TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Profil Lula da Silva, Dulu Tukang Semir Sepatu Kini Jadi Presiden Brasil

Lula da Silva unggul tipis dengan perolehan suarankurang dari 2 persen lebih banyak dari Bolsonaro

Selasa 1 Nov 2022, 12:55 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Lula da Silva terpilih menjadi Presiden Brasil mengalahkan Petahana Jair Bolsonaro. 

Lula da Silva menang tipis dalam pemungutan suara putaran kedua yang berlangsung ketat pada hari Minggu, 30 Oktober 2022. 

Kemenangan Lula da Silva itu mewakili kembalinya sayap kiri untuk berkuasa di Brasil. Hal ini menandai perubahan mendadak bagi negara terbesar di Amerika Latin itu setelah empat tahun pemerintahan sayap kanan Jair Bolsonaro.

Pemungutan suara juga menyimpulkan kembalinya politisi Lula da Silva setelah serangkaian tuduhan korupsi menyebabkannya dipenjara. Hukuman itu kemudian dibatalkan, membuka jalannya untuk mencalonkan diri kembali.

Lula menang tipis dengan kurang dari 2 persen suara lebih banyak dari Bolsonaro. Meski selisihnya tipis, pemilu itu dianggap menentukan karena kedua pemimpin tersebut memiliki visi yang sangat berbeda untuk negara. 

Dan inilah profil Lula da Silva, Presiden Brasil baru yang melansir dari Tempo.co

Perjalanan Hidup Lula Da Silva

Nama lengkap Lula adalah Luiz Inacio Lula da Silva. Lula mendapatkan 50,9 persen suara, melawan Jair Bolsonaro yang mendapatkan 49,1 persen suara. 

Lula lahir pada 27 Oktober 1945, di Garanhuns, Brasil. Ibunya adalah seorang penjahit dan ayahnya adalah seorang buruh tani. 

Dia tidak belajar membaca sampai usia 10. Di kelas lima sekolah dasar, dia meninggalkan bangku sekolah untuk bekerja penuh waktu. 


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x