3 Tips Menemukan Pekerjaan yang Disukai

Minggu 23 Januari 2022, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Apakah Anda sedang mencari pekerjaan baru karena merasa tempat kerja Anda tidak mendukung kebutuhan Anda, ingin beralih bidang, atau hanya mencari posisi terkait di perusahaan lain. Memulai pencarian kerja bisa menjadi hal yang menakutkan. Perubahan karier yang dibuat penting dengan niat dan kesadaran diri karena menghabiskan sebagian besar hidup untuk bekerja.

Tapi, mengetahui bagaimana menemukan pekerjaan yang Anda cintai bisa terasa mustahil. Selain itu, mampu mengidentifikasi bahwa peluang potensial adalah salah satu yang sejalan dengan tujuan dan minat Anda tidak tentu sangat sederhana, karena Anda akan kesulitan menemukan pekerjaan yang Anda sukai semua komponen dan tanggung jawabnya.

Untuk mengetahui secara spesifik bagaimana menemukan pekerjaan yang Anda sukai, konsultan perekrutan Bert E. Miller membagikan tiga tips di bawah ini untuk membantu Anda mengoptimalkan masa depan profesional Anda saat Anda sedang mencari pekerjaan.

3 tips untuk menemukan pekerjaan yang Anda sukai

1. Ambil Inventaris Diri

Mengambil inventaris diri berarti mengevaluasi komitmen Anda terhadap tujuan pribadi, profesional, dan keuangan—dan latihan ini dapat membantu Anda mengidentifikasi apa yang Anda inginkan dari peran masa depan yang tidak Anda dapatkan dari peran saat ini. Miller menyarankan untuk menulis profil pekerjaan yang ideal untuk diri Anda sendiri sebagai bagian dari inventaris diri Anda untuk membantu Anda mendapatkan kejelasan tentang apa yang Anda cari dalam peluang kerja.

"Jelas dan transparan dengan apa yang Anda inginkan. Profil pekerjaan harus merinci posisi sambil juga menyoroti misi perusahaan dan mengapa Anda paling cocok untuk posisi dan perusahaan tersebut," kata Miller. "Harus ada keseimbangan antara memahami peran dan belajar tentang perusahaan. Profil pekerjaan Anda harus menunjukkan siapa Anda nantinya."

Dalam inventaris Anda, sertakan jabatan, di mana posisi itu berada, apakah itu penuh waktu atau paruh waktu, berapa kisaran gajinya, ringkasan tunjangan, fakta tentang perusahaan (khususnya nilai dan tujuannya), dan peran serta tanggung jawabnya.

photoIlustrasi. - (via shoutmeloud.com)

2. Perbarui Profil Digital

“Pastikan Anda memiliki foto profesional—bukan yang sedang duduk di dalam mobil, di gym, atau selfie,” kata Miller. “Selanjutnya, saat membangun profil digital Anda, pastikan 'misi' Anda jelas di bawah bagian deskripsi. Hal yang sama berlaku dengan deskripsi di profil Anda. Buat judul dan frasa yang ringkas, to the point, dan dapat ditelusuri.”

Miller menambahkan bahwa fokus di sini harus bersandar pada bagaimana peran tertentu selaras dengan profil pekerjaan yang Anda buat pada langkah pertama. “Penting untuk menunjukkan bagaimana Anda menggunakan keterampilan yang telah Anda peroleh di pekerjaan sebelumnya dan memanfaatkannya untuk maju. Menempatkan itu ke dalam tulisan dan melakukan percakapan tentang bagaimana keterampilan itu akan ... membuat perekrut melihat bagaimana Anda dapat membantu tujuan perusahaan," tambah Miller.

3. Jadilah Pembelajar

Menjadi pembelajar seumur hidup adalah keterampilan hebat yang diterjemahkan langsung ke tempat kerja. Saat Anda mempelajari tentang perusahaan tempat Anda ingin bekerja, Miller mengatakan bahwa penting untuk mengetahui ke mana tujuan perusahaan tersebut. "Sangat penting untuk membenamkan diri Anda dalam berita mereka," kata Miller. "Para pemimpin perusahaan menyukai orang-orang yang termotivasi secara intrinsik yang haus akan pembelajaran berkelanjutan dalam keahlian mereka."

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan, lihat situs web mereka, cari berita tentang mereka secara online dan dalam publikasi perdagangan, dan di LinkedIn. “Menggunakan LinkedIn, mencari koneksi di sana, dan mengikuti apa yang dilakukan karyawan saat ini juga dapat membantu,” kata Miller. “Anda juga bisa tampil menonjol dengan memposting di media sosial Anda sendiri, membagikan postingan yang [informatif], mendidik, dan menginspirasi orang lain.”

SUMBER: TEMPO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Food & Travel05 Mei 2024, 07:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Jawer Kotok untuk Mengobati Diabetes, 7 Langkah Simpel!

Daun Jawer Kotok memiliki aroma yang khas dan rasa yang sedikit pahit namun bisa diolah sebagai air rebusan untuk mengobati diabetes secara alami.
Ilustrasi. Daun Jawer Kotok, Bahan Air Rebusan untuk Mengobati Diabetes Secara Alami. Foto: Instagram/@gerbanghijau
Science05 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 5 Mei 2024, Langit Pagi Cerah Berawan untuk Sukabumi

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 5 Mei 2024.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 5 Mei 2024. (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi04 Mei 2024, 23:13 WIB

Mau Diperbaiki? Jembatan Reyot Penghubung Waluran-Surade Sukabumi Ditinjau Staf Kemenlu

Jembatan gantung yang berada di aliran Sungai Cikarang, Kampung Cukangbayur, Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, kondisinya sudah lapuk.
Pemdes Caringinnunggal Kecamatan Waluran. Staf Kemenlu, Relawan dan Pemdes saat meninjau Jembatan Gantung Sungai Cikarang | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi04 Mei 2024, 22:54 WIB

58 Persen Masyarakat Kabupaten Sukabumi Kurang Puas Atas Kinerja Marwan-Iyos

Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute, merilis hasil survei terkait tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Sukabumi dibawah kepemimpinan Bupati Marwan Hamami dan Wakil Bupati Iyos Somantri.
Gedung Pendopo Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi04 Mei 2024, 21:49 WIB

Niat Cari Kerja: Pelaku Tolak Sodomi hingga Duel Sebelum Bunuh Pria di Citepus Sukabumi

Kasat Reskrim Polres Sukabumi, AKP Ali Jupri, mengatakan bahwa pelaku berinisial A (20 tahun) awalnya mendatangi Ceceu ini dengan niat mencari kerja, sebelum akhirnya membunuh korban
Pelaku pembunuhan setelah ditangkap di Mapolsek Parungkuda Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi04 Mei 2024, 21:09 WIB

Pemkab Sukabumi Akan Relokasi Rumah yang Terdampak Longsor di Cibadak

Pemerintah Kabupaten Sukabumi berencana merelokasi warga terdampak longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/RW 11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, yang berdampak pada belasan rumah.
Foto udara lokasi longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Instagram/@kiekiesukabumi
Sehat04 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari

Berikut Sederet Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari yang Bisa Dilakukan.
Ilustrasi - Pijat Ringan untuk Meringankan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih04 Mei 2024, 20:46 WIB

Survei Terbaru Elektabilitas 17 Calon Bupati Sukabumi: Tidak Ada Sosok yang Kuat

asil survei dirilis oleh Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute bekerjasama dengan Litbang Sukabumiupdate.com.
Ilustrasi pasangan calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari jalur perseorangan atau independen | Foto : Sukabumi Update
Life04 Mei 2024, 20:00 WIB

6 Dampak Buruk Terlalu Memanjakan Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Terlalu memanjakan anak rupanya memiliki dampak buruk bagi perkembangan anak jika sudah tumbuh dewasa. Ini yang perlu diperhatikan para orang tua.
Ilustrasi. Dampak buruk terlalu memanjakan anak. Sumber foto : Pexels/ Pavel Danilyuk
Sukabumi04 Mei 2024, 19:40 WIB

Sukabumi Dinilai Stagnan, Koalisi 5 Partai Cenderung Usung Figur Alternatif di Pilkada

ima partai politik yaitu, PKB, PKS, Demokrat, PAN dan PDIP secara resmi berkoalisi di Pikada Kabupaten Sukabumi 2024. Deklarasi koalisi digelar di salah satu kafe di Jalan Cemerlang, Kota Sukabumi, Sabtu, (4/5/2024).
Deklarasi koalisi 5 partai, PKB, Demokrat, PKS, PAN, PDIP | Foto : Asep Awaludin