Pilih Larva Lele, Cara BUMDes Caringin Wetan Sukabumi Bantu Ekonomi Warga

Rabu 13 Oktober 2021, 19:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Untuk memberdayakan ekonomi warga, khususnya petani dan peternak, BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) Caringin Wetan memilih usaha ikan lele. BUMDes jadi agen jual beli larva atau benih lele dari para peternak lokal rakyat ada di Sukabumi.

Kolam-kolam lele yang dikelolah oleh para pemuda ini berada di kampung Undrus RT 03/01, Desa Caringin Wetan, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Pelatihan budidaya juga menjadi program BUMDes Caringin Wetan agar masyarakat berdaya dan memiliki pengetahuan soal usaha peternakan, khususnya lele.

Baca Juga :

Ketua BUMDes Caringin Wetan, Eko Sumawinata mengatakan usaha bersama yang dikelola BUMDes ini bertujuan membantu petani dan peternak di Sukabumi. "Kita jual beli, jadi jangan sampai masyarakat yang budidaya lele di Sukabumi terbengkalai. Kita beli, benihnya dari petani lokal," ujarnya, Rabu (13/10/2021). 

Lanjut kata Eko, teknisnya mengambil larva lele hingga membesarkannya ukuran 7 centimeter. Dari sana akan diambil oleh BUMDes dan dikirim ke peternak di sejumlah daerah. 

photoBUMDes Caringin Wetan Sukabumi pilih usaha larva lele atau pembibitan untuk bantu peternak lokal - (istimewa)</span

"Tidak ada pembesaran, jadi kita fokus meraih petani lokal untuk pembibitan. Permintaan banyak dan terus terang kita kewalahan," sambungnya. 

Dengan peluas pasar tinggi dan budidaya relatif murah serta tidak terlalu repok, Eko berharap adanya bantuan untuk mengembangkan usaha pembibitan lele. "Harapannya ada perluasan lahan. Kita masih kurang modal untuk pembibitan, pembelian  terpal dan lain-lainnya, ya mudah-mudahan pemerintah daerah atau pusat bisa membantu BUMDes untuk pemberdayaan petani bibit lele ini," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 18:00 WIB

Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW Ketika Susah Tidur atau Insomnia

Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur.
Ilustrasi - Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project)
Life27 April 2024, 17:30 WIB

Perhatikan Bahasa Tubuhnya! 6 Cara Mengetahui Gerak-Gerik Orang Berbohong saat Berbicara

Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya.
Ilustrasi - Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya. (Sumber : Pexels/Alena Darmel).
Sukabumi27 April 2024, 17:02 WIB

Lomba Cerdas Cermat hingga MHQ, Daftar Juara Pentas PAI di Cidolog Sukabumi

Ada beberapa perlombaan dalam Pentas PAI di Kecamatan Cidolog.
(Foto Ilustrasi) Ratusan SD mengikuti Pentas PAI se-Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Pixabay
Keuangan27 April 2024, 17:00 WIB

Selain Pandai Menabung, Ini 6 Ciri Orang yang Bijak dalam Mengelola Uang

Orang yang bijak dalam mengelola uang akan nampak dari cara mengaturnya dengan baik dn benar serta diperuntukkan demi masa depan cerahnya.
Ilustrasi - Orang yang bijak dalam mengelola uang akan nampak dari cara mengaturnya dengan baik dn benar serta diperuntukkan demi masa depan cerahnya. (Sumber : Pexels/ Karolina Grabowska).
Sukabumi27 April 2024, 16:43 WIB

Bikin Resah Tengah Malam, Jalan Lingkar Selatan Sukabumi Jadi Arena Balap Liar

Arena atau trek balap liar di jalan raya lingkar selatan ini biasanya berlangsung di sekitar babakan mangkalaya, Gunungguruh Kabupaten Sukabumi.
Balap liar tengah malam di jalan raya lingkar selatan mangkalaya Sukabumi (Sumber: istimewa)