Stres Langsung Hilang! 10 Wisata Ciwidey Paling Hits dan Instagramable

Rabu 13 Desember 2023, 15:30 WIB
Destinasi wisata Ciwidey ini sangat cocok dijadikan lokasi melepas setres saat menghabiskan waktu liburan bersama keluarga (Sumber : Istimewa)

Destinasi wisata Ciwidey ini sangat cocok dijadikan lokasi melepas setres saat menghabiskan waktu liburan bersama keluarga (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Yang suka menghabiskan waktu libur dengan berwisata menikmati keindahan alam, Ciwidey, Bandung bisa jadi salah satu daerah paling tepat yang bisa dikunjungi.

Daerah di Selatan Bandung ini memiliki pemandangan alam menakjubkan dengan udara sejuk yang sangat cocok dijadikan tempat melepas penat dan stres akibat rutinitas harian.

Selain itu, ada banyak tempat wisata di Ciwidey yang bisa dikunjungi dengan berbagai konsep dan daya tariknya masing-masing.

Nah, penasaran destinasi wisata Ciwidey mana saja yang bisa dikunjungi saat menghabiskan hari libur nanti? Berikut daftarnya seperti dikutip dari channel YouTube Republik Wisata, Rabu (13/12/2023).

Baca Juga: Bisa Tidur Tengah Hutan? Ini 10 Hotel di Bandung yang Pas Buat Staycation

1. Kawah Putih

Danau berbentuk kawah yang tercipta akibat letusan Gunung Patuha ini banyak diyakini sebagai danau mistis oleh warga setempat, karena dulu setiap burung yang terbang melintas di sekitarnya pasti akan langsung mati.

Hal tersebut mengakibatkan banyak orang enggan untuk mendekatinya. Namun, baru pada abad ke-19 seorang ahli botani dari Jerman mengeksplorasi area ini dan menemukan danau kawah yang amat menawan.

Airnya yang sebening kristal akan berubah warna mengikuti kondisi cuaca dan di tepinya terdapat pasir yang begitu putih sehingga terlihat begitu unik, bahkan jenis tanaman yang tumbuh di sekitar danau ini pun cukup berbeda dibandingkan dengan area lain di bawahnya.

Meski terletak di puncak kawah gunung, fasilitas penunjang seperti toilet dan tempat parkir sudah tersedia begitu pula kedai-kedai penjual makanan.

Baca Juga: Viewnya Gak Ada Lawan! 8 Tempat Wisata di Karanganyar yang Harus Dikunjungi

2. Situ Patenggang

Situ Patenggang bukan hanya merupakan tempat yang memiliki keindahan yang menawan dan udara segar. Konon, danau ini terbentuk karena kisah cinta yang terlarang antara kisah pangeran dari Kerajaan Pajajaran dan Dewi Rengganis dari kerajaan Majapahit.

Atas kisah cinta mereka Danau ini diberi nama Patenggang yang dalam bahasa Sunda berarti saling mencari. Banyak yang percaya danau ini dapat mempertemukan orang dengan kekasih sejatinya.

Situ Patenggang memiliki spot kapal pinisi raksasa yang cukup populer, banyak wisatawan yang bersua foto di kapal empat lantai ini karena merupakan Spot yang instagrameble.

3. Bukit Jamur Rancabolang

Kawasan ini sebenarnya adalah taman yang ditumbuhi pohon dengan bentuk yang cukup unik yaitu menyerupai jamur. Bentuk unik ini tidak dapat ditemukan di tempat lain kecuali di Bukit Jamur Rancabolang.

Baca Juga: Wisata Baru Sukabumi di Kaki Gunung Gede, Cek Lokasi dan Harga Tiketnya!

Berjalan-jalan di sini, pengunjung akan tampak seperti kurcaci yang tengah berlindung di bawah jamur hijau karena pohon disitu berukuran cukup besar.

4. Taman Kelinci Ciwidey

Tempat wisata ini memiliki banyak koleksi kelinci mungil yang menggemaskan. Di pintu masuk kita akan diberi wortel sebagai pangan kelinci ketika sudah di dalam.

Tetapi ingat karena kelinci sangat sensitif dengan suara dan lemah, usahakan untuk tidak berteriak, menarik telinga atau menggendong hewan tersebut agar mereka tetap dapat ceria dengan kedatangan pengunjung ya. Selain kelinci, disini juga ada hewan lain seperti kambing, kuda dan burung hantu.

Baca Juga: Bikin Deg-degan! Mengenal Wisata Canyoning, Cara Beda Nikmati Air Terjun

5. Palalangon Park

Palalangon Park berlokasi di Kampung Leuwiliang, Desa Cibodas, pasirjambu, Ciwidey, Kabupaten Bandung. Destinasi wisata ini memiliki berbagai atraksi yang seru dan instagrameble mulai dari waterboom, perosotan kece dan baskom air raksa yang siap mengguyur pengunjung kolam.

Di sini juga terdapat kolam renang air panas yang cocok untuk berendam sambil bersantai. Setelah puas di kolam renang, bisa mulai hunting foto untuk mengabadikan kenangan selama liburan di sini.

6. Kawah Rengganis

Kawah Rengganis Ciwidey merupakan daerah bekas letusan Gunung Sunda purba yang terjadi jutaan tahun lalu. Panas bumi di kawah Rengganis kini menghasilkan air panas untuk memanjakan wisatawan yang ingin menikmati onsen di alam terbuka.

Baca Juga: 10 Wisata Surabaya Hits, Cocok Jadi Tempat Liburan Tahun Baru Bersama Keluarga

Kandungan belerang di air panas ini juga dipercaya masyarakat sekitar sebagai cara ampuh untuk melawan berbagai penyakit. Jadi, selain berendam kita juga dapat melakukan lulur sebagai treatment alami.

7. Perkebunan Teh Rancabali

Dengan hamparan dedaunan hijau yang memiliki keindahan yang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Di sini pengunjung akan disuguhi hamparan luas kebun teh yang hijau seperti karpet dari kejauhan.

Selain itu, udara sejuk dan menyegarkan juga akan membuat setiap pengunjung akan betah berlama-lama berwisata di lokasi ini. Selain itu, di perkebunan teh ini juga tersembunyi sebuah air terjun berundak dengan pesona yang tidak kalah menarik yaitu Curug Tilu yang mengalirkan air jernih di tengah panorama hijau perkebunan teh.

Baca Juga: Indah Banget! Ini 9 Wisata Alam Bogor, Tempat Pas Untuk Menghilangkan Stres

8. Ciwidey Valley Hot Spring

Terletak di kawasan wisata rancabali, Ciwidey Valley Hot Spring menyediakan wahana waterpark lengkap dengan aneka perbedaan air dan perosotan beragam ukuran. Uniknya, air yang digunakan di waterpark ini adalah air panas alami yang bersumber dari kawah putih.

Jadi, pengunjung tak perlu lagi takut kedinginan saat bermain air di sini. Nah, setelah puas bermain kita bisa langsung menginap di salah satu dari 23 cottage yang begitu nyaman dengan panorama lembah Ciwidey yang menyejukkan.

9. Glamping Legok Kondang

Untuk kamu yang mencari tempat staycation saat liburan, Glamping Legok Kondang bisa menjadi pilihan tepat. Di sini kita bisa merasakan suasana berkemah di tengah alam bebas namun tetap dalam kenyamanan fasilitas hotel berbintang karena konsepnya glamping alias glamor camping.

Baca Juga: 4 Pemandian Air Panas di Garut, Ada yang Menghadap Langsung Gunung Cikuray

Dan jangan heran jika di dalam tenda-tenda ini kita akan menemukan bantal dan kasur empuk, selimut tebal, televisi sampai kamar mandi.

10. Barusen Hills Ciwidey

Barusen Hills Ciwidey menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Ciwidey. Di sini terdapat kolam renang yang dikelilingi panorama menakjubkan, kolam besarnya dilengkapi dengan ember besar yang siap menumpahkan air dalam jumlah banyak.

Ada juga air mancur dan perosotan warna-warni yang akan membuat anak-anak nyaman bermain di sini. Setelah bersenang-senang di kolam renang, kita bisa melanjutkan perjalanan menuju ke taman cinta yang fotogenik, bambu love garden dan sekitarnya.

Nah, itulah sepuluh destinasi wisata di Ciwidey yang hits dan cocok dijadikan melepas [penat dan stres saat menikmati momen liburan bersama keluarga.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Jawa Barat19 Mei 2024, 23:43 WIB

Tak Hanya Sukabumi, Status UHC Non-Cut Off Dua Daerah di Jabar Ini Juga Tengah Dicabut

BPJS Kesehatan ungkap ada dua daerah di Jabar yang status UHC Non-Cut Off nya dicabut selain Kabupaten Sukabumi.
Ilustrasi. kartu BPJS Kesehatan | Foto: Istimewa
Sukabumi19 Mei 2024, 22:26 WIB

Bapenda Sukabumi Terima Kunker DPRD Kota, Bagikan Kiat dalam Optimalisasi PAD

Konsultasi terkait optimalisasi PAD, Bapenda Kabupaten Sukabumi terima kunker Komisi II DPRD Kota Sukabumi.
Bapenda Kabupaten Sukabumi terima kunker rombongan Komisi II DPRD Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi19 Mei 2024, 21:16 WIB

Meninggal saat Ngojek, Cerita Pilu Istri di Sukabumi yang Kehilangan Suami Akibat Kecelakaan

Istri Hendi, korban kecelakaan di Cibadak Sukabumi ungkap cerita pilu detik-detik sebelum suaminya tewas terlindas mobil.
Tangkapan layar video saat Hendi (35 tahun) dievakuasi warga. Hendi meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Life19 Mei 2024, 21:00 WIB

13 Tips Menenangkan Pikiran yang Sering Overthinking Agar Hidup Kembali Bahagia

Begini Tips Menenangkan Pikiran yang Sering Overthinking Agar Hidup Kembali Bahagia. Segera Lakukan!
Ilustrasi. Berpikir | Cara Menenangkan Pikiran yang Sering Overthinking  (Sumber : pixabay.com/@DanaTentis)
Sukabumi19 Mei 2024, 20:15 WIB

Industri Retail Pakaian Sukabumi Terus Berkembang, PLN Energize Perubahan Daya PT Doosan Jaya

Pada tahun 2024, PT Doosan Jaya Sukabumi kembali mengajukan permohonan penambahan daya menjadi 1.730 kVA.
PLN Sukabumi Energize Perubahan Daya PT Doosan Jaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel19 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Kategori Makanan Agar Sakit Asam Urat Tidak Menganggu Tidur, Konsumsi Yuk!

Dengan memilih kategori makanan-makanan ini, penderita asam urat dapat membantu mengurangi gejala asam urat dan mendukung tidur yang lebih nyenyak.
Ceri adalah salah satu dari tiga obat alami yang dipercaya bisa mengobati penyakit asam urat. (Sumber : freepik.com/@azerbajian_stockers)
Sukabumi Memilih19 Mei 2024, 19:27 WIB

Tetap dan Tepat, Filosofi Logo Achmad Fahmi Menuju Pilkada Kota Sukabumi 2024

Kontinuitas menunjukkan Achmad Fahmi berkomitmen melanjutkan program dan kebijakan yang sudah berjalan baik pada masa sebelumnya.
Achmad Fahmi resmi dideklarasikan oleh DPD PKS Kota Sukabumi sebagai bakal calon Wali Kota Sukabumi di Pilkada 2024. | Foto: Istimewa
Nasional19 Mei 2024, 19:09 WIB

Pesawat Latih yang Jatuh di BSD Tangerang Selatan Sempat Hilang Kontak

Pesawat latih milik Indonesia Flying Club dengan nomor registrasi PK-IFP tersebut memiliki rute Tanjung Lesung-Pondok Cabe.
Kondisi pesawat latih yang jatuh di BSD Tangerang Selatan. (Sumber Foto : Akun X TMC Polda Metro Jaya)
Life19 Mei 2024, 19:00 WIB

15 Sikap Seenaknya yang Membuatmu Dibenci Orang, Jangan Lakukan!

Inilah Sederet Sikap Seenaknya yang Membuatmu Dibenci Orang, Jangan Pernah Lakukan!
Ilustrasi. Sikap Seenaknya yang Membuatmu Dibenci Orang (Sumber : Pexels/KeiraBurton)
Sukabumi19 Mei 2024, 18:28 WIB

Kawanan Monyet Resahkan Warga Nagrak Sukabumi, Masuk Warung hingga Kejar Anak Kecil

Kawanan monyet liar memasuki permukiman warga Kampung Kubang RT 03/RW05, Desa Cisarua, Nagrak Sukabumi, Minggu (19/5/2024).
Tangkapan layar video kawanan monyet ekor panjang memasuki warung warga di Nagrak Sukabumi, Minggu (19/5/2024). (Sumber : Istimewa)