5 Tips Beli Tiket Kereta Api Mudah dan Harganya Lebih Bersahabat

Senin 15 Mei 2023, 20:10 WIB
Ilustrasi.

Ilustrasi.

SUKABUMIUPDATE.com - Traveling naik kereta api memang terasa sangat nyaman. Apalagi saat ini fasilitas kereta api sudah semakin bagus dan premium. Ditambah lagi Anda bisa beli tiket kereta api di Traveloka, tinggal akses aplikasinya tanpa perlu ribet. Jika Anda membeli dengan cara yang tepat, Anda juga bisa mendapat tiket kereta api dengan harga yang jauh lebih ramah di kantong.

Tipe Beli Tiket Kereta Api Mudah dan Murah

Kereta api memang jadi alat transportasi favorit bagi banyak orang. Selain nyaman, perjalanan naik kereta api juga bisa lebih cepat. Anda bisa mengandalkan alat transportasi ini untuk bepergian ke luar kota, termasuk untuk traveling. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa diterapkan jika ingin membeli tiket kereta api secara mudah dengan harga yang bersahabat:

1. Pesan Tiket Lebih Awal

Tips pertama, cobalah untuk memesan tiket kereta api lebih awal atau jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Ini sangat penting tapi sering diremehkan. Biasanya orang-orang malah menganggap kalau beli tiket kereta api lebih baik dekat hari keberangkatan saja. Padahal semakin dekat hari keberangkatan biasanya harga tiket juga akan semakin mahal.
Sebisa mungkin buatlah rencana kepergian Anda. Misalnya saat Anda ingin traveling, tentukan tanggal yang tepat lalu jauh-jauh hari lakukan pemesanan tiket. Selain bisa mendapat tiket yang lebih murah, Anda juga punya cukup waktu untuk memilih tiket terbaik. Selain itu Anda juga tidak akan terburu-buru sampai akhirnya tidak bisa memanfaatkan promo untuk membeli tiket.

2. Pilih Kelas yang Tepat

Saat ini ada beberapa jenis kelas berbeda yang ditawarkan oleh kereta api. Tentu saja Anda harus memilih jenis kelas yang paling sesuai dengan keinginan dan bujet. Harga tiket di setiap kelas berbeda karena fasilitas yang ditawarkan juga berbeda. Jadi pastikan untuk mengetahui apa saja fasilitas di kelas tersebut dan berapa harga per tiketnya.

Kelas yang paling rendah saat ini adalah kelas ekonomi namun jenisnya juga bervariasi. Kemudian ada kelas eksekutif yang lebih mahal dengan fasilitas lebih bagus. Jika ingin lebih eksklusif lagi maka bisa mengambil kelas sleeper dengan harga tiket jauh lebih mahal dan fasilitasnya pun sangat bagus.

Bagi Anda yang baru pertama kali bepergian naik kereta api, mungkin harus mencari informasi dulu tentang kelas-kelasnya. Cari tahu apa saja kelas yang tersedia dan berapa harganya. Sesuaikan dengan anggaran Anda dan pastikan terasa nyaman supaya perjalanan tidak terasa apalagi jika jarak jauh.

3. Usahakan Hindari Waktu Puncak

Jika ingin mendapatkan harga tiket yang terjangkau, maka sangat disarankan untuk menghindari waktu-waktu puncak. Waktu puncak yang dimaksud di sini adalah waktu dimana mayoritas orang akan bepergian. Perhatikan baik-baik, apabila memang memungkinkan maka pergilah di waktu low season dimana orang-orang tidak banyak bepergian naik kereta.

Selain itu Anda juga harus tahu kapan saja jam-jam keberangkatan yang paling ramai. Biasanya jam keberangkatan kereta api paling ramai itu pukul 09.30 atau 10.00 dan antara pukul 15.00 sampai 19.00. Coba hindari tiket keberangkatan di jam-jam puncak tadi karena biasanya penawaran harga tiket lebih murah jarang dijumpai di jadwal tersebut.

4. Coba Periksa Rute Alternatif

Tips berikutnya cobalah untuk memeriksa rute alternatif. Ini bisa jadi pilihan jika ternyata rute tiket yang Anda pilih dibanderol dengan harga terlalu mahal. Bisa jadi ada penawaran tiket yang lebih murah dengan rute yang berbeda meskipun pada akhirnya memiliki tujuan yang sama.

Tidak ada salahnya mencoba mencari beberapa pilihan rute kemudian membandingkan harga tiketnya. Ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan tiket yang jauh lebih terjangkau. Lagipula jika tujuan akhirnya sama dan waktu sampainya juga tidak terlalu berbeda jauh maka tidak masalah.

5. Cari Informasi Promo Lebih Dulu

Tentu saja Anda harus mencari informasi promo terlebih dahulu. Zaman sekarang ini ada banyak penawaran promo yang membuat harga tiket jadi lebih terjangkau. Jika bisa mendapatkan promo dan potongan harga tiket tentu sangatlah berarti. Apalagi jika Anda memang ingin menghemat bujet traveling dengan memilih tiket kereta api yang terjangkau.

Cobalah untuk mencari informasi promo dari berbagai sumber. Anda bisa mulai dari media sosial kemudian mencari tahu lewat aplikasi traveling Traveloka. Dari sini Anda bisa mendapatkan banyak pilihan penawaran promo yang menarik. Hitung saja dulu berapa biaya akhir tiket yang harus dibayarkan jika memakai promo. Pasti jauh lebih terjangkau daripada tidak pakai promo apapun.

Zaman sekarang memang lebih mudah beli tiket kereta api di Traveloka. Selain praktis karena belinya lewat aplikasi, Anda juga bisa mendapatkan harga tiket yang jauh lebih murah. Biaya traveling jadi bisa lebih hemat dan uangnya bisa dipakai untuk hal-hal lain. Langsung saja download aplikasi Traveloka dan cari tiket kereta api sesuai destinasi yang Anda inginkan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih21 Juni 2024, 23:39 WIB

Blak-Blakan Golkar Sebut Dukungan Ke Muraz-Andri di Pilkot Sukabumi Masih Dinamis

Ketua DPD Golkar Kota Sukabumi, Widagdo, buka suara terkait kesepakatan koalisi partainya dengan Demokrat yang secara resmi mengusung pasangan bakal calon wali kota Mohamad Muraz dan bakal calon wakil wali kota Andri Hamami
Rapat Anggota Koalisi Sukabumi Maju yang terdiri 6 Parpol, yaitu Gerindra, Golkar, PDIP, PAN, PPP, dan Nasdem, Jumat (21/6/2024) | Foto : Istimewa
Sukabumi21 Juni 2024, 22:00 WIB

Ratusan Aktivis Desak KLHK Cabut IUP PT Wilton: Jangan Sampai Sukabumi Seperti Papua

Ratusan aktivis mahasiswa dan Pemuda Sukabumi mendesak KLHK mencabut izin usaha pertambangan (IUP) PT Wilton Wahana Indonesia.
Ratusan Aktivis Mahasiswa dan pemuda Sukabumi gelar aksi demo di depan gedung KLHK. (Sumber : Istimewa)
Sehat21 Juni 2024, 21:00 WIB

6 Tanda Seseorang Mengidap Pradiabetes, Selalu Lapar dan Lelah dari Biasanya

Beberapa tanda seseorang telah mengidap pradiabetes.
Ilustrasi - Beberapa tanda seseorang telah mengidap pradiabetes.  (Sumber : Freepik/Jcomp)
Sukabumi21 Juni 2024, 20:13 WIB

Sejumlah Politisi Isi Lembaga Zakat Kahmi Sukabumi, Sodikin Didapuk Jadi Wantim

Politisi PKS Mohamad Sodikin didapuk menjadi Ketua Dewan Pertimbangan lembaga pengelolaan zakat yang dibentuk oleh Majelis Daerah Kahmi Sukabumi
Unit Pengumpul Zakat Majelis Daerah Kahmi Sukabumi | Foto : Istimewa
Sehat21 Juni 2024, 20:00 WIB

Rekomendasi 6 Camilan Malam Terbaik untuk Penderita Diabetes, Gula Darah Tetap Aman!

Camilan malam sebelum tidur ini bisa jadi rekomendasi asupan bagi penderita diabetes.
Ilustrasi - Camilan malam sebelum tidur ini bisa jadi rekomendasi asupan bagi penderita diabetes. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project).
Life21 Juni 2024, 19:30 WIB

Resiko Diabetes Tipe 2 Terhadap Kualitas Tidur Penderita Gula Darah di Malam Hari

Kualitas tidur yang buruk dapat memengaruhi kadar gula darah saat tidur.
Ilustrasi. Resiko Diabetes Tipe 2 Terhadap Kualitas Tidur Penderita Gula Darah di Malam Hari (Sumber : Pexels/VladaKarporvich)
Nasional21 Juni 2024, 19:03 WIB

PLN Masuk Jajaran 10 Besar Perusahaan Terbaik Asia Tenggara Versi Fortune

Transformasi bisnis dan kinerja mentereng sukses membawa PT PLN (Persero) masuk dalam daftar 10 besar perusahaan terbaik di Asia Tenggara versi 500 Fortune Southeast Asia tahun 2024.
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo | Foto : Ist
Sehat21 Juni 2024, 19:00 WIB

8 Kebiasaan yang Harus Berhenti Dilakukan Jika Anda Menderita Asam Lambung

Beberapa kebiasaan sudah seharusnya dihentika bagi Anda penderita asam lambung.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan sudah seharusnya dihentika bagi Anda penderita asam lambung. (Sumber : Freepik.com)
Sehat21 Juni 2024, 18:30 WIB

9 Ciri Orang yang Kuat Mental Meski Hidupnya Sering Disakiti

Kenali Ciri Seseorang Punya Mental Kuat Meski dalam Hidupnya Seringkali disakiti.
Ilustrasi.  Kenali Ciri Seseorang Punya Mental Kuat Meski dalam Hidupnya Seringkali disakiti.(Sumber : pixabay.com/@Elias)
Sukabumi21 Juni 2024, 18:27 WIB

Ujang, Pria Berteman Ular Kobra Kini Huni Tempat Lebih Layak di Cicurug Sukabumi

Ujang menghuni sebuah gubuk kecil berbentuk bedeng yang sungguh tidak layak huni. Dalam gubuk tersebut ia ditemani ular kobra peliharaannya. Kini rumahnya sudah diperbaikin swadaya oleh warga setempat
Ujang seorang lansia tinggal sebatang kara di Kampung Papisangan RT 4/5, Desa Caringin, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari