15 Tips Sukses Bangun Bisnis Peternakan, Seperti Lulusan UGM Asal Sukabumi

Jumat 13 Oktober 2023, 14:30 WIB
Ilustrasi. Domba | 15 Tips Sukses Membangun Bisnis Peternakan, Seperti Lulusan UGM Asal Sukabumi (Sumber : pixabay.com/@12019)

Ilustrasi. Domba | 15 Tips Sukses Membangun Bisnis Peternakan, Seperti Lulusan UGM Asal Sukabumi (Sumber : pixabay.com/@12019)

SUKABUMIUPDATE.com - Membangun bisnis di bidang peternakan memerlukan perencanaan dan pengelolaan yang baik. Akan tetapi, siapapun bisa sukses membangun bisnis di bidang peternakan, seperti salah satu lulusan UGM asal Sukabumi, Nuur Muhammad Ahkam.

Ya, Pemuda asal Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Nuur Muhammad Ahkam (25 tahun), sukses membangun peternakan domba berkonsep wisata edukasi bernama Bodogol Edu Farm. Peternakan seluas 2,5 hektare ini berlokasi di Kampung Kuta RT 09/03 Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Domba di Bodogol Edu Farm, peternakan di Kampung Kuta RT 09/03 Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu SanubariDomba di Bodogol Edu Farm, peternakan di Kampung Kuta RT 09/03 Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari

Untuk Updaters yang tertarik jadi pengusaha, berikut beberapa tips sukses yang dapat membantu dalam memulai dan mengembangkan bisnis peternakan, dirangkum dari berbagai sumber:

Tips Sukses Membangun Bisnis Peternakan

1. Riset Pasar

Mulailah dengan melakukan riset pasar untuk memahami permintaan dan tren di sektor peternakan. Ketahui apa yang dibutuhkan oleh pasar dan bagaimana Anda dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Anak Perempuan Kurang Kasih Sayang Ayah, Kamu Salah Satunya?

Riset pasar adalah salah satu tips membangun bisnis di bidang peternakan yang sangat menunjang keberhasilan bisnis ke depannya.

2. Identifikasi Jenis Ternak

Tentukan jenis ternak yang akan Anda pelihara, seperti sapi, kambing, ayam, atau hewan lainnya. Pilih jenis ternak berdasarkan permintaan pasar dan keahlian Anda.

3. Pilih Lokasi yang Tepat

Ketiga, tips membangun bisnis di bidang peternakan yaitu pilih lokasi yang sesuai untuk peternakan Anda. Pastikan akses air bersih, pakan, dan fasilitas yang diperlukan untuk perawatan ternak.

4. Relasi

Bangun jaringan dengan peternak lain, pemasok, dan pembeli potensial. Koneksi ini dapat membantu Anda memperluas bisnis Anda.

5. Perencanaan Bisnis

Buat rencana bisnis yang mencakup tujuan jangka pendek dan panjang, perkiraan biaya, proyeksi pendapatan, dan strategi pemasaran.

Rencana bisnis adalah panduan yang akan membantu Anda mengelola bisnis dengan lebih efisien sehingga termasuk tips membangun bisnis di bidang peternakan yang harus dilakukan.

Baca Juga: 9 Ciri Anak Laki-laki Kurang Kasih Sayang Ibu, Merasa Tidak Dicintai

6. Pilih Hewan yang Berkualitas

Belilah hewan ternak yang berkualitas baik untuk memulai. Ternak yang sehat dan berkualitas cenderung memberikan hasil yang lebih baik.

7. Perawatan Ternak yang Baik

Pastikan memberikan perawatan yang baik untuk ternak Anda, termasuk pakan yang sesuai, perlindungan dari cuaca yang ekstrem, dan pelayanan kesehatan yang diperlukan.

8. Manajemen Pakan

Kelola pakan dengan efisien adalah salah satu tips membangun bisnis di bidang peternakan yang wajib dilakukan. Perhitungkan ransum yang seimbang dan pastikan pakan tersedia sesuai kebutuhan ternak.

9. Kesehatan dan Vaksinasi

Jaga kesehatan ternak dengan jadwal vaksinasi dan pemeriksaan rutin oleh dokter hewan. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan rutin ya agar bisnis di bidang peternakan bisa sukses!

10. Pemasaran:

Kembangkan strategi pemasaran yang efektif. Jual hasil ternak Anda di pasar lokal atau melalui jejaring penjualan yang relevan.

Anda juga bisa mempertimbangkan pemasaran online agar bisnis di bidang peternakan bisa sukses.

Baca Juga: Blank Spot! Baduy Dalam Kini Resmi Tanpa Sinyal Internet

11. Manajemen Keuangan

Berikutnya, tips membangun bisnis di bidang peternakan yang harus dilakukan adalah melakukan pengelolaan keuangan bisnis dengan bijak. Catat semua pengeluaran dan pendapatan dengan teliti.

12. Perijinan

Pastikan Anda memiliki izin dan perijinan yang diperlukan untuk menjalankan bisnis peternakan sesuai dengan peraturan lokal dan nasional. Perizinan adalah hal krusial ketika ingin membangun bisnis di bidang peternakan.

13. Investasi dalam Pendidikan

Teruslah belajar tentang praktik terbaik dalam bidang peternakan. Investasikan waktu dalam kursus, pelatihan, dan literatur untuk meningkatkan pengetahuan Anda.

14. Kebijakan Keberlanjutan

Pertimbangkan kebijakan keberlanjutan dalam operasi bisnis Anda, seperti manajemen limbah dan praktik ramah lingkungan. Ini juga termasuk salah satu tips membangun bisnis di bidang peternakan yang harus dilakukan pemula.

15. Konsistensi dan Tekun

Terakhir, tips membangun bisnis di bidang peternakan yang harus dilakukan adalah sikap konsisten dan tekun. Ini karena membangun bisnis pasti memerlukan waktu untuk melihat hasil, sehingga pebisnis pemula wajib bersabar.

Baca Juga: 10 Ciri Anak Akan Sukses Meski Kurang Kasih Sayang Orang Tua, Mental Kuat!

Ingat selalu bahwa bisnis peternakan seringkali memiliki tantangan unik, termasuk kesehatan ternak, iklim, dan fluktuasi harga. Oleh karena itu, perencanaan yang matang, manajemen yang baik, dan keseriusan dalam bisnis sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang.

Diberitakan sebelumnya, Bodogol Farm dibuka untuk umum dengan konsep wisata edukasi sehingga memungkinkan masyarakat belajar dunia peternakan secara bebas dan tidak dibuka dengan orientasi profit semata. Ahkam membangun Bodogol Edu Farm dua tahun lalu pada 2021 setelah lulus kuliah, bersama investor dengan nilai investasi sekitar Rp 1,5 miliar.

Nuur Muhammad Ahkam (25 tahun), pemuda asal Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, lulusan UGM, sukses membangun peternakan domba berkonsep wisata edukasi bernama Bodogol Edu Farm. | Foto: SU/Ibnu SanubariNuur Muhammad Ahkam (25 tahun), pemuda asal Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, lulusan UGM, sukses membangun peternakan domba berkonsep wisata edukasi bernama Bodogol Edu Farm. | Foto: SU/Ibnu Sanubari

Diakui Ahkam, domba garut dipilih karena memiliki tingkat ekonomi dan produktivitas ternak cukup baik, dengan jumlah saat ini mencapai 120 ekor. Bodogol Farm menerapkan enam prinsip manajemen utama, termasuk manajemen ternak modern, kandang modern, pengolahan limbah, pakan mandiri, integrasi pertanian, dan konsep wisata edukasi.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 Juni 2024, 23:49 WIB

8 Fakta di Balik Misteri Penemuan Tengkorak Manusia di Cioray Sukabumi

Penemuan tengkorak manusia di sebuah kebun di belakang Perumahan Nadira, Kampung Cioray, Sukabumi, pada Senin (24/6/2024) telah menghebohkan warga setempat.
Tengkorak manusia dan celana panjang warna merah di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat24 Juni 2024, 22:34 WIB

Terbukti Curang, Disdik Jabar Coret 199 Siswa dari PPDB SMA/SMK 2024

Dinas Pendidikan Jawa Barat membatalkan 168 siswa atau calon peserta didik setelah pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB SMA 2024
Ilustrasi Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi24 Juni 2024, 22:12 WIB

Peninggalan Bersejarah: Pos Security Zaman Belanda di Surade Sukabumi Masih Kokoh

Bangunan bersejarah dari masa penjajahan Belanda masih tegak kokoh di tepi Sungai Cikarang, berbatasan antara Desa Pasiripis Kecamatan Surade
Peninggalan zaman Belanda berupa bangunan yang dahulunya merupakan pos security | Foto : Ragil Gilang
Keuangan24 Juni 2024, 21:12 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Kecam Aksi Calo Klaim Program Jaminan Sosial

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan secara tegas mengutuk praktik calo dalam pendaftaran program jaminan sosial yang dilaksanakannya.
Ilustrasi praktik calo dalam pendaftaran program jaminan sosial | Foto : Pixabay
Opini24 Juni 2024, 21:00 WIB

Penerapan Metode Kultur Jaringan pada Petani Pedesaan

Teknik kultur jaringan tanaman (plant tissue culture technique) tidak dapat dipisahkan dari berbagai teknologi terkini yang mewarnai kemajuan bidang pertanian.
Penerapan Metode Kultur Jaringan pada Petani Pedesaan | Foto : Pixabay
Sehat24 Juni 2024, 21:00 WIB

Pengaruh Terhadap Gula Darah: 3 Tips Memperbaiki Kualitas Tidur Bagi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga kualitas tidurnya demi mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Bagi penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga kualitas tidurnya demi mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com/DC Studio)
Sukabumi24 Juni 2024, 20:15 WIB

Selain Celana Merah dan Bra Ada Kemeja Bergaris Biru, Tengkorak di Cioray Sukabumi

Berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis, tengkorak tersebut diduga berjenis kelamin perempuan dengan usia di perkirakan antara 20 sampai 30 tahun.
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 20:03 WIB

Misteri Uang 62 Ribu Di Saku Celana Tengkorak Di Cioray Sukabumi

Penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, masih menjadi misteri. Penemuan tengkorak itu disertai dengan temuan pakaian korban dan uang di saku celana.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life24 Juni 2024, 20:00 WIB

Kembang Kol dan Gula Darah: 10 Manfaat dan Memasukkannya ke Diet Ramah Diabetes

Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes.
Ilustrasi - Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Sukabumi24 Juni 2024, 19:52 WIB

100 Meter Ke Pemukiman, Lokasi Penemuan Tengkorak di Cioray Sukabumi Jarang Dilalui Warga

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, menjelaskan bahwa lokasi penemuan tersebut jarang dilalui warga karena kondisi yang rimbun dan tidak terurus. Padahal cuma sekitar 100 meter dari pemukiman warga
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari