukabumi Siapkan Iyos Menang 80 Persen di Pilkada

Sebagai penasehat Koordinator Relawan Dapil 1, ia menyatakan bahwa pihaknya siap memenangkan Iyos dengan target 80 persen suara.
Bakal Calon Bupati Sukabumi Iyos Somnatri dan Penasehat Relawan Dapil I Reddy Santosa | Foto : Ist
Sukabumi22 Juli 2024, 21:10 WIB

Ini Ciri Mobil Pelaku Tabrak Lari yang Tewaskan Surtini di Parungkuda Sukabumi

Polisi masih kesulitan mengidentifikasi pelaku tabrak lari yang tewaskan Surtini di Parungkuda Sukabumi.
Wanita diduga ODGJ jadi korban tabrak lari mobil di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Parungkuda Sukabumi. (Sumber : Tangkapan layar CCTV/Istimewa)
Kecantikan22 Juli 2024, 21:00 WIB

Apa Itu Skin Tone? Cek Jenis, Cara Menentukan & Contoh Warnanya Agar Lebih PD!

Memahami skin tone penting dalam berbagai konteks, seperti memilih makeup, pakaian, dan aksesori yang paling sesuai.
Ilustrasi. Skin tone bisa bervariasi dari sangat terang hingga sangat gelap, dan memiliki berbagai macam undertone yang berpengaruh pada bagaimana warna terlihat pada kulit. (Sumber : Pexels/Monstera Production)
Life22 Juli 2024, 20:30 WIB

6 Kebiasaan yang Selalu Dilakukan Orang Sukses Setiap Malam

Melakukan kebiasaan-kebiasaan ini setiap malam, orang sukses mampu menjaga keseimbangan hidup, meningkatkan produktivitas, dan meraih tujuan mereka dengan lebih efektif.
Ilustrasi - Kebiasaan Orang Sukses di Malam Hari yang Dapat Kamu Tiru. (Sumber : Freepik.com/@freepik)
Sukabumi Memilih22 Juli 2024, 20:21 WIB

Akhirnya, Gerindra dan PPP Sepakati Pendamping Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Partai Gerindra dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah bertemu dan menyepakati satu nama yang akan diusung sebagai Bakal Calon Wakil Bupati Sukabumi
Jajaran DPC Gerindra dan DPC PPP bertemu untuk menyepakati pendamping Asep Japar di Pilkada Sukabumi | Foto : Dok,Sukabumiupdate