TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Hati-hati Saat Bersosial Media, Kelola Jejak Digital Agar Tak Merugikan Diri Sendiri

Penulis
Rabu 20 Jul 2022, 22:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Saat bersosial media kita tidak bisa serta merta berbuat seenak hati, namun tetap harus berhati-hati dan tak lupa untuk memperhatikan etika karena bukan tidak mungkin jejak digital yang kita tinggalkan bisa merugikan diri sendiri di masa depan.

Melansir dari Suara.com, Guru Besar Manajemen dan Kebijakan Publik Universitas Gadjah Mada (UGM) Agus Pramusinto mengingatkan tentang pentingnya mengelola jejak digital guna menghindari hal-hal yang merugikan diri sendiri di kemudian hari.

"Kita harus ingat, jejak digital tidak bisa dihapus. Apa yang kita tinggalkan akan terekam walaupun Anda sudah menghapusnya, tapi barangkali orang lain telah screenshot," ujar Agus pada Selasa (19/7/2022).

Hal itu disampaikannya dalam webinar bertema Hati-Hati Menyebar Data Pribadi di Media Sosial, di Tarakan, Kalimantan Utara, baru-baru ini.

Agus mengatakan jejak digital dapat diartikan sebagai bukti-bukti yang ditinggalkan warganet setelah beraktivitas di internet yang berpotensi untuk dicari, disalin, dicuri, dan dipublikasi oleh orang lain.

Jejak digital yang berupa unggahan, situs yang dikunjungi, komentar di media sosial, ataupun transaksi belanja dapat membentuk citra diri pengguna internet yang bersangkutan.

Bahkan, kata dia, jejak digital dapat mempengaruhi masa depan seseorang semisal untuk melanjutkan pendidikan maupun melamar pekerjaan. Untuk itu, dia mengingatkan masyarakat untuk mengelola jejak digital dengan baik agar tidak menimbulkan kerugian di kemudian hari.

"Kalau Anda meninggalkan jejak kebaikan, hasilnya akan baik untuk Anda. Tetapi, kalau Anda meninggalkan jejak keburukan, Anda juga yang akan mendapatkan balasannya,” kata dia.

Sementara itu, Konsultan Sejiwa sekaligus Program Manager Jawara Internet Sehat Khusnul Aflah mengatakan terdapat sejumlah hal yang perlu dihindari dalam bermedia sosial.


Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x