Rp 17,4 M untuk Alun-alun Laut Gadobangkong Sukabumi: Tugu Kura-kura dan Gerbang Leuit

Kamis 09 Maret 2023, 18:45 WIB
Desain penataan alun-alun laut gadobangkong di Palabuhanratu Sukabumi (Sumber: ig ridwan kamil)

Desain penataan alun-alun laut gadobangkong di Palabuhanratu Sukabumi (Sumber: ig ridwan kamil)

SUKABUMIUPDATE.com - Proyek pembangunan alun-alun Gadobangkong Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi akan dimulai dengan anggaran Rp 17,4 Millar. Dalam pengumuman tender oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, pembangunan alun alut laut ini terbagi atas pengerjaan 3 segmen, spot selfie, tugu dan gerbang unik termasuk bangunan atau gedung kuliner.

Penataan alun-alun laut di pesisir Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi ini dibiayai oleh APBD Provinsi Jawa Barat tahun anggaran 2022. Dengan nama tender penataan alun-alun Gadobangkong Kabupaten Sukabumi, pagu untuk proyek ini adalah Rp 17.562.500.000,00 dengan nilai HPS paket Rp. 17.421.952.000,00.

Dalam LPSE pemprov Jabar, proses tender untuk proyek pengerjaan kontruksi diperkirakan 180 (Seratus Delapan Puluh) hari kalender terhitung sejak terbit SPMK. Proses tender yang dibuat 28 November 2022 , hingga saat ini masih dalam tahapan evaluasi administrasi, kualifikasi, teknis, dan harga.

Baca Juga: Progres Alun-alun Laut Gadobangkong Sukabumi, Pemilik Bangunan Mulai Bongkar Mandiri

Pada Kamis, (9/3/2023), tercatat 129 perusahaan jadi peserta tender yang berdasarkan tahapan panitia lelang, deadline tandatangan kontrak kerja akan berlangsung pada 10 April 2023. Dengan metode pengadaan tender adalah pascakualifikasi satu file, harga terendah sistem gugur, dan tidak reverse auction (penawaran harga berulang).

Berdasarkan RPJPD, Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat, kegiatan Penataan Alun-alun Gadobangkong Kabupaten Sukabumi diharapkan dapat memenuhi kebutuhan ruang terbuka publik atau Ruang Terbuka Non Hijau (RTNH), dalam kebutuhan aktivitas social sesuai kaidah dan filosofi serta kultur kawasan yang ada.

Sehingga dapat mewujudkan terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat dan kebutuhan sektor-sektor terkait lainnya seperti ruang publik (alun-alun) sebagai pusat interaksi atau aktivitas sosial dan kreativitas masyarakat dam komunitas yang lebih baik serta memadai di Kabupaten Sukabumi khususnya dan Provinsi Jawa Barat umumnya.

Baca Juga: Pembangunan Alun-Alun Laut Gadobangkong Sukabumi Digarap Maret 2023

Lokasi kegiatan pembangunan berada di Jalan Kidang Kancana Galangan RT 02/28 Kelurahan Palabuhanratu Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, dengan titik koordinat -6.98468, 106.54280.

Dalam keterangan lanjutan di laman LPSE Jabar, ada 7 tahapan lingkup kegiatan pekerjaan penataan Alun-alun Gadobangkong Kabupaten Sukabumi, tahun anggaran 2023. Mulai dari persiapan, Site Development Segmen-1, Site Development Segmen-2, Site Development Segmen-3, Selfie Deck dan Tugu Kura-kura, pekerjaan Gerbang Leuit dan pekerjaan gedung kuliner.

DED alun-alun laut gadobangkong di pesisir pantai Palabuhanratu Kabupaten SukabumiDED alun-alun laut gadobangkong di pesisir pantai Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi

Berdasarkan pantauan sukabumiupdate.com, pada akhir Februari 2023 sejumlah bangunan yang sebelumnya berjejer di sekitar kawasan itu mulai dibongkar secara mandiri oleh para eks pemilik lahan. Bangunan yang dibongkar itu terdiri dari rumah tinggal, toko hingga penginapan.

Baca Juga: Total 10.200 Meter, Sengketa Lahan di Balik Proyek Alun-alun Gadobangkong Sukabumi

Camat Palabuhanratu Ali Iskandar mengatakan, kegiatan pembongkaran atau penertiban tersebut berdasarkan hasil kesepakatan bersama yang sudah dimusyawarahkan pada 17 Januari 2023 lalu.

Ditegaskan Ali , sebelumnya pemerintah daerah melakukan pembebasan melalui intansi terkait, terhadap lahan di area yang akan dijadikan alun-alun dan ruang terbuka hijau (RTH) ini. Di mana secara konseptualnya luas lahan yang akan digunakan kurang lebih 10.200 meter persegi.

Dimana setengahnya sudah dimiliki oleh pemerintah Kabupaten Sukabumi bahkan sudah bersertifikat, sisanya diproses ditahun 2022 yang lalu dan sudah diselesaikan, sudah dihitung tim appraisal.

Baca Juga: Kang Emil Blak-blakan Soal Alun-alun Laut Gadobangkong Palabuhanratu

Menurut Ali, area Gadobangkong akan ditata menjadi alun alun dan RTH karena dulunya secara silsilah dan risalah merupakan dermaga. Dermaga saat itu, menjadikan Kota Palabuhanratu banyak didatangi wisatawan, baik lokal maupun wisatawan dari luar negeri.

"Saat itu Palabuhanratu dikenal dan sisa-sisa kejayaan Palabuhanratu itu bisa dilihat dari dermaga tadi, karena ini bersifat ikonik dan tematik maka pak Gubernur Jabar, juga hasil diskusi pak Bupati, ingin menjadikan lahan di Gadobangkong menjadi ruang terbuka hijau dan juga akan dijadikan alun-alun Kabupaten Sukabumi yakni alun alun Gadobangkong Palabuhanratu," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life02 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Meminta Rezeki dari Segala Penjuru: Halal, Berkah dan Berlimpah

Berdoa meminta rezeki dapat memberikan harapan dan optimisme bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi mereka, meskipun dalam situasi yang sulit.
Ilustrasi. Berdoa.  Berdoa meminta rezeki dapat memberikan harapan dan optimisme bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi mereka, meskipun dalam situasi yang sulit. Sumber Foto : Pexels/Alena Darmel
Jawa Barat02 Mei 2024, 17:52 WIB

Sukseskan WHO24, LP3H EWI Bogor Gelar Temu Rembug dan Sosialisasi Wakaf Uang

Untuk sukseskan program Wajib Halal Oktober 2024 (WHO24), formatur pengurus Lembaga Pendamping Proses Produk Halal Edukasi Wakaf Indonesia (LP3H EWI) Kabupaten Bogor menginisiasi temu rembug dengan pengurus LP3H EWI Jabar
LP3H EWI Bogor Gelar Temu Rembug dan Sosialisasi Wakaf Uang | Foto : Ist
Sukabumi02 Mei 2024, 17:28 WIB

Setuju Duel Terkapar 1, Polisi Tetapkan 2 Tersangka Tawuran Pelajar di Palabuhanratu Sukabumi

Polisi ungkap kronologi aksi tawuran yang viral di media sosial antara dua kelompok pelajar sekolah menengah atas (SMA) di Jalan Patuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi yang menelan korban luka parah.
Tangkapan layar video tawuran antar pelajar di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ist
Musik02 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan Eks Personil CJR

Inilah Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan Ex Personil Coboy Junior (CJR) yang Viral di Medsos.
Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan. Foto: YouTube/IqbaalRamadhan
Keuangan02 Mei 2024, 16:30 WIB

Hindari 5 Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya

Yuk Hindari Sekarang! Inilah Sederet Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya
Ilustrasi. Belanja berlebihan. | Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya. (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Bola02 Mei 2024, 16:28 WIB

Malam Ini, Nobar Pila AFC U-23 Indonesia VS Irak di Halaman Mapolres Kota Sukabumi

Perebutan juara ketiga yang mempertemukan antara Indonesia dengan Irak itu akan digelar hari ini pada Kamis (02/5) sekira pukul 22:30 WIB, malam.
Nonton bareng pertandingan Piala AFC U-23 Indonesia vs Irak di Halaman Maporles Kota Sukabumi | Foto : Ist
Entertainment02 Mei 2024, 16:00 WIB

Rizky Febian dan Mahalini Dikabarkan Bakal Menikah Secara Adat di Bali Pada 5 Mei

Rizky Febian dan Mahalini dikabarkan akan melangsungkan pernikahan secara adat di Bali pada Minggu, 5 Mei 2024.
Rizky Febian dan Mahalini dikabarkan akan melangsungkan pernikahan secara adat di Bali pada Minggu, 5 Mei 2024. (Sumber : Instagram/@rfasmusic)
Life02 Mei 2024, 15:23 WIB

6 Sikap yang Membuat Anda Sulit Dipercaya Orang Lain di Masyarakat

Beberapa sikap dalam hidup rupanya berpengaruh terhadap penilaian orang lain, salah satunya menjadi patokan apakah dipercaya apa tidak di mata orang
Sikap yang membuat orang sulit dipercaya | Foto : Pexels/Liza Summer
Sukabumi02 Mei 2024, 15:15 WIB

Bejat, Gadis 13 Tahun Digilir 8 Remaja di Kosan Usai Dicekok Miras di Sukabumi

Berawal dari status di media sosial, gadis dibawah umur berinisial R (13 tahun) warga Salabintana, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, menjadi korban pencabulan dan digilir delapan orang.
Ilustrasi, Gadis inisial R (13 tahun) asal Selabintana menjadi korban pencabulan 8 remaja di kosan di Cicantayan Kabupaten Sukabumi | Foto: : Freepik/raybon
Sukabumi02 Mei 2024, 15:15 WIB

Pernah Jadi Korban, Pengakuan Pembunuh dan Pelaku Sodomi Bocah SD di Sukabumi

Polisi akan memeriksa secara medis kejiwaan S dan wilayah lubang anusnya.
(Foto Ilustrasi) Terduga pelaku pembunuhan dan sodomi di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, berinisial S (14 tahun), mengaku pernah menjadi korban. | Foto: Pixabay