Profil Anne Ratna Mustika, Mantan Istri Dedi Mulyadi yang Baru Menikah Lagi

Selasa 19 Desember 2023, 09:30 WIB
Profil Anne Ratna Mustika, Mantan Istri Dedi Mulyadi yang Baru Menikah Lagi | Foto : Instagram/@anneratna82

Profil Anne Ratna Mustika, Mantan Istri Dedi Mulyadi yang Baru Menikah Lagi | Foto : Instagram/@anneratna82

SUKABUMIUPDATE.com - Anne Ratna Mustika kembali ramai diperbincangkan warganet usai tersiar kabar dirinya telah menikah lagi. Ya, mantan Bupati Purwakarta ini juga dikenal masyarakat karena sempat melanjutkan jabatan mantan suaminya, Dedi Mulyadi pada 2018 silam.

Mantan Kepala Daerah yang akrab disapa Ambu Anne ini diketahui telah menikah dengan suami barunya. Anne Ratna Mustika, mantan Bupati Purwakarta itu kini resmi melepas status janda.

Pernikahan Anne Ratna Mustika dengan suami barunya digelar secara tertutup pada Sabtu, 16 Desember 2023 di tempat kelahirannya, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Baca Juga: 10 Ciri Orang Memiliki Sifat yang Baik, Apakah Kamu Termasuk?

Lantas, siapa Anne Ratna Mustika? Simak Profilnya sebagaimana dirangkum via Tempo.co!

Profil Anne Ratna Mustika

Anne Ratna menjadi bupati wanita pertama di Kabupaten Purwakarta. Pada kontestasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta saat itu, Anne Ratna Mustika berpasangan dengan H. Aming.

Pendidikan dan organisasi Anne Ratna Mustika

Anne Ratna Mustika atau yang dikenal dengan Ambu Anne lahir di Cianjur pada 28 Januari 1982. Anne menempuh pendidikan pertamanya di Sekolah Dasar Gudang 2, Cianjur pada 1988.

Kemudian, Anne Ratna Mustika melanjutkan pendidikan sekolah menengah SMPN 1 Cikalong Kulon, Kabupaten Cianjur pada tahun 1994.

Baca Juga: 10 Cara Mengenali Karakter Laki-laki, Girls Perhatikan Sikapnya!

Setelah tamat SMP, Ambu Anne menempuh pendidikannya di SMAN 1 Cikalong Kulon, Kabupaten Cianjur pada 1997. Lalu, pada 2012, Anne Ratna mengambil kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi WIKARA, Kabupaten Purwakarta. 

Sebelum terjun di dunia politik pemerintahan, Anne Ratna Mustika dulunya merupakan seorang Mojang Kabupaten Purwakarta pada 2001. Ambu Anne berhasil mewakili Kabupaten Purwakarta dalam Pasanggiri Mojang Jajaka Jawa Barat 2001.

Anna Ratna Mustika juga tercatat memiliki riwayat organisasi, diantaranya:

  • Ketua TP PKK Kabupaten Purwakarta periode 2008-2018
  • Ketua Persatuan Wanita Olahraga Indonesia periode 2008-2018
  • Ketua Dekranasda Kabupaten Purwakarta periode 2008-2018
  • Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Purwakarta periode 2015-2020

Baca Juga: 10 Ciri Anak Tumbuh Menjadi Laki-laki Baik, Sikapnya Menghormati Wanita

Nama Anne Ratna Mustika juga dikenal sebagai keponakan dari Bupati Purwakarta periode 1993-2003.

Anne Ratna Mustika mulai terjun ke dunia politik setelah menikah dengan Dedi Mulyadi. Keduanya tergabung dalam Partai Golongan Karya (Golkar).

Anne Ratna Mustika Penggemar Sepak Bola

Dilansir dari laman resmi Kabupaten Purwakarta, Anne Ratna Mustika menyukai sepak bola sejak kecil. Hal ini karena seluruh anggota keluarganya merupakan penggemar sepak bola sejak dulu. 

Kecintaaan Anne Ratna terhadap olahraga sepak bola bukan main-main. Hal itu ditunjukannya dengan merenovasi total Stadion Olahraga Purnawarman ketika dirinya masih menjabat sebagai Bupati Purwakarta

Pembangunan tersebut menjadi renovasi stadion terbesar sekaligus kebanggan masyarakat Purwakata yang juga menghabiskan dana miliaran rupiah.

Baca Juga: 11 Karakter Buruk Laki-laki yang Tidak Bisa Ditoleransi Perempuan

Pembangunan kembali Stadion Purnawarman saat itu dilakukan untuk mefasilitasi para pemain sepak bola. Peresmian stadion dilaksanakan bersamaan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September 2021 lalu.

Tak sampai di situ saja, Anne Ratna Mustika bahkan memiliki klub sepak bola sendiri. Klub sepak bola itu diberi nama FC (Football Club) Dapur Teh Juju. Klub tersebut beranggotakan seluruh staf dan asisten rumah tangga Anne selama menjadi Bupati Purwakarta

Mulai dari juru masak, supir, petugas kebersihan, satuan pengamanan, petugas pengawalan, ajudan hingga  sekretaris bupati. Mereka semua memiliki hobi yang sama, yakni bermain sepak bola.

Baca Juga: 6 Potret Anne Ratna Mustika yang Dikabarkan Menikah Lagi, Tetap Cantik di Usia 41

Bahkan, klub sepak bola tersebut diberi nama FC Dapur Teh Juju karena hasil kesepakatan para staf dan asisten bupati. Nama itu disematkan untuk menghormati Teh Jubaedah, juru masak favorit Anne Ratna

Uniknya, di dapur Teh Jubaedah tersebut para pegawai Anne dan Anne sendiri sering berkumpul untuk menikmati semua makanan hasil olahan tangan terampil Teh Jubaedah yang akrab dipanggil Teh Juju. 

Selain itu, diketahui bahwa Teh Juju memang yang kerap menyiapkan sejumlah minuman dan makanan ringan buatannya jika para staf dan asisten sedang menonton sepak bola bersama.

Anne Rata Mustika Bercerai dengan Dedi Mulyadi

Pada 19 September 2022 silam, Anne Ratna Mustika ramai dikabarkan menggugat cerai suaminya, Dedi Mulyadi, yang saat ini duduk di kursi DPR RI.

Baca Juga: 3 Bulan Cerai: Anne Ratna Dikabarkan Telah Menikah Lagi, Ini Respons Kang Dedi

Sebelumnya, Dedi Mulyadi menjabat sebagai Bupati Purwakarta selama dua periode. Gugatan cerai yang dilayangkan Anne Ratna tersebut terjadi karena beberapa faktor, salah satunya dugaan Kekerasan Dalam Rumah Tangga atau KDRT. 

Anne Ratna Mustika berpisah dengan suaminya dalam putusan Pengadilan Agama Purwakarta yang teregistrasi dengan nomor: 1662/Pdt.G/2022/PA. Keputusan tersebut baru saja diresmikan oleh Mahkamah Agung (MA) pada 25 Agustus 2023 lalu dengan menolak kasasi Dedi Mulyadi

Anne Ratna Mustika mundur dari jabatan Bupati Purwakarta

Sepak terjangnya sebagai Bupati Purwakarta yang paling terkenal yakni pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) untuk melayani administrasi kependudukan dan kebutuhan masyarakat lainnya terkait pelayanan publik.

Baca Juga: 12 Cara Menghemat Pengeluaran E-Wallet, Tim Cashless Pecinta Promo dan Diskon!

Anne juga membangun Saung Ambu Anne, yakni rumah kesehatan bagi masyarakat di daerah pedesaan agar terhindar dari stunting, terutama ibu dan anak. 

Saat itu, Anne Ratna Mustika sebagai Bupati Purwakarta dan H. Aming sebagai wakilnya mengundurkan dari jabatannya karena mencalonkan diri sebagai calon legislatif (caleg) pada 2024 mendatang. Hal tersebut akan resmi dijalankan mulai 20 September 2023.

Anne Ratna Mustika akan mencalonkan diri dalam Pileg DPRD Provinsi Jawa Barat. Sedangkan H. Aming maju sebagai DPRD Kabupaten Puwakarta. Bahkan, kedua nama tersebut telah masuk dalam Daftar Calon Sementara (DCS) bakal caleg tahun depan. 

Sumber: Tempo

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat24 Juli 2024, 07:00 WIB

Diet Sehat, Ini 7 Asupan Tinggi Kalsium yang Baik untuk Tulang Anak

Diet Asupan Tinggi Kalsium yang Baik untuk Tulang Anak. Pastikan anak mendapatkan kalsium dari berbagai sumber untuk menjaga keseimbangan nutrisi.
Ilustrasi. Asupan Tinggi Kalsium untuk Anak (Sumber : Pixabay/Miriam-Fotos)
Life24 Juli 2024, 06:30 WIB

16 Kebiasaan Baik yang Bisa Membuat Badan Sehat dan Bugar, Yuk Lakukan!

Kebiasaan Baik yang Bisa Membuat Badan Sehat dan Bugar. Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat.
Ilustrasi. Relaksasi agar Tubuh Sehat dan Bugar (Sumber : Pixabay/Irina)
Food & Travel24 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Membuat Rebusan Daun Pepaya, Simpel dan Kaya Manfaat Kesehatan!

Daun pepaya mengandung vitamin A, C, dan E yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Ilustrasi. Daun Pepaya yang Kaya Manfaat Kesehatan (Sumber : Pixabay/HartonoSubagio)
Science24 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 Juli 2024, Langit Cenderung Berawan dan Cerah Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Rabu 24 Juli 2024.
Ilustrasi. Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 Juli 2024, Langit Cenderung Berawan dan Cerah Berawan. | Foto: SU/Dede
Sukabumi23 Juli 2024, 22:49 WIB

Polisi Soal Kapal dan Dugaan Pencemaran di Laut Pantai Batu Panganten Sukabumi

Berikut kata Polisi terkait adanya dua kapal yang melintas di perairan Ciracap sehari sebelum air laut Pantai Batu Panganten Sukabumi diduga tercemar BBM Solar.
Kondisi air laut Pantai Batu Panganten Sukabumi yang diduga tercemar BBM Solar. (Sumber : Istimewa)
Nasional23 Juli 2024, 22:07 WIB

Antusias Ikut Jatim Media Summit 2024, Lebih 100 Peserta Sudah Daftarkan Diri

Terhitung 36 jam jelang pelaksanaan puncak JMS 2024 pada Kamis pagi, 25 Juli, tercatat sudah lebih dari 100 calon peserta mendaftarkan diri.
Jatim Media Summit (JMS) 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi23 Juli 2024, 21:01 WIB

Dinkes Sukabumi Siap Tindak Tegas Pelaku Pembuangan Limbah Medis di Parungkuda

Dinkes Kabupaten Sukabumi buka suara terkait temuan limbah medis berupa tabung sampel darah di jalanan Parungkuda.
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Sukabumi Agus Sanusi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Sehat23 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Keajaiban Telur Rebus: Tingkatkan Kesehatan dari Dalam ke Luar

Secara keseluruhan, telur rebus merupakan pilihan makanan yang aman, lezat, dan bergizi.
Ilustrasi. Secara keseluruhan, telur rebus merupakan pilihan makanan yang aman, lezat, dan bergizi.  (Sumber : Freepik/@timolina)
Bola23 Juli 2024, 20:00 WIB

Lawan Persis Solo Menjadi Penentu Persib Bandung ke Semifinal Piala Presiden 2024

Pada laga pamungkas, Persib akan menghadapi Persis Solo di Stadion Si Jalak Harupat pada Kamis (25 Juli 2024). Persib harus meraih kemenangan untuk lolos ke semifinal.
Pada laga pamungkas, Persib akan menghadapi Persis Solo di Stadion Si Jalak Harupat pada Kamis (25 Juli 2024). Persib harus meraih kemenangan untuk lolos ke semifinal. (Sumber : X@persib).
Sukabumi23 Juli 2024, 19:42 WIB

Netralitas ASN Kota Sukabumi Jelang Pilkada Disorot Mahasiswa, Ini Kata Kusmana

Mahasiswa HMI unjuk rasa terkait isu netralitas ASN Pemkot Sukabumi jelang Pilkada 2024.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji saat menemui massa unjuk rasa dari mahasiswa HMI, Selasa (23/7/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)