Sering Gagal Saat Tes Wawancara Beasiswa? Simak 5 Tips Ini Agar Lolos

Selasa 11 Oktober 2022, 15:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak yang mendambakan beasiswa dalam melanjutkan pendidikan karena dapat meringankan dari segi biaya. Namun banyak orang yang gagal mendapatkan beasiswa saat tes wawancara.

Tes wawancara beasiswa sendiri menjadi salah satu tahapan yang harus dilalui oleh kandidat penerima beasiswa. Hal tersebut dilakukan pemberi beasiswa untuk menilai kepribadian dan memastikan yang ditulis dalam data pendaftar sesuai dengan kenyataan.

Lalu bagaimana agar bisa lolos tes wawancara beasiswa? Simak tips dari ahli berikut.

Melansir dari Tempo.co, Junaidi Fery Efendi, dosen sekaligus Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Alumni dan Inovasi Universitas Muhammadiyah Surabaya membagikan sejumlah tips agar calon mahasiswa sukses saat melakukan wawancara beasiswa.

1. Sering Berlatih Wawancara

Pertama, kata Junaidi, yang harus dilakukan adalah sering berlatih wawancara. Dalam hal ini, latihan bisa melibatkan keluarga atau teman. “Posisikan kamu sedang berada dalam wawancara serius oleh tim penilai beasiswa. Hal ini bagus untuk melatih komunikasi,” katanya dilansir dari laman resmi UM Surabaya pada Selasa, 11 Oktober 2022.

Ia mencontohkan beberapa pertanyaan yang bisa digunakan di antaranya menceritakan tentang diri, jelaskan tentang kelebihan dan kekurangan, jelaskan kekuatan dan kelemahan terbesar, alasan memilih beasiswa, motivasi saat mendaftar beasiswa, bagaimana cara mengatasi hambatan yang besar, atau kontribusi yang akan diberikan setelah menyelesaikan studi.

2. Datang Tepat Waktu

Kedua, yang harus dilakukan saat melakukan wawancara calon mahasiswa harus tepat waktu. Artinya calon mahasiswa dilarang terlambat. Datang lebih awal ini akan membuat kesan yang baik bahwa calon mahasiswa adalah seseorang yang disiplin.

Baca Juga :

3. Tetap Tenang Jangan Gugup

photo(Ilustrasi) Beasiswa - (Freepik)</span

Ketiga, tetap tenang dan jangan gugup. Ambil nafas panjang duduk diam, lakukan kontak mata, atur postur tubuh, tenangkan pikiran agar terlihat siap dan santai.

“Yang terpenting jangan sering-sering mengulang kata misalnya 'apa', 'umm[ atau 'ah' yang terkesan seseorang sedang ragu-ragu dan tidak yakin. Pastikan bahwa setiap jawaban yang keluar dari mulut adalah benar dan bisa dipertanggungjawabkan,”imbuhnya lagi.

4. Berpakaian Rapi dan Sopan

Keempat, berpakaianlah yang rapi dan pantas. Artinya seseorang harus berpakaian formal. Jika wanita gunakanlah rok atau celana atasan kemeja. Pastikan bersih rapi dan tidak ada kerutan.

5. Jawab Pertanyaan dengan Jujur

Kelima, jangan mengarang jawaban. Jika calon mahasiswa tidak mengetahui jawaban yang ditanyakan cobalah minta penjelasan lebih lanjut atau katakan tidak tahu jika memang betul-betul tidak mengetahui.

“Jangan coba-coba untuk mengarang jawaban yang tidak diketahui, hal ini bisa berakibat fatal karena hal ini akan menunjukkan seberapa banyak pengetahuan yang dimiliki," ujarnya.

Jangan gugup dari awal hingga akhir. Usahakan tetap santai. Seorang pewawancara pasti bisa melihat kegelisahan para pelamar. Selama mempersiapkan diri dengan baik percayalah bahwa anda telah melakukan yang terbaik. “Pastikan CV yang anda tulis sangat berkesan sehingga mendapatkan kesempatan untuk menjalani tahapan wawancara. Terus tanamkan percaya diri bahwa anda akan diterima,” katanya.

Baca Juga :

SUMBER: TEMPO.CO

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkini
Life20 Juli 2024, 08:00 WIB

40 Kata-kata Motivasi untuk Anak Sekolah Agar Semangat Dalam Belajar

Kata-kata motivasi dapat membantu anak untuk membangun mental yang kuat dan tidak mudah menyerah.
Ilustrasi - Kata-kata motivasi dapat membantu anak untuk mengembangkan karakter positif, seperti ketekunan, kerja keras, dan optimisme. (Sumber : pexels.com/@Rebecca Zaal).
Keuangan20 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Tips Menabung untuk Investasi Masa Tua, Hidup Bahagia dan Sejahtera

Kurangi pengeluaran yang tidak perlu dan fokus pada kebutuhan daripada keinginan bisa menjadi cara hidup yang membantu suksesnya investasi masa tua.
Ilustrasi. Menabung untuk Investasi Masa Tua (Sumber : Freepik/@freepik)
Science20 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 Juli 2024, Cek Dulu Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Sabtu Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Sabtu Juli 2024. (Sumber : pexels.com/Jonathan Young)
Food & Travel20 Juli 2024, 05:30 WIB

Spot Berburu Kerang, Sisi Lain Pantai Cikadal Sukabumi Lokasi Utama GCS Ke-3

Pantai Cikadal di Desa Mandrajaya Ciemas Sukabumi disebut juga Pantai Patireman. Lokasi favorit berburu tiram atau kerang laut.
Warga saat berburu tiram/kerang laut di Pantai Cikadal atau Pantai Patireman, Desa Mandrajaya, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi19 Juli 2024, 23:32 WIB

Identitas Wanita Korban Tabrak Lari di Parungkuda Sukabumi Terungkap

Keluarga korban tabrak lari di Parungkuda Sukabumi berharap polisi bisa menangkap pelaku.
Polisi saat olah TKP kasus kecelakaan yang menewaskan seorang wanita usai disambar mobil di Jalan Raya Sukabumi-Bogor, Parungkuda Sukabumi. (Sumber Foto : Istimewa)
Nasional19 Juli 2024, 22:41 WIB

Wanita Sukabumi Ini Ditangkap Bareskrim Karena Terlibat Kasus Scam Online Internasional

Berikut peran dari Wanita Sukabumi yang ditangkap Bareskrim Polri saat pulang kampung karena terlibat kasus Scam Online Internasional Jaringan Dubai.
Kasubdit II Dittipidsiber Bareskrim Polri Kombes Alfis Suhaili saat konpers terkait penangkapan wanita Sukabumi tersangka scam online internasional di Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2024). (Sumber : Humas Polri)
Sehat19 Juli 2024, 21:44 WIB

BPA pada Kemasan Air Minum Dilarang, Uni Eropa Resmi Terapkan Akhir 2024

Sebanyak 27 negara maju yang bergabung dalam Uni Eropa tegas menyatakan, BPA sudah tidak boleh lagi digunakan mulai akhir tahun 2024.
(Foto Ilustrasi) Uni Eropa mengeluarkan aturan terkait penggunaan BPA pada kemasan galon isi ulang. | Foto: Istimewa
Life19 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mendidik Anak ADHD dengan Pola Pengasuhan yang Efektif dan Tepat

Beberapa pengasuhan yang tepat untuk mendidik anak ADHD adalah solusi yang bisa dilakukan.
Ilustrasi - Beberapa pengasuhan yang tepat untuk mendidik anak ADHD adalah solusi yang bisa dilakukan. (Sumber : unsplash.com/@Séan Gorman)
Sukabumi19 Juli 2024, 20:53 WIB

Resmi Jadi Kapolres Sukabumi Kota, Ini Pesan AKBP Rita Suwadi

Kedatangan AKBP Rita Suwadi sebagai Kapolres Sukabumi Kota baru disambut polisi cilik dan tradisi pedang pora.
Tradisi pedang pora sambut kedatangan AKBP Rita Suwadi sebagai Kapolres Sukabumi Kota yang baru. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi19 Juli 2024, 20:32 WIB

Harapan Anggota DPRD Sukabumi Terkait Penyelenggaraan Healthy Cities Summit 2024

Harapan dan pesan Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Badri Suhendi terkait penyelenggaraan event HCS 2024 pada 28-31 Juli 2024 mendatang.
Badri Suhendi, Anggota Komisi I DPRD Fraksi Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto: dok setwan