Wisata Alam Aku Cantik Villa Jadi Buruan Papajar Warga Sukabumi Jelang Ramadan

Senin 04 Maret 2024, 17:11 WIB
Wisata Alam Aku Cantik Villa di Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

Wisata Alam Aku Cantik Villa di Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Tradisi papajar menyambut bulan Ramadan 1445 H mulai dilakukan oleh warga Sukabumi, Jawa Barat.

Papajar merupakan suatu tradisi kebanyakan masyarakat Sukabumi dalam menyambut datangnya bulan suci dengan mengunjungi objek wisata terdekat untuk sekedar berekreasi dan makan bersama (botram).

Satu tempat yang mulai ramai dikunjungi untuk tujuan papajar di Kota Sukabumi adalah wisata alam Aku Cantik Villa yang berada di Jalan Sawahbera, Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong.

Objek wisata yang menyediakan fasilitas camping ground hingga penginapan tersebut sudah mulai dipenuhi pengunjung yang melaksanakan tradisi papajar, seminggu sebelum hari pertama puasa.

Salah satu pengunjung, Erni Sumarni (53 tahun) mengatakan, Aku Cantik Villa menjadi daya tarik tersendiri bagi dirinya karena tempatnya nyaman dan asri sehingga cocok untuk menjadi tempat papajar.

Baca Juga: Membaca Sejarah Papajar, Tradisi Sambut Ramadhan yang Berkembang di Sukabumi

Terlebih, sekembalinya pemilik wisata, suasana Aku Cantik berubah menjadi lebih bersih dan tertata. Pasalnya, selama dua tahun pandemi COVID-19, tempat wisata ini sepi dan kurang terawat.

“Alhamdulillah cukup memuaskan tadi juga gelar tikar disediakan dibantu dari sini keperluan apa apa disediakan," ujar Erni yang juga Ketua RW di Kabandungan, Desa Parungseah, Kecamatan Sukabumi itu, Minggu 3 Februari 2024.

Selain itu, Erni menyebut alasan memilih tempat wisata alam ini karena fasilitasnya yang lengkap serta lokasinya strategis. Oleh karena itu ia tak ragu mengajak warganya untuk berkumpul bersama di Aku Cantik Villa.

“Harganya juga terjangkau lah itu tiketnya udah terusan sama berenang jadi ga bayar lagi udah masuk itu paket komplit jadi udah masuk berenang bisa menikmati semua,” jelasnya.

Aktivitas papajar warga Sukabumi sambut Ramadan di Aku Cantik Villa.Aktivitas papajar warga Sukabumi sambut Ramadan di Aku Cantik Villa.

Terpisah, Manager Operasional Wisata Alam Aku Cantik Villa, Erwan Deni Suhendra mengungkapkan bahwa jelang bulan Ramadan tahun 2024 ini tercatat sudah ada kurang lebih 200 orang pengunjung ke tempatnya. Mereka rata-rata berasal dari warga Sukabumi dan komunitas-komunitas.

“Jelang Ramadan Alhamdulillah di hari ini ada dua acara papajar dari komunitas sama dari warga kabandungan kurang lebih 200 orang,” kata Erwan.

Menurut Erwan, pihak pengelola sudah menata ulang Aku Cantik Villa agar lebih memberikan daya tarik bagi wisatawan. Pihaknya juga menyediakan berbagai macam jenis wahana mulai dari kolam renang, river tubing sepanjang 500 meter, panahan, paintball, aula dan gazebo hingga camping ground.

Oleh karena itu tempat wisata yang berdiri pada tahun 2015 tersebut dapat digunakan untuk keperluan wedding, gathering, camping dan lain sebagainya.

"Luasnya sekitar kurang lebih dua hektare. Selain ada berbagai macam wahana, di sini juga ada merak tiga ekor yang bisa dikenalkan kepada anak-anak," kata Erwan.

"Camping ground masih (jadi primadona) karena kita utama camping ground. Penginapan (villa) juga kita sediakan dari yang kapasitas dua orang sampai keluarga. Kita ada 7 penginapan dari yang 1 bed ada yang 2 bed juga. Jadi cocok bagi pengunjung dari luar kota tidak perlu jauh-jauh mencari penginapan," tambahnya.

Terkait harga tiket masuk, Erwan menyebut per orang dibanderol dengan harga Rp30 ribu sudah termasuk tiket terusan untuk pengunjung menikmati fasilitas kolam renang serta mendapatkan air mineral.

“Sekarang masih Rp20 ribu per orang untuk pelajar dan untuk umum Rp30 ribu. Itu bisa menikmati free kolam renang terus kita kasih air mineral, jadi yang masuk ke sini ga usah bawa air lagi udah disediain air juga bisa berenang,” pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola09 Mei 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Play-off Olimpiade Paris 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Play-off Olimpiade Paris antara Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Ilustrasi - Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Play-off Olimpiade Paris antara Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : FFF/Ist).
Sehat09 Mei 2024, 19:00 WIB

Rasanya Sakit dan Susah Berdiri, 8 Cara Mengobati Asam Urat di Pergelangan Kaki

Asam urat bisa menyerang di area sendi mana saja termasuk di pergelangan kaki.
Ilustrasi - Asam urat bisa menyerang di area sendi mana saja termasuk di pergelangan kaki. (Sumber : pexels.com/@Boys in Bristol Photography).
Sukabumi09 Mei 2024, 18:56 WIB

Sopir Mengaku Ngantuk, Ayla Tabrak Pohon di Parungkuda Sukabumi

Sopir mengaku mengantuk hingga kendaraan yang dikemudikannya Daihatsu Ayla dengan nomor polisi F 1742 MB menabrak pembatas jalan dan pohon hingga mengalami kerusakan parah.
Daihatsu Ayla menabrak pohon di Parungkuda Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi Memilih09 Mei 2024, 18:23 WIB

Jelang Pilkada Kota Sukabumi, Bagus Pekik Diam-diam Bertemu Achmad Fahmi

Bagus Pekik diam-diam melakukan pertemuan dengan mantan Wali Kota Achmad Fahmi di salah satu cafe di Kota Sukabumi.
Diam-diam Bagus Pekik bertemu Achmad Fahmi jelang Pilkada Kota Sukabumi | Foto : Ist
Life09 Mei 2024, 18:00 WIB

Menemukan Cinta Sejati: 5 Doa Minta Jodoh Terbaik yang Bisa Diamalkan

Jodoh terbaik bisa didapatkan dengan cara berikhtiar dan juga berdoa kepada Allah SWT.
Ilustrasi. Jodoh terbaik bisa didapatkan dengan cara berikhtiar dan juga berdoa kepada Allah SWT. | Foto: Pixabay
Sehat09 Mei 2024, 17:30 WIB

Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari, 4 Cara Ini Bisa Jadi Solusi Terbaik!

Tak jarang penderita asam urat sering mengalami sulit tidur di malam hari.
Ilustrasi. Tak jarang penderita asam urat sering mengalami sulit tidur di malam hari. | Foto: Pexels/cottonbro studio
Musik09 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Maestro, Seventeen Boyband Korea Resmi Comeback!

Resmi Comeback! Lagu Maestro merupakan salah satu lagu yang masuk ke dalam album terbaru Seventeen berjudul “17 IS RIGHT HERE” yang dirilis 29 April 2024 lalu.
Video Klip Lagu Maestro, Seventeen Boyband Korea Resmi Comeback. Sumber:  pledis.co.kr/@SEVENTEEN
Sukabumi09 Mei 2024, 16:45 WIB

Serunya Lomba Makan Kue Milk Bun Raksasa di Outlet Bolu Amor Sukabumi

Mengisi liburan panjang sejumlah warga Kota Sukabumi mengikuti perlombaan makan kue Milk Bun raksasa. Diketahui, kue Milk Bun saat ini tengah viral di media sosial.
Suasana keseruan lomba Makan Kue Milk Bun Raksasa di Outlet Bolu Amor Bakery and Cakes di Jalan Jenderal Sudirman Kota Sukabumi, Kamis (9/5/2024) | Foto : Farrah
Sukabumi09 Mei 2024, 16:05 WIB

Gempabumi Dangkal M3,3 Kedalaman 6 KM di Kabandungan Sukabumi

Gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo 3,3 terjadi di Kabupaten Sukabumi, hari ini Kamis (9/5/2024) pukul 14.14 WIB.
Gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo 3,3 terjadi di Kabupaten Sukabumi, hari ini Kamis (9/5/2024) pukul 14.14 WIB | Foto : Ist
Food & Travel09 Mei 2024, 16:00 WIB

Liburan Melepas Penat ke Sukabumi Aja, Rekomendasi 5 Pantai yang Wajib Dikunjungi

Libur panjang di bulan Mei ini mending dimanfaatkan untuk liburan ke pantai yang ada di Sukabumi.
Pantai Karang Gantungan - Libur panjang di bulan Mei ini mending dimanfaatkan untuk liburan ke pantai yang ada di Sukabumi. (Sumber : Instagram/@a_pennn).