bankbjb

3 Keutamaan Salat Tarawih, Jangan Sampai Tak Mengerjakannya di Bulan Ramadan!

Sabtu 2 Apr 2022, 00:00 WIB
3 Keutamaan Salat Tarawih, Jangan Sampai Tak Mengerjakannya di Bulan Ramadan!

SUKABUMIUPDATE.com - Salat Tarawih merupakan salat sunnah yang dilakukan pada malam hari di bulan Ramadan. Pelaksanaan salat Tarawih juga biasanya ditutup dengan salat Witir dengan jumlah rakaat ganjil. 

Mengutip dari suara.com, terdapat keutamaan tersendiri dalam melaksanakan salat Tarawih di bulan Ramadan. Lantas, apa saja keutamaan salat Tarawih di bulan Ramadan?

Di bulan Ramadan, setiap amalan yang kita lakukan akan mendapatkan pahala berkali-kali lipat dibanding dengan bulan-bulan lainnya. 

photo(Ilustrasi) Pelaksanaan Salat Tarawih berjamaah di masjid. - (IST)</span

Karena salat Tarawih selalu dilakukan di bulan Ramadan, maka amalan ini tentu saja memiliki keutamaan yang sangat besar, berikut adalah beberapa keutamaan salat Tarawih:

1. Allah SWT akan mengampuni dosa kita

Salah satu hadis menjelaskan bahwa pada bulan Ramadan kewajiban seorang muslim adalah melakukan puasa pada siang hari dan pada malam harinya melakukan salat Tarawih.

Barangsiapa yang melakukan ibadah Tarawih, maka ia akan bebas dari dosa-dosa yang pernah ia lakukan, baik itu dosa kecil maupun dosa besar. Ada pun hadis yang menyebutkan keutamaan salat Tarawih adalah diampuni dosanya sebagai berikut:

"Barangsiapa melakukan qiyam Ramadan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni", (HR Bukhari dan Muslim).

2. Pahalanya setara dengan melaksanakan salat Qiyamul Lail semalaman

Tarawih jika dilakukan secara berjamaah maka pahala yang didapatkan akan sama seperti melaksanakan salat Qiyamul Lail yang lain seperti salat Tahajud selama satu malam penuh.

Keutamaan salat Tarawih yang satu ini disebutkan juga di dalam hadis Rasulullah SAW yang berbunyi sebagai berikut:


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini