Rekrutmen CPNS 2023 Bakal Dibuka! Ini 10 Jurusan yang Berpeluang Besar Diterima

Selasa 21 Februari 2023, 18:30 WIB
Ilustrasi. Ada sepuluh jurusan yang rencananya dibuka dalam CPNS 2023 dan bisa menjadi pilihanuntuk kamu ketika akan mendaftar | Foto: dok.menpan

Ilustrasi. Ada sepuluh jurusan yang rencananya dibuka dalam CPNS 2023 dan bisa menjadi pilihanuntuk kamu ketika akan mendaftar | Foto: dok.menpan

SUKABUMIUPDATE.com - Kabar soal Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 ramai diperbincangkan terutama di kalangan Fresh Graduate.

Di tahun-tahun sebelumnya, CPNS ini biasanya akan dibuka untuk Fresh Graduate S1 dan tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Dari kabar yang beredar Seleksi Penerimaan CPNS 2023 ini akan dibuka pada bulan Juni 2023 mendatang.

Namun, hal ini berbeda dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Biro Data, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemenpan RB Mohammad Averrouce.

Baca Juga: Seleksi Penerimaan CPNS 2023 Lulusan S1, Lengkapi Dokumen Persyaratannya

Dirinya mengatakan bahwa rencana Seleksi CPNS pada 2023 saat ini belum dapat diputuskan karena masih dalam proses pendataan dan pengusulan. Pendapat tersebut juga sejalan dengan Asisten Deputi Perancangan Jabatan, Perencanaan, dan Pengadaan SDM Aparatur (Kemenpan-RB), Aba Subagja.

Aba Subagja, sebelumnya pernah menyebut seleksi pendaftaran CPNS untuk S1 dan Lulusan SMA memang belum dapat diinformasikan. Maka dari itu, keputusan resmi Seleksi Penerimaan CPNS 2023 saat ini belum dikeluarkan oleh Pemerintah.

Dilansir dari Akurat.co yang merujuk berbagai sumber, Senin (23/1/2023), terdapat 10 jurusan yang memiliki peluang besar untuk menjadi CPNS 2023.

Baca Juga: CPNS 2023 Segera Dibuka, Simak 5 Situs dan Aplikasi Latihan CAT CPNS Gratis

1. Jurusan Politik dan Pemerintah

Pada jurusan ini, kamu akan menjadi peneliti di sektor pemerintah maupun swasta. Dengan mengambil jurusan Politik dan Pemerintah, kamu memiliki peluang yang cukup besar dapat lulus seleksi CPNS 2023 dan berkarir sebagai abdi negara.

2. Jurusan Pendidikan

Jurusan Pendidikan sudah pasti menjurus untuk menjadi seorang guru. Salah satu profesi yang paling dibutuhkan di Indonesia. Dengan memilih jurusan Pendidikan, kamu memiliki peluang untuk menjadi PNS sebagai guru.

Program studi yang bisa kamu pilih yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Jasmani, Pendidikan guru PAUD, dan sebagainya.

Lewat PPPK dan CPNS, diharapkan dapat mengatasi permasalah tenaga guru dan dosen belum maksimal. Oleh karena itu, pada CPNS 2023 dibutuhkan banyak dari jurusan pendidikan.

Baca Juga: Soal dan Pembahasan Tes Seleksi CPNS Persamaan Kata, Yuk Latihan!

3. Jurusan Kesehatan

Kebutuhan tenaga kerja bagian kesehatan sangat besar, khususnya di formasi CPNS. Sehingga peluang dapat lulus seleksi menjadi PNS juga besar. Salah satu contoh peluang besar menjadi pegawai pemerintah, yaitu menjadi Administrasi Kesehatan.

4. Jurusan Hukum

Jurusan hukum dibutuhkan banyak dalam pemerintahan sebagai tenaga ahli di sektor hukum, seperti formasi di Kejaksaan Agung, Mahkamah Agung, dan Kemenkumham.

5. Jurusan Manajemen

Dalam seleksi CPNS 2023, jurusan manajemen memiliki peluang besar untuk menjadi PNS di sektor pemerintah sebagai perencanaan dan penata kanselerai, analisis kelembagaan, dan lain-lain. Jurusan manajemen dibutuhkan banyak oleh Kementerian Luar Negeri.

Baca Juga: 10 Latihan Soal CPNS Terbaru Materi TWK, TIU dan TKP Lengkap

6. Jurusan Teknologi Informasi

Jurusan teknologi informasi dibutuhkan banyak pada sektor pemerintahan. Sehingga, kamu memiliki peluang besar karena aktivitas manusia akan semakin banyak dilakukan secara digital.

7. Jurusan Bahasa Inggris

Peluang dengan jurusan bahasa inggris akan dibutuhkan pada instansi pemerintah. Mulai dari kementrian, dinas, pemerintah pusat, dan sebagainya. Jurusan bahasa inggris juga memiliki prospek kerja yang bagus sebagai penerjemah, pengajar, humas, atau bidang yang lainnya.

Baca Juga: Tes Karakteristik Pribadi Seleksi CPNS, 10 Latihan Soal HOTS TKP Terbaru

8. Jurusan Teknik

Dalam mengisi posisi di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) akan membutuhkan Penyusun Responden Insiden Keamanan, sehingga jurusan teknik akan sangat dibutuhkan. Program studi yang dapat dipilih, yaitu teknik perkapalan, teknik elektro, teknik sipil, dan teknik mesin.

9. Jurusan Ekonomi Pembangunan

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari persoalan pembangunan yang akan terjadi di negara berkembang. Jurusan ekonomi pembangunan akan dibutuhkan untuk mengisi posisi Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi.

Baca Juga: Tes Intelegensia Umum Seleksi CPNS, 10 Latihan Soal HOTS TIU Terbaru

10. Jurusan Psikologi

Jurusan yang berpeluang lulus CPNS 2023 selanjutnya adalah jurusan psikologi. Jurusan ini memiliki peluang kerja di pemerintahan sebagai Asesor Sumber Daya Manusia, Aparatur, dan sebagai analisis Pengembangan Kompetensi.

Itu dia top 10 jurusan yang memiliki kesempatan atau peluang besar untuk lulus CPNS 2023 yang akan dibuka. Kamu bisa memilih dari jurusan di atas yang memiliki peluang bagus untuk membuat kamu lulus sebagai CPNS 2023.

Sumber: Akurat.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel25 Februari 2024, 19:00 WIB

Tempat Melepas Stres 5 Danau di Sukabumi Untuk Papajar Jelang Ramadan

Berikut ini beberapa danau di Sukabumi yang cocok dijadikan tempat papajar menjelang datangnya bulan Ramadan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa danau di Sukabumi yang cocok dijadikan tempat papajar menjelang datangnya bulan Ramadan | Foto: SU/Oksa Bachtiar Camsyah
Life25 Februari 2024, 18:00 WIB

Sholawat Al Qolbu Mutayyam, Bacaan dan Terjemahannya

Berikut ini bacaan Sholawat Al Qolbu Mutayyam yang menunjukan rasa cinta dan rindu kepada Nabi Muhammad SAW
Ilustrasi - Sholawat Al Qolbu Mutayyam, Bacaan dan Terjemahannya | Foto: bandung.go.id
Sukabumi Memilih25 Februari 2024, 17:51 WIB

Kian Tak Terbendung ke Senayan, Iman Adinugraha Sudah Raup Hampir 70 Ribu Suara

Caleg DPR RI dari Partai Demokrat Iman Adinugraha tak terbendung dan semakin dekat untuk lolos ke Senayan dari Dapil Sukabumi.
Ketua DPC Demokrat Kabupaten Sukabumi Iman Adinugraha saat menerima kunjungan Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY di Cicurug. (Sumber : SU/Ibnu)
Jawa Barat25 Februari 2024, 17:05 WIB

Resmi Dilantik, DPC IKA Undip Bogor Siap Kolaborasi Bangun Daerah

Berikut daftar nama Pengurus DPC IKA UNDIP Bogor 2024-2029 yang baru dilantik Minggu (25/2/2024).
Pengurus DPC Bogor IKA Undip 2024-2029 bersama Wali Kota Bogor Bima Arya, Ketua Umum IKA Undip Abdul Kadir Karding, dan Ketua DPD IKA Undip Jabar Eko Prasetyo Utomo. (Sumber : Istimewa)
Sehat25 Februari 2024, 17:00 WIB

4 Jenis Gangguan Kepribadian dan Ciri Orang yang Mengalaminya

Berikut ini beberapa jenis gangguan kepribadian dan ciri-ciri orang yang mengalaminya
Ilustrasi - 4 Jenis Gangguan Kepribadian dan Ciri Orang yang Mengalaminya (Sumber : unsplash.com/@Pooja Roy)
Sukabumi25 Februari 2024, 16:41 WIB

Mayat Pria Ditemukan di Pantai Cibuaya Sukabumi, Diduga Korban Tenggelam

Mayat pria yang ditemukan tergeletak di pesisir Pantai Cibuaya Sukabumi itu menurut warga merupakan ODGJ.
Proses evakuasi mayat pria diduga ODGJ di Pantai Cibuaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Gadget25 Februari 2024, 16:00 WIB

Xiaomi 14 Hingga Meizu 21 Pro, 4 HP Baru Siap Ramaikan Pasar

Inilah deretan HP baru yang akan meramaikan pasar gadget minggu ini
Xiaomi 14 Hingga Meizu 21 Pro, 4 HP Baru Siap Ramaikan Pasar (Sumber : Istimewa)
Sukabumi25 Februari 2024, 15:11 WIB

Potret Adu Ketangkasan Domba Garut di Pajampangan Sukabumi

Ratusan ekor domba garut milik puluhan peternak di wilayah Pajampangan Sukabumi ikuti adu kontes ketangkasan.
Ratusan ekor domba garut milik puluhan peternak di wilayah Pajampangan Sukabumi ikuti adu kontes ketangkasan di lapang Puskeswan Surade, Minggu (25/2/2024). (Sumber : Istimewa)
Food & Travel25 Februari 2024, 15:00 WIB

4 Daya Tarik Telaga Remis Pasawahan Bisa Camping dan Mancing

Inilah daya tarik Telaga Remis Kuningan yang cocok dijadikan lokasi berlibur saat menikmati momen liburan akhir pekan
Inilah daya tarik Telaga Remis Kuningan yang cocok dijadikan lokasi berlibur saat menikmati momen liburan akhir pekan (Sumber : Istimewa)
Inspirasi25 Februari 2024, 14:25 WIB

Universitas Nusa Putra Raih Penghargaan Gold Winner dari LLDIKTI IV

Miliki Program Studi Terakreditasi Internasional Terbanyak se-Jawa Barat dan Banten, Universitas Nusa Putra diganjar Gold Winner dari LLDIKTI IV.
Piagam penghargaan Gold Winner untuk Universitas Nusa Putra dari LLDIKTI IV. (Sumber : Istimewa)