Nuur Muhammad Ahkam, Lulusan UGM Asal Sukabumi yang Kini Bangun Bisnis Edu Farm

Rabu 11 Oktober 2023, 14:24 WIB
Nuur Muhammad Ahkam (25 tahun), pemuda asal Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, lulusan UGM, sukses membangun peternakan domba berkonsep wisata edukasi bernama Bodogol Edu Farm. | Foto: SU/Ibnu Sanubari

Nuur Muhammad Ahkam (25 tahun), pemuda asal Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, lulusan UGM, sukses membangun peternakan domba berkonsep wisata edukasi bernama Bodogol Edu Farm. | Foto: SU/Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Pemuda asal Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Nuur Muhammad Ahkam (25 tahun), sukses membangun peternakan domba berkonsep wisata edukasi bernama Bodogol Edu Farm. Peternakan seluas 2,5 hektare ini berlokasi di Kampung Kuta RT 09/03 Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Berlatar belakang D3 Kepariwisataan Universitas Gadjah Mada (UGM), Ahkam menceritakan perjalanannya membangun Bodogol Edu Farm. "Saya kuliah pariwisata di UGM. Lulus 2021, langsung cari lahan dan bangun relasi dengan perangkat desa hingga berhasil membangun peternakan," katanya kepada sukabumiupdate.com, Selasa, 10 Oktober 2023.

Ahkam yang berasal dari keluarga kurang mampu, meraih beasiswa penuh selama berkuliah di UGM. Dia kemudian menyadari bahwa kuliah di UGM tidak menjamin pekerjaan yang memuaskan. Sejak awal kuliah, Ahkam mencari peluang di luar program studinya. Dia akhirnya mulai bekerja di peternakan dan memupuk keinginan menjadi pengusaha.

"Dosen merekomendasikan saya ikut kegiatan seminar, dan dari situ saya mulai membangun relasi dengan Ibu Vita Krisnadewi, owner Sinatria Farm," ungkap Ahkam yang selanjutnya bekerja di Sinatria Farm, tepatnya di bidang peternakan dan produksi susu.

Meski harus pulang pergi dari UGM ke Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Ahkam menjalani rutinitas ini dengan tekun, bahkan bekerja di tiga bidang sekaligus.

"Waktu itu saya kerja gak satu bidang, tapi tiga yaitu di peternakan, produksi susu, dan di Toya Gama, yang merupakan upaya penyediaan air minum mandiri bagi civitas akademika di kampus UGM. Ini untuk memenuhi kebutuhan, walaupun agak ribet, karena ibu saya single parent sejak saya masih kecil," ujarnya.

"Saat itu, setelah jam kuliah, lanjut kerja dari jam 5 sore sampai jam 12 malam. Hampir setahun lebih menjalani rutinitas seperti itu," lanjut dia.

Baca Juga: Szetu Mei Sen, Jurnalis Sukabumi di Balik Dukungan Bung Karno terhadap Palestina

Akhirnya, setelah memasuki tahap akhir masa kuliah, Ahkam mengurangi salah satu bidang pekerjaannya yakni dengan berhenti di bidang produksi susu. "Saya resign di salah satu bidang, diteruskan di Toya Gama dan Sinatria Farm, sampai mau lulus kuliah. Di Sinatria Farm, saya ngejar ilmu bidang peternakan, karena mindset (pola pikir) saya, boleh saat itu jadi pekerja, tapi setelah itu saya harus jadi pengusaha di bidang itu," katanya.

Selama di Sinatria Farm, Ahkam menggali ilmu peternakan. Tetapi, dia pun mengembangkan soft skill seperti berinteraksi dengan orang banyak dan membangun relasi. Dengan kondisi kuliah yang tidak terlalu padat, dia berhasil menyeimbangkan waktu kuliah dan pekerjaan.

Setelah lulus, Ahkam memutuskan pulang ke Sukabumi dan mengajak kerja sama investor untuk mendirikan Bodogol Edu Farm. Dengan investasi sekitar Rp 1,5 miliar, Bodogol Edu Farm tak hanya menjadi peternakan domba, namun juga destinasi wisata edukasi yang terbuka untuk masyarakat umum.

"Alasan pertama memilih Sukabumi karena ingin dekat dengan keluarga. Alasan kedua ingin berkontribusi di daerah sendiri di bidang peternakan dan pariwisata," kata dia.

Akham berpesan agar pemuda menyadari peluang dan kekuatan terbesar saat hidup ada di saat muda. "Pemuda harus memanfaatkan masa mudanya untuk hal positif dan produktif," ucapnya.

Saat ini juga, sambung Ahkam, peluang untuk menjadi pengusaha di bidang peternakan sangat luas karena sektor pangan tidak akan pernah mati. "Semoga hadirnya Bodogol Edu Farm di tengah masyarakat bisa meningkatkan minat serta memfasilitasi dan menarik warga untuk terjun di bidang peternakan dan pertanian yang efektif," kata Ahkam.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola22 Juli 2024, 19:00 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Borneo FC: Kedua Tim Incar 3 Poin!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Istimewa).
Kecantikan22 Juli 2024, 18:30 WIB

Kenapa Sunscreen Harus Dipakai Meski di Dalam Ruangan? Ini 5 Alasannya!

Sinar UVA dapat menembus kaca jendela dan menyebabkan kerusakan kulit seperti penuaan dini dan risiko kanker kulit. Sunscreen membantu melindungi kulit dari paparan tersebut ketika di dalam ruangan.
Ilustrasi. Menjadikan sunscreen sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit harian membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan meskipun tidak beraktivitas di luar. (Sumber : Pexels/KarolinaKaboompics)
Sukabumi22 Juli 2024, 18:20 WIB

Asep Japar Bicara Pemeliharaan Budaya Sukabumi Di Acara Seren Taun Kasepuhan Girijaya

Bakal Calon Bupati Sukabumi, Asep Japar, menghadiri acara Seren Taun Kasepuhan/Padepokan Girijaya di Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, pada Senin (22/7/2024).
Bakal Calon Bupati Sukabumi, Asep Japar, menghadiri acara Seren Taun Kasepuhan/Padepokan Girijaya di Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, pada Senin (22/7/2024) | Foto : Ist
DPRD Kab. Sukabumi22 Juli 2024, 18:06 WIB

Pemkab dan DPRD Sukabumi Sepakati RPJPD 2025-2045

Pemkab Sukabumi dan DPRD sepakati RPJPD 2025-2045 di Rapat Paripurna.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan pimpinan DPRD sepakati RPJPD 2025-2045. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Life22 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Wajah Mulus Bercahaya dan Memancarkan Aura Positif

Mengiringi perawatan wajah dengan doa-doa ini tidak hanya memberikan ketenangan batin tetapi juga memperkuat keyakinan bahwa kecantikan sejati datang dari dalam hati dan akhlak yang baik.
Mengiringi perawatan wajah dengan doa-doa ini tidak hanya memberikan ketenangan batin tetapi juga memperkuat keyakinan bahwa kecantikan sejati datang dari dalam hati dan akhlak yang baik.  | Foto : Pixabay
Sukabumi22 Juli 2024, 17:52 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Beri Layanan dan Edukasi Ke Warga di Pasar Ramayana Sukabumi

BPJS Ketenagakerjaan Kota Sukabumi memberikan pelayanan secara langsung kepada masyarakat di Toserba Ramayana, Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. Selasa 16 Juli 2024.
Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi, Oki Widya Gandha | Foto : Ist
Life22 Juli 2024, 17:30 WIB

8 Tanda Kamu Mudah Dirindukan Orang Lain Karena Kepribadian yang Dimiliki

Kepribadian yang mudah dirindukan mencerminkan kualitas interpersonal yang kuat dan keterampilan emosional yang tinggi.
Ilustrasi - Kepribadian yang mudah dirindukan mencerminkan kualitas interpersonal yang kuat dan keterampilan emosional yang tinggi. (Sumber : Pexels.com/@Karolina Kaboompics).
Sukabumi22 Juli 2024, 17:24 WIB

Kaca Mobil Pecah Rp490 Juta Raib, Maling Gondol Uang Setoran SPBU di Sukabumi

Uang setoran senilai Rp 490 juta hasil penjualan bahan bakar minyak (BBM) Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34.43103 Cibolang, Kabupaten Sukabumi raib digondol maling perampokan modus pecah kaca mobil.u
Inafis serta petugas Kepolisian Polres Sukabumi Kota saat melakukan olah TKP di Pool Damri, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Senin (22/7/2024) | Foto : Asep Awaludin
Musik22 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Steal My Girl One Direction yang Viral di TikTok

Salah satu penggalan Lirik Lagu Steal My Girl One Direction yang viral di TikTok adalah "Everybody wanna steal my girl. Everybody wanna take her heart away", sehingga banyak dicari warganet.
Official Video Lagu Steal My Girl One Direction. Foto: YouTube/OneDirection
Sukabumi22 Juli 2024, 16:51 WIB

Curug Puncak Manik Terbengkalai, Pemdes Cibenda Sukabumi Bicara Pelepasan Lahan

Curug Puncak Manik, sebuah air terjun eksotis yang dikenal sebagai objek wisata fenomenal, kini menghadapi tantangan serius
Curug Puncak Manik, Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang