Merasa Sebal Usai Lihat Foto Selfie Diri Sendiri, Ternyata Ini Alasan Psikologisnya

Sabtu 27 Agustus 2022, 22:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pernah merasa sebal setelah melihat foto selfie diri sendiri seperti potongan rambut barumu tidak sehebat yang kamu kira atau gaunmu tidak terlihat bagus sama sekali? ternyata fenomena tersebut memiliki alasan menurut ilmu psikologi

Melansir dari Tempo.co, beberapa hal dapat berperan dalam fenomena ini, kata Aenne Brielman, psikolog dan peneliti pascadoktoral yang mempelajari kecantikan dan estetika di Institut Max Planck untuk Sibernetika Biologis di Jerman. Pertama? Harapan Anda saat Anda merencanakan foto yang sempurna.

"Setiap kali kami mengevaluasi sesuatu, apakah itu keindahan, rasa, apa yang Anda miliki itu tidak pernah didasarkan pada nilai absolut yang dimiliki benda itu," katanya. Artinya, foto Anda tidak secara objektif "baik" atau "buruk", atau jika Anda lebih suka media sosial yang setara, "layak diposkan" atau "tidak layak diposkan".

Baca Juga :

Sebaliknya, "evaluasi kami selalu relatif terhadap harapan kami," kata Brielmann, mencatat bahwa kebanyakan dari kita sebenarnya memiliki harapan yang cukup tinggi untuk diri kita sendiri, selama sesuatu seperti depresi klinis tidak berperan. "Jika kita berharap foto kita lebih baik dari rata-rata, dan kita mendapatkan foto rata-rata, kita cenderung kecewa," kata Brielmann. "Ini gambar yang bagus, tapi kami berharap memiliki gambar yang bagus."

Ini penting untuk diingat jika Anda cenderung memilih foto Anda sendiri, seperti yang semakin banyak dilakukan oleh kita. Lebih dari tiga perempat ahli bedah plastik mengatakan bahwa pasien mereka mencari prosedur kosmetik profesional agar terlihat lebih baik dalam selfie mereka, naik 35 persen sejak American Academy of Facial Plastic and Reconstructive Surgery pertama kali melihat trend pada tahun 2016. 

Brielmann mengatakan patut dipertanyakan apakah kita dapat mengevaluasi sebuah foto secara independen dari ingatan yang terkait dengannya.

photoSelfie. - (plus.google.com)</span

Ini berarti bahwa mengingat saat-saat indah bahkan jika itu baru minggu lalu membuat penilaian foto menjadi lebih positif, karena kita cenderung melihat keindahan sebagai salah satu bagian dari keseluruhan pengalaman positif, yang diwarnai oleh nostalgia dan tidak ada stresor yang mengganggu saat ini.

"Kita cenderung membuang kenangan negatif, selain kenangan yang sangat tidak menyenangkan dan ancaman nyata," kata Brielmann, "jadi pada umumnya, kita hanya mengingat saat-saat indah."

Baca Juga :

amela K. Keel, profesor riset di Florida State University, yang mempelajari gangguan makan dan citra tubuh, menambahkan suasana hati mempengaruhi cara Anda memandang diri sendiri.

"Jadi, suasana hati yang buruk dapat berkontribusi pada persepsi ketidaksempurnaan yang meningkat." Belum lagi, sifat statis dari foto membuat nit-picking sangat menggoda. "Sebuah foto membekukan penampilan kita pada waktunya, yang menciptakan kesempatan untuk fokus pada detail karena detail itu tidak berubah," kata Keel. "Dalam kehidupan nyata, kita terus bergerak, dengan perubahan ekspresi wajah dan posisi tubuh yang mendorong kita untuk melihat diri kita sebagai keseluruhan komposisi."

Baca Juga :

SUMBER: INSTYLE | TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life20 Mei 2024, 19:00 WIB

8 Alasan Ilmu Tenang Itu Mahal dan Berharga, Apa Kamu Memilikinya?

Mengubah pola pikir dan kebiasaan yang telah terbentuk selama bertahun-tahun membutuhkan usaha yang besar. Ilmu tenang ini termasuk belajar untuk berpikir positif, mengatasi pikiran negatif, dan membangun rutinitas yang menenangkan.
Ilustrasi. Alasan Ilmu Tenang Itu Mahal dan Berharga, (Sumber : Pexels.com/WouterdeJong)
Sehat20 Mei 2024, 18:45 WIB

7 Buah dan Sayuran Kuning Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol, Kaya Vitamin B12

Buah dan Sayuran yang berwarna kuning ternya bsia membantu menurunkan kolesterol tinggi. Karena kaya akan vitamin B12 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh
Ilustrasi buah dan sayur kuning kaya akan vitamin B12 yang mampu turunkan kolesterol (Sumber : Freepik.com)
Arena20 Mei 2024, 18:31 WIB

Wabup Iyos Lepas 151 Kontingen Sukabumi di Popwilda Jabar 2024

Lepas 151 kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024, ini pesan Wabup Iyos Somantri.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat melepas kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sehat20 Mei 2024, 18:30 WIB

3 Ciri Kolesterol Tinggi yang Terlihat di Mata, Segera Periksa Jika Mengetahuinya

Seseorang yang menderita kolesterol tinggi bisa terlihat dari perubahan warna atau sesuatu di dalam matanya. Setelah mengetahui ciri tersebut alangkah baiknya segera menemui dokter untuk diperiksa lebih lanjut
Ilustrasi ciri kolesterol tinggi ini pada mata yang perlu diketahui dan segera diperiksa ke dokter (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sehat20 Mei 2024, 18:15 WIB

5 Makanan Ini Ramah Untuk Diabetes, Bantu Kontrol Gula Darah Secara Alami

Bagi penderita diabetes pasti ketakutan untuk mengkonsumsi gula. Tapi tidak perlu khawatir, karena da beberapa makana yang ramah untuk diabetes dan bantu mengontrol gula darah secara alami
Ilustrasi makanan ramah untuk penderita diabetes bisa kontrol gula darah secara alami (Sumber : Freepik.com)
Life20 Mei 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Selamat dalam Perjalanan, Amalkan Saat Hendak Pergi Keluar Rumah

Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas.
Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas. (Sumber : Freepik.com /@fanjianhua)
Sukabumi Memilih20 Mei 2024, 17:50 WIB

Poros Dwikora Usung Fikri Abdul Aziz Dampingi Asep Japar di Pilkada Sukabumi: Paket Komplit

Secara terang-terangan poros dwikora mengusung Fikri Abdul Azis di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024, mereka berharap Fikri Abdul Aziz bisa bersanding menjadi wakil bupati mendampingi Asep Japar sebagai calon bupati.
Vega Sukma Yuda selaku juru bicara poros Dwikora saat diwawancarai awak media. Senin (20/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
DPRD Kab. Sukabumi20 Mei 2024, 17:49 WIB

Kaji Raperda Rencana Pembangunan Industri, DPRD Sukabumi Konsultasi ke Biro Hukum Pemprov Jabar

Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi kunjungan kerja ke Biro Hukum Pemprov Jabar. Konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri 2024-2044.
Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi saat konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri ke Biro Hukum Pemprov Jabar. (Sumber : Istimewa)
Sehat20 Mei 2024, 17:45 WIB

6 Manfaat Olahraga Teratur Bagi Penderita Diabetes, Mempengaruhi Insulin!

Olahraga memiliki peran penting bagi penderita diabetes, salah satunya bisa mempengaruhi insulin agar bisa bekerja dengan baik. Maka dari itu penting sekali bagi penderita diabetes untuk olahraga secara rutin
Bagi penderita diabetes, penting untuk mengetahui 6 manfaat olahraga untuk insulin lebih baik. (Sumber : Freepik/@benzoix)
Gadget20 Mei 2024, 17:30 WIB

Intip Spesifikasi dan Harga HP Tecno Camon 30 Series yang Segera Hadir di Indonesia

Seri terbaru dari smartphone Tecno ini menghadirkan beberapa model dengan spesifikasi dan harga yang beragam.
Seri terbaru dari smartphone Tecno ini menghadirkan beberapa model dengan spesifikasi dan harga yang beragam. (Sumber : tecno-mobile.com).