Simak Jika Ingin Awet Muda, Ini 5 Kebiasaan Sehat yang Memperlambat Penuaan

Rabu 12 Oktober 2022, 22:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Awet muda menjadi dambaan banyak orang, hingga tak jarang banyak yang rela mengeluarkan biaya besar agar tetap terlihat awet muda mulai dari memakai produk perawatan kulit anti-penuaan, perawatan diri, hingga latihan kebugaran.

Padahal ada cara sederhana yang bisa membuat seseorang awet muda. Dilansir dari Tempo.co,Inilah rutinitas harian yang membantu memperlambat penuaan merujuk dari eatthis.com 

1. Rutin Lakukan Yoga

Melakukan yoga dapat memperlambat proses penuaan. Banyak penelitian mengungkapkan bahwa berlatih yoga memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk berdampak positif pada penuaan sel, keseimbangan, mobilitas, dan kesehatan mental, serta menangkal penurunan kognitif. Ini semua adalah hal yang menimbulkan kekhawatiran di antara individu yang lebih tua.

.
Video viral rumah tergerus sungai tersebut diunggah akun instagram @bogor24update.
.
Terlihat aliran sungai tepatnya di Kelurahan Pasirjaya, Kecamatan Bogor Barat meluap dan menyebabkan satu rumah rata terbawa air.
.
"Izin melaporkan rumah kemarin yang tergerus air turapnya kini sudah ambruk terbawa banjir. Lokasi di RT 3/4 Kel. Pasirjaya Kec. Bogor Barat," tulisnya dikutip Suarabogor.id.
.
Bahkan, ada juga warga yang berteriak saat rumah tergerus aliran sungai tersebut.
.
"Allahuakbar," teriak warga pada video viral tersebut.
.
Hujan deras terus mengguyur Kota dan Kabupaten Bogor. Petugas Katulampa, Andi Sudirman menyebut bahwa bendungan Katulampa masih terbilang aman.
.
"Masih di angka 60, atau Siaga 4," kata Andi kepada Suarabogor.id, Rabu (12/10/2022).
.
Menurutnya, angka tersebut masih konsisten sejak satu jam terakhir. Ia berharap tidak ada kenaikan dari dampak hujan yang terus membasahi bogor sejak tadi sore.
.
Kendati demikian, ia mengimbau kepada masyarakat Bogor agar tetap waspada di cuaca penghujan ini. Ia khawatir masyarakat lengah di tengah kondisi Bogor yang mengalami cuaca ekstrem.
.
Sebelumnya, Wakil Wali kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan bahwa cuaca ekstrem di Kota Bogor akan berlangsung hingga april 2023 mendatang.
.
"Cuaca ekstrem sekarang perlu ada kehati-hatian yang tinggi. Karena cuaca ekstrem ini akan berlangsung sampai april menurut BMKG," kata Dedie.
.
Ia mencatat, sudah ada ratusan Kartu Keluarga yang terdampak bencana di Kota Bogor.
.
SUMBER : SUARA.COM" />

Sebagai contoh, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity mengungkapkan bahwa melakukan yoga selama 12 minggu dapat memperlambat penuaan sel pada individu yang sehat.

Studi lain yang diterbitkan di Frontiers in Human Neuroscience menemukan bahwa memulai retret yoga dan meditasi selama tiga bulan dikaitkan dengan penurunan stres dan peradangan.

2. Melakukan Diet Mediterania

Kebiasaan kesehatan terbaik berikutnya yang memperlambat penuaan berkaitan dengan diet. Menurut Blue Zones, diet Mediterania dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung dan bertahan hingga enam tahun dalam hidup. Itulah yang dilakukan oleh individu-individu di Ikaria, Yunani, salah satu Zona Biru, di mana banyak orang hidup berumur panjang hingga usia 100 tahun.

Diet Mediterania adalah semua tentang minyak zaitun, sayuran segar, biji-bijian, kacang-kacangan, beberapa ikan, dan porsi daging dan susu yang lebih kecil.

Penelitian mendukung betapa hebatnya diet Mediterania. Menurut Harvard T.H. Chan School of Public Health, penelitian menunjukkan diet khusus ini dapat membuat panjang umur dan meningkatkan penuaan yang sehat.

Baca Juga :

photoIlustrasi Wajah Cantik Indonesia - (Instagram @ralineshah)</span

3. Bangun massa otot

Menjaga dan membangun massa otot seiring bertambahnya usia sangatlah penting. Menurut Harvard Health Publishing, setelah mencapai usia 30 tahun, orang mulai kehilangan 3 persen hingga 5 persen dari massa otot tanpa lemak setiap 10 tahun. Bagian alami dari proses penuaan tubuh ini disebut sarcopenia.

Mengonsumsi protein, melakukan latihan kekuatan (khususnya dua hingga tiga setengah jam latihan setiap minggu, setelah berbicara dengan seorang profesional medis), menambahkan lebih banyak omega-3 ke dalam diet, menjaga kadar vitamin D tetap terkendali, dan pergi berjalan-jalan dapat membantu menjaga massa otot.

4. Rutin Bersosialisasi

Bersosialisasi adalah bagian utama dari kesehatan dan kebugaran. Menurut Mayo Clinic, bersosialisasi membantu menghilangkan perasaan kesepian, bersama dengan meningkatkan keterampilan kognitif dan memori, suasana hati, dan kesehatan secara keseluruhan. Bahkan dapat membantu memperpanjang hidup.

Baca Juga :

Psikolog Mayo Clinic, Craig Sawchuk, menjelaskan, "Pada dasarnya kita adalah makhluk sewan sosial, jadi kita cenderung berfungsi lebih baik ketika kita berada dalam komunitas dan berada di sekitar orang lain." Dia mengatakan bahwa orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya sendiri memiliki peluang lebih besar untuk merasa tertekan dan menjalani kualitas hidup yang lebih rendah.

5. Cukup Tidur

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Menurut News in Health, tidur yang tenang dapat meningkatkan mood dan kinerja otak. Beberapa orang mengatakan itu sama pentingnya dengan rutinitas latihan yang solid dan diet sehat. Kurang tidur dapat meningkatkan risiko terkena gangguan atau penyakit, seperti obesitas, penyakit jantung, demensia, dan stroke.

Peneliti tidur di University of Colorado, Kenneth Wright, menjelaskan bahwa selama tidur ada proses perbaikan tertentu yang terjadi di dalam tubuh sebagian besar, atau paling efektif, selama tidur. "Jika Anda tidak cukup tidur, proses-proses itu akan terganggu," ujar dia.

Menurut pakar tidur Marishka Brown, ada tiga faktor kunci dikaitkan dengan tidur sehat, "Salah satunya adalah berapa banyak tidur yang dapatkan. Yang lainnya adalah kualitas tidur dengan mendapatkan tidur yang tidak terganggu dan menyegarkan. Yang terakhir adalah jadwal tidur yang konsisten."

Baca Juga :

SUMBER: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa