Sangkuriang, Legenda Gunung Tangkuban Parahu yang Tidak Pernah Pudar

Kamis 06 Juni 2024, 10:15 WIB
Ilustrasi Gunung Tangkuban Parahu yang memiliki kisah legenda tidak pernah pudar yaitu Sangkuriang (Sumber : pixabay.com/@isthosirin03)

Ilustrasi Gunung Tangkuban Parahu yang memiliki kisah legenda tidak pernah pudar yaitu Sangkuriang (Sumber : pixabay.com/@isthosirin03)

SUKABUMIUPDATE.com - Legenda Tangkuban Parahu adalah salah satu cerita rakyat yang sangat terkenal dari Jawa Barat, Indonesia. Karena mengisahkan asal usul dari terbentuknya gunung tersebut yang memiliki bentuk unik menyerupai perahu terbalik.

Gunung Tangkuban Parahu, dengan keindahan alamnya serta cerita dibaliknya selalu berhasil menjadi daya tarik wisata memikat bagi banyak orang agar datang dan menyaksikan langsung bentuk gunung yang menyerupai perahu terbalik tersebut.

Legenda Gunung Tangkuban Parahu tidak hanya menjadi bagian dari kebudayaan lokal, tetapi juga mampu menarik perhatian banyak wisatawan karena memiliki keindahan alam serta kisah menarik yang menyertainya.

Baca Juga: 10 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi dalam Darah

Menurut legenda, pada zaman dahulu, di sebuah kerajaan yang terletak di kawasan pegunungan Jawa Barat, hiduplah seorang putri sangat cantik dan bijaksana bernama Dayang Sumbi. Ia merupakan putri dari seorang raja yang sangat dihormati bahkan memiliki kecantikan yang tiada tandingannya. Selain itu, Dayang Sumbi juga dikenal sebagai wanita dengan pikiran cerdas serta berbudi luhur.

Tentu semua ini berhasil menarik perhatian banyak pria yang ingin meminangnya sebagai istri. Akan tetapi, Dayang Sumbi lebih memilih untuk hidup sederhana di sebuah desa, jauh dari kehidupan istana yang mewah. Di desa itu, ia menjalani kehidupan dengan tenang dan damai, menghabiskan waktu dengan tenunan serta kegiatan sehari-hari lainnya.

Suatu hari, ketika Dayang Sumbi sedang menenun merasa sangat lelah dan tidak sengaja menjatuhkan alat tenunnya. Lalu, ia membuat sebuah janji bagi siapapun yang berhasil mengambil alat tenun miliknya akan dijadikan suami bila itu laki-laki, atau menjadi saudaranya kalau seorang perempuan.

Baca Juga: 8 Cara Menjaga Kualitas Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Tak disangka, kalau yang mengambil alat tenun miliki Dayang Sumbi itu adalah anjing peliharaannya bernama Tumang.

Ternyata, Tumang bukanlah anjing biasa melainkan penjelmaan dari seorang dewa. Sesuai dengan janjinya, Dayang Sumbi menikahi Tumang, lalu dari pernikahan tersebut lahirlah seorang anak laki-laki yang tampan dan kuat bernama Sangkuriang.

Sangkuriang tumbuh menjadi pemuda yang gagah serta pemberani. Sejak kecil, ia sering pergi berburu di hutan bersama Tumang. Suatu hari, dalam perjalanan berburu, Sangkuriang merasa kesal karena tidak berhasil mendapatkan buruan.

Dalam kemarahannya, ia menembak mati Tumang, yang dianggapnya tidak berguna dan terus menggonggong. Sangkuriang saat itu tidak tahu bahwa Tumang merupakan ayah kandungnya sendiri. Ketika pulang ke rumah dan memberi tahu ibunya tentang kejadian tersebut, Dayang Sumbi sangat marah dan kecewa.

Baca Juga: Simpel, Ini Cara Buat Air Cuka Apel dan Kayu Manis Untuk Turunkan Gula Darah

Karena diliputi kemarahan yang besar, Dayang Sumbi memukul Sangkuriang di bagian kepala hingga meninggalkan. Sebelum mengusirnya, ia memberitahu sang anak bahwa Tumang adalah ayah kandungnya.

Sangkuriang yang kecewa sekaligus tidak percaya kalau Tumang adalah ayahnya, pergi dari rumah. Beberapa tahun kemudian, setelah diusir dari rumah, Sangkuriang dewasa mengembara dan secara tidak sadar kembali ke tempat asalnya tanpa mengenali daerah tersebut.

Pada saat itu juga, Dayang Sumbi yang telah lama ditinggalkan anaknya masih hidup dan tetap awet muda berkat kekuatan magis yang diduga dari daging Tumang. Suatu hari, Sangkuriang bertemu dengan seorang wanita cantik dan langsung jatuh cinta padanya.

Baca Juga: 6 Minuman Terbaik Untuk Atasi Kadar Gula Darah Tinggi, Bisa Dibuat di Rumah!

Tanpa mengetahui bahwa wanita tersebut adalah ibunya sendiri, Sangkuriang melamar Dayang Sumbi. Namun, Dayang Sumbi akhirnya mengenali Sangkuriang melalui luka di kepalanya.

Dari situ, Dayang Sumbi berusaha keras untuk menggagalkan rencana menikah dengan Sangkuriang tanpa mengungkapkan kebenaran yang sebenarnya. Bahkan, ia memberi syarat yang hampir mustahil dilakukan agar pernikahan dengan anaknya sendiri bisa gagal.

Dia meminta Sangkuriang untuk membuat sebuah danau dan perahu besar dalam waktu satu malam. Sangkuriang yang memiliki kekuatan supranatural, menerima tantangan tersebut dan hampir menyelesaikannya.

Baca Juga: Bebas Nyeri Sendi, 8 Jenis Obat Herbal yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Namun, Dayang Sumbi berdoa kepada para dewa untuk menggagalkan usaha Sangkuriang demi tidak menikahinya. Para dewa pun mendengar doanya, lalu membuat fajar datang lebih cepat.

Melihat tugasnya belum selesai karena sinar matahari mulai muncul serta Dayang Sumbi bilang ia sudah gagal, Sangkuriang marah besar dan menendang perahu yang sedang dibuatnya hingga terbalik.

Perahu terbalik di tengah danau tersebut berubah menjadi sebuah gunung yang kini dikenal sebagai Gunung Tangkuban Parahu.

Legenda Tangkuban Parahu mengandung banyak pelajaran berharga tentang pentingnya hubungan keluarga, kesetiaan, dan konsekuensi dari tindakan kita. Selain itu, kisah ini memperlihatkan bagaimana keajaiban serta unsur magis sering kali menjadi bagian penting dari cerita rakyat Indonesia.

Baca Juga: Cara Meracik Rebusan Kayu Manis untuk Menyembuhkan Penyakit Gula Darah Tinggi, Simpel!

Selain itu, cerita legenda ini juga menyampaikan sebuah pesan tentang hubungan keluarga bisa rusak akibat perbuatan tidak benar seseorang. Kisah Tangkuban Parahu mengandung unsur magis serta keajaiban yang merupakan ciri khas dari cerita rakyat Indonesia.

Kini, Gunung Tangkuban Parahu sendiri merupakan salah satu objek wisata terkenal di Jawa Barat, dengan daya tarik gunungnya yang menyerupai perahu terbalik tersebut untuk menarik banyak pengunjung agar bisa melihat bentuknya

Itulah sebagian dari kisah legenda Tangkuban Parahu yang sampai sekarang sering dijumpai para wisatawan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 Juli 2024, 11:18 WIB

Yuk! Pahami Dampak Bullying di Sekolah dan Cara Mengatasinya

Seperti yang terjadi baru-baru ini kasus bullying atau perundungan yang dialami oleh NCL berusia 10 tahun, seorang pelajar SD di Kota Sukabumi menjadi korban dan mengalami pendarahan obat dan ketergantungan obat.
Ilustrasi. Artikel Dampak Bullying di Sekolah dan Cara Mengatasinya (Sumber: Pinterest)
Sukabumi Memilih27 Juli 2024, 11:03 WIB

Panwaslu Kalibunder Sosialisasikan Netralitas ASN dan Penguatan PKD untuk Pilkada Sukabumi

Antisipasi pelanggaran di Pilkada 2024, Panwaslu Kalibunder Sukabumi gelar sosialisasi pengawasan Netralitas ASN.
Panwaslu Kalibunder Sukabumi gelar sosialisasi pengawasan ASN untuk antisipasi pelanggaran Pikada 2024. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel27 Juli 2024, 11:00 WIB

10 Makanan Sumber Karbohidrat Selain Nasi, Ada Kentang hingga Ubi Jalar

Memvariasikan sumber karbohidrat dalam diet dapat membantu memastikan asupan nutrisi yang seimbang dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Kaya akan pati dan serat, kentang adalah salah satu makanan sumber karbohidrat yang bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan. (Sumber : Pexels/Pixabay)
Sukabumi27 Juli 2024, 10:42 WIB

Heboh Roti Okko Pakai Pengawet Kosmetik, Pemilik Warung di Sukabumi: Sales Gak Datang Lagi

Pemilik Warung di Sukabumi ungkap sejak dua bulan kebelakang tak mendapat suplai Roti Okko setelah dikabarkan mengandung bahan pengawet kosmetik.
Roti Okko. (Sumber Foto : rotiokko.com)
Life27 Juli 2024, 10:00 WIB

10 Ciri Wanita Suka Sama Kita Tapi Dia Cuek, Malu-malu Kucing!

Mengetahui apakah seorang wanita menyukaimu meski terlihat cuek bisa menjadi tantangan. Namun, ada beberapa tanda yang dapat membantumu memahami perasaannya.
Ilustrasi - Mengetahui apakah seorang wanita menyukaimu meski terlihat cuek bisa menjadi tantangan. Namun, ada beberapa tanda yang dapat membantumu memahami perasaannya. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan27 Juli 2024, 09:44 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Rilis Laporan Kinerja Tahun 2023, Ini Dia Prestasinya

Salah satunya, BPJS Ketenagakerjaan berhasil mencatatkan pertumbuhan kepesertaan yang baik selama tahun 2023.
Suasana di kantor pelayanan BPJS Ketenagakerjaan. (Sumber : Dok. BPJS Ketenagakerjaan)
Nasional27 Juli 2024, 09:31 WIB

Hadiri JMS 2024, Pj Gubernur Optimistis Jatim Episentrum Baru Industri Media

Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menghadiri Jatim Media Summit 2024 di Ballroom Whiz Luxe Hotel Spazio Surabaya, Kamis (25/7/2024).
CEO Suara.com Suwarjono dan CEO beritajatim.com Dwi Eko Lokononto memberikan cinderamata ke Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono di Jatim Media Summit (JMS) 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat27 Juli 2024, 09:00 WIB

7 Cara Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Mulai dari Sejak Usia Muda

Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas.
Ilustrasi -  Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas. (Sumber : pexels.com/Andrea Piacquadio)
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)