HTM Rp 7 Ribuan Nikmati Air Terjun Tertinggi di Ciamis, 1 Lokasi 7 Curug

Selasa 02 Januari 2024, 18:30 WIB
Curug Tujuh menjadi air terjun tertinggi di Ciamis, Jawa Barat dan menjadi destinasi favorit wisatawan (Sumber : Istimewa)

Curug Tujuh menjadi air terjun tertinggi di Ciamis, Jawa Barat dan menjadi destinasi favorit wisatawan (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi penggemar air terjun, nama curug tujuh di Ciamis, Jawa barat telah familiar. Pasalnya air terjun satu ini menjadi salah satu curug favorit di daerah tersebut.

Curug tujuh juga merupakan air terjun tertinggi yang ada di Ciamis dengan ketinggian sekitar 120 meter. Dinamakan curug tujuh karena di lokasi ini terdapat tujuh air terjun sekaligus.

Destinasi wisata air terjun ini berlokasi di Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, Ciamis, Jawa Barat, dan masuk ke dalam Kawasan Perhutani Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Panjalu Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ciamis.

Baca Juga: 7 Wisata Paling Hits di Ciamis, Menikmati Alam Kota Manis Sambil Main Air

Jaraknya sendiri sekitar 35 Km dari pusat Kota Ciamis ke arah utara yang bisa ditempuh dengan kendaraan sekitar satu jam perjalanan.

Mengutip dari laman perhutani.co.id, curug ini mempunyai tujuh buah air terjun yang tersebar dan tidak berjauhan letaknya. Bahkan curug empat dan lima letaknya berdampingan hanya terpisah kurang lebih dua meter.

Hal tersebut menjadikan pengunjung bisa menikmati banyak air terjun di lokasi yang sama. Untuk dapat menikmati keindahan dan keasrian ketujuh air terjun tersebut, pengunjung harus mengitari bukit, menapaki jalan setapak mulai dari kaki ke puncak bukit dan kembali lagi.

Baca Juga: Tidak Jauh dari Jakarta, 10 Air Terjun di Bogor yang Hits Untuk Melepas Stres

Nama Setiap Air Terjun

Setiap curug di sini memiliki nama yaitu, Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Cimantaja, Curug Cileutik dan Curug Cibuluh. Ketujuh curug ini mengalirkan air ke sungai Cibolang dan Cimantaja.

Curug Satu merupakan air terjun yang paling besar dengan ketinggian hampir mencapai 120 meter dengan lebar sekitar 15-20 meter. Sementara lokasi Curug Dua berada di bawahnya.

Lokasi Curug Tiga, Curug Cibolang, dan Curug Cimantaja posisinya sejajar. Curug Cibolang mempunyai ketinggian sekitar 30-50 meter dengan lebar kira-kira lima meter. Sementara Curug Cimantaja berada di bawah Curug Cibolang.

Baca Juga: 5 Pemandian Air Panas di Bandung, Bisa Mandi Air Hangat di Air Terjun!

Curug Cileutik dan Curug Cibuluh memiliki ketinggian tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 30 meter saja. Namun kondisi jalan menuju ke arah dua air terjun ini sangat licin dan cukup berbahaya.

Sangat disarankan untuk tidak ke area ini bila kurang berpengalaman. Di Curug Cibuluh terdapat kolam kecil berukuran tiga meter berbentuk setengah lingkaran dengan airnya berwarna kehijauan.

Tidak jauh dari Curug Cileutik dan Curug Cibuluh terdapat lokasi wisata berupa Batu Kereta Api. Disebut demikian karena memang bentuk batunya yang besar-besar seperti gerbong kereta dan berjejer ke belakang sebanyak 12 buah.

Baca Juga: Tempat Camping Terbaik di Majalengka, View Juara dengan Latar Gunung Ciremai

Cerita di Curug Tujuh Ciamis

Konon di salah satu curug ini yakni di curug dua, dipercaya jika airnya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit, mengingat air yang mengalir berasal dari kawah Gunung Sawal yang mengandung belerang.

Kemudian, salah satu air terjun ada yang bernama Curug Cimantaja. Nama tersebut konon berasal dari kata Cimata Raja atau air mata raja.

Baca Juga: Cuma Rp 35 Ribu! Nikmati Kolam Air Panas, Waterpark dan View Gunung Cikuray

Harga Tiket Curug Tujuh Ciamis

Untuk menikmati air terjun cantik ini, pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp 7.500 per orang. Harga yang cukup murah untuk menikmati air terjun secantik itu.

Itulah ulasan mengenai Curug Tujuh yang menjadi air terjun tertinggi di Ciamis, Jawa Barat.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat21 Mei 2024, 13:00 WIB

8 Faktor Pemicu Asam Urat Susah Sembuh dan Cara Mengelolanya

Faktor Pemicu Asam Urat Susah Sembuh. Kurangnya aktivitas fisik dapat berkontribusi pada peningkatan berat badan dan resistensi insulin, yang keduanya dapat meningkatkan risiko asam urat.
Ilustrasi. Orang dewasa sakit asam urat sedang istirahat. (Sumber : Pexels.com/ MarcusAurelius)
Keuangan21 Mei 2024, 12:56 WIB

9,9 Juta Anak Muda Nganggur dan Tak Sekolah, Kerja Sulit Sekolah Mahal?

Disebutkan hingga tahun 2023, ada 9 juta penduduk indonesia khususnya generasi muda usia 14 - 24 tahun tidak bekerja alias nganggur alias jadi pengangguran atau tidak bekerja bahkan tidak bersekolah.
Ilustrasi pencari kerja. BPS catat 9,9 juta anak muda (generasi Z) di indonesia nganggur dan tak sekolah (Sumber: istimewa)
Sehat21 Mei 2024, 12:45 WIB

7 Hal yang Harus Dilakukan Agar Tulang dan Sendi Tetap Sehat di Usia 40-an

Jika memiliki keinginan agar tulang dan sendi tetap sehat di usia 40-an adalah dengan terus menjaga kesehatan seperti olahraga secara rutin, mengubah pola makan, ganti gaya hidup jadi lebih sehat dari sebelumnya.
Ilustrasi olahraga secara rutin jika ingin tulang dan sendi tetap sehat hingga usia 40-an (Sumber : Freepik.com)
Life21 Mei 2024, 12:30 WIB

7 Strategi Disiplin Balita yang Jarang Diketahui Orang Tua, Yuk Cari Tahu Bunda

Dengan hanya mengatakan “tidak” pada anak ketika melarang melakukan sesuatu, biasanya hal itu tidak selalu berhasil. Selain itu, sebagai orang tua perlu membuat mereka belajar untuk tidak kehilangan ketenangan dalam prosesnya
Ilustrasi strategi untuk membuat balita displin agar bisa menikmati masa pertumbuhannya (Sumber : Pexels.com/@Brettsayles)
Internasional21 Mei 2024, 12:29 WIB

Covid-19 di Singapura Melonjak Tinggi, Diprediksi Puncaknya Pada Juni 2024

Singapura dihadapkan dengan lonjakan Covid-19.
(Foto Ilustrasi) Singapura dihadapkan dengan lonjakan Covid-19. | Foto: Pixabay
Sehat21 Mei 2024, 12:15 WIB

10 Cara Untuk Menaikkan Kolesterol Baik Secara Alami, Turunkan Kadar LDL

Untuk bisa menurunkan kada LDL, diperlukan cara terbaik agar bisa menaikkan kolesterol di dalam tubuh. Lebih bagus lagi meningkatkannya secara alami seperti mengatur pola tidur dan gaya hidup sehat
Perlu lakukan 10 cara berikut ini agar kolesterol baik meningkat dan kadar LDL turun (Sumber : Freepik.com)
Bola21 Mei 2024, 12:00 WIB

Persib Main Kandang Lebih Dulu Lawan Madura United, David: Kami Harus Menang!

Persib Bandung siap jamu Madura United di leg pertama Final Championship Series.
Persib Bandung siap jamu Madura United di leg pertama Final Championship Series. (Sumber : X/@persib)
Sehat21 Mei 2024, 11:45 WIB

5 Aturan Diet Untuk Sembuhkan Asam Urat Ini Bantu Pulih Lebih Cepat

Dalam menyembuhkan asam urat diperlukan sikap yang baik dalam menjaga kesehatan, salah satunya dengan berdiet. Akan tetapi, diet juga harus dilakukan dengan aturan sesuai agar bisa mendapatkan hasil terbaik dan asam urat sembuh
Ilustrasi mematuhi 5 aturan diet asam urat ini agar pulih lebih cepat (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi21 Mei 2024, 11:34 WIB

Komisi IV DPRD Susun Raperda Penanganan PMKS di Kabupaten Sukabumi

Penyelenggaraan kesejahteraan sosial bagi PMKS meliputi pembinaan, penyuluhan dan sosialisasi, pendidikan dan pelatihan, serta pembinaan keluarga.
DPRD Kabupaten Sukabumi bersama DPRD Kota Bogor pada Senin, 20 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Life21 Mei 2024, 11:30 WIB

3 Cara Efektif Untuk Mendukung Kesehatan Mental Remaja yang Perlu Orang Tua Tahu

Kesehatan mental tidak kalah pentingnya dengan kesehatan fisik bagi para anak remaja. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan oleh orang tua dan pengasuh untuk mendukung kesehatan mental remaja mereka.
Ilustrasi cara orang tua mendukung kesehatan mental remaja (Sumber : Pexels.com/@Kindelmedia)