3 Pria Ini Menabung Selama 5 Tahun demi Nonton Piala Dunia 2018

Minggu 24 Juni 2018, 11:41 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Terdapat sebuah kisah mengharukan dibalik perhelatan akbar Piala Dunia 2018. Kisah tersebut berasal dari tiga orang sahabat warga Afrika Selatan. Adalah Fhatuwani Mpfuni, Thami Khuzwayo dan Brian Moshoeshoe, yang menghabiskan lima tahun untuk mewujudkan impian mereka menonton Piala Dunia secara langsung.

“Itu (menonton Piala Dunia secara langsung) adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Saya tidak bisa mempercayai mata saya,” kata Mpfuni seperti yang diberitakan Business Insider. Mpfuni sendiri telah bermimpi untuk menghadiri Piala Dunia secara langsung, sejak ia menyaksikan Piala Dunia FIFA pertamanya di tahun 1998.

Bahkan, ketika Afrika Selatan menjadi tuan rumah Piala Dunia di tahun 2010, keyakinannya untuk dapat menyaksikan pertandingan secara langsung pun kandas. Hal ini karena saat itu orang tua Mpfuni tidak mampu membeli tiket pertandingan.

Akhirnya, Mpfuni harus cukup puas menyaksikan pertandingan tersebut melalui layar raksasa di taman kota. “Beberapa mimpi tidak akan pernah menjadi kenyataan," katanya mulai memahami.

Tetapi, impian itu seakan memberikan harapan kembali. Bertemu dengan dua orang temannya, Mpfuni menyadari bahwa mereka bertiga memiliki impian yang sama, yaitu menyaksikan pertandingan Piala Dunia secara langsung. “Kami semua memiliki impian yang sama untuk menonton pertandingan Piala Dunia secara langsung,” kata Mpfuni kepada JOE UK.

Mpfuni juga menceritakan bahwa mereka bertiga pernah berencana untuk hadir pada Piala Dunia 2014 di Brasil. Sayangnya rencana itu gagal. Uang yang mereka miliki bahkan tidak cukup untuk membeli tiket pulang. Maka, impian tersebut kembali padam.

Setelah sama-sama bekerja sebagai administrator sepakbola, Mpfuni dan dua orang sahabatnya mulai menabung dan merencanakan  hadir pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Mungkin, terdengar seperti hal yang mudah dilakukan dan sederhana. Tetapi, Mpfuni menjelaskan bahwa hal itu (menabung) membutuhkan dedikasi yang luar biasa. “Sangat sulit untuk mematuhi komitmen bulanan,” katanya.

Ketika rencana menabung dimulai, ternyata Mpfuni melaksanakannya bersama tujuh orang teman lainnya. Akan tetapi, beberapa dari mereka mundur karena tidak dapat mematuhi rencana tersebut. Mpfuni dan teman-teman yang tersisa tetap melanjutkan rencana dan berusaha untuk selalu disiplin.

Hingga akhirnya, mereka bertiga berhasil mengumpulkan lebih dari UK£ 3313 (Rp 53 juta). Banyak keuntungan yang mereka dapat dari menabung. Salah satunya adalah memungkinkan Mpfuni dan sahabatnya memesan banyak hal lebih awal dengan harga lebih murah. “Contohnya, kami memesan penerbangan pada bulan September 2017 dan dengan akomodasi yang terjamin juga,” kata Mpfuni dikutip dari JOE UK.

Mpfuni mengingatkan, terlepas dari berbagai tantangan, keuangan dan hal lainnya, ia dan sahabatnya tetap disiplin dan fokus pada tujuannya. “Impian untuk pergi ke Rusia membuat kami terus berusaha," katanya.

Mpfuni juga menyarankan orang-orang yang memiliki impian yang terlihat tidak mungkin, untuk jangan menyerah. Namun, yang paling penting adalah perencanaan dan bekerja keras untuk mencapai mimpi tersebut, apapun itu.

Terakhir, Mpfuni mengatakan bahwa ia dan sahabatnya sudah kembali merencanakan menyaksikan Piala Dunia 2022 di Qatar nanti. “Kami akan mulai menabung pada awal Agustus tahun ini.”

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Science07 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 7 Mei 2024, Sukabumi Cerah dari Pagi Hingga Malam

Prakiraan cuaca tanggal 7 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi
Ilustrasi. Prakiraan cuaca tanggal 7 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi. | Foto: Pixabay/yeskay1211
Sukabumi06 Mei 2024, 22:27 WIB

Momen Hardiknas, Diarpus Sukabumi Bicara Program Pendukung Gerakan Merdeka Belajar

Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi Aisah dukung gerakan merdeka belajar agar generasi Indonesia emas bisa tercapai.
Program Pusling Diarpus Kabupaten Sukabumi di SMK Doa Bangsa Palabuhanratu 30 Maret 2024. (Sumber : IG UPP Palabuhanratu)
Sukabumi06 Mei 2024, 21:34 WIB

UPTD PU Sagaranten Tangani Longsor di Irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi

UPTD PU Wilayah Sagaranten melakukan penanganan sementara bencana longsor yang sempat menimbun aliran irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi.
Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia saat meninjau  penanganan longsor di Daerah Irigasi (DI) Binongsari, Curugkembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 21:19 WIB

Solusi Ayep Zaki Soal SDM hingga Penanganan Kemiskinan di Kota Sukabumi

Ayep Zaki menyebut dua persoalan yang harus diperhatikan di Kota Sukabumi yakni soal peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan soal kemiskinan.
Ayep Zaki dan Fungsionari HIMASI Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku