8 Tempat Mancing di Sukabumi, Rekomendasi Wisata Untuk Bapak-Bapak!

Sabtu 14 Oktober 2023, 07:00 WIB
Warga sedang mancing di Taman Pandan Desa Cikangkung Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi. | Rekomendasi Tempat Mancing di Sukabumi, Wisata Untuk Bapak-Bapak! (Sumber : SU/Ragil Gilang)

Warga sedang mancing di Taman Pandan Desa Cikangkung Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi. | Rekomendasi Tempat Mancing di Sukabumi, Wisata Untuk Bapak-Bapak! (Sumber : SU/Ragil Gilang)

SUKABUMIUPDATE.com - Tempat mancing di Sukabumi biasanya diburu oleh bapak-bapak, meskipun ada juga wanita yang gemar memancing. Ya, hobi memancing sangat identik dengan bapak-bapak karena dianggap sebagai salah satu healing dengan alam versi laki-laki.

Nah, untuk Updaters khususnya bapak-bapak Sukabumi, berikut Rekomendasi Tempat Wisata untuk Mancing di Sukabumi yang telah dirangkum oleh sukabumiupdate.com.

Rekomendasi Tempat Mancing di Sukabumi ini cocok dikunjungi sendirian maupun bersama keluarga. Tak hanya healing dengan alam versi laki-laki alias bapak-bapak, Tempat mancing di Sukabumi berikut juga bisa menjadi rekomendasi tempat wisata sekitar Sukabumi. Dimana saja? Yuk, simak!

Rekomendasi Tempat Mancing di Sukabumi

1. Pantai Palangpang dan Pantai Cikadal Palabuhanratu Sukabumi

Dermaga pelabuhan khusus di Jalur Sabuk Geopark Ciletuh Sukabumi atau Jalan Loji-Palangpang, Kabupaten Sukabumi, Kamis (21/9/2023). | Foto: SU/Ragil GilangDermaga pelabuhan khusus di Jalur Sabuk Geopark Ciletuh Sukabumi atau Jalan Loji-Palangpang, Kabupaten Sukabumi, Kamis (21/9/2023). | Foto: SU/Ragil Gilang

Pertama, Rekomendasi Tempat Mancing di Sukabumi adalah kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi atau Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGp) yang juga cocok dijadikan pilihan memancing.

Tempat-tempat itu antara lain Pantai Palangpang dan Pantai Cikadal yang berada di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Para pemancing bisa merasakan sensasi tarikan berbagai jenis ikan seperti tongkol, kakap merah, hingga kerapu.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Anak Perempuan Kurang Kasih Sayang Ayah, Kamu Salah Satunya?

Adapun untuk bisa tiba di spot mancing tersebut, para pemancing biasanya berangkat sore menggunakan perahu di antar ke tengah laut lewat Pulau Mandra bahkan lewat Pulau Kunti. Di tengah laut sudah disediakan perahu pagang.

2. Studio Alam Girimukti Sukabumi

Pemandangan di Studio Alam, Kampung Cibuti, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: IstimewaPemandangan di Studio Alam, Kampung Cibuti, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

Rekomendasi Tempat Wisata untuk Mancing di Sukabumi yang kedua adalah Studio Alam Girimukti Sukabumi. Di sepanjang jalan provinsi ruas Loji-Puncak Darma-Palangpang, terdapat pemandangan alam yang memanjakan pengendara.

Di jalan yang berada di kawasan Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGp) dan menghubungkan Kecamatan Simpenan dengan Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, ada salah satu spot menarik yakni Kampung Cibuti, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas.

Kampung Cibuti berada di zona inti CPUGGp dan kaya dengan hasil pertanian, juga keindahan alamnya. Di kampung ini terdapat pantai, hutan, dan sungai dalam satu area yang dinamakan Studio Alam Girimukti.

Wisata di Kampung Cibuti cukup lengkap. Hutan, sungai, dan pantai, letaknya berdekatan. Jika pengunjung ingin ke kampung ini, patokannya adalah Puncak Darma. Dari Puncak Darma wisatawan melaju sekitar 2,5 kilometer lewat jalan provinsi lalu nanti tiba di Pantai Cibuti.

Akan tetapi, objek wisata Sukabumi ini belum dapat diakses kendaraan roda empat sehingga harus memakai jasa ojek dan mobil diparkir di permukiman warga. Wisata Sukabumi ini cocok untuk para petualang dan pecinta alam karena bisa camping dan mancing.

3. Pantai Selatan Palabuhanratu Sukabumi

Pantai selatan Pulau Jawa memang memiliki banyak sekali mitos yang dipercaya masyarakat | Foto: PixabayPantai selatan Pulau Jawa | Foto: Pixabay

Rekomendasi Tempat Wisata Sukabumi untuk Mancing yang ketiga tentunya adalah pantai selatan Kabupaten Sukabumi. Ya, memancing ikan di laut merupakan aktivitas sehari hari, baik untuk dikonsumsi sendiri, maupun untuk dijual hasil pancingannya.

Namun ada sensasi tersendiri saat warga memancing gurita, atau warga dan nelayan Pajampangan biasa menyebutnya Guripa.

Sama seperti cumi-cumi dan sotong, invertebrata cerdas bertubuh lunak kelas cephalopoda ini kerap diolah menjadi sajian favorit kaya nutrisi. Bahkan cukup banyak diperjualbelikan oleh nelayan lokal.

4. Curug Cipatala Jampangtengah Sukabumi

Curug Cipatala Jampangtengah Sukabumi | Foto : RgCurug Cipatala Jampangtengah Sukabumi | Foto : Rg

Keempat, Rekomendasi Tempat Wisata untuk Mancing di Sukabumi adalah Curug Cipatala Jampangtengah Sukabumi. Curug Cipatala merupakan bagian dari aliran Sungai Cibojong di Kampung Panumbangan RT 01/01 Desa Panumbangan, Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi.

Selain menawarkan spot wisata alam, Curug Cipatala Jampangtengah Sukabumi juga menjadi spot berburu ikan para pehobi mancing. Mereka berdatangan ada yang dari pagi, siang dan sore hari, dan mancing dimulai dari sore hingga malam hari.

Akses menuju Curug Cipatala, dari arah Kota Sukabumi menuju arah terminal Bojonglopang, Kecamatan Jampangtengah sekitar 28 kilometer. Setelah itu lanjut menempuh jarak 1,5 kilometer menuju curug. Dari arah Jampangkulon berjarak sekitar 40 kilometer.

Baca Juga: 8 Cara Mengetahui Karakter Seseorang dari Gaya Bicaranya

Lokasinya tidak jauh dari pinggir Jalan Kabupaten Bojonglopang - Cimerang, dari jalan aspal masuk ke perkebunan sekitar 100 meter, dan disana ada pemukiman warga. Kendaraan bisa disimpan dihalaman rumah warga. Untuk sampai kelokasi berjalan kaki sekitar 150 meter.

5. Pantai Taman Pandan Sukabumi

Objek wisata Pantai Taman Pandan, Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: IstimewaObjek wisata Pantai Taman Pandan, Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

Pantai Taman Pandan Sukabumi adalah Rekomendasi Tempat Wisata Sukabumi untuk Mancing yang kelima. Objek Wisata Sukabumi ini memiliki hamparan batu karang yang landai diatas pasir putih.

Pantai Taman Pandan yang berada di Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi adalah spot favorit untuk mancing sambil ngabuburit. Pantai dengan pemandangan hijau nan asri, lalu tenang untuk menikmati angin pesisir ditemani deburan angin ombak yang menghantam karang, menjadi sensasi tersendiri bagi masyarakat yang hobi mancing.

Pantai Taman Pandan Sukabumi letaknya berada berbatasan dengan Desa Purwasedar kemudian di sebelah timur dan sebelah barat berbatasan dengan Desa Ujunggenteng.

Untuk menuju Taman Pandan Sukabumi, pengunjung terlebih dulu melintasi jalan provinsi dengan arah dari Surade menuju Ujunggenteng dengan tujuan kawasan wisata pantai Desa Cikangkung.

6. Pantai Muara Citepus Sukabumi

Sejumlah warga saat memancing di Pantai Muara Citepus, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Minggu (2/4/2023). | Foto: SU/Ilyas SupendiSejumlah warga saat memancing di Pantai Muara Citepus, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Minggu (2/4/2023). | Foto: SU/Ilyas Supendi

Ke enam, Rekomendasi Tempat Mancing di Sukabumi adalah Pantai Muara Citepus Sukabumi. Ya, bagi sebagian warga Palabuhanratu, salah satu spot memancing favorit untuk ngabuburit adalah Pantai Muara Citepus di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu.

Pantai Muara Citepus tidak hanya banyak didatangi pemancing saat Ramadhan, bulan-bulan lain pun mereka sering datang ke Objek Wisata Sukabumi ini untuk mencari ikan.

7. Pantai Sukawayana Sukabumi

Spot memancing Pantai Sukawayana, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi.Spot memancing Pantai Sukawayana, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi.

Rekomendasi Tempat Wisata Sukabumi untuk Mancing yang ketujuh adalah Pantai Sukawayana Sukabumi. Nah, bagi bapak-bapak Sukabumi yang ingin merasakan suasana berbeda ketika memancing, wajib datang ke spot wisata memancing di Sukabumi satu ini.

Bukan di sungai atau di empang, bapak-bapak bisa mancing di Pantai Sukawayana, Desa Cikakak, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi.

Pantai Sukawayana Sukabumi kerap didatangi masyarakat sekitar bahkan luar daerah untuk berwisata juga memancing atau melakukan keduanya secara bersamaan.

Lokasi Pantai Sukawayana Sukabumi mudah diakses kendaraan dan ikan yang didapat di pantai ini mulai dari ikan kue, lowang hingga ikan kakap. Ada beberapa lokasi mancing di sepanjang bibir pantai Cikakak Sukabumi yang biasa menjadi target para pemancing, yakni mulai Pantai Sukawayana, pantai Kumala sampai Pantai Karangnaya hingga pantai SBH.

8. Camping Ground Cidahu Sukabumi

Terakhir, Rekomendasi Tempat Mancing di Sukabumi adalah Camping Ground Cidahu Sukabumi.

Tak hanya tempat camping, Cidahu memiliki spot wisata pancing untuk menyalurkan hobi memancing, tepatnya di Kancil Camp Ground, Desa Cidahu, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi. Pengunjung terutama bapak-bapak bisa memancing dengan air yang jernih, udara sejuk dan pemandangan yang asri.

Sungai Cisalada Sukabumi di kawasan itu baru saja menjadi tempat favorit memancing.

Di Sungai Cisalada Sukabumi ini cukup untuk mendapati ikan yang beraneka jenis, mulai dari ikan Wader dan Uceng. Orang sunda biasa menyebutnya ikan paray semacam ikan beunteur dan ada juga ikan genggehek.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life29 April 2024, 22:19 WIB

Jangan Gunakan Ancaman Bund! Begini 9 Cara Mengatasi Perilaku Balita yang Agresif

Perilaku agresif adalah hal yang normal ketika balita belajar tentang pengendalian diri dan pengaturan emosi. Penting untuk memberikan respons yang tenang dan konsisten.
Ilustrasi mengatasi perilaku balita agresif / Sumber Foto: pexels.com/@Yan Krukau
Sukabumi Memilih29 April 2024, 22:17 WIB

Omesh Masuk Wacana Usungan Gerindra di Pilkada Sukabumi, Bagaimana dengan Yudha?

Aktor dan komedian Indonesia kelahiran Sukabumi, Ananda Omesh diakui masuk dalam wacana bursa Pilkada Sukabumi dari Partai Gerindra.
Ananda Omesh dan Yudha Sukmagara | Foto : Sukabumi update
Keuangan29 April 2024, 21:32 WIB

6 Cara Melatih Anak Pandai Mengelola Uang Sejak Dini, Ikuti Langkah Ini

Mengajarkan anak pandai mengelola uang sangat berguna untuk masa depannya. Hal ini membantunya dewasa dalam memili uang.
Ilustrasi. Cara mengajari anak mengelola uang. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sehat29 April 2024, 21:00 WIB

Hidup Sehat Bebas Asam Urat: Rekomendasi Makanan Sehat dan Pantangan yang Perlu Diketahui

Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan.
Ilustrasi daging merah - Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan. (Sumber : pexels.com/@Eduardo Krajan)
Life29 April 2024, 20:53 WIB

Bisa Berasal Dari Kemarahan, Ini 3 Penyebab Agresi Pada Balita

Ingin tahu mengapa balita Anda begitu marah dan agresif? Pelajari lebih lanjut tentang agresi balita, dan kapan harus khawatir.
Ilustrasi agresi pada balita / Sumber Foto: Freepik/@stocking
Life29 April 2024, 20:48 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang Disiplin Seumur Hidupnya

Melatih anak agar menjadi orang disiplin tentu sangat diidamkan semua orang tua. Oleh sebabnya, perlu dilakukan beberapa langkah mewujudkannya.
Ilustrasi. Cara melatih anak menjadi orang disiplin. | Sumber foto : Pexels/Gustavo Fring
Bola29 April 2024, 20:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024.
Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi29 April 2024, 20:29 WIB

Dibiayai Donatur, Siswa MI Gelarsari Sukabumi Setiap Hari Dapat Makan Siang Gratis

Kepala Sekolah (Kepsek) MI Gelarsari, Solahhudin Sanusi mengatakan program makan siang gratis tersebut merupakan bantuan dari lembaga swasta Indonesia Food Security Review (IFSR) yang berlokasi di Jakarta.
Para siswa MI Gelarsari Bantargadung Sukabumi saat menikmati makan siang gratis program lembaga swasta | Foto : Ilyas Sanubari
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 20:22 WIB

Terpukau dengan Gaya Main Timnas U-23, Badri Yakin Indonesia Bisa Taklukan Uzbekistan

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Badri Suhendi prediksi Timnas Indonesia U-23 menang lawan Uzbekistan dengan skor 2-1.
Badri Suhendri, MH / Anggota DPRD Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : sukabumiupdate
Sukabumi Memilih29 April 2024, 20:03 WIB

Antusias, 7 Orang Daftar Maju Pilkada Kota Sukabumi Lewat PDIP

Sejumlah tokoh sangat antusias mengikuti penjaringan bakal calon Walikota\Wakil Walikota dalam perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024 melalui DPC PDIP Kota Sukabumi.
Iwan Kustiawan, saat mendaftar menjadi bakal calon wali kota Sukabumi di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update