Nuur Muhammad Ahkam, Lulusan UGM Asal Sukabumi yang Kini Bangun Bisnis Edu Farm

Rabu 11 Oktober 2023, 14:24 WIB
Nuur Muhammad Ahkam (25 tahun), pemuda asal Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, lulusan UGM, sukses membangun peternakan domba berkonsep wisata edukasi bernama Bodogol Edu Farm. | Foto: SU/Ibnu Sanubari

Nuur Muhammad Ahkam (25 tahun), pemuda asal Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, lulusan UGM, sukses membangun peternakan domba berkonsep wisata edukasi bernama Bodogol Edu Farm. | Foto: SU/Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Pemuda asal Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Nuur Muhammad Ahkam (25 tahun), sukses membangun peternakan domba berkonsep wisata edukasi bernama Bodogol Edu Farm. Peternakan seluas 2,5 hektare ini berlokasi di Kampung Kuta RT 09/03 Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Berlatar belakang D3 Kepariwisataan Universitas Gadjah Mada (UGM), Ahkam menceritakan perjalanannya membangun Bodogol Edu Farm. "Saya kuliah pariwisata di UGM. Lulus 2021, langsung cari lahan dan bangun relasi dengan perangkat desa hingga berhasil membangun peternakan," katanya kepada sukabumiupdate.com, Selasa, 10 Oktober 2023.

Ahkam yang berasal dari keluarga kurang mampu, meraih beasiswa penuh selama berkuliah di UGM. Dia kemudian menyadari bahwa kuliah di UGM tidak menjamin pekerjaan yang memuaskan. Sejak awal kuliah, Ahkam mencari peluang di luar program studinya. Dia akhirnya mulai bekerja di peternakan dan memupuk keinginan menjadi pengusaha.

"Dosen merekomendasikan saya ikut kegiatan seminar, dan dari situ saya mulai membangun relasi dengan Ibu Vita Krisnadewi, owner Sinatria Farm," ungkap Ahkam yang selanjutnya bekerja di Sinatria Farm, tepatnya di bidang peternakan dan produksi susu.

Meski harus pulang pergi dari UGM ke Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Ahkam menjalani rutinitas ini dengan tekun, bahkan bekerja di tiga bidang sekaligus.

"Waktu itu saya kerja gak satu bidang, tapi tiga yaitu di peternakan, produksi susu, dan di Toya Gama, yang merupakan upaya penyediaan air minum mandiri bagi civitas akademika di kampus UGM. Ini untuk memenuhi kebutuhan, walaupun agak ribet, karena ibu saya single parent sejak saya masih kecil," ujarnya.

"Saat itu, setelah jam kuliah, lanjut kerja dari jam 5 sore sampai jam 12 malam. Hampir setahun lebih menjalani rutinitas seperti itu," lanjut dia.

Baca Juga: Szetu Mei Sen, Jurnalis Sukabumi di Balik Dukungan Bung Karno terhadap Palestina

Akhirnya, setelah memasuki tahap akhir masa kuliah, Ahkam mengurangi salah satu bidang pekerjaannya yakni dengan berhenti di bidang produksi susu. "Saya resign di salah satu bidang, diteruskan di Toya Gama dan Sinatria Farm, sampai mau lulus kuliah. Di Sinatria Farm, saya ngejar ilmu bidang peternakan, karena mindset (pola pikir) saya, boleh saat itu jadi pekerja, tapi setelah itu saya harus jadi pengusaha di bidang itu," katanya.

Selama di Sinatria Farm, Ahkam menggali ilmu peternakan. Tetapi, dia pun mengembangkan soft skill seperti berinteraksi dengan orang banyak dan membangun relasi. Dengan kondisi kuliah yang tidak terlalu padat, dia berhasil menyeimbangkan waktu kuliah dan pekerjaan.

Setelah lulus, Ahkam memutuskan pulang ke Sukabumi dan mengajak kerja sama investor untuk mendirikan Bodogol Edu Farm. Dengan investasi sekitar Rp 1,5 miliar, Bodogol Edu Farm tak hanya menjadi peternakan domba, namun juga destinasi wisata edukasi yang terbuka untuk masyarakat umum.

"Alasan pertama memilih Sukabumi karena ingin dekat dengan keluarga. Alasan kedua ingin berkontribusi di daerah sendiri di bidang peternakan dan pariwisata," kata dia.

Akham berpesan agar pemuda menyadari peluang dan kekuatan terbesar saat hidup ada di saat muda. "Pemuda harus memanfaatkan masa mudanya untuk hal positif dan produktif," ucapnya.

Saat ini juga, sambung Ahkam, peluang untuk menjadi pengusaha di bidang peternakan sangat luas karena sektor pangan tidak akan pernah mati. "Semoga hadirnya Bodogol Edu Farm di tengah masyarakat bisa meningkatkan minat serta memfasilitasi dan menarik warga untuk terjun di bidang peternakan dan pertanian yang efektif," kata Ahkam.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola07 Mei 2024, 20:30 WIB

Misi Raih Tiket Olimpiade Paris 2024: Shin Tae-yong Berharap Kebugaran Pemain Terjaga

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea. (Sumber : pssi.org).
Sukabumi07 Mei 2024, 20:24 WIB

Perumdam TJM Perbaiki Pipa Bocor akibat Terlilit Akar Pohon di Parungkuda Sukabumi

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Parakansalak melakukan perbaikan pada pipa distribusi utama berukuran 4 inci yang bocor akibat terlilit akar pohon.
Perbaikan pipa milik Perumdam TJM yang bocor akibat terlilit akar pohon mahoni di Parungkuda Sukabumi, Selasa (7/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 20:07 WIB

Tak Diberi Minuman Gratis, 2 Pemuda Mabuk Aniaya Penjual Jamu di Sukaraja Sukabumi

Berikut kronologi dan motif dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu di Sukaraja Sukabumi. Kedua pelaku kini sudah diringkus polisi.
Tempat kejadian perkara dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu yang berada di Sukaraja Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi, Ampuh!

Begini Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. Yuk Praktekkan!
Ilustrasi - Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. (Sumber : Pexels/fauxels)
Sehat07 Mei 2024, 19:45 WIB

Teh Hijau: Manfaatnya untuk Meningkatkan Umur Panjang, Kolesterol dan Mengelola Gula Darah

Antioksidan dalam teh hijau mungkin memberikan manfaat, seperti melindungi kesehatan tulang, otak, dan jantung Anda.
Ilustrasi - Antioksidan dalam teh hijau mungkin memberikan manfaat, seperti melindungi kesehatan tulang, otak, dan jantung Anda. (Sumber : Freepik.com).
Life07 Mei 2024, 19:30 WIB

Bisa Bunda Terapkan,Inilah 5 Alasan Orang Tua Membesarkan Anak Tanpa Hukuman

alasan orang tua membesarkan anak tanpa hukuman, orang tua membesarkan anak tanpa hukuman, membesarkan anak tanpa hukuman.
Ilustrasi membesarkan anak tanpa hukuman (Sumber : pexels.com/@Harrison Haines)
Life07 Mei 2024, 19:15 WIB

Terapkan Yuk Bund, 5 Aktivitas Fisik Untuk Balita Yang Bisa Dilakukan Dirumah

Menjaga balita Anda tetap aktif secara fisik dan terhibur bukanlah hal yang mudah.
Ilustrasi aktivitas fisik balita (Sumber : pexels.com /@Tatiana Syrikova)
Keuangan07 Mei 2024, 19:00 WIB

10 Cara Menghindari Perilaku Konsumtif yang Membuat Hidup Sulit Kaya

Dengan menerapkan strategi-strategi ini, Anda dapat menghindari perilaku konsumtif yang dapat menghambat kemampuan Anda untuk membangun kekayaan dan mencapai tujuan keuangan Anda.
Ilustrasi. Suka belanja. Cara Menghindari Perilaku Konsumtif yang Membuat Hidup Sulit Kaya. (Sumber : Pixabay)
Sehat07 Mei 2024, 18:45 WIB

7 Penyebab Munculnya Ketombe di Kepala yang Jarang Diketahui

Ketombe adalah kondisi umum pada kulit kepala yang ditandai oleh pengelupasan kulit yang berlebihan.
ilustrasi ketombe di kepala (Sumber : pixabay.com /@mythjj1)
Life07 Mei 2024, 18:30 WIB

Menebak Kepribadian Seseorang Berdasarkan Bentuk Kuku, Kamu Coba yang Mana?

Tes kepribadian bisa dilihat dari bentuk kuku seseorang.
Ilustrasi - Tes kepribadian bisa dilihat dari bentuk kuku seseorang. (Sumber : Jagranjosh.com).