Aktivitas Seru Bersama Anak di Rumah saat Pandemi Corona, Masak Hingga Nonton Film

Minggu 29 Maret 2020, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Saat pandemi virus corona atau COVID-19 membuat semua orang harus berdiam di rumah, mulai dari orangtua hingga anak-anak. Dilansir dari tempo.co, sebagai orangtua Anda tentu harus memutar otak untuk mencari aktivitas anak yang menyenangkan dan tidak membosankan. 

Namun tetap saja aktivitas itu sebaiknya dapat memberikan manfaat untuk tumbuh kembang anak. Berikut ini beberapa aktivitas anak yang menyenangkan dan bisa dilakukan di rumah agar anak tak bosan dan jenuh.

Berikut 7 aktivitas seru bersama anak di rumah yang bisa anda lakukan:

1. Mencoba resep baru dan masak bersama

Berdiam di rumah bersama anak berarti ada lebih banyak waktu untuk mengajari hal baru. Salah satu yang bisa dilakukan yakni masak bersama. Anda bisa memperkenalkan pada anak resep sehat namun tetap enak untuk disantap. Misalnya, dessert berbahan oats dan buah-buahan, smoothies buah, jus sayur, atau popcorn dengan taburan keju parmesan.

2. Piknik di rumah

Setelah mencoba resep baru, anak mungkin akan merasa senang jika Anda dan keluarga membuat piknik di rumah. Entah itu di ruang tamu, di halaman belakang, atau di teras rumah pada sore hari. Piknik memang memiliki manfaat untuk mempererat family bonding. Menu untuk piknik pun bisa berupa snack sehat untuk anak, seperti roti gandum dengan topping buah-buahan, yogurt, atau apel dengan balutan sedikit selai kacang.

3. Melakukan perawatan kulit

Kegiatan menyenangkan lain selama di rumah adalah ‘memanjakan’ tubuh dan kulit anak. Tanyakan pada anak, perawatan apa yang mereka inginkan, entah itu scrub kaki, mencoba masker rambut dari buah alpukat, atau sekadar memberikan pijatan yang lembut.

4. Bercocok tanam di teras dan balkon rumah

Sembari menghitung hari pandemi corona berakhir, anak bisa diperkenalkan dengan kegiatan bercocok tanam. Anda bisa menggunakan bibit buah-buahan, membeli bibit bunga secara online, atau mengajarinya cangkok bunga tertentu yang sudah ada di pekarangan rumah (seperti bunga mawar).

Selain menyenangkan dan menghilangkan rasa bosan, berkebun dan bercocok tanam juga mengajarkan rasa tanggung jawab pada anak. Anak pun bisa belajar ilmu pengetahuan baru mengenai makhluk hidup, serta meningkatkan sense of nature dalam diri mereka.

5. Menonton film

Anak tentu bosan selama masa physical distancing di tengah pandemi corona ini. Aktivitas menyenangkan lain yang menjadi kegemaran semua anak adalah… menonton film! Anda bisa menyulap ruang keluarga menjadi ruang menonton yang tentu juga meningkatkan kebersamaan Anda dan anak. Anda bisa menggunakan layanan streaming film yang biasanya memiliki koleksi film ramah anak, dan sesuai dengan umurnya. Anda juga bisa berdiskusi dengan Si Kecil mengenai pesan moral yang ia tangkap dari film yang ia tonton.

6. Mengajaknya membaca buku

Apabila Anda mencari kegiatan yang bisa dilakukan setiap hari selama di rumah bersama anak, maka membaca buku adalah jawabannya. Menurut TIME, 15-20 menit per hari merupakan waktu yang pas untuk memulai kebiasaan membaca dari kecil. Anda dianjurkan untuk membagi 20 menit tersebut menjadi beberapa sesi sehari. Misalnya, 4 sesi dengan durasi sekitar 5 menit, atau 5 sesi dengan durasi sekitar 4 menit.

7. Membuat kerajinan tangan yang lucu

Merangsang kreativitas anak dapat membantunya berkembang secara mental, sosial, dan emosional. Melalui seni, kemampuan problem-solving anak juga akan diasah. Mengisi masa-masa  di rumah saja dengan aktivitas seni dan kreatif tentu bisa Anda berikan pada anak, entah itu dengan melukis, menggambar, atau membuat kerajinan tangan.

 

Sumber : tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life29 April 2024, 13:41 WIB

Jangan Diabaikan! Ketahui 7 Penyebab Balita Sering Memukul

Apakah balita Anda memukul anak lain saat pertama kali merasa frustasi? Jika ya, berikut cara menangani perilaku ini.
Ilustrasi balita memukul. | Foto: Freepik/@freepik
Life29 April 2024, 13:30 WIB

Jangan Dibentak! Ini 5 Cara Agar Anak Selalu Mau Dinasihati Orang Tua

Orang tua harus memiliki pendekatan yang bagus dan baik selama mengasuh anak agar mereka mau dinasihati dan tidak memberontak.
Ilustrasi. Cara agar anak mau dinasihati orang tua. Sumber foto : Pexels/Elina Fairytale
Life29 April 2024, 13:11 WIB

Tetap Bersikap Konsisten, 5 Tips Penerapan Sistem Penghargaan untuk Anak Usia Sekolah

Dengan menerapkan sistem penghargaan untuk anak usia sekolah, disinyalir sangat berguna untuk memotivasi mereka.
Ilustrasi penghargaan untuk anak. | Foto: Freepik/@stocking
Sehat29 April 2024, 13:00 WIB

Hidup Bersama Diabetes Tak Perlu Panik, 12 Langkah Sehat untuk Mengelola Gula Darah

Dengan pengelolaan gula darah yang baik, orang yang hidup dengan diabetes dapat menjalani hidup yang sehat, bahagia, dan penuh makna.
Ilustrasi - Dengan pengelolaan gula darah yang baik, orang yang hidup dengan diabetes dapat menjalani hidup yang sehat, bahagia, dan penuh makna. (Sumber : Freepik.com).
Life29 April 2024, 12:45 WIB

6 Cara Menjadi Orang Pemaaf Agar Hidup Jauh dari Permusuhan, Ini Langkahnya!

Menjadi pribadi pemaaf sebenarnya bisa diupayakan dalam hidup. Tentunya dengan beberapa langkah yang mesti dilakukan secara konsisten.
Ilustrasi. Cara menjadi orang yang pemaaf. Sumber foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Life29 April 2024, 12:30 WIB

7 Penyesalan Orang Tua kepada Anak Akibat Kesalahan Mengasuh di Masa Lalu

Para orang tua biasanya akan mengalami rasa penyesalan manakala berurusan dengan kesalahan pada pola asuhnya di masa lalu kepada anak-anaknya.
Ilustrasi. Pola asuh. Contoh Penyesalan orang tua kepada anaknya. Sumber foto : Pexels/Anastasiya Gepp
Bola29 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024, Selangkah Menuju Final!

Indonesia akan menghadapi Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 2024.
Indonesia akan menghadapi Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 2024. (Korsel) | Foro : Ist
Sehat29 April 2024, 12:00 WIB

Bebas Asam Urat: 10 Cara Alami Menyembuhkan Penyakit Degeneratif Tanpa Obat

Asam urat termasuk salah satu penyakit degeneratif, yakni penyakit yang biasanya dialami oleh lansia. Meskipun saat ini, penyakit asam urat juga kerap dimiliki oleh generasi millenial dan Z.
Ilustrasi. Tenaga Profesional Kesehatan | Cara Alami Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat dengan Rutin Konsultasi Dokter (Sumber : pixabay.com/@Max)
Inspirasi29 April 2024, 11:57 WIB

Program Light Up The Dream, PLN UP3 Sukabumi Laksanakan Penyalaan Listrik Gratis

Light Up The Dream merupakan program penyambungan listrik gratis dari donasi pegawai PLN.
PT PLN (Persero) UP3 melalui ULP Sukaraja melaksanakan penyambungan listrik gratis melalui program LUTD kepada masyarakat. | Foto: PLN
Sukabumi29 April 2024, 11:31 WIB

84 Orang Diduga Keracunan Makanan Hajatan di Kabandungan Sukabumi, Begini Kondisinya

Rombongan pengantin laki-laki dan tamu undangan mulai merasa tidak enak badan pada Minggu sore.
Salah satu warga saat dirawat di puskesmas setelah diduga keracunan makanan hajatan pernikahan di Desa Tugubandung, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 28 April 2024. | Foto: Istimewa