7 Wisata Paling Hits di Ciamis, Menikmati Alam Kota Manis Sambil Main Air

Selasa 02 Januari 2024, 12:15 WIB
Situ Lengkong Panjalu, salah satu tempat wisata paling populer di Ciamis yang bisa dijadikan lokasi berlibur selanjutnya bersama keluarga (Sumber : Istimewa)

Situ Lengkong Panjalu, salah satu tempat wisata paling populer di Ciamis yang bisa dijadikan lokasi berlibur selanjutnya bersama keluarga (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Siapa ni yang belum pernah berkunjung ke Ciamis? Salah satu daerah di Jawa Barat ini banyak lho destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata alam hingga buatan.

Salah satu yang terkenal di Ciamis yaitu Situ lengkong Panjalu hingga Curug Pangeran yang terkenal dengan keindahan alamnya yang masih sangat terjaga.

Penasaran destinasi wisata mana saja yang bisa dikunjungi di Ciamis? berikut daftarnya seperti dikutip dari channel YouTube Doyan Wisata.

Baca Juga: Ada Curugnya Juga! Hidden Gem di Ciamis Ini Mirip Green Canyon

1. Cireong Park

Cireong Park merupakan tempat piknik bersama keluarga yang lokasinya persis di pinggir sungai. Karena itu liburan bersama keluarga di sini sangat menyenangkan karena akan ditemani suara air sungai yang menenangkan juga kanopi alam yang meneduhkan.

Anak-anak juga bisa berenang dan bermain air di sini karena sungainya cukup dangkal dan airnya tidak terlalu deras. Selain itu, di lokasi ini juga terdapat kolam renang, jadi anak-anak bisa main air sepuasnya di sini.

2. Kampung Teratai Cimaragas

Kampung Teratai Cimaragas pertama kali dibuka pada tahun 2020 lalu. Tempat wisata ini masih menjadi salah satu tempat wisata populer bagi wisatawan di Ciamis.

Baca Juga: Jadi Favorit Noni Belanda, Danau Cantik di Ciamis Untuk Liburan Keluarga

Saat ini di lokasi wisata ini sudah banyak fasilitas yang akan membuat pengunjungnya betah berlama-lama, mulai dari spot foto, wahana sepeda air yang unik, rumah hobbit, ayunan, lorong bambu dan masih banyak lagi.

3. Situ Lengkong

Danau cantik ini selain menjadi isata air juga memiliki nilai sejarah yang kental, salah satunya banyak yang percaya jika Situ Lengkong menjadi danau favorit noni-noni Belanda di zaman dulu.

Bahkan di sini juga terdapat satu destinasi wisata religi. Di sini terdapat makam yang dipercaya merupakan makam para tokoh penyebar agama Islam di daerah Ciamis.

Baca Juga: Upacara Adat Nyangku, Wisata Budaya di Ciamis yang Harus Dikunjungi

4. Leuwi Genteng

Leuwi Genteng, yaitu sebuah sungai dengan aliran air yang jernih dan diapit oleh dua tebing batu cukup tinggi, aliran sungainya sendiri berasal dari kaki Gunung Sawal.

Banyak yang menilai jika kondisi tersebut mirip dengan objek wisata Green Canyon yang terkenal namun dengan ukuran mini.

Destinasi wisata ini masih satu kawasan dengan air terjun cantik Curug Panganten Ciamis. Jadi, pengunjung bisa mendapatkan beberapa objek wisata sekaligus di satu lokasi.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Sumedang yang Hits Cocok Untuk melepas Stres

5. Situs Gunung Susuru

Situs Gunung Susur merupakan tempat wisata di mana pengunjung bisa menikmati keindahan dan ketenangan pegunungan. Selain itu, di Gunung susuru ini terdapat sebuah situs sejarah yang merupakan bagian dari peninggalan kertabumi, jadi pengunjung bisa sekalian belajar sejarah kertabumi dan bagaimana gunung dahulu.

6. Ciung Wanara

Destinasi wisata ini berlokasi di Karangkamulyaan, Cijeungjing, Ciamis, Jawa Barat. Ciung Wanara juga merupakan salah satu tempat bersejarah yang populer di Ciamis, namanya diambil dari sebuah kisah lelaki bernama Ciung Wanara yang diceritakan sebagai sebuah legenda salah satu peninggalan kerajaan Galuh.

Baca Juga: 10 Wisata Kuningan yang Hits, Keindahannya Gak Ada Lawan

Ciung Wanara menyuguhkan daya tarik pesona alam di sekitar serta kisah legendanya yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata sejarah di Ciamis.

7. Darmacaang

Wisata alam Darmacaang menawarkan pemandangan indah dan suasana malam kota dari atas ketinggian. Di sini juga terdapat flying Fox, berbagai spot foto dan fasilitas hiburan lainnya. Tempat wisata ini juga sangat cocok untuk camping atau kegiatan outdoor lainnya yang.

Pengunjung bisa bersantai dan bercengkrama bersama teman di tengah rimbunnya hutan pinus dan udara sekitar yang menyejukan.

Itulah destinasi wisata paling populer di Ciamis yang bisa dijadikan lokasi berlibur selanjutnya bersama keluarga saat berkunjung ke Kota Manis ini.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat14 Mei 2024, 06:00 WIB

Simpel! Cara Membuat Air Rebusan Daun Kelor untuk Menurunkan Gula Darah

Simpel Banget Ternyata! Begini Cara Membuat Air Rebusan Daun Kelor untuk Menurunkan Gula Darah.
Ilustrasi. Daun kelor. | Simpel Banget! Cara Membuat Air Rebusan Daun Kelor untuk Menurunkan Gula Darah (Sumber : Istimewa)
Science14 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 14 Mei 2024, Termasuk Wilayah Sukabumi dan Sekitarnya

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Selasa 14 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Selasa 14 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi14 Mei 2024, 01:21 WIB

Berbisa Mematikan, Mengenal Ular Welang yang Gigit Balita Sukabumi hingga Meninggal

Balita perempuan di Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, meninggal dunia akibat gigitan ular yang diduga jenis ular welang (Bungarus fasciatus).
Ular Welang (Bungarus fasciatus) | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi14 Mei 2024, 00:05 WIB

Resahkan Warga, Polisi Amankan 30 Preman dan Jukir Liar di Kota Sukabumi

Sebanyak 30 juru parkir liar dan preman di beberapa ruas Jalan maupun minimarket di Kota Sukabumi diamankan ke Mapolres Sukabumi Kota, Senin (13/5/2024) siang.
Juru Parkir dan Preman di Kota Sukabumi diamankan ke Mapolres Sukabumi Kota | Foto : Ist
Sukabumi13 Mei 2024, 23:37 WIB

Optimalisasi Layanan, Perumdam TJM Parakansalak Sukabumi Pasang Alat Antisipasi Water Hammer

Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumdam TJM) Kabupaten Sukabumi cabang Parakansalak melakukan optimalisasi pelayanan air yang akan didistribuikan ke wilayahnya.
Pemasangan pentil untuk optimalisasi pelayanan air di Perumdam TJM Parakansalak Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi13 Mei 2024, 22:49 WIB

Belasan Murid SD di Sukaraja Sukabumi Diduga Keracunan Jajanan, Ini Kronologinya

Polisi ungkap kronologi belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi diduga keracunan makanan usai santap jajanan asal China.
Belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi yang diduga keracunan jajanan saat dibawa ke Puskesmas oleh pihak sekolah. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih13 Mei 2024, 22:23 WIB

Waktu Persiapan Mepet, Fahmi Gagal Melaju di Pilkada Kota Sukabumi dari Perseorangan

Seorang anak muda yang peduli terhadap kemajuan Kota Sukabumi, Fahmi Dzikri gagal meneruskan perjuangannya untuk maju dalam Pilkada Kota Sukabumi melalui jalur perseorangan (calon independen).
Fahmi Dzkri, Bakal Calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi dari jalur perseorangan | Foto : SU
Sukabumi13 Mei 2024, 21:55 WIB

Buka Bimtek Strategi Pemasaran Pariwisata Lewat Medsos, Ini Harapan Plt Kadispar Sukabumi

Plt Kadispar Kabupaten Sukabumi Jujun Juaeni membuka kegiatan Bimbingan Teknis Strategi Komunikasi Pengembangan Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Melalui Media Sosial.
Plt Kadispar Kabupaten Sukabumi Jujun Juaeni saat membuka bimtek strategi pemasaran pariwisata dan Ekraf melalui medsos. (Sumber : Istimewa)
Sehat13 Mei 2024, 21:15 WIB

11 Jenis Ikan Laut dengan Kandungan Tinggi Purin yang Tidak Aman untuk Asam Urat

Ikan laut tinggi purin sangat dilarang dikonsumsi untuk penderita asam urat.
Ilustrasi - Ikan laut tinggi purin sangat dilarang dikonsumsi untuk penderita asam urat. (Sumber : pexels.com/@energepic.com).
Sukabumi13 Mei 2024, 21:14 WIB

Menderita Hidrosefalus, Bayi Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan

Siti Syazia Almaira (1 tahun) asal Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi menderita penyakit Hidrosefalus dan membutuhkan biaya untuk pengobatan.
Siti Syazia Almaira (1 tahun) asal Ciracap Sukabumi menderita penyakit  Hidrosefalus dan membutuhkan biaya untuk berobat | Foto : Ist