bankbjb

Waspada Ponsel Black Market: Fungsi dan Cara Cek IMEI, Melacak Handphone Hilang

Secara sederhana, IMEI membantu para pengguna untuk memastikan handphone yang digunakan legal atau justru ilegal.

Fitriansyah
Penulis
Jumat 25 Nov 2022, 12:42 WIB
Waspada Ponsel Black Market: Fungsi dan Cara Cek IMEI, Melacak Handphone Hilang

SUKABUMIUPDATE.com - Handphone yang dapat ditebus dengan harga murah tentu menggiurkan. Dibalik harga murah penting untuk memastikan apakah IMEI Handphone tersebut terdaftar atau tidak?

Handphone terdaftar maksudnya adalah ponsel yang legal untuk digunakan atau tidak berasal dari black market (pasar gelap) secara tidak resmi. Secara sederhana, IMEI membantu para pengguna untuk memastikan handphone yang digunakan legal atau justru ilegal.

Untuk memahami  IMEI lebih lanjut, simak informasi berikut yang dilansir dari dewaweb.id!

Apa itu IMEI?

IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity, sebuah nomor unik yang pasti dimiliki setiap Handphone (HP). Oleh karena unik, nomor IMEI setiap produk tentu tidak sama sehingga disebut sebagai identitas khusus sebuah HP.

Biasanya, jumlah nomor IMEI setiap ponsel terdiri dari 15-17 digit. Nomor unik IMEI yang dikeluarkan oleh penyedia layanan digunakan untuk mengidentifikasi validitas perangkat.

Secara khusus IMEI juga digunakan untuk mengaktifkan jaringan GSM (Global System for Mobile Communication) agar dapat mengidentifikasi perangkat tersambung dengan handphone tersebut.

Fungsi IMEI

1. IMEI Berfungsi Mengecek Garansi HP. Garansi biasa digunakan ketika Handphone berada dalam keadaan rusak atau tidak bisa digunakan.

Saat melakukan proses klaim garansi ini, tempat service centre akan menanyakan nomor IMEI akan ditanyakan untuk dicocokkan dengan database yang dimiliki. Database IMEI akan menunjukkan apakah ponsel tersebut masuk kategori baru, dalam masa garansi, bekas atau pernah dilakukan perbaikan sebelumnya.


Fitriansyah
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini