Perbaikan Dalam Tahap Lelang, Jalan Sukabumi-Bogor Amblas di Jembatan Cikereteg

Selasa 06 Desember 2022, 20:38 WIB
Polisi menijau Jembatan Cikereteg yang longsor. Jembatan tersebut menjadi penghubung jalan Sukabumi-Bogor. |Foto: Istimewa

Polisi menijau Jembatan Cikereteg yang longsor. Jembatan tersebut menjadi penghubung jalan Sukabumi-Bogor. |Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Pemkab Bogor melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkoordinasi dengan Kementerian PUPR terkait jalan amblas akibat tanah longsor di jembatan Cikereteg yang merupakan penghubung Bogor-Sukabumi.

Kabid Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kabupaten Bogor, Gantara Lenggana mengatakan, koordinasi dengan Kementerian PUPR dilakukan sebab pemeliharaan Jalan Raya Bogor-Sukabumi tersebut adalah kewenangan pemerintah pusat.

“Hasil koordinasi dengan Kementerian PUPR, ruas jalan tersebut sudah dilakukan survey sejak bulan Oktober dan memang akan dilakukan perbaikan. Saat ini sedang tahap lelang, namun terjadi tanah amblas. Pada intinya akan segera dilakukan perbaikan,” ujar Gantara dilansir dari jabarprov.go.id, Selasa (6/12/2022).

Baca Juga: Longsor di Jembatan Cikereteg Bogor, Kendaraan Berat Diarahkan Masuk Tol Bocimi

Gantara menuturkan, meski menjadi kewenangan pemerintah pusat, namun Pemkab Bogor tidak tinggal diam. Beberapa upaya dilakukan demi mengamankan masyarakat sekitar dan yang melintas jalan tersebut.

“Diantaranya kami sudah melakukan himbauan kepada masyarakat agar waspada saat melalui jalan tersebut, khususnya bagi masyarakat yang berada dekat dengan lokasi tersebut,” tuturnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, Agus Ridallah mengatakan sudah menerjunkan personil untuk melaksanakan pengamanan ruas jalan dan pengaturan lalu lintas.

Baca Juga: Ada Truk Mogok di Cibadak, Jalan Sukabumi Bogor Sempat Macet

“Pengaturan lalu lintas ini bertujuan untuk memperlancar arus lalu lintas dan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan karena terjadi longsor pada jembatan Cikereteg. Saya menghimbau kepada pengguna jalan yang melalui jembatan Cikereteg selalu waspada dan berhati-hati serta mematuhi peraturan lalu lintas dalam berkendara,” ungkapnya.

Selain Pemkab Bogor sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian yang memberlakukan rekayasa lalu lintas.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin menyatakan kendaraan-kendaraan besar diarahkan untuk masuk ke Tol Bocimi masuk di gerbang Tol Rancamaya dan Tol Ciawi.

Baca Juga: Jalan Rusak Sampai Bubaran Pabrik, Kata DPRD Soal Macet di Jalan Sukabumi-Bogor

Sementara kendaraan yang menuju Jakarta dari arah Cigombong dan Caringin, diarahkan masuk ke gerbang tol Cigombong dan gerbang tol Caringin.

“Sedangkan untuk kendaraan kecil seperti mobil dan motor masih dapat melintas di lokasi. Kami melakukan pembatasan dengan melakukan buka tutup, baik dari arah Sukabumi ke Bogor maupun sebaliknya, secara bergantian. Hal ini kami lakukan untuk mengurangi beban dari jembatan ini sendiri," ujar Iman.

Sementara itu berdasarkan data assesment Pusdalops BPBD Kabupaten Bogor, jalan amblas karena tanah longsor ini terjadi pada hari Jumat 25 November 2022 lalu sekira pukul 18.20 WIB.

Peristiwa tersebut disebabkan hujan dengan intensitas tinggi dan struktur tanah yang labil serta bagian TPT yang amblas dan jebol disebabkan aliran kali Cikereteg meluap.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi24 Juli 2024, 14:00 WIB

Lowongan Kerja Sukabumi Assistant Sales Staff, Yuk Cek Kualifikasinya Disini!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Sukabumi Assistant Sales Staff, Yuk Cek Kualifikasinya Disini! (Sumber : Freepik/@freepik)
Food & Travel24 Juli 2024, 13:30 WIB

7 Asupan untuk Menambah Nafsu Makan Anak dan Tips Melakukannya

Asupan untuk Menambah Nafsu Makan Anak. Tips: Gunakan pemotong kue untuk membuat roti, keju, atau buah dengan bentuk-bentuk lucu agar menambah nafsu makan anak.
Ilustrasi. Makanan menarik. Makanan untuk Menambah Nafsu Makan Anak (Sumber : Pexels.com/@RogerCziwerny)
Life24 Juli 2024, 13:00 WIB

5 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita, Lihat Sikap dan Tatapannya!

Mengenali ciri-ciri seseorang yang tidak suka dengan kita bisa sangat penting untuk memahami dinamika sosial dan menjaga kesehatan emosional.
Ilustrasi - Mengenali ciri-ciri seseorang yang tidak suka dengan kita bisa sangat penting untuk memahami dinamika sosial dan menjaga kesehatan emosional. (Sumber : Pexel.com/@Keira Burton).
Musik24 Juli 2024, 12:30 WIB

Digelar Tiga Hari dan Ada Neck Deep, Berikut Line Up The Sounds Project 7

The Sounds Project merupakan festival musik bergengsi serta di Indonesia yang kembali hadir. Pada tahun ini festival musik tersebut akan digelar selama tiga hari dari 9-11 Agustus 2024 di Ecopark, Ancol, Jakarta Utara.
Digelar Tiga Hari dan Ada Neck Deep, Berikut Line Up The Sounds Project 7 (Sumber : Instagram/@thesoundsproject)
Sehat24 Juli 2024, 12:24 WIB

Tarik OKKO dari Peredaran! BPOM Cek Kandungan Natrium Dehidroasetat di 2 Roti Made In Bandung

Keduanya adalah roti made in Bandung yang selama ini dikenal sebagai jajanan warung yang laris karena murah dan awet alias tahan lama.
Dua roti made in bandung yang diterpa isu mengandung rpengawet kosmetik (Sumber : istimewa)
Bola24 Juli 2024, 12:00 WIB

Prediksi Grup B Piala Presiden 2024: Bali United vs Madura United, H2H Hingga Skor

Bali United akan melawan Madura United dalam lanjutan Piala Presiden Grup B.
Bali United akan melawan Madura United dalam lanjutan Piala Presiden Grup B. (Sumber : X/@BaliUtd/@MaduraUnitedFC).
Life24 Juli 2024, 11:30 WIB

9 Ciri Orang Memiliki Dendam Pada Kita, Terlihat dari Sikapnya

Orang yang dendam pada kita mungkin menghindari interaksi sosial atau mengurangi komunikasi.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam pada Kita (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)
Nasional24 Juli 2024, 11:07 WIB

Wakil Presiden RI ke-9 Hamzah Haz Meninggal Dunia

Jenazah Hamzah Haz akan dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga.
Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz. | Foto: ppp.or.id
Musik24 Juli 2024, 11:00 WIB

Dimulai dari 2 Juta, Berikut Harga Tiket Konser TXT ACT: PROMISE di Jakarta

Boygrup Tomorrow X Together atau TXT akan menggelar world tour di Indonesia bertajuk ACT: PROMISE pada Rabu, 2 Oktober 2024, di ICE BSD HALL, Tangerang.
Dimulai dari 2 Juta, Berikut Harga Tiket Konser TXT ACT: PROMISE di Jakarta (Sumber : Instagram/@txtupdateina)
Life24 Juli 2024, 10:31 WIB

12 Etika Berkomunikasi dengan Orang Lain, Jangan Memotong Pembicaraan!

Etika Berkomunikasi dengan Orang Lain. Dengarkan tanpa langsung membuat penilaian atau asumsi negatif menujukkan Anda adalah orang yang memiliki etika.
Ilustrasi. Gunakan kata-kata yang tepat dan jelas untuk menghindari kesalahpahaman ketika berkomunikasi dengan orang lain. (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)