15 Tips Sukses Bangun Bisnis Peternakan, Seperti Lulusan UGM Asal Sukabumi

Jumat 13 Oktober 2023, 14:30 WIB
Ilustrasi. Domba | 15 Tips Sukses Membangun Bisnis Peternakan, Seperti Lulusan UGM Asal Sukabumi (Sumber : pixabay.com/@12019)

Ilustrasi. Domba | 15 Tips Sukses Membangun Bisnis Peternakan, Seperti Lulusan UGM Asal Sukabumi (Sumber : pixabay.com/@12019)

SUKABUMIUPDATE.com - Membangun bisnis di bidang peternakan memerlukan perencanaan dan pengelolaan yang baik. Akan tetapi, siapapun bisa sukses membangun bisnis di bidang peternakan, seperti salah satu lulusan UGM asal Sukabumi, Nuur Muhammad Ahkam.

Ya, Pemuda asal Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Nuur Muhammad Ahkam (25 tahun), sukses membangun peternakan domba berkonsep wisata edukasi bernama Bodogol Edu Farm. Peternakan seluas 2,5 hektare ini berlokasi di Kampung Kuta RT 09/03 Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Domba di Bodogol Edu Farm, peternakan di Kampung Kuta RT 09/03 Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu SanubariDomba di Bodogol Edu Farm, peternakan di Kampung Kuta RT 09/03 Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari

Untuk Updaters yang tertarik jadi pengusaha, berikut beberapa tips sukses yang dapat membantu dalam memulai dan mengembangkan bisnis peternakan, dirangkum dari berbagai sumber:

Tips Sukses Membangun Bisnis Peternakan

1. Riset Pasar

Mulailah dengan melakukan riset pasar untuk memahami permintaan dan tren di sektor peternakan. Ketahui apa yang dibutuhkan oleh pasar dan bagaimana Anda dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Anak Perempuan Kurang Kasih Sayang Ayah, Kamu Salah Satunya?

Riset pasar adalah salah satu tips membangun bisnis di bidang peternakan yang sangat menunjang keberhasilan bisnis ke depannya.

2. Identifikasi Jenis Ternak

Tentukan jenis ternak yang akan Anda pelihara, seperti sapi, kambing, ayam, atau hewan lainnya. Pilih jenis ternak berdasarkan permintaan pasar dan keahlian Anda.

3. Pilih Lokasi yang Tepat

Ketiga, tips membangun bisnis di bidang peternakan yaitu pilih lokasi yang sesuai untuk peternakan Anda. Pastikan akses air bersih, pakan, dan fasilitas yang diperlukan untuk perawatan ternak.

4. Relasi

Bangun jaringan dengan peternak lain, pemasok, dan pembeli potensial. Koneksi ini dapat membantu Anda memperluas bisnis Anda.

5. Perencanaan Bisnis

Buat rencana bisnis yang mencakup tujuan jangka pendek dan panjang, perkiraan biaya, proyeksi pendapatan, dan strategi pemasaran.

Rencana bisnis adalah panduan yang akan membantu Anda mengelola bisnis dengan lebih efisien sehingga termasuk tips membangun bisnis di bidang peternakan yang harus dilakukan.

Baca Juga: 9 Ciri Anak Laki-laki Kurang Kasih Sayang Ibu, Merasa Tidak Dicintai

6. Pilih Hewan yang Berkualitas

Belilah hewan ternak yang berkualitas baik untuk memulai. Ternak yang sehat dan berkualitas cenderung memberikan hasil yang lebih baik.

7. Perawatan Ternak yang Baik

Pastikan memberikan perawatan yang baik untuk ternak Anda, termasuk pakan yang sesuai, perlindungan dari cuaca yang ekstrem, dan pelayanan kesehatan yang diperlukan.

8. Manajemen Pakan

Kelola pakan dengan efisien adalah salah satu tips membangun bisnis di bidang peternakan yang wajib dilakukan. Perhitungkan ransum yang seimbang dan pastikan pakan tersedia sesuai kebutuhan ternak.

9. Kesehatan dan Vaksinasi

Jaga kesehatan ternak dengan jadwal vaksinasi dan pemeriksaan rutin oleh dokter hewan. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan rutin ya agar bisnis di bidang peternakan bisa sukses!

10. Pemasaran:

Kembangkan strategi pemasaran yang efektif. Jual hasil ternak Anda di pasar lokal atau melalui jejaring penjualan yang relevan.

Anda juga bisa mempertimbangkan pemasaran online agar bisnis di bidang peternakan bisa sukses.

Baca Juga: Blank Spot! Baduy Dalam Kini Resmi Tanpa Sinyal Internet

11. Manajemen Keuangan

Berikutnya, tips membangun bisnis di bidang peternakan yang harus dilakukan adalah melakukan pengelolaan keuangan bisnis dengan bijak. Catat semua pengeluaran dan pendapatan dengan teliti.

12. Perijinan

Pastikan Anda memiliki izin dan perijinan yang diperlukan untuk menjalankan bisnis peternakan sesuai dengan peraturan lokal dan nasional. Perizinan adalah hal krusial ketika ingin membangun bisnis di bidang peternakan.

13. Investasi dalam Pendidikan

Teruslah belajar tentang praktik terbaik dalam bidang peternakan. Investasikan waktu dalam kursus, pelatihan, dan literatur untuk meningkatkan pengetahuan Anda.

14. Kebijakan Keberlanjutan

Pertimbangkan kebijakan keberlanjutan dalam operasi bisnis Anda, seperti manajemen limbah dan praktik ramah lingkungan. Ini juga termasuk salah satu tips membangun bisnis di bidang peternakan yang harus dilakukan pemula.

15. Konsistensi dan Tekun

Terakhir, tips membangun bisnis di bidang peternakan yang harus dilakukan adalah sikap konsisten dan tekun. Ini karena membangun bisnis pasti memerlukan waktu untuk melihat hasil, sehingga pebisnis pemula wajib bersabar.

Baca Juga: 10 Ciri Anak Akan Sukses Meski Kurang Kasih Sayang Orang Tua, Mental Kuat!

Ingat selalu bahwa bisnis peternakan seringkali memiliki tantangan unik, termasuk kesehatan ternak, iklim, dan fluktuasi harga. Oleh karena itu, perencanaan yang matang, manajemen yang baik, dan keseriusan dalam bisnis sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang.

Diberitakan sebelumnya, Bodogol Farm dibuka untuk umum dengan konsep wisata edukasi sehingga memungkinkan masyarakat belajar dunia peternakan secara bebas dan tidak dibuka dengan orientasi profit semata. Ahkam membangun Bodogol Edu Farm dua tahun lalu pada 2021 setelah lulus kuliah, bersama investor dengan nilai investasi sekitar Rp 1,5 miliar.

Nuur Muhammad Ahkam (25 tahun), pemuda asal Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, lulusan UGM, sukses membangun peternakan domba berkonsep wisata edukasi bernama Bodogol Edu Farm. | Foto: SU/Ibnu SanubariNuur Muhammad Ahkam (25 tahun), pemuda asal Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, lulusan UGM, sukses membangun peternakan domba berkonsep wisata edukasi bernama Bodogol Edu Farm. | Foto: SU/Ibnu Sanubari

Diakui Ahkam, domba garut dipilih karena memiliki tingkat ekonomi dan produktivitas ternak cukup baik, dengan jumlah saat ini mencapai 120 ekor. Bodogol Farm menerapkan enam prinsip manajemen utama, termasuk manajemen ternak modern, kandang modern, pengolahan limbah, pakan mandiri, integrasi pertanian, dan konsep wisata edukasi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi14 Mei 2024, 13:18 WIB

Tusuk Wajah dan Dada Pakai Garpu, Sadisnya Anak Bunuh Ibu di Kalibunder Sukabumi

Terduga pelaku dan korban tinggal berdua di rumah panggung.
Jenazah Inas (43 tahun) setelah diduga dibunuh anak kandungnya, Rahmat alias Herang (25 tahun), di dalam kamar rumah mereka di Kampung Cilandak, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life14 Mei 2024, 13:15 WIB

6 Golongan Orang yang Gampang Dipercaya di Masyarakat, Anda Termasuk?

Diantara banyaknya tipe orang, terdapat beberapa golongan yang karakternya sangat mudah dipercaya oleh masyarakat dan lingkungan sekitar
Golongan orang yang mudah dipercaya di masyarakat dan lingkungan sekitar (Sumber : Pexels.com /@AlicanHelik)
Sehat14 Mei 2024, 13:00 WIB

Mengenal Kristal Asam Urat: Jenis, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Kristal asam urat terbentuk disebabkan karena kadar asam urat yang tinggi dalam darah.
Ilustrasi - Kristal asam urat terbentuk disebabkan karena kadar asam urat yang tinggi dalam darah. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi Memilih14 Mei 2024, 12:59 WIB

NasDem Jabar Siapkan Satu Nama untuk Pilkada Kota Sukabumi, Ini Sosoknya

Partai NasDem mengumumkan sejumlah nama calon kepala daerah di 21 kota dan kabupaten se-Jawa Barat untuk Pilkada 2024. Daftar nama tersebut terdapat nama tokoh daerah hingga selebriti.
Nasdem Jabar umumkan 21 nama bakal calon untuk Pilkada kota/kab se Jabar | Foto : Capture youtube metrotv
Sukabumi14 Mei 2024, 12:48 WIB

Beredar Video Korban dan Pelaku Pasca-Kejadian, Anak Bunuh Ibu di Kalibunder Sukabumi

Terduga pelaku yang masih berusia muda sudah berada di sel tahanan.
Tangkapan layar video korban (kiri) dan terduga pelaku (kanan), kasus pembunuhan ibu oleh anak kandung di Kampung Cilandak, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life14 Mei 2024, 12:45 WIB

Jangan Dianggap Sepele, Berikut 7 Kebiasaan Buruk Remaja yang Harus Dihentikan

terkadang kebiasaan sehari-hari yang dilakukan anak remaja, sering dianggap sepele oleh orang tua. Padahal, itu bisa berdampak buruk dikemudian hari
Ilustrasi kebiasaan remaja yang sering dianggap sepele (Sumber : pexels.com/@LizaSummer)
Internasional14 Mei 2024, 12:39 WIB

Helm, Tatap Mata dan Batagor : Kisah 3 Pemuda Thailand Kuliah di Sukabumi

Ketiganya adalah mahasiswa asing yang kuliah di Universitas Muhammadiyah Sukabumi, untuk tahun ajaran 2023/2024.
Eldie dan Mae, pemuda Yala, Thailand yang kuliah di Universitas Muhammadiyah Sukabumi (Sumber: tim peliput UMMI)
Life14 Mei 2024, 12:30 WIB

8 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hati Bahagia, Jangan Ragu Lakukan!

Kebiasaan sederhana yang bisa membuat hati bahagia ini dapat membantu Anda mengalami lebih banyak kedamaian dan kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari.
Ilustrasi. Sisihkan waktu untuk melakukan hal-hal yang dinikmati dan memberi diri sendiri kesenangan termasuk salah satu kebiasaan sederhana yang bisa membuat hati bahagia. (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola14 Mei 2024, 12:15 WIB

Prediksi Bali United vs Persib Bandung di Leg 1 Semifinal Championship Series

Persib Bandung hari ini akan melakoni leg 1 semifinal Championship Series melawan Bali United.
Persib Bandung hari ini akan melakoni leg 1 semifinal Championship Series melawan Bali United. (Sumber : X@BaliUtd/@persib).
Sehat14 Mei 2024, 12:00 WIB

7 Obat Alami untuk Menyembuhkan Penyakit Asam Urat di Rumah, Mudah Didapat!

Bawang putih memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Mengonsumsi bawang putih mentah atau dalam bentuk suplemen dapat membantu mengelola gejala asam urat.
Ilustrasi - Bawang Putih Adalah Salah Satu Obat Alami untuk Menyembuhkan Penyakit Asam Urat di Rumah yang Mudah Didapat! (Sumber : Pexels/IsabellaMendes)