TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Dilanda Pergolakan Kekuasaan, Burkina Faso Memanas

Dede Imran
Penulis
Minggu 2 Okt 2022, 19:00 WIB
Dilanda Pergolakan Kekuasaan, Burkina Faso Memanas

SUKABUMIUPDATE.com - Ibukota Negara Burkina Faso, Ouagadougou memanas menyusul pergolakan kekuasaan yang terjadi di negara tersebut.

Mengutip dari Tempo.co, suara tembakan bergema di berbagai sudut Ouagadougou pada Sabtu dan kebakaran terjadi di kedutaan besar Prancis di salah satu negara Afrika Barat tersebut.

Pemimpin yang mendeklarasikan diri, Ibrahim Traore, menuduh Presiden Paul-Henri Damida melakukan serangan balasan setelah sang presiden digulingkan satu hari sebelumnya.

Baca Juga :

Damida pada Sabtu untuk pertama kalinya mengeluarkan pernyataan melalui akun resmi presiden di Facebook menyangkut krisis di negaranya. "Saya minta Kapten Traore dan kelompoknya sadar untuk mencegah perang saudara terjadi di Burkina Faso," kata Damiba.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Burkina Faso meminta faksi-faksi yang bertikai untuk menghentikan permusuhan dan melanjutkan pembicaraan. Kasad menambahkan bahwa terjadi "krisis internal di dalam Angkatan Bersenjata Nasional".

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengecam kerusuhan di negara itu.

"Beliau mengutuk keras upaya merebut kekuasaan dengan penggunaan senjata, dan meminta semua pihak terkait menahan diri untuk tidak melakukan kekerasan serta agar berdialog," kata juru bicara Guterres melalui pernyataan.

Damiba hingga kini belum diketahui keberadaannya.

Pasukan yang setia kepada Ibrahim Traore muncul di televisi negara. Mereka mengatakan Damida berlindung di sebuah markas tentara Prancis dan menuduh sang presiden mengatur serangan balasan dari lokasi itu.


Dede Imran
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini