Ayep Zaki Buktikan Potensi Budi Daya Melon di Sukabumi

Selasa 19 Desember 2023, 08:41 WIB
Ayep Zaki saat di lokasi budi daya buah Melon di Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

Ayep Zaki saat di lokasi budi daya buah Melon di Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Pembuktian Anggota Bidang Pertanian, Peternakan, dan Kemandirian Desa DPP NasDem Ayep Zaki dalam membangun ekonomi masyarakat semakin nyata dari waktu ke waktu. Dia pun dinilai sebagai salah satu figur pemimpin yang patut dijadikan tauladan.

Dalam rangka meningkatkan sektor pertanian Sukabumi, Ayep Zaki telah sukses membuktikan potensi budi daya buah Melon di kawasan Sukabumi, salah satunya di wilayah Lodaya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Jabar).

“Sistem greenhouse saya pilih agar tanaman dapat terlindungi dari hama serangga, serta penyakit yang dapat mengganggu pertumbuhan dan hasil panen dengan tujuan agar produksi tanaman lebih stabil dan berkualitas,” ungkap Ayep Zaki seusai memanen melon beberapa waktu lalu.

Diterangkan Ayep Zaki, budi daya dengan sistem greenhouse ini tidak mengenal musim, jadi selama setahun penuh bisa terus tanam tanpa khawatir dengan perubahan musim.

Baca Juga: Ayep Zaki Diamanahi Deputi Perkebunan di Jajaran Timnas AMIN

Suwarto, yang sehari-hari mengurus kebun budi daya PT Doa Bangsa Agrobisnis (DBA) Plantation di kawasan Sukabumi, Jawa Barat dengan salah satu tanaman primadonanya melon, mengatakan Ayep Zaki terus membuktikan komitmennya dalam membangun ekosistem pertanian di wilayah Sukabumi serta terus mendukung program pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan.

"Pak Ayep ini mempunyai program yang luar biasa. Jadi beliau programnya adalah ingin menata kebaikan. Dengan program menata kebaikan ini, kita bisa berbuat seluas-luasnya untuk kemakmuran di jalur pertanian," kata Suwarto, Minggu (17/12/2023).

Suwarto menambahkan, pribadi Ayep Zaki yang juga Caleg DPR RI Partai NasDem Dapil Sukabumi Raya nomor urut 1 itu memiliki program yang jelas ditunjang dengan pribadi yang rendah hati serta memiliki visi ke depan dalam bekerja.

"Bapak Ayep orangnya proaktif dan aktualisasinya tinggi sehingga gerakannya cepat. Semuanya berjalan, tidak ada yang tidak berjalan. Semua program beliau sudah berjalan, jadi bukan rencana program lagi, tapi sudah berjalan," tambah dia.

Suwarto mencontohkan di bidang pertanian sudah banyak sekali bukti dan fakta yang ditorehkan Ayep Zaki. Dia mengaku sangat salut melihat semangat kerja Ayep Zaki yang begitu tinggi dan tidak mudah menyerah. Selain itu, tambahn Suwarto, semua masalah yang datang dianggap suatu jalan atau suatu tantangan yang harus diselesaikan.

"Jadi saya melihat sosok beliau itu adalah salah satu figur seorang pemimpin yang patut kita hargai," kata dia.

Sebelumnya Ayep telah melaksanakan panen perdana Melon Varietas Inthanon RZ di lahan Greenhouse seluas 512 m2. Ayep meyakini budidaya dengan sistem greenhouse tersebut dapat membantu meningkatkan produktivitas para petani. (ADV)

Sumber: Siaran Pers

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 April 2024, 15:30 WIB

6 Ciri Orang Rakus yang Harus Dihindari di Lingkungan Kita, Yuk Waspada!

Orang rakus memang kerap merugikan, sehingga sudah semenstinya untuk tidak terlalu akrab dengannya. Tentu demi kesehatan mental itu sendiri
Ilustrasi - Orang rakus memang kerap merugikan, sehingga sudah semenstinya untuk tidak terlalu akrab dengannya. Tentu demi kesehatan mental itu sendiri. (Sumber : Pexels/MART PRODUCTION).
Nasional27 April 2024, 15:08 WIB

Posisi Terakhir Masih di Sukabumi, Mensos Kejar Emak-emak Suka Ngamuk Minta Sedekah

Sempat dibawa pihak kepolisian untuk dititipkan ke angkutan umum arah Bandung Barat lalu ke Bogor, perempuan tersebut dilaporkan warga, pada Sabtu (27/4/2024) masih berada di Kota Sukabumi.
Menteri Sosial, Tri Rismaharini (Sumber: akun kemensos RI)
Inspirasi27 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Logistic Staff Minimal SMK/SMA Semua Jurusan, Penempatan Kota Sukabumi

Apabila kamu tertaik dengan pekerjaan ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Logistic Staff Minimal SMK/SMA Semua Jurusan, Penempatan Kota Sukabumi | Foto: Istimewa
Fashion27 April 2024, 14:30 WIB

Cara Memilih Warna Hijab yang Sesuai dengan Kulit Sawo Matang, Makin Pede!

Memilih warna hijab yang tepat bisa membuat penampilan Anda lebih bersinar dan menonjol.
Ilustrasi -Memilih warna hijab yang tepat bisa membuat penampilan Anda lebih bersinar dan menonjol. (Sumber : pixabay/moeslim2).
Life27 April 2024, 14:00 WIB

Suka Buat Tipu-Muslihat, Ini 6 Karakter Orang Licik yang Harus Diwaspadai di Sekitar Kita

Orang licik biasanya memiliki karakter yang kurang baik dalam lingkungan sosial, sehingga gampang ditebak ciri dari mereka yang melekat.
Ilustrasi - Orang licik biasanya memiliki karakter yang kurang baik dalam lingkungan sosial, sehingga gampang ditebak ciri dari mereka yang melekat. (Sumber : Pixabay/Cristian Benavides).
Life27 April 2024, 13:45 WIB

Takut Mengambil Resiko! 5 Kebiasaan Ini yang Selalu Dihindari Orang Kaya

Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya.
Ilustrasi - Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya. (Sumber : pexels.com/@Andrea Piacquadio)
Life27 April 2024, 13:30 WIB

9 Cara Menghadapi Orang Jutek, Harus Tenang dan Jangan Terbawa Emosi!

Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang.
Ilustrasi - Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang. (Sumber : unsplash.com/@Obie Fernandez)
Food & Travel27 April 2024, 13:26 WIB

Bukit Pasir Randu, Tempat Menarik Nikmati Pesona Sunrise di Cisolok Sukabumi

Bukit Pasir Randu menyajikan pemandangan yang memikat hati.
Pemandangan matahari terbit atau sunrise di Bukit Pasir Randu, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 13:00 WIB

10 Cara Mudah Menghadapi Anak yang Tantrum, Bunda Wajib Tahu!

Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens.
Ilustrasi - Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens. (Sumber : Pixabay.com/@parent90).
Life27 April 2024, 12:30 WIB

Kehadirannya Sering Mengganggu! 6 Cara Ampuh Menghilangkan Semut di Rumah

Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu.
Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu. (Sumber : Pixabay.com/@actee3).