TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

5 Tips Hemat Listrik di Rumah Untuk Menekan Pengeluaran Bulanan

Dede Imran
Penulis
Senin 29 Agt 2022, 18:15 WIB
5 Tips Hemat Listrik di Rumah Untuk Menekan Pengeluaran Bulanan

SUKABUMIUPDATE.com - Menghemat pemakaian listrik menjadi sangat penting mengingat jaman sekarang listrik menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi hampir semua orang. Banyak barang-barang yang menunjang kehidupan sehari-hari memerlukan energi listrik mulai dari rumah tangga hingga pekerjaan.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghemat penggunaan listrik di rumah.

Melansir dari Tempo.co, berikut adalah tips untuk hemat listrik di rumah, dikutip dari laman EBTKE ESDM.

Baca Juga :

1. Mengatur jam kerja di rumah

Ketika Anda bekerja di rumah, Anda bisa mengatur target dan jam kerja Anda. Dengan mengatur target dan jam kerja, Anda bisa menggunakan perangkat elektronik dengan lebih terjadwal.

2. Gunakan perangkat yang hemat energi

Usahakan rumah Anda menggunakan perangkat yang hemat energi. Misalnya, untuk menerangi rumah, Anda bisa memilih lampu LED dibandingkan menggunakan lampu pijar. Hal ini karena lampu LED bisa menghemat energi minimal 14 persen.

photo(Ilustrasi) Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menekan pengeluaran rumah tangga, salah satunya yakni menghemat pemakaian listrik - (Unplash Patrick Schneider)</span

3. Usahakan jangan gunakan alat elektronik stand by mode

Tanpa disadari, perangkat elektronik, seperti mesin cuci dan televisi berada dalam stand-by mode. Hal ini terjadi karena ketika tidak digunakan, perangkat tersebut tidak benar-benar dimatikan atau dicabut kabelnya. Padahal, dalam waktu yang lama, stand-by mode bisa menghabiskan energi yang lumayan besar.


Dede Imran
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini