5 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Ceker Ayam

Minggu 13 September 2020, 07:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi sebagian orang, mengonsumsi ceker ayam mungkin terdengar menjijikan. Meski begitu, tidak sedikit pula yang menjadikan bagian kaki ayam tersebut sebagai makanan favorit. 

Tidak hanya enak bagi penikmatnya, ceker atau kaki ayam juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Seperti mengutip Suara.com dari laman Medical News, Minggu (13/9/2020), berikut ini lima manfaat mengonsumsi ceker untuk kesehatan hingga kecantikan.

1. Kulit Awet muda

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Dept of Animal Science di National Chung-Hsing University Taiwan membuktikan ceker ayam tinggi kandungan kolagen. Kolagen sendiri dipercaya dapat menjaga elastisitas kulit, sehingga saat produksi kolagen tubuh menurun kulit akan kendur, kering dan keriput.

Dibanding mengonsumsi suplemen kolagen, ceker ayam murah dan mudah ditemukan, apalagi kolagen pada ceker lebih mudah diserap tubuh dibanding mengonsumsi dalam bentuk suplemen. Penelitian terhadap perempuan berusia 35 hingga 55 tahun yang mengonsumsi kolagen setiap hari selama delapan minggu dan hasilnya kulit lebih elastis, lembap, dan kulit menjadi lebih halus.

2. Jantung lebih sehat

Tersumbatnya pembuluh darah karena kolesterol bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Itu terjadi karena jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk memompa darah. Mengonsumsi ceker ayam dipercaya ampuh mengatur detak jantung.

Prolin yang terkandung dalam kolagen ceker akan mecah protein untuk meregenerasi dan memperbaiki sel. Bahkan prolin membantu pembuluh darah arteri untuk melepaskan penumpukan lemak yang menyumbat. Ditambah kandungan arginin dalam gelatin pada ceker yang juga dapat mengontrol tekanan darah karena menghasilkan oksida nitrat akan membuat otot di pembuluh darah mengendur dan sirkulasi darah meningkat.

3. Melancarkan sirkulasi darah

Sirkulasi darah yang lancar sangat penting untuk menyalurkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Nah arginin dalam gelatin ceker ayam akan mengontrol tekanan darah, karena menghasilkan oksida nitrat akan membuat otot di pembuluh darah mengendur dan sirkulasi darah meningkat.

Prolin seperti yang ada pada ceker sangat penting untuk mencegah pembekuan pembuluh darah. Prolin juga membantu dinding pembuluh darah melepaskan lemak dan mengalir ke darah sehingga penyumbatan berkurang.

4. Menghilangkan stretch mark

Stretch mark terjadi karena kulit menipis dan masalah elastisitas yang berkurang. Biasanya ini juga terjadi karena kulit kekurangan kolagen di lapisan dermal kulit untuk menopang beban janin atau lemak. Nah, kolagen pada ceker ini juga bisa membantu memperbaiki stretch mark di perut dan juga paha, kolagen juga membuat kulit lebih lembab dan lebih kencang sehingga stretch mark tersamarkan

5. Menurunkan berat badan

Kolagen pada ceker adalah sejenis protein alami yang bebas karbohidrat, sehingga masuk dalam kategori makanan sehat untuk diet. Selain itu kolagen juga mengandung asam amino yang bisa menekan nafsu makan, sehingga penurunan berat badan mudah tercapai.

Dibanding protein lain, protein pada ceker bisa memberikan rasa kenyang yang lebih besar. Belum lagi asam amino yang dikenal dengan glisin terkandung dalam kolagen bisa menstransfer gula ke jaringan untuk meningkatkan perkembangan otot. Sedangkan otot akan membakar jauh lebih banyak kalori daripada lemak, dan massa otot yang lebih besar berarti membakar kalori di tubuh menjadi lebih cepat.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Bola18 April 2024, 08:42 WIB

Klasemen Liga 1: Persib Bandung Dipastikan Lolos ke Championship Series

Hasil ini membuat Persib Bandung tak akan mungkin keluar dari posisi empat besar.
Pemain Persib Bandung. | Foto: Persib.co.id
Kecantikan18 April 2024, 08:00 WIB

8 Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Cleanser hingga Moisturizer

Inilah Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Ada Cleanser hingga Moisturizer.
Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Cleanser hingga Moisturizer  (Sumber : Freepik.com)
Life18 April 2024, 07:00 WIB

9 Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres

Yuk Lakukan Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres Berikut Ini!
Ilustrasi - Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres. (Sumber : pexels.com/@Leah Kelley)
Food & Travel18 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Pepaya untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 6 Langkahnya!

Berikut Cara Membuat Air Rebusan Daun Pepaya untuk Menurunkan Gula Darah, Coba Ikuti 6 Langkahnya!
Ilustrasi. Daun pepaya - Manfaat Air Rebusan Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Menurunkan Gula Darah. | (Sumber : Pixabay.com)
Science18 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 April 2024, Seluruh Wilayah Potensi Hujan di Siang Hari

BMKG memprakirakan sebagian kota besar di Jawa Barat mengalami hujan pada Kamis 18 April 2024.
(Foto Ilustrasi) BMKG memprakirakan sebagian kota besar di Jawa Barat mengalami hujan pada Kamis 18 April 2024.. | Foto: Freepik
DPRD Kab. Sukabumi17 April 2024, 23:20 WIB

KH. Zezen Z.A Jadi Nama Jalan, DPRD Sukabumi Bicara Regulasi Wisata Syariah di Pondok Halimun

Pemerintah Kabupaten Sukabumi resmi mengubah nama jalan Nyangkokot-Perbawati menjadi Jalan KH. Zezen Z.A pada Rabu 17 April 2024.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami bersama Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara saat meresmikan nama Jalan K.H. Zezen Z.A menggantikan nama Jalan Nyangkokot – Perbawati, Rabu (17/4/2024) | Foto : Ist
Sukabumi17 April 2024, 22:37 WIB

Saber Pungli OTT 2 Pelaku Pungutan Liar di Alun-alun Gadobangkong Sukabumi

Dua orang yang diduga melakukan praktik pungutan liar (Pungli) di kawasan Alun-Alun Gadobangkong Palabuhanratu, berhasil tertangkap basah oleh Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi.
Alun-Alun Gadobangkong, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi17 April 2024, 22:18 WIB

Belasan Warga Sukabumi Jadi Korban Investasi Bodong Rumah Gadai, Rugi Ratusan Juta

Puluhan warga Sukabumi mendatangi Mapolres Sukabumi Kota. Mereka mengaku menjadi korban investasi bodong rumah gadai
Belasan warga korban investasi bodong rumah gadai mendatangi Mapolres Sukabumi Kota pada Rabu (17/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sehat17 April 2024, 21:00 WIB

Cara Mudah Membuat Rebusan Mengkudu untuk Menurunkan Gula Darah, Simak 4 Langkahnya

Beberapa penelitian menunjukkan potensi buah mengkudu dalam membantu mengontrol kadar gula darah.
Beberapa penelitian menunjukkan potensi buah mengkudu dalam membantu mengontrol kadar gula darah. | (Sumber : Pixabay.com)
Sukabumi17 April 2024, 20:43 WIB

Bocah 12 Tahun Tenggelam di Kolam Renang Masjid Perahu Sukabumi, Ini Kata Pemilik

Pemilik angkat bicara terkait insiden bocah 12 tahun tenggelam di Kolam Renang Masjid Perahu Cicurug Sukabumi.
Wahana wisata kolam renang Masjid Perahu Cicurug Sukabumi. (Sumber : Istimewa)