7 Rekomendasi Tempat Wisata untuk Liburan Akhir Pekan di Sukabumi

Sabtu 11 November 2023, 08:00 WIB
Pantai selatan Pulau Jawa | Rekomendasi Tempat Wisata untuk Liburan Akhir Pekan di Sukabumi | Foto: Pixabay

Pantai selatan Pulau Jawa | Rekomendasi Tempat Wisata untuk Liburan Akhir Pekan di Sukabumi | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Rekomendasi Tempat Wisata Sukabumi ramai dicari ketika akhir pekan tiba.

Nah, Updaters yang berencana liburan bersama keluarga, sahabat atau pasangan bisa menyimak artikel ini sampai tuntas, ya!

Tempat Wisata di Sukabumi ini juga cocok jadi destinasi liburan orang introvert di akhir pekan, karena beberapa Destinasi Wisata berikut menyuguhkan panorama sunset yang indah.

Rekomendasi Tempat Liburan Akhir Pekan di Sukabumi

1. Curug Sawer Sukabumi

Healing di Curug Sawer, Rekomendasi Wisata Sukabumi Sekitar Tol Bocimi.Healing di Curug Sawer, Rekomendasi Wisata Sukabumi Sekitar Tol Bocimi. (Dok/SU)

Curug Sawer adalah tempat wisata yang berada di kawasan Perhutani tepatnya di Kampung Rancapalek RT 15/05, Desa Cipamingkis.

Wisata alam ini masih begitu asri dengan pohon rimbun tumbuh mengapit curug tersebut. Panorama alam Curug Sawer semakin mempesona dengan hamparan sawah yang berada tak jauh dari curug.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Depresi Pada Anak Tanpa Obat Agar Mental Sehat

Curug Sawer Sukabumi berjarak 5 kilometer dari Kantor Kecamatan Cidolog dan 6 kilometer apabila dari kantor Desa Cipamingkis. Apabila dari Kota Sukabumi, perjalanan yang ditempuh ada menuju jalan raya jalur Sagaranten-Tegalbuleud. Kemudian apabila Jampangkulon melalui jalan raya ke daerah Kalibunder lalu apabila dari daerah Surade akses jalan yang dilalui menuju Tegalbuleud.

Semua akses jalan tersebut tujuannya adalah Desa Cipamingkis. Dari jalan raya perjalanan dilanjutkan menuju jalan desa yang bisa diakses mobil serta motor menuju Kampung Rancapalek. Tetapi, jalan desa itu hanya 3 kilometer saja yang bisa dilalui mobil.

Maka dari itu, untuk wisatawan yang menggunakan mobil bisa diparkir atau dititipkan ke rumah warga. Sementara perjalanan akan dilanjutkan dengan motor sekitar 2 kilometer ke Kampung Rancapalek. Pengunjung juga akan berjalan kaki sekitar 1 kilometer di kampung ini untuk masuk ke kawasan Perhutani, tempat curug sawer.

Di area Curug Sawer itu ada dua curug lain namanya Curug Cakrawea serta Curug Serelek dari aliran Sungai Cidolog. Jarak dari satu curug ke yang lainnya sekitar 100 meteran. Untuk diketahui, air yang mengalir ke Curug Sawer dan Curug Cakrawea serta Curug Serelek berasal dari Sungai Cidolog.

2. Pantai Selatan Palabuhanratu Sukabumi

Pantai selatan Pulau Jawa memang memiliki banyak sekali mitos yang dipercaya masyarakat | Foto: PixabayPantai selatan Pulau Jawa | Foto: Pixabay

Rekomendasi Tempat Wisata untuk Liburan Akhir Pekan di Sukabumi tentunya adalah pantai selatan Kabupaten Sukabumi. Wisata Sukabumi ini menyuguhkan panorama Sunset yang cantik ketika senja mulai menyunggingkan bibirnya.

Pantai Selatan Sukabumi cocok dikunjungi oleh para Introvert atau anak senja yang menyukai sunset.

3. Pantai Muara Citepus Sukabumi

Sejumlah warga saat memancing di Pantai Muara Citepus, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Minggu (2/4/2023). | Foto: SU/Ilyas SupendiSejumlah warga saat memancing di Pantai Muara Citepus, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Minggu (2/4/2023). | Foto: SU/Ilyas Supendi

Ketiga, Rekomendasi Pantai di Sukabumi adalah Pantai Muara Citepus Sukabumi. Ya, bagi sebagian warga Palabuhanratu, Tempat Wisata Sukabumi ini cukup populer untuk ngabuburit adalah Pantai Muara Citepus di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu.

Baca Juga: Profil Jenderal Sudirman, Pahlawan yang Pimpin Perang Gerilya Meski Sakit TBC

Pantai Muara Citepus tidak hanya banyak didatangi wisatawan saat Ramadhan, bulan-bulan lain pun banyak yang datang ke Objek Wisata Sukabumi ini.

4. Pantai Palangpang dan Pantai Cikadal Palabuhanratu Sukabumi

Dermaga pelabuhan khusus di Jalur Sabuk Geopark Ciletuh Sukabumi atau Jalan Loji-Palangpang, Kabupaten Sukabumi, Kamis (21/9/2023). | Foto: SU/Ragil GilangDermaga pelabuhan khusus di Jalur Sabuk Geopark Ciletuh Sukabumi atau Jalan Loji-Palangpang, Kabupaten Sukabumi, Kamis (21/9/2023). | Foto: SU/Ragil Gilang

Rekomendasi Tempat Wisata untuk Liburan Akhir Pekan di Sukabumi adalah kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi atau Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGp) yang juga cocok dijadikan pilihan wisata akhir pekan.

Tempat-tempat tersebut antara lain Pantai Palangpang dan Pantai Cikadal yang berada di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

5. Curug Cikaso Sukabumi

Curug Cikaso Sukabumi, tiga air terjun disatu sungai. Air terjun yang tengah dinamai Curug Meong dan cerita mitosnya dijaga sosok mistis dari figur Raden Kian SantangCurug Cikaso Sukabumi, tiga air terjun disatu sungai. Air terjun yang tengah dinamai Curug Meong dan cerita mitosnya dijaga sosok mistis dari figur Raden Kian Santang

Wisata Alam Curug Cikaso Sukabumi berada di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi.

Masyarakat sekitar lebih sering menyebut curug Cikaso meskipun sebenarnya memiliki nama Curug Luhur (Air terjun Tinggi). Hal ini karena aliran air dari curug bersumber dari anak sungai Cikaso dan bermuara di Muara Tegal Buleud Kabupaten Sukabumi.

Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang saling berdampingan dan memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan lebar tebing 100 meter.

Tepat dibawah curug tersebut terdapat kolam luas berwarna hijau kebiru-biruan bak di negeri dongeng, dengan kedalaman sekitar 15 meter. Namun, pengunjung sangat tidak disarankan berenang di kolam tersebut karena hempasan air terjun bisa membahayakan dan cukup dalam.

Rute menuju Curug Cikaso dapat dijangkau melalui akses ke Jalan Nasional Surade - Tegalbuleud dengan jarak sekitar 8 kilometer.

Para pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat bisa masuk langsung ke area parkir. Kemudian, untuk masuk ke Curug Cikaso, pengunjung harus naik perahu dan menyusuri Sungai Cikaso hanya sekitar 5 - 10 menit. Jika pengunjung tidak ingin naik perahu, maka alternatif lain yang dapat dipilih yaitu melalui pematang sawah milik penduduk sekitar.

6. Pantai Taman Pandan Sukabumi

Objek wisata Pantai Taman Pandan, Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: IstimewaObjek wisata Pantai Taman Pandan, Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

Pantai Taman Pandan Sukabumi adalah Rekomendasi Tempat Wisata Sukabumi untuk Introvert yang ke enam. Objek Wisata Sukabumi ini memiliki hamparan batu karang yang landai diatas pasir putih.

Pantai Taman Pandan yang berada di Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi adalah spot favorit untuk menikmati sunset sambil ngabuburit.

Bahkan, pantai dengan pemandangan hijau nan asri, lalu tenang untuk menikmati angin pesisir ditemani deburan angin ombak yang menghantam karang, menjadi sensasi tersendiri bagi masyarakat yang hobi mancing.

Pantai Taman Pandan Sukabumi berbatasan dengan Desa Purwasedar kemudian di sebelah timur dan sebelah barat berbatasan dengan Desa Ujunggenteng. Untuk menuju Taman Pandan Sukabumi, pengunjung terlebih dulu melintasi jalan provinsi dengan arah dari Surade menuju Ujunggenteng dengan tujuan kawasan wisata pantai Desa Cikangkung.

7. Pantai Sukawayana Sukabumi

Spot memancing Pantai Sukawayana, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi.Spot memancing Pantai Sukawayana, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi.

Rekomendasi Tempat Wisata untuk Liburan Akhir Pekan di Sukabumi yang terakhir adalah Pantai Sukawayana Sukabumi. Nah, bagi Updaters yang ingin merasakan panorama sunset bisa datang kesini ya!

Selain Sunset, Pantai di Sukabumi ini menyediakan tempat mancing untuk bapak-bapak. Ya, bukan di sungai atau di empang, bapak-bapak bisa mancing di Pantai Sukawayana, Desa Cikakak, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi.

Pantai Sukawayana Sukabumi kerap didatangi masyarakat sekitar bahkan luar daerah untuk berwisata juga memancing atau melakukan keduanya secara bersamaan.

Lokasi Pantai Sukawayana Sukabumi mudah diakses kendaraan dan ikan yang didapat di pantai ini mulai dari ikan kue, lowang hingga ikan kakap. Ada beberapa lokasi mancing di sepanjang bibir pantai Cikakak Sukabumi yang biasa menjadi target para pemancing, yakni mulai Pantai Sukawayana, pantai Kumala sampai Pantai Karangnaya hingga pantai SBH.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life05 Mei 2024, 10:00 WIB

Gangguan Tidur! 10 Ciri Orang Stres Karena Batinnya Terganggu, Apa Kamu Salah Satunya?

Batin terganggu adalah kondisi mental yang tidak stabil dan tidak tenang.
Ilustrasi - Batin terganggu adalah kondisi mental yang tidak stabil dan tidak tenang. (Sumber : pexels.com/@Pixabay)
Life05 Mei 2024, 09:59 WIB

Simak 6 Cara Kerja Disiplin Lembut Berikut yang Dapat Menekankan Keselamatan Anak

Disiplin berfungsi sebagai kesempatan bagi seorang anak untuk belajar.
Ilustrasi disiplin lembut | Sumber Foto : pexela.com/@Elina Fairytale
Jawa Barat05 Mei 2024, 09:43 WIB

KOPPURI Canangkan Dana Abadi Komunitas Bersama LW Doa Bangsa

Program Dana Abadi berbasis Wakaf dan PMKH, kembali disosialisasikan oleh LW Doa Bangsa kepada KOPPURI di Gunung Puntang.
Koperasi Konsumen Pedagang Puntang Lestari (KOPPURI) canangkan dana abadi komunitas bersama Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa. (Sumber : Istimewa)
Sehat05 Mei 2024, 09:00 WIB

9 Rekomendasi Sarapan Terbaik Bagi Penderita Asam Lambung (GERD)

Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk sarapan bagi penderita asal lambung (GERD).
Ilustrasi Crepes - Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk sarapan bagi penderita asal lambung (GERD). (Sumber : pexels.com/@ The Castlebar).
Sehat05 Mei 2024, 08:00 WIB

Picu Serangan, 4 Bahaya Terlalu Banyak Makan Purin untuk Penderita Asam Urat

Penderita asam urat memiliki metabolisme yang tidak efisien dalam mengurai purin.
Ilustrasi - Serangan Asam Urat di Rumah Adalah Salah Satu Bahaya Makan Purin Berlebihan (Sumber : Freepik/freepik)
Food & Travel05 Mei 2024, 07:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Jawer Kotok untuk Mengobati Diabetes, 7 Langkah Simpel!

Daun Jawer Kotok memiliki aroma yang khas dan rasa yang sedikit pahit namun bisa diolah sebagai air rebusan untuk mengobati diabetes secara alami.
Ilustrasi. Daun Jawer Kotok, Bahan Air Rebusan untuk Mengobati Diabetes Secara Alami. Foto: Instagram/@gerbanghijau
Science05 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 5 Mei 2024, Langit Pagi Cerah Berawan untuk Sukabumi

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 5 Mei 2024.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 5 Mei 2024. (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi04 Mei 2024, 23:13 WIB

Mau Diperbaiki? Jembatan Reyot Penghubung Waluran-Surade Sukabumi Ditinjau Staf Kemenlu

Jembatan gantung yang berada di aliran Sungai Cikarang, Kampung Cukangbayur, Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, kondisinya sudah lapuk.
Pemdes Caringinnunggal Kecamatan Waluran. Staf Kemenlu, Relawan dan Pemdes saat meninjau Jembatan Gantung Sungai Cikarang | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi04 Mei 2024, 22:54 WIB

58 Persen Masyarakat Kabupaten Sukabumi Kurang Puas Atas Kinerja Marwan-Iyos

Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute, merilis hasil survei terkait tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Sukabumi dibawah kepemimpinan Bupati Marwan Hamami dan Wakil Bupati Iyos Somantri.
Gedung Pendopo Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi04 Mei 2024, 21:49 WIB

Niat Cari Kerja: Pelaku Tolak Sodomi hingga Duel Sebelum Bunuh Pria di Citepus Sukabumi

Kasat Reskrim Polres Sukabumi, AKP Ali Jupri, mengatakan bahwa pelaku berinisial A (20 tahun) awalnya mendatangi Ceceu ini dengan niat mencari kerja, sebelum akhirnya membunuh korban
Pelaku pembunuhan setelah ditangkap di Mapolsek Parungkuda Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi