CPNS 2023 Akan Dibuka, Ini Formasi Lulusan SMA Tanpa Syarat Tinggai Badan

Kamis 23 Februari 2023, 11:00 WIB
CPNS 2023 Akan Dibuka, Ini Formasi Lulusan SMA Tanpa Syarat Tinggai Badan (Sumber : Dok. Kemenkumham)

CPNS 2023 Akan Dibuka, Ini Formasi Lulusan SMA Tanpa Syarat Tinggai Badan (Sumber : Dok. Kemenkumham)

SUKABUMIUPDATE.com - CPNS 2023 sudah dipastikan akan dibuka, bahkan Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian PANRB, Alex Denni pada akhir Januari lalu mengatakan jika formasi lengkap akan diumumkan pada bulan April mendatang.

"Sudah ada kalender. Target kita April sudah ada mulai penetapan formasi (CPNS 2023). Jadi target kita lebih awal dari tahun lalu. Tahun lalu kan baru Oktober Q3, sekarang Q2 masuk formasi sudah ditetapkan, dan Q3 baru kita sudah mulai eksekusi,” terang Alex seperti mengutip dari infocpns.id.

Selain itu pada akhir Desember 2022 lalu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan jika pemerintah memutuskan akan membuka rekrutmen CPNS dan PPPK 2023.

Baca Juga: Siapkan Dokumennya! Simak Syarat CPNS 2023 untuk Lulusan SMA dan S1

"Pemerintah sudah memutuskan untuk melakukan rekrutmen CPNS dan PPPK pada tahun 2023," ungkapnya, seperti dikutip dari laman MenPANRB Jumat, 20 Desember 2022.

Pada rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil kali ini, para lulusan SMA diprediksi akan kembali mendapatkan peluang yang sama di rekrutmen CPNS 2023 mendatang.

Ada banyak peluang menjadi ASN bagi lulusan SMA, salah satunya melalui sekolah kedinasan yang dibuka pemerintah.

Baca Juga: Formasi Lengkap CPNS 2023 Diumumkan Bulan April, Jangan Sampai Ketinggalan!

Namun, melansir dari Suara.com, seringkali formasi CPNS 2023 lulusan SMA mengharuskan pelamarnya memenuhi syarat tinggi badan tertentu. Hal ini seringkali menjadi kendala bagi para lulusan SMA.

Bagi Anda lulusan SMA yang memiliki tinggi badan tidak sesuai syarat tinggi badan masuk sekolah kedinasan, Anda tak perlu berkecil hati. 

Ada beberapa formasi CPNS 2023 lulusan SMA tanpa syarat tinggi badan yang diprediksi akan dibuka pada rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil mendatang.

Baca Juga: Rekrutmen CPNS 2023 Bakal Dibuka! Ini 10 Jurusan yang Berpeluang Besar Diterima

Formasi CPNS 2023 Lulusan SMA Tanpa Tinggi Badan

1. Badan SAR Nasional (Basarnas)

Bagi lulusan SMA yang berminat bergabung dengan Badan SAR Nasional, biasanya instansi ini membuka formasi CPNS 2023 untuk mengisi sebagai Rescuer atau penyelamat.

Persyaratan utama yang dibutuhkan untuk mengisi formasi ini adalah sertifikat selam atau sertifikat renang atau sertifikat pelatihan SAR.

Baca Juga: Seleksi Penerimaan CPNS 2023 Lulusan S1, Lengkapi Dokumen Persyaratannya

2. Kementerian Pertahanan (Kemenhan)

Kementerian Pertahanan biasanya juga membuka formasi CPNS lulusan SMA. Seperti pada CPNS 2021 lalu, formasi Unit Organisasi terbuka untuk dilamar oleh lulusan SMA.

Ada 1.456 formasi yang dibuka untuk mengisi Unit Organisasi Kementerian Pertahanan, Mabes TNI, TNI AD, TNI AU hingga TNI AL.

Baca Juga: CPNS 2023 Segera Dibuka, Simak 5 Situs dan Aplikasi Latihan CAT CPNS Gratis

3. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)

Kementerian Hukum dan HAM yang berada di bawah naungan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menjadi salah satu instansi pemerintah yang langganan membuka formasi CPNS lulusan SMA.

Ada dua formasi CPNS yang biasanya diperuntukkan bagi lulusan SMA atau sederajat, yakni penjaga tahanan dan pemeriksa keimigrasian.

Baca Juga: Soal dan Pembahasan Tes Seleksi CPNS Persamaan Kata, Yuk Latihan!

4. Kejaksaan

Selain Kementerian Hukum dan HAM, Kejaksaan juga sering membuka peluang bagi lulusan SMA untuk mengisi formasi CPNS di Kejaksaan.

Merujuk pada formasi CPNS 2022 lalu, lulusan SMA akan diproyeksikan untuk mengisi posisi sebagai pengawal tahanan dan pengadministrasi penanganan perkara.

Syarat khusus yang dibutuhkan untuk kedua formasi tersebut adalah memiliki SIM A dan SIM C, sertifikat komputer dan sertifikat beladiri diutamakan.

Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan SKD CPNS Terbaru, Yuk Latihan!

5. Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang mengepalai Kementerian Perhubungan juga kerap membuka formasi CPNS lulusan SMA tanpa syarat tinggi badan. Pelamar hanya perlu mempersiapkan sertifikat bahasa Inggris atau komputer untuk nilai tambah.

Beberapa formasi CPNS yang selalu dibuka hampir di tiap tahun antara lain aviation security, Petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran, teknisi sarana dan prasarana, serta teknisi peralatan listrik dan elektronika.

itulah beberapa formasi CPNS lulusan SMA tanpa syarat tinggi badan yang biasanya dibuka. Tunggu informasi terkini terkait daftar formasi CPNS 2023 selengkapnya.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi25 Mei 2024, 22:27 WIB

Hujan Deras Landa Sukabumi Utara, Picu Longsor dan Rumah Roboh di Parakansalak

Sejumlah akses jalan mengalami longsor dan rumah rusak, akibat hujan deras, melanda Kabupaten Sukabumi bagian utara
Jalan longsor dan rumah roboh dipicu hujan deras yang melanda Sukabumi bagian utara | Foto : P2BK
Internasional25 Mei 2024, 22:17 WIB

SBMI: 7 Warga Sukabumi Meninggal di Luar Negeri Sepanjang 2024

Sebanyak tujuh pekerja migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang meninggal di negara tempatnya bekerja, sepanjang 2024.
Logo Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) | Foto : Ist
Entertainment25 Mei 2024, 22:00 WIB

Jadi Teteh Sunda, Kim Go Eun Terlihat Sedang Syuting Iklan di Garut

Aktris asal korea selatan yaitu Kim Go Eun terlihat sedang syuting untuk iklan di Garut, Jawa Barat. Kabar tersebut langsung ramai dibicarakan oleh warganet di berbagai media sosial
Potret Kim Go Eun yang sedang syuting untuk iklan di Sunda Hejo Coffee, Garut, Jawa Barat (Sumber : X @/infodrakor_id)
Sukabumi25 Mei 2024, 21:40 WIB

Tebing Longsor Timpa Rumah Warga di Kabandungan Sukabumi

Bencana longsor terjadi di Kampung Cileungsir RT 3/4, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, pada Jumat, 24 Mei 2024 pukul 22.00 WIB
P2BK Kabandungan saat mengevakuasi longsor di Kampung Cileungsir RT 3/4, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (25/5/2024) | Foto : Dok.P2BK
Film25 Mei 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Drama Korea Lovely Runner, Kisah Menarik Im Sol dan Ryu Sun Jae

Drama korea Lovely Runner saat ini sedang ramai dibicarakan karena peran Im Sol dan Ryu Sunjae yang selalu bikin baper setiap kali tayang. Keduanya punya chemistry menarik sehingga terus dibicarakan
Sinopsis drama korea Lovely Runner yang membuat penonton baper karena chemstiry romantis Ryu Sunjae dan Im Sol (Sumber : Instagram @/tvn_drama)
Sukabumi25 Mei 2024, 20:47 WIB

Job Fair dan PPDB SMK Cimahi Cicantayan Sukabumi, Salurkan Lulusan Kerja di Luar Negeri

Job Fair diinisasi SMK Cimahi Cicantayan bersama Lembaga Pendidikan Ketrampilan (LPK) Grand Wisata Cirebon, tidak hanya bertujuan merekrut tenaga kerja, sekaligus juga untuk menarik minat peserta didik batu
SMK Cimahi Cicantayan menggelar job fair sekaligus PPDB 2024 | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat25 Mei 2024, 20:00 WIB

12 Trik Agar Tekanan Darah Tinggi Turun Secara Instan, Bebas Serangan Hipertensi

Ternyata ada beberapa cara untuk bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara instan. Meski begitu semua cara ini harus dilakukan secara rutin dan baik yaitu cobalah mengubah pola makan dan gaya hidup
Lakukan beberapa trik ini agar tekanan darah tinggi bisa turun secara instan (Sumber : Unsplash.com/Thirdman)
Sukabumi Memilih25 Mei 2024, 19:56 WIB

Ini Kata PPP Kota Sukabumi Soal Kabar Utak Atik Caleg Terpilih

Baru-baru ini, tersiar kabar DPC PPP Kota Sukabumi melakukan utak atik dengan akan memberhentian terhadap salah seorang caleg terpilih hasil Pemilu 2024.
Ketua DPC PPP Kota Sukabumi, Ima Slamet | Foto : Ist
Sehat25 Mei 2024, 19:30 WIB

Atasi Diabetes Tanpa Obat! Lakukan 7 Tips Ini Agar Gula Darah Terkontrol

Diabetes adalah suatu kondisi kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Meskipun pengobatan dapat mengatasi dalam mengelola diabetes, namun perubahan gaya hidup yang alami dan sehat dapat menjadi solusi efektif
Ada beberapa tips agar bisa mengatasi diabetes tanpa obat-obatan dan perlu dilakukan secara rutin (Sumber : Unsplash.com/Artem Podrez)
Musik25 Mei 2024, 19:00 WIB

Daftar Lagu Grup Band CN BLUE Yang Akan Konser di Indonesia Hari Ini

Grup band asal Korea Selatan yaitu CN BLUE akan menggelar konser di Indonesia pada Sabtu, 25 Mei 2024, di ICE BSD CITY HALL 1 dan siap memberikan penampilan terbaik dengan membawakan lagu-lagu andalan milik mereka
Grup Band Korea Selatan CN BLUE akan konser di Indonesia Hari ini di ICE BSD HALL (Sumber : Instagram @/cnblue.official)