Kronologi Penemuan Kebun Ganja di Gunung Karuhun Perbatasan Sukabumi-Cianjur

Selasa 28 Juni 2022, 17:09 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ratusan batang tanaman ganja disita pihak kepolisian dari areal hutan di Gunung Karuhun perbatasan Kabupaten Sukabumi dan Cianjur Jawa Barat, pada Selasa 28 Juni 2022. Tim gabungan Polres Sukabumi dan Polres Cianjur, menemukan keberadaan lahan tanaman ganja ini setelah sebelumnya mendapatkan laporan dari warga.

Berdasarkan informasi yang dihimpun kebun ganja itu ditemukan warga pada Minggu 26 Juni 2022 dan langsung dilaporkan kepada Polsek Gegerbitung Polres Sukabumi.  "Benar kami kemarin dapat laporan adanya ladang ganja, karena polsek kita yang terdekat, setelah anggota melakukan pengecekan, ternyata memang tanaman tersebut merupakan tanaman ganja," ujar Kapolsek Gegerbitung Iptu Erman kepada sukabumiupdate.com, Selasa (28/6/2022).

Setelah memastikan ada tanaman ganja di lokasi yang dilaporkan oleh warga, Polsek Gegerbitung diperintahkan Kapolres Sukabumi, AKBP Dedy Darmawangsa berkoordinasi dengan Polres Cianjur untuk secepatnya bergerak ke lokasi. "Hari ini kami membantu Satuan Narkoba Polres Cianjur menyisir lokasi dan menemukan ratusan tanaman ganja di Gunung Karuhun," tutur Kapolsek.

Polsek Gegerbitung dalam kasus ini hanya membantu, karena lokasi ladang ganja itu ternyata berada di Kampung Pasirleneng RT 03/04 Desa Cimenteng Kecamatan Campaka Kabupaten Cianjur. Lokasinya dekat dengan perbatasan Desa Sukamanah Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi.

photoKepolisian menemukan kebun ganja di wilayah Gunung Karuhun perbatasan Kabupaten Sukabumi dan Cianjur. - (google maps)</span

"Batasnya itu lembah di Gunung Karuhun. Lokasi temuannya masuk wilayah Kecamatan Cempaka Kabupaten Cianjur. Sehingga penyelidikannya akan dilakukan oleh Polres Cianjur," lanjut Iptu Erman.

Adapun tanaman ganja yang ditemukan oleh tim gabungan ini kurang lebih 300 batang, tersebar di antara pohon kopi, pisang dan kapol yang ada di lokasi tersebut. Disana juga ada gubuk tapi saat didatangi petugas kepolisian dalam keadaan kosong.

Baca Juga :

Kebun Ganja di Gunung Karuhun Perbatasan Sukabumi-Cianjur, Ini Penampakannya!

"Kamu menduga tanaman ganja ini berkisar usia 2 bulan dengan ketinggian rata-rata 1 meter. Bahkan ada juga yang siap panen.  Ditemukan tersebar di lahan perhutani seluas 4 hektar, ada sekitar 7 titik lokasi ladang ganja," beber Kapolsek Gegerbitung.

Saat ini seluruh barang bukti  tanaman ganja yang ditemukan dibawa ke Polsek Gegerbitung karena aksesnya lebih dekat dan mudah. "Untuk lebih lengkapnya akan dijelaskan oleh penyidik dari Satnarkoba Polres Cianjur. Kasus ini ditangani oleh Polres Cianjur, sesuai lokasi temuannya ladang ganjanya," pungkas Erman.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Science05 Maret 2024, 05:30 WIB

Prakiraan Cuaca Jabar 5 Maret 2024, Cek Dulu Sebelum Beraktivitas!

Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Selasa 5 Maret 2024
Ilustrasi. Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Selasa 5 Maret 2024 | Foto: Unplash
Life05 Maret 2024, 05:00 WIB

Baca Doa Ini Agar Kamu Selamat dan Terhindar dari Orang Zalim

Doa Agar Hidup Terhindar dari Orang-Orang Zalim, Amalan Pelindung Diri
Ilustrasi . Doa Agar Hidup Terhindar dari Orang-Orang Zalim, Amalan Pelindung Diri (Sumber : Freepik)
Sukabumi Memilih04 Maret 2024, 23:25 WIB

Protes Suara DPR RI PDIP Diduga Hilang, Pleno KPU Kabupaten Sukabumi Memanas

Hari keempat Rapat Pleno Rekapitulasi Pemilu 2024 tingkat kabupaten oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi, yang digelar di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palabuhanratu, sempat ricuh, Senin (4/2/2024).
Pleno Rekapitulasi Suara KPU tingkat kabupaten di Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Entertainment04 Maret 2024, 21:37 WIB

Lisa Blackpink Pamer Kedekatan dengan Taylor Swift di Singapura, Akrab Banget!

Lisa Blackpink menghebohkan penggemarnya sedang menonton konser Taylor Swift “The Eras Tour” di Singapura pada Minggu (3/3/2024).
Lisa Blackpink pamer foto bareng Taylor Swift usai konser “The Eras Tour” hari kedua di Singapura, Minggu (3/3/2024). (Sumber : Instagram/@lalalalisa_m)
Internasional04 Maret 2024, 21:29 WIB

Perkosa PRT Asal Indonesia, Eks Anggota Dewan Malaysia Dihukum 8 Tahun Penjara & 2 Cambukan

Mantan anggota dewan di Malayasia, Paul Yong Choo Kiong dinyatakan bersalah karena memperkosa pembantu rumah tangga (PRT) asal Indonesia, kasus terjadi pada Juli 2019.
Ilustrasi seorang PRT asal Indonesia diperkosa eks anggota dewan di Malayasia | Foto Freepik/raybon)
Entertainment04 Maret 2024, 21:00 WIB

Rafathar Salting Wajahnya Sudah Tumbuh Jerawat, Mbak Lala: ‘Ciye Udah Gede’

Video TikTok menunjukkan bahwa wajah Rafathar, anak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, terlihat memiliki jerawat di pipinya.
Video TikTok menunjukkan bahwa wajah Rafathar, anak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, terlihat memiliki jerawat di pipinya. (Sumber : Tiktok @rayyanzacipung_acikule).
Nasional04 Maret 2024, 20:51 WIB

KPK Soroti Dugaan Suap Izin Tambang yang Seret Menteri Bahlil Lahadiala

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menanggapi pemberitaan soal Menteri Investasi Bahlil Lahadalia diduga menerima uang suap dari perizinan tambang. Ia menyebut tengah mempelajari laporan berita investigasi tersebut.
Menteri Investasi Bahlil Lahadiala sat berfoto dengan Paslo Prabowo-Gibran | Foto : Ist
Life04 Maret 2024, 20:32 WIB

4 Tips Mudah Atasi Kecemasan Pada Anak di Rumah, Yuk Terapkan Bunda

Kecemasan yang dirasakan anak-anak merupakan hal yang wajar. Akan tetapi, apabila hal ini berlangsung lama maka orang tua perlu mencari cara mengatasinya.
Ilustrasi seorang Ibu membantu anaknya atasi kecemasan di rumah. (Sumber : Freepik)
Life04 Maret 2024, 20:30 WIB

10 Tips Menggunakan Media Sosial Agar Sehat Fisik dan Mental

Inilah tips menggunakan media sosial agar tetap sehat fisik dan mental serta terhindar dari dampak negatif lainnya
Ilustrasi - 10 Tips Menggunakan Media Sosial Agar Sehat Fisik dan Mental (Sumber : Freepik/freepik)
Food & Travel04 Maret 2024, 20:26 WIB

Menggrilla Sukabumi Tawarkan Sensasi Nge-Grill Nikmat Dengan Harga Terjangkau

Menggrilla Sukabumi menawarkan sensasi kenikmatan makan daging panggang atau grill yang lembut dan empuk dengan harga terjangkau.
Menu daging panggang di Menggrilla Sukabumi yang memanjakan lidah. (Sumber : Istimewa)