8 Ide Usaha Depan Rumah dengan Modal Kecil Tapi Sangat Cuan

Rabu 24 Januari 2024, 12:15 WIB
Ilustrasi - Memulai usaha membutuhkan waktu dan usaha. Jangan menyerah jika Anda belum berhasil dalam waktu singkat. (Sumber : Pixabay.com/@igorovsyannykov).

Ilustrasi - Memulai usaha membutuhkan waktu dan usaha. Jangan menyerah jika Anda belum berhasil dalam waktu singkat. (Sumber : Pixabay.com/@igorovsyannykov).

SUKABUMIUPDATE.com - Usaha rumahan adalah salah satu pilihan yang banyak diminati oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang ingin memulai bisnis dengan modal kecil. Selain modal yang relatif terjangkau, usaha rumahan juga memiliki keunggulan lain, seperti waktu kerja yang fleksibel dan tidak membutuhkan tempat yang luas.

Namun, memulai usaha seringkali membutuhkan modal yang besar dan keterampilan khusus. Jika Anda memiliki modal yang terbatas dan tidak memiliki keterampilan khusus, Anda tetap bisa memulai usaha dengan modal kecil.

Berikut adalah 8 ide usaha depan rumah dengan modal kecil tapi cuan:

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Sulit Sukses dalam Hidupnya, Apa Kamu Salah Satunya?

1. Jualan Makanan atau Minuman

Usaha jualan makanan atau minuman adalah salah satu usaha rumahan yang paling populer. Hal ini dikarenakan makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok manusia yang selalu ada.

Untuk memulai usaha ini, Anda dapat menjual makanan atau minuman yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Jika Anda memiliki keterampilan memasak, Anda dapat menjual makanan rumahan seperti nasi goreng, Seblak, bakso, mie ayam, atau kue. Jika Anda memiliki keterampilan meracik minuman, Anda dapat menjual minuman segar seperti jus buah, es teh, atau kopi.

Tips untuk memulai usaha berjualan makanan dan minuman:

  • Pilih jenis makanan dan minuman yang disukai masyarakat di daerah Anda.
  • Buatlah menu yang menarik dan menggugah selera.
  • Berikan pelayanan yang ramah dan cepat.

Baca Juga: 9 Ciri Orang yang Tidak Akan Mendapatkan Ketenangan Selama Hidupnya

2. Jasa Laundry

Jasa laundry juga merupakan usaha rumahan yang menjanjikan. Hal ini dikarenakan jasa laundry sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang sibuk bekerja atau tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian.

Untuk memulai usaha ini, Anda dapat menyediakan mesin cuci dan pengering pakaian. Anda juga perlu menyediakan deterjen, pewangi pakaian, dan perlengkapan laundry lainnya.

3. Jasa Jahit

Jasa jahit juga merupakan usaha rumahan yang cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan jasa jahit selalu dibutuhkan, baik untuk menjahit pakaian baru, memperbaiki pakaian yang rusak, atau membuat pakaian sesuai dengan ukuran.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Kepribadian Spesial Orang yang Suka Menyendiri

Untuk memulai usaha ini, Anda perlu memiliki keterampilan menjahit. Anda juga perlu menyediakan peralatan jahit seperti mesin jahit, gunting, dan benang.

4. Jasa Cuci Motor

Usaha cuci motor adalah salah satu usaha yang paling populer di Indonesia. Usaha ini memiliki prospek yang bagus karena kebutuhan masyarakat akan jasa cuci motor terus meningkat. Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini juga relatif kecil, yaitu sekitar Rp 5 juta.

Bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk memulai usaha cuci motor:

  • Mesin kompresor udara
  • Selang air
  • Sabun cuci motor
  • Lap
  • Peralatan pelengkap lainnya, seperti sikat, spons, dan ember

Baca Juga: 10 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Agar Tidak Stres Saat Belum Dapat Kerja

5. Usaha Jualan Pulsa dan Paket Internet

Usaha jualan pulsa dan paket internet adalah usaha yang menjanjikan, terutama di daerah yang padat penduduk. Usaha ini bisa dijalankan dengan modal yang kecil dan bisa menjadi usaha sampingan yang menguntungkan.

6. Jasa Fotokopi

Jasa fotokopi juga merupakan usaha rumahan yang cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan jasa fotokopi sangat dibutuhkan oleh masyarakat, baik untuk keperluan sekolah, kantor, maupun pribadi. Untuk memulai usaha ini, Anda perlu menyediakan mesin fotokopi dan perlengkapan fotokopi lainnya.

7. Air Minum Isi Ulang

Air minum adalah kebutuhan pokok manusia, sehingga usaha air minum isi ulang selalu memiliki prospek yang bagus. Usaha ini juga cocok untuk dijalankan di depan rumah karena tidak membutuhkan modal yang besar dan tidak memerlukan keterampilan khusus.

Baca Juga: 11 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Agar Tidak Stres Serta Mudah Marah

8. Jasa Servis Barang Elektronik

Jasa servis barang elektronik juga merupakan usaha rumahan yang cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan barang elektronik merupakan barang yang rentan rusak. Untuk memulai usaha ini, Anda perlu memiliki keterampilan memperbaiki barang elektronik. Anda juga perlu menyediakan suku cadang barang elektronik.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi02 Mei 2024, 14:50 WIB

Lewat E-Lapor, Empat Aduan Diterima Pemkot Sukabumi Selama April 2024

Keempat aduan ini paling banyak disampaikan untuk DPUTR Kota Sukabumi.
(Foto Ilustrasi) Pemkot Sukabumi melalui Diskominfo mencatat selama April 2024 empat aduan masuk ke E-Lapor. | Foto: Istimewa
Sukabumi02 Mei 2024, 14:37 WIB

Hardiknas, Pemkot Sukabumi: Momentum Melanjutkan Gerakan Merdeka Belajar

Hardiknas yang diisi penampilan kesenian para pelajar merupakan bukti tingkat pendidikan di Kota Sukabumi sudah cukup baik.
Disdikbud Kota Sukabumi pada Kamis (2/5/2024) menggelar Upacara Peringatan Hardiknas Tingkat Kota Sukabumi di Lapang Merdeka. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Life02 Mei 2024, 14:35 WIB

7 Cara Mendidik Anak agar Hidup Hemat Sampai Dewasa, Yuk Terapkan!

Mendidik anak agar hidup hemat harus terus dilakukan oleh orang tua. Sebab hal ini membantunya bisa pandai dalam mengelola keuangan di masa depan
Cara mendidik anak hidup hemat | Foto : Pexels/Annushka Ahuja
Life02 Mei 2024, 14:30 WIB

Picu Serangan Kambuh, 5 Alasan Gangguan Tidur Tidak Baik untuk Asam Urat

Meskipun tidak ada bukti langsung yang menunjukkan bahwa gangguan tidur secara langsung menyebabkan asam urat, namun ada hubungan antara gangguan tidur dan kondisi yang mempengaruhi asam urat.
Ilustrasi. Picu Serangan Kambuh, Ketahui Sederet Alasan Gangguan Tidur Tidak Baik untuk Asam Urat. (Sumber : Pexels/CraigAdderley)
Sukabumi02 Mei 2024, 14:23 WIB

Puluhan Siswa SD di Ciracap Sukabumi Ikuti Seleksi O2SN Tingkat Kabupaten

Sebanyak 4 gugus, terdiri dari 30 sekolah dasar yang ada di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, ikut bertanding dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kecamatan Ciracap,
Pertandingan bola voli dalam seleksi O2SN tingkat SD di Ciracap Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi02 Mei 2024, 14:21 WIB

Kronologi Sadisnya Siswa SMP di Kadudampit Sukabumi Sodomi dan Bunuh Bocah SD

Kasus ini mulai terungkap saat MA ditemukan meninggal misterius di kebun warga.
Proses ekshumasi makam MA (7 tahun) di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, pada 25 Maret 2024 oleh tim forensik Polda Jawa Barat. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Bola02 Mei 2024, 14:00 WIB

Persib Bandung Siap Hadapi Bali United di Championship Series, Ini Jadwalnya!

Persib Siap menyongsong Championship Series melawan Bali United.
Persib Siap menyongsong Championship Series melawan Bali United.(Sumber : Persib.co.id)
Sukabumi02 Mei 2024, 13:52 WIB

Rumah Panggung Ambruk Milik Janda Di Kalibunder Sukabumi Akan Dibangun Swadaya

Rumah tidak layak huni, milik seorang janda dengan dua orang anak perempuan, di Kampung Cisaat Desa Cimahpar, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi ambruk karena konsidinya sudah reyot.
Forkopimcam Kalibunder dan tagana saat cek lokasi | Foto : Ragil Gilang
Jawa Barat02 Mei 2024, 13:47 WIB

Silaturahmi LP3H EWI Jawa Barat dengan Satgas Halal Kemenag RI Provinsi

LP3H EWI Provinsi menyampaikan rencana kerja secara umum dan berharap kiprahnya dapat berkontribusi positif bagi suksesnya WHO24 khususnya di Provinsi Jawa Barat.
Pengurus LP3H EWI Provinsi Jawa Barat bersilaturahmi ke Satgas Halal Kemenag RI Provinsi Jawa Barat. | Foto: Istimewa
Internasional02 Mei 2024, 13:46 WIB

Dunia Heboh Vaksin Covid-19 Picu Kematian, Gugatan Class Action untuk AstraZeneca

Media massa dunia sejak beberapa hari terakhir dihebohkan dengan kabar penyakit langka yang dipicu oleh vaksin covid-19.
dokumentasi program vaksinasi covid-19 di Kota Sukabumi (Sumber: istimewa)