Profil Anne Ratna Mustika, Mantan Istri Dedi Mulyadi yang Baru Menikah Lagi

Selasa 19 Desember 2023, 09:30 WIB
Profil Anne Ratna Mustika, Mantan Istri Dedi Mulyadi yang Baru Menikah Lagi | Foto : Instagram/@anneratna82

Profil Anne Ratna Mustika, Mantan Istri Dedi Mulyadi yang Baru Menikah Lagi | Foto : Instagram/@anneratna82

SUKABUMIUPDATE.com - Anne Ratna Mustika kembali ramai diperbincangkan warganet usai tersiar kabar dirinya telah menikah lagi. Ya, mantan Bupati Purwakarta ini juga dikenal masyarakat karena sempat melanjutkan jabatan mantan suaminya, Dedi Mulyadi pada 2018 silam.

Mantan Kepala Daerah yang akrab disapa Ambu Anne ini diketahui telah menikah dengan suami barunya. Anne Ratna Mustika, mantan Bupati Purwakarta itu kini resmi melepas status janda.

Pernikahan Anne Ratna Mustika dengan suami barunya digelar secara tertutup pada Sabtu, 16 Desember 2023 di tempat kelahirannya, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Baca Juga: 10 Ciri Orang Memiliki Sifat yang Baik, Apakah Kamu Termasuk?

Lantas, siapa Anne Ratna Mustika? Simak Profilnya sebagaimana dirangkum via Tempo.co!

Profil Anne Ratna Mustika

Anne Ratna menjadi bupati wanita pertama di Kabupaten Purwakarta. Pada kontestasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta saat itu, Anne Ratna Mustika berpasangan dengan H. Aming.

Pendidikan dan organisasi Anne Ratna Mustika

Anne Ratna Mustika atau yang dikenal dengan Ambu Anne lahir di Cianjur pada 28 Januari 1982. Anne menempuh pendidikan pertamanya di Sekolah Dasar Gudang 2, Cianjur pada 1988.

Kemudian, Anne Ratna Mustika melanjutkan pendidikan sekolah menengah SMPN 1 Cikalong Kulon, Kabupaten Cianjur pada tahun 1994.

Baca Juga: 10 Cara Mengenali Karakter Laki-laki, Girls Perhatikan Sikapnya!

Setelah tamat SMP, Ambu Anne menempuh pendidikannya di SMAN 1 Cikalong Kulon, Kabupaten Cianjur pada 1997. Lalu, pada 2012, Anne Ratna mengambil kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi WIKARA, Kabupaten Purwakarta. 

Sebelum terjun di dunia politik pemerintahan, Anne Ratna Mustika dulunya merupakan seorang Mojang Kabupaten Purwakarta pada 2001. Ambu Anne berhasil mewakili Kabupaten Purwakarta dalam Pasanggiri Mojang Jajaka Jawa Barat 2001.

Anna Ratna Mustika juga tercatat memiliki riwayat organisasi, diantaranya:

  • Ketua TP PKK Kabupaten Purwakarta periode 2008-2018
  • Ketua Persatuan Wanita Olahraga Indonesia periode 2008-2018
  • Ketua Dekranasda Kabupaten Purwakarta periode 2008-2018
  • Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Purwakarta periode 2015-2020

Baca Juga: 10 Ciri Anak Tumbuh Menjadi Laki-laki Baik, Sikapnya Menghormati Wanita

Nama Anne Ratna Mustika juga dikenal sebagai keponakan dari Bupati Purwakarta periode 1993-2003.

Anne Ratna Mustika mulai terjun ke dunia politik setelah menikah dengan Dedi Mulyadi. Keduanya tergabung dalam Partai Golongan Karya (Golkar).

Anne Ratna Mustika Penggemar Sepak Bola

Dilansir dari laman resmi Kabupaten Purwakarta, Anne Ratna Mustika menyukai sepak bola sejak kecil. Hal ini karena seluruh anggota keluarganya merupakan penggemar sepak bola sejak dulu. 

Kecintaaan Anne Ratna terhadap olahraga sepak bola bukan main-main. Hal itu ditunjukannya dengan merenovasi total Stadion Olahraga Purnawarman ketika dirinya masih menjabat sebagai Bupati Purwakarta

Pembangunan tersebut menjadi renovasi stadion terbesar sekaligus kebanggan masyarakat Purwakata yang juga menghabiskan dana miliaran rupiah.

Baca Juga: 11 Karakter Buruk Laki-laki yang Tidak Bisa Ditoleransi Perempuan

Pembangunan kembali Stadion Purnawarman saat itu dilakukan untuk mefasilitasi para pemain sepak bola. Peresmian stadion dilaksanakan bersamaan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September 2021 lalu.

Tak sampai di situ saja, Anne Ratna Mustika bahkan memiliki klub sepak bola sendiri. Klub sepak bola itu diberi nama FC (Football Club) Dapur Teh Juju. Klub tersebut beranggotakan seluruh staf dan asisten rumah tangga Anne selama menjadi Bupati Purwakarta

Mulai dari juru masak, supir, petugas kebersihan, satuan pengamanan, petugas pengawalan, ajudan hingga  sekretaris bupati. Mereka semua memiliki hobi yang sama, yakni bermain sepak bola.

Baca Juga: 6 Potret Anne Ratna Mustika yang Dikabarkan Menikah Lagi, Tetap Cantik di Usia 41

Bahkan, klub sepak bola tersebut diberi nama FC Dapur Teh Juju karena hasil kesepakatan para staf dan asisten bupati. Nama itu disematkan untuk menghormati Teh Jubaedah, juru masak favorit Anne Ratna

Uniknya, di dapur Teh Jubaedah tersebut para pegawai Anne dan Anne sendiri sering berkumpul untuk menikmati semua makanan hasil olahan tangan terampil Teh Jubaedah yang akrab dipanggil Teh Juju. 

Selain itu, diketahui bahwa Teh Juju memang yang kerap menyiapkan sejumlah minuman dan makanan ringan buatannya jika para staf dan asisten sedang menonton sepak bola bersama.

Anne Rata Mustika Bercerai dengan Dedi Mulyadi

Pada 19 September 2022 silam, Anne Ratna Mustika ramai dikabarkan menggugat cerai suaminya, Dedi Mulyadi, yang saat ini duduk di kursi DPR RI.

Baca Juga: 3 Bulan Cerai: Anne Ratna Dikabarkan Telah Menikah Lagi, Ini Respons Kang Dedi

Sebelumnya, Dedi Mulyadi menjabat sebagai Bupati Purwakarta selama dua periode. Gugatan cerai yang dilayangkan Anne Ratna tersebut terjadi karena beberapa faktor, salah satunya dugaan Kekerasan Dalam Rumah Tangga atau KDRT. 

Anne Ratna Mustika berpisah dengan suaminya dalam putusan Pengadilan Agama Purwakarta yang teregistrasi dengan nomor: 1662/Pdt.G/2022/PA. Keputusan tersebut baru saja diresmikan oleh Mahkamah Agung (MA) pada 25 Agustus 2023 lalu dengan menolak kasasi Dedi Mulyadi

Anne Ratna Mustika mundur dari jabatan Bupati Purwakarta

Sepak terjangnya sebagai Bupati Purwakarta yang paling terkenal yakni pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) untuk melayani administrasi kependudukan dan kebutuhan masyarakat lainnya terkait pelayanan publik.

Baca Juga: 12 Cara Menghemat Pengeluaran E-Wallet, Tim Cashless Pecinta Promo dan Diskon!

Anne juga membangun Saung Ambu Anne, yakni rumah kesehatan bagi masyarakat di daerah pedesaan agar terhindar dari stunting, terutama ibu dan anak. 

Saat itu, Anne Ratna Mustika sebagai Bupati Purwakarta dan H. Aming sebagai wakilnya mengundurkan dari jabatannya karena mencalonkan diri sebagai calon legislatif (caleg) pada 2024 mendatang. Hal tersebut akan resmi dijalankan mulai 20 September 2023.

Anne Ratna Mustika akan mencalonkan diri dalam Pileg DPRD Provinsi Jawa Barat. Sedangkan H. Aming maju sebagai DPRD Kabupaten Puwakarta. Bahkan, kedua nama tersebut telah masuk dalam Daftar Calon Sementara (DCS) bakal caleg tahun depan. 

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 18:00 WIB

Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW Ketika Susah Tidur atau Insomnia

Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur.
Ilustrasi - Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project)