8 Destinasi Wisata Hits di Garut, Istimewanya Swiss Van Java

Jumat 15 Desember 2023, 14:30 WIB
8 Destinasi Wisata Hits di Garut, Istimewanya Swiss Van Java (Sumber : Istimewa)

8 Destinasi Wisata Hits di Garut, Istimewanya Swiss Van Java (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Garut menjadi salah satu daerah di Jawa Barat yang terkenal dengan keindahan alamnya, bahkan saking indahnya daerah ini diberi julukan Swiss Van Java. Julukan tersebut diberikan karena Garut dinilai memiliki landscape alam mirip negara Switzerland di Eropa.

Karenanya setiap musim libur tiba, Garut selalu dikunjungi banyak wisatawan dari berbagai daerah seperti Bandung, Tasikmalaya, Ciamis dan sekitarnya.

Kabupaten Garut memiliki destinasi wisata alam yang beragam mulai dari gunung, air terjun, danau hingga pantai yang pastinya selalu bisa membuat pengunjung merasa terpukau dengan keindahannya.

Baca Juga: Danau Hingga Hutan, 7 Destinasi Wisata Alam Jakarta Ini Tak Kalah Indah

Nah, penasaran destinasi wisata Garut mana saja yang bisa dikunjungi saat liburan nanti? Berikut ulasannya seperti dikutip dari channel YouTube Daftar Wisata.

1. Garut Dinoland

Garut Dinoland menjadi salah satu tempat wisata yang tergolong masih baru di Kota Intan. Tempat ini mengangkat tema hewan purbakala, dan menjadi wisata edukasi yang memberikan pengalaman unik dan menarik dengan suasana zaman purbakala.

Dilengkapi dengan teknologi terbaru, pengunjung bisa melihat berbagai jenis dinosaurus yang dibuat semirip mungkin seperti aslinya, sehingga akan memberikan pengalaman berbeda terutama bagi anak-anak.

2. Darajat Pass

Derajat PassDerajat Pass

Wisata puncak darajat terletak tidak jauh dari pusat kota dan cukup mudah untuk dijangkau. di sini pengunjung bisa menikmati wisata air panas alami di ketinggian perbukitan yang hijau dan udara yang begitu sejuk.

Baca Juga: Viewnya Gak Ada Lawan! 8 Tempat Wisata di Karanganyar yang Harus Dikunjungi

Pengunjung juga bisa berenang dan bermain di waterboom maupun sekedar berendam air panas. Karena letaknya di ketinggian, terkadang lokasi ini diselimuti kabut dingin yang begitu syahdu.

3. Antapura De Djati

Antapura De Djati merupakan salah satu tempat wisata kuliner berbalut dengan suasana alam yang cukup terbilang baru di daerah Garut. Tempat ini hadir menyajikan pesona alam yang indah berupa pemandangan alam berupa hamparan persawahan hijau terasering yang begitu nyaman dilihat.

Selain pemandangan alam yang indah Antapura De Djati hadir mengusung konsep wisata Instagramable dengan spot-spot foto yang keren sembari menikmati alam. Pengunjung bisa memesan menu makanan dan minuman di cafe ini. Di sini juga menyediakan beberapa wahana permainan yang bisa kalian coba.

Baca Juga: 10 Alamat Wisata Kuliner Resto di Bogor Cocok Buat Keluarga dan Enak

4. Kawah Kamojang

Kawah Kamojang merupakan sebuah tempat wisata di Garut berupa kawah dan uap panas bumi yang keluar di beberapa area tertentu. Kawah Kamojang terletak di perbatasan Garut dan Bandung. Selain melihat kawah dan merasakan uap panas bumi pengunjung bisa juga berendam air panas di lokasi ini.

5. Kamodjan Fillage

Tempat wisata ini mengusung konsep keindahan panorama alam dari ketinggian dengan udara yang begitu sejuk menenangkan. Selain itu, Kamodjan Fillage juga memfasilitasi dengan beberapa spot foto yang unik dan instagramable.

Tempat ini cocok banget untuk kamu yang ingin mengisi liburan bersama teman, keluarga, kerabat kerja ataupun pasangan. Wisata ini berlokasi di daerah Desa Sukakarya, Kecamatan Semarang, Kabupaten Garut.

Baca Juga: 7 Wisata Kuliner Bogor yang Jarang Diketahui Orang, Enak dan Murah

6. Situ Bagendit

Situ Bagendit menjadi salah satu wisata alam favorit di garut yang memiliki pemandangan menakjubkan dengan latar Gunung CikuraySitu Bagendit menjadi salah satu wisata alam favorit di garut yang memiliki pemandangan menakjubkan dengan latar Gunung Cikuray

Situ Bagendit merupakan salah satu tempat wisata yang paling populer di Garut. Objek wisata ini menjadi primadona untuk wisatawan lokal maupun wisata dari luar daerah seperti Bandung dan Jakarta.

Danau ini sangat luas dan merupakan sumber air untuk memenuhi kehidupan masyarakat sekitar. Daya tarik utama kawasan wisata Situ Bagendit adalah danau kawasan ini berada dalam lingkungan alam dengan latar belakang pegunungan yang indah.

7. Curug Sanghyang Taraje

Curug Sanghyang Taraje adalah sebuah air terjun yang berada di Kabupaten Garut kata sanghyang merupakan sebutan kehormatan untuk dewa atau raja zaman dahulu, sedangkan taraje adalah bahasa Sunda yang berarti tangga, sehingga secara umum Curug ini berarti tangga yang digunakan oleh dewa-dewa menuju Kayangan.

Baca Juga: 4 Pemandian Air Panas di Garut, Ada yang Menghadap Langsung Gunung Cikuray

Letak air terjun ini dilingkupi bukit-bukit hijau yang seolah sengaja dibingkai menjadi lukisan alam yang cantik. Kecantikannya bisa dinikmati sebagai salah satu kegiatan rekreasi baik bersama keluarga maupun bersama teman.

8. Rancabuaya

Rancabuaya adalah wisata pantai yang berada di sebelah selatan Kabupaten Garut. Rancabuaya ini terletak di Kecamatan Caringin. Pantai tersebut memiliki kombinasi keindahan pantai berupa pasirnya yang putih dan lembut, air laut yang jernih bergradasi serta bukit karang dan batuan karang di bibir pantai.

Pengunjung dapat menghabiskan waktu dengan berbagai kegiatan di area pantai Rancabuaya ini saat musim libur tiba.

Itulah delapan destinasi wisata yang hits di Garut untuk dijadikan tujuan berlibur saat akhir pekan atau hari libur lainnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional18 Mei 2024, 21:07 WIB

Sempat Dirawat, Tokoh Pers Salim Said Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Prof Salim Said dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty.
Salim Said meninggal dunia. | Foto: Istimewa/Ranahriau.com
Sehat18 Mei 2024, 21:00 WIB

Nyeri Dada, 7 Gejala Tak Biasa Kolesterol Tinggi Pada Pria di Malam Hari

Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari.
Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi18 Mei 2024, 20:53 WIB

Jumat Berbagi, Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi Bagikan 100 Porsi Makanan

Yuniar Budi Satrio menekankan pentingnya berbagi dengan sesama.
Kegiatan Jumat Berbagi Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi. | Foto: PLN
Sehat18 Mei 2024, 20:00 WIB

Galau Asam Urat Sering Kambuh? Cobain 6 Makanan Ini untuk Mengobatinya

Asam urat yang menyerang tubuh akan membuat si penderitanya merasa terganggu dan tersiksa.
Ilustrasi. Beberapa makanan ini ampuh untuk mengatasi asam urat. (Sumber : Freepik/lifeforstock)
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi Memilih18 Mei 2024, 18:56 WIB

Koalisi Harapan Baru Sukabumi, Relawan Deklarasi Iyos Somantri untuk Pilkada 2024

Iyos mengatakan komunikasi dengan beberapa partai politik terus dilakukan.
Iyos Somantri dimintai keterangan oleh wartawan setelah deklarasi di salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Bola18 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bali United, Siapakah yang Lolos ke Final?

Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024.
Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi18 Mei 2024, 18:04 WIB

Penjaga Ponpes di Kadudampit Sukabumi Tewas Akibat Longsor

Polisi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat dan Ponpes Yaspida.
Petugas dan warga di lokasi longsor di Kampung Renged RT 10/03 Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 18:00 WIB

5 Doa untuk Membolak Balikan Hati Seseorang, Bisa Bikin Luluh!

Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras.
Ilustrasi berdoa. - Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras. | (Sumber : Foto: Freepik.com)
Sukabumi18 Mei 2024, 17:48 WIB

Dijanjikan Kerja ke Malaysia Lewat Facebook, Tujuh Orang Malah Telantar di Sukabumi

Pelaku beralasan akan menyimpan mobil dan meminta korban menunggu di bandara.
Kondisi para korban yang telantar di rumah warga di Kampung Cihaur, Desa Ridogalih, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi