11 Tips Memancing Ikan, Terapkan Saat Mancing di Pantai Batu Panganten Sukabumi

Selasa 10 Oktober 2023, 16:30 WIB
Keindahan Pantai Batu Panganten Sukabumi. | Tips Memancing Ikan untuk Mancing di Pantai Batu Panganten Sukabumi (Sumber : Istimewa)

Keindahan Pantai Batu Panganten Sukabumi. | Tips Memancing Ikan untuk Mancing di Pantai Batu Panganten Sukabumi (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Pantai Batu Panganten di Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, adalah salah satu Hidden Gem khususnya tempat wisata di Kabupaten Sukabumi. Meski tempatnya tersembunyi, Pantai Batu Panganten cukup terkenal di kalangan pemancing, bahkan termasuk salah satu spot mancing favorit di pesisir pantai Selatan Sukabumi.

Untuk menuju Pantai Batu Panganten Sukabumi, pengunjuk yang datang dari arah Surade menuju Ujunggenteng, sekitar 8,5 kilometer ada patokan perkebunan kelapa Kampung Warungjati Dusung Warung Waru, Desa Purwasedar, Kabupaten Sukabumi.

Dari pemukiman di sekitar Desa Purwasedar, Pantai Batu Panganten Sukabumi hanya berjarak kurang lebih satu kilometer ke pantai dengan akses jalan tanah.

Baca Juga: 8 Ciri-Ciri Anak Perempuan Kurang Kasih Sayang Ibu, Emosional Bermasalah

Nah, Updaters yang hobi mancing, spot wisata di Hidden Gem Pantai Batu Panganten Sukabumi cocok sekali untuk dikunjungi. Namun sebelum itu, yuk simak tips memancing agar bisa mendapat ikan banyak berikut sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

Tips Memancing Ikan

Keindahan Pantai Batu Panganten Sukabumi.Pantai Batu Panganten di Desa Purwasedar Kabupaten Sukabumi.

1. Pilih Lokasi yang Tepat

Tips memancing ikan yang pertama adalah mencari tahu lokasi yang baik untuk memancing. Updaters dapat bertanya kepada pemancing berpengalaman, mencari ulasan online, atau menggunakan aplikasi pemetaan ikan.

Perhatikan jenis ikan yang ingin ditangkap dan lokasi favorit mereka, seperti sungai, danau, kolam, atau pantai. Dalam hal ini dapat disesuaikan dengan spot mancing di Pantai Batu Panganten Sukabumi.

2. Kenali Ikan yang Dicari

Pelajari perilaku, makanan, dan kebiasaan ikan yang ingin Anda tangkap. Tips memancing ikan ini akan membantu pemancing untuk memilih umpan yang tepat.

3. Siapkan Peralatan

Pilih tongkat pancing (rod), reel, dan tali pancing (line) yang sesuai dengan jenis ikan dan lingkungan. Kemudian, sebagai salah satu tips memancing agar bisa mendapat ikan banyak adalah pastikan peralatan memancing berada dalam kondisi baik.

4. Pilih Umpan

Tips memancing ikan berikutnya adalah menggunakan umpan yang sesuai dengan ikan target. Umpan hidup seperti cacing atau ulat biasanya lebih efektif untuk memancing ikan.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Anak Perempuan Kurang Kasih Sayang Ayah, Kamu Salah Satunya?

Sementara untuk memancing di laut, umpan buatan seperti umpan keras (hard bait) atau umpan plastik juga dapat digunakan.

5. Pelajari Teknik Memancing

Pelajari teknik dasar memancing seperti melempar, memutar reel, menggulung tali pancing, dan merespon gigitan ikan dengan tepat. Amati dan pelajari teknik memancing yang lebih maju jika ingin meningkatkan keahlian agar mendapat ikan yang banyak.

6. Pertimbangkan Waktu yang Tepat

Beberapa ikan biasanya aktif pada waktu-waktu tertentu. Tips memancing ikan ini yaitu cobalah memancing saat matahari terbenam, saat terbit, atau saat cuaca mendung.

7. Tetap Sabar

Kesabaran adalah kunci dalam memancing. Updaters mungkin perlu menunggu lama sebelum ikan menggigit umpan. Nah, tips memancing agar bisa mendapat ikan banyak ini tentunya pemancing jangan terlalu terburu-buru atau gelisah.

8. Perhatikan Cuaca dan Lingkungan

Cuaca dan kondisi lingkungan seperti suhu air, kecepatan angin, dan pasang-surut dapat memengaruhi aktivitas ikan.

Baca Juga: 10 Ciri Anak Laki-laki Kurang Kasih Sayang Orang Tua, Ada Masalah Emosional

Pemancing wajib mempelajari cara cuaca dan kondisi lingkungan mempengaruhi ikan di lokasi pemancingan (spot mancing di Pantai Batu Panganten Sukabumi).

10. Faktor Keselamatan

Selalu prioritaskan keselamatan adalah Tips memancing ikan paing penting. Gunakan pelampung jika diperlukan, dan pastikan pemancing tahu bagaimana berenang jika memang lokasi memancing adalah air terbuka.

Pemancing juga disarankan untuk membawa perlengkapan darurat seperti perban, ponsel, dan botol air minum.

11. Jaga Kebersihan Lingkungan

Jaga kebersihan lingkungan dan tidak meninggalkan sampah merupakan Tips memancing ikan yang wajib dilakukan.

Pemancing harus mematuhi peraturan memancing setempat, termasuk kuota penangkapan dan ukuran minimum ikan yang boleh ditangkap.

Ingat selalu bahwa memancing adalah kombinasi antara keterampilan, pengetahuan, dan kesabaran. Semoga dengan menerapkan Tips memancing ikan ini, Updaters bisa memiliki pengalaman memancing yang sukses dan menyenangkan di Pantai Batu Panganten Sukabumi!

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 23:13 WIB

Mau Diperbaiki? Jembatan Reyot Penghubung Waluran-Surade Sukabumi Ditinjau Staf Kemenlu

Jembatan gantung yang berada di aliran Sungai Cikarang, Kampung Cukangbayur, Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, kondisinya sudah lapuk.
Pemdes Caringinnunggal Kecamatan Waluran. Staf Kemenlu, Relawan dan Pemdes saat meninjau Jembatan Gantung Sungai Cikarang | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi04 Mei 2024, 22:54 WIB

58 Persen Masyarakat Kabupaten Sukabumi Kurang Puas Atas Kinerja Marwan-Iyos

Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute, merilis hasil survei terkait tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Sukabumi dibawah kepemimpinan Bupati Marwan Hamami dan Wakil Bupati Iyos Somantri.
Gedung Pendopo Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi04 Mei 2024, 21:49 WIB

Niat Cari Kerja: Pelaku Tolak Sodomi hingga Duel Sebelum Bunuh Pria di Citepus Sukabumi

Kasat Reskrim Polres Sukabumi, AKP Ali Jupri, mengatakan bahwa pelaku berinisial A (20 tahun) awalnya mendatangi Ceceu ini dengan niat mencari kerja, sebelum akhirnya membunuh korban
Pelaku pembunuhan setelah ditangkap di Mapolsek Parungkuda Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi04 Mei 2024, 21:09 WIB

Pemkab Sukabumi Akan Relokasi Rumah yang Terdampak Longsor di Cibadak

Pemerintah Kabupaten Sukabumi berencana merelokasi warga terdampak longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/RW 11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, yang berdampak pada belasan rumah.
Foto udara lokasi longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Instagram/@kiekiesukabumi
Sehat04 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari

Berikut Sederet Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari yang Bisa Dilakukan.
Ilustrasi - Pijat Ringan untuk Meringankan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih04 Mei 2024, 20:46 WIB

Survei Terbaru Elektabilitas 17 Calon Bupati Sukabumi: Tidak Ada Sosok yang Kuat

asil survei dirilis oleh Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute bekerjasama dengan Litbang Sukabumiupdate.com.
Ilustrasi pasangan calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari jalur perseorangan atau independen | Foto : Sukabumi Update
Life04 Mei 2024, 20:00 WIB

6 Dampak Buruk Terlalu Memanjakan Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Terlalu memanjakan anak rupanya memiliki dampak buruk bagi perkembangan anak jika sudah tumbuh dewasa. Ini yang perlu diperhatikan para orang tua.
Ilustrasi. Dampak buruk terlalu memanjakan anak. Sumber foto : Pexels/ Pavel Danilyuk
Sukabumi04 Mei 2024, 19:40 WIB

Sukabumi Dinilai Stagnan, Koalisi 5 Partai Cenderung Usung Figur Alternatif di Pilkada

ima partai politik yaitu, PKB, PKS, Demokrat, PAN dan PDIP secara resmi berkoalisi di Pikada Kabupaten Sukabumi 2024. Deklarasi koalisi digelar di salah satu kafe di Jalan Cemerlang, Kota Sukabumi, Sabtu, (4/5/2024).
Deklarasi koalisi 5 partai, PKB, Demokrat, PKS, PAN, PDIP | Foto : Asep Awaludin
Sehat04 Mei 2024, 19:00 WIB

5 Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Penderita Asam Urat Sebaiknya Mengetahui Apa Saja Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Guna Mencegah Serangannya Kambuh.
Ilustrasi. Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/OzielGomez)
Sukabumi04 Mei 2024, 18:57 WIB

Di Kubur Berdampingan, Pasutri Tewas Tertabrak Kereta di Kebonpedes Sukabumi Dikenal Ramah

Dalam prosesi pemakaman, berlangsung haru serta diiringi isak tangis keluarga. Mengingat semasa hidup korban yang baik dan suka bersosialisasi dengan tetangga.
Suasana saat pemakaman jenazah suami istri korban tertabrak kereta di Kampung Gunung Kebonpedes Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin