Mau Ahli dalam Bidang Apa Saja, 3 Kemampuan Ini Jadi Kuncinya

Kamis 25 November 2021, 13:21 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Keahlian seseorang di bidang apa pun harus memiliki penopang yang cukup kuat. Ditambah perubahan zaman dan perkembangan teknologi memaksa orang untuk meningkatkan kemampuan mereka atau tertinggal.

Kini, semua orang berlomba untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya untuk beragam tujuan. Misalkan pekerjaan, menentukan jurusan kuliah, hingga menunjang aktivitas sehari-hari.

Mengutip keterangan tertulis platform edukasi berbasis teknologi, Zenius, ada keterampilan fundamental yang sangat penting untuk dikuasai setiap orang sebelum menjadi ahli di berbagai bidang.

photoIlustrasi. - (istimewa)

Keterampilan fundamental ini meliputi logika, matematika dasar, membaca, dan penalaran ilmiah. Dari itu, seseorang akan memiliki fondasi untuk mendalami keilmuan lain yang mereka pilih. Berikut tiga kemampuan dasar yang wajib dikuasai:

1. Fundamental Skills

Fundamental skills alias kemampuan dasar adalah kemampuan yang bersifat teknikal. Kemampuan ini sangat menentukan bagaimana cara seseorang berpikir dan mengelola informasi. Ada tiga hal penting yang termasuk dalam kategori ini, yaitu:

Berpikir kritis (critical thinking)

Ini adalah kemampuan seseorang dalam mencerna informasi dengan benar. Walau semua orang merasa bahwa mereka bisa berpikir, tetapi tidak semua orang mampu berpikir secara logis. Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan agar kita tidak semata berpikir menurut hal yang kita anggap benar, melainkan sesuai dengan fakta.

Matematika dasar (basic math)

Matematika dasar lebih dari sekadar kemampuan berhitung. Matematika dasar juga mencakup kemampuan berpikir yang terintegrasi dengan konsisten alias connecting the dots. Setiap harinya, kita menerima banyak informasi dan pengetahuan baru. Dengan kemampuan matematika ini, kita bisa menyambungkan setiap informasi dengan baik. Faktanya, orang dengan kemampuan ini memiliki performa yang lebih baik dalam pekerjaannya.

Logika verbal (verbal logic)

Dengan menguasai bahasa selain Bahasa Ibu, terutama Bahasa Inggris, dapat membuat struktur otak kita mampu berpikir lebih kompleks. Hal ini terbukti dengan adanya riset yang menunjukkan orang dengan kemampuan bilingual cenderung memiliki IQ yang lebih tinggi.

2. Insightful Knowledge

Terlepas dari latar belakang setiap orang yang berbeda-beda, kemampuan ini sangat penting untuk dimiliki supaya kita bisa melihat dunia sebenar-benarnya. Dengan kemampuan ini, kita tidak akan terjebak dalam mitos-mitos atau kepercayaan kuno dan mampu melihat dunia apa adanya, secara luas dengan berbagai sudut pandang.

Yang termasuk dalam kemampuan ini adalah pengetahuan sains secara umum, filsafat, sejarah. Misalkan asal mula manusia, bagaimana terbentuknya bumi, hal-hal semacam itu dapat memperluas pengetahuan kita tentang dunia. Tidak perlu mendalami insightful knowledge secara mendalam. Yang terpenting, kita tahu dan mengerti.

Kalau kemampuan ini sudah dikuasai, kita bisa berpikir secara objektif dan menilai suatu hal dari banyak perspektif. Insighful knowledge sangat berguna untuk dapat bersikap bijaksana, mengambil keputusan yang baik, bertemu dengan banyak orang, terlibat dalam proses demokrasi, dan lainnya.

3. Practical Skills

Practical skills adalah kemampuan individu dalam menguasai bidang tertentu agar berguna dan bisa berkontribusi. Contoh, kemampuan dalam bidang komunikasi, akuntansi, dokter, dan lain-lain. Untuk memiliki kemampuan ini, kita harus mengetahui minat dan keahlian diri. Dengan kemampuan tersebut, kita bisa mendapatkan pekerjaan ataupun berbisnis sesuai keinginan.

Perlu diingat, menguasai practical skills juga harus diiringi dengan fundamental skills dan insightful knowledge. Jika tidak, hasilnya akan kurang maksimal.

Pahamilah kalau belajar merupakan sebuah perjalanan tanpa akhir, tidak terbatas pada usia dan waktu. Yang penting selalu terbuka akan hal-hal baru. Bila sudah menguasai tiga pengetahuan di atas, kamu bisa menjadi ahli di suatu bidang dengan dasar cara berpikir yang benar dan cara pandang yang lebih luas.

SUMBER: TEMPO

Lihat Video Lainnya:

Pohon Tumbang Timpa Kontainer dan Pejalan Kaki di Sukaraja Sukabumi

Pelajar Tenggelam di Kolam Renang, Polsek Nyalindung Sukabumi Ungkap Kronologi

Lagi Ronda, Remaja di Sukabumi Dibacok Celurit Kawanan Bermotor

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Gula Darah Naik (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang