Teh Barley Kaya Antioksidan, Cocok untuk Diet Hingga Redakan Gejala Menopause

Minggu 20 September 2020, 00:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Teh barley populer di kawasan Asia Timur. Teh ini memiliki cita rasa panggangan dan sedikit pahit, yang kadang dipakai dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Teh barley dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari Tempo.co, barley adalah biji-bijian yang biasa digunakan untuk bahan memasak maupun pelengkap makanan. Biji kering barley kerap digiling menjadi tepung sebelum kemudian diolah menjadi masakan. Kaya akan serat barley sering dipakai menjadi bahan-bahan pembuat sereal, roti, hingga minuman beralkohol.  

Tidak hanya dimakan, biji barley juga dapat dibuat menjadi teh. Kebanyakan orang biasanya menyeduh biji barley yang sebelumnya sudah dipanggang terlebih dahulu untuk menjadi teh. Kantong teh berisi barley panggang biasanya juga dijual dalam toko-toko yang berada pada kawasan Asia Timur.

Teh barley mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Sejumlah nutrisi yang terkandung dalam teh barley antara lain vitamin B dan mineral seperti zat besi, mangan, serta zinc. Meskipun begitu, hingga saat ini belum diketahui pasti seberapa banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Teh barley juga dipercaya mempunyai manfaat untuk mengatasi diare, kelelahan, dan peradangan. Namun, hingga kini belum ada satu penelitian pun yang menyetujui klaim tersebut.

Menurut hasil penelitian, berikut ini manfaat teh barley

1. Cocok untuk diet

Hanya mempunyai sedikit kandungan kalori dan karbohidrat, teh barley cocok diminum bagi Anda yang tengah diet. Kandungan kalori dan karbohidrat dalam teh barley tidak akan memengaruhi kebutuhan harian Anda secara signifikan, asalkan diminum dalam porsi yang cukup. Selain itu, Anda sebaiknya tidak menambahkan susu, krim, atau pemanis jika ingin meminum teh barley saat diet.

2. Mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas

Kaya akan kandungan antioksidan, teh barley membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Beberapa antioksidan yang ada dalam teh barley seperti asam klorogenat dan vanillic. Antioksidan yang terkandung dalam teh barley ini memberi efek antiradang.Selain itu, teh barley juga mempunyai kandungan antioksidan quercetin. Antioksidan ini mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kesehatan jantung, tekanan darah, dan kesehatan otak.

3. Memiliki potensi untuk melawan kanker

Teh barley memiliki potensi untuk mencegah kanker berkat kandungan antioksidannya. Menurut studi di China, disebutkan bahwa semakin rendah konsumsi barley pada suatu daerah, semakin tinggi angka kematian yang muncul akibat kanker.Meskipun begitu, hal ini bukan berarti kanker disebabkan oleh tingkat konsumsi barley yang rendah. Masih banyak penelitian yang harus dilakukan untuk mengetahui tentang potensi teh barley untuk mencegah penyakit kanker.

4. Mengatasi pengentalan darah

Ketika memiliki konsistensi yang sangat kental, sirkulasi darah akan menjadi terhambat dan memicu munculnya masalah kesehatan. Menurut studi yang diterbitkan Journal of Nutritional Science and Vitaminology, teh barley disebut dapat meningkatkan fluiditas darah. Hal ini tentunya akan membuat sirkulasi darah yang sebelumnya terhambat menjadi lebih lancar.

5. Memiliki sifat antibakteri

Kerusakan gigi dapat disebabkan oleh bakteri bernama Streptococcus. Teh barley disebut dapat membantu mencegah kolonisasi bakteri itu. Hal tersebut didukung oleh penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, di mana teh dari barley yang dipanggang dapat menghilangkan bakteri Streptococcus.

6. Meredakan gejala menopause

Memiliki sifat karminatif, meminum teh barley dapat membantu mengatasi gejala menopause seperti berkeringat di malam hari dan hot flashes. Selain itu, mengonsumsi teh ini juga membantu menenangkan saraf.

7. Mengurangi kolesterol

Kandungan nutrisi dalam teh barley bisa membantu mengatur kadar gula darah. Selain itu, mengonsumsi teh barley juga menurunkan kadar kolesterol jahat yang tentunya baik untuk kesehatan jantung Anda.

8. Membantu mengatasi flu

Meminum teh barley secara rutin dapat membantu mencegah Anda terserang pilek dan gejalanya. Jika Anda merupakan penderita asma atau bronkitis, mengonsumsi teh ini dapat membantu membersihkan sumbatan dan dahak. Selain itu, sakit tenggorokan dan hidung tersumbat juga bisa diredakan dengan minum teh barley. 

9. Mengurangi risiko terkena kanker prostat

Teh barley mempunyai kandungan selenium di dalamnya. Selenium merupakan nutrisi yang memiliki peranan penting dalam hal kesuburan pria. Selain menjaga kesuburan, meminum teh barley juga dapat membantu menjaga prostat tetap sehat.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi Memilih25 April 2024, 21:39 WIB

Tiga Partai Bahas Draft Koalisi, Sepakat Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Sukabumi 2024, sejumlah elit partai tengah sibuk melakukan komunikasi dengan sesama partai untuk membangun koalisi.
Pertemuan Golkar PPP dan Gerindra membahas draf koalisi | Foto : Ist
Sukabumi25 April 2024, 21:19 WIB

Pemkot Sukabumi Beri Hadiah Untuk SKPD dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak

SKPD yang menerima hadiah dianggap telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendorong pendaftaran pekerja rentan ke dalam program jaminan sosial.
Pemberian hadiah bagi SKPD Pemkot Sukabumi dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak. (Sumber : Istimewa)
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Life25 April 2024, 20:59 WIB

Dapat Tekanan dari Orang Tua Lain, Berikut 4 Penyebab Penerapan Pola Asuh Helikopter

Pola asuh helikopter berarti orang tua sepenuhnya menyetir anak mereka agar menjadi orang yang mereka inginkan karena beberapa penyebab.
Ilustrasi penyebab penerapan pola asuh helikopter. | Sumber Foto: Freepik/@freepik
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Nasional25 April 2024, 20:03 WIB

Surya Paloh Deklarasikan NasDem Dukung Penuh Pemerintahan Prabowo-Gibran

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto, Kamis, 25 April 2024.
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto saat menerima kedatangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber : IG Sufmi Dasco)
Sehat25 April 2024, 20:00 WIB

11 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Gula Darah Anda Tetap Normal, Yuk Lakukan

Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.  (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life25 April 2024, 19:46 WIB

Hindari 8 Aktivitas Berikut Agar Hubungan Orang Tua Dengan Anak Lebih Erat Harmonis

Ikuti tips berikut untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dengan anak-anak Anda dalam jangka panjang.
Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak | Foto : Sumber : Freepik/@tim kita
Sukabumi25 April 2024, 19:36 WIB

Peringati Hari Bumi, Pemuda Pabuaran Sukabumi Tebar 15.000 Bibit Ikan di Sungai Cikaso

Dalam rangka memperingati Hari Bumi, sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso.
Sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso. (Sumber : Istimewa)
Life25 April 2024, 19:32 WIB

Dapat Menurunkan Rasa Percaya Diri, Ini 5 Dampak Pola Asuh Helikopter Pada Anak

Pola asuh helikopter dapat berdampak negatif pada anak, karena penerapan pola asuh ini melibatkan orang tua sepenuhnya terhadap kegiatan anak.
Ilustrasi dampak pola asuh helikopter | Foto : Freepik/@jcomp